Google Drive: Fungsi, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Google Drive merupakan aplikasi penyimpanan yang terbilang sangat populer, terutama di kalangan para pekerja kantoran yang kerap saling berbagi data. Bekerja dengan banyak data setiap harinya merupakan tantangan tersendiri untuk sebagian orang, di mana berbagai data ini justru memegang peranan penting dalam pekerjaan atau rutinitas yang ditangani. 

Keterbatasan ruang penyimpanan tentu akan menjadi kendala untuk penanganan data yang jumlahnya terlalu banyak. Salah satu solusi cerdas yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan layanan penyimpanan berbasis online, dan Drive Google akan menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Apa itu Google Drive? 

loader

Google Drive adalah media penyimpanan berbasis online (Cloud Storage) yang secara resmi diluncurkan oleh Google pada tahun 2012 lalu. Sebagaimana produk Google pada umumnya, pengguna Google Drive juga harus login Google Drive terlebih dahulu untuk bisa menggunakan cloud yang satu ini. 

Drive Google ini bisa digunakan secara gratis, tentunya dengan ruang penyimpanan yang terbatas. Google sendiri menyediakan ruang penyimpanan sebesar 15 GB yang bisa diakses secara gratis setelah pengguna sign in Google Drive. Namun jika ruang penyimpanan tersebut dianggap kurang, maka pengguna bisa memakai layanan cloud yang satu ini secara berbayar. 

Pengguna Google Drive sign in akan langsung bisa menikmati berbagai fitur di dalam layanan yang satu ini, seperti: mengirim file, melakukan pengeditan file, back-up data, dan yang lainnya. Jika dibandingkan dengan cloud lainnya, jumlah penyimpanan Google Drive gratis terbilang cukup besar. 

Sebagai salah satu produk andalan Google, Drive Google ini sudah terhubung langsung dengan berbagai produk Google lainnya, seperti: Google Document, Gmail, Google Sheets, dan yang lainnya. Hal ini akan mempermudah pengguna untuk memanfaatkan layanan cloud ini secara maksimal, termasuk ketika bersamaan dengan aplikasi lainnya. 

Cukup dengan login Google Drive saja, maka layanan ini akan terhubung langsung dengan yang lainnya. Beberapa aplikasi bahkan sudah tersambung secara otomatis, sehingga tidak dibutuhkan Google Drive login lagi saat ingin menggunakannya secara bersama-sama. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga. 

Saat sign in Google Drive dan terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, maka pengguna akan lebih mudah untuk menyelesaikan berbagai proyek yang ditanganinya, bakan meski itu harus dilakukan bersama tim sekalipun. Google Drive sign in yang terhubung dengan aplikasi lainnya akan memungkinkan beberapa orang bekerja sama dengan lebih mudah secara online. 

Back-up data pada smartphone maupun media lainnya juga akan bisa dilakukan secara online, yakni cukup dengan mengakses Google Drive login saja. Selain itu, layanan ini juga memungkinkan penyimpanan data dalam segala jenis format, seperti: video, audio, foto, dan yang lainnya. 

Beli paket data murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Paket Data Termurah Sekarang!  

Fungsi Google Drive

loader

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang bisa dinikmati pengguna setelah sign in Google Drive: 

1. Meminimalisir Pemakaian Memori

Hal pertama yang bisa didapatkan bagi pengguna yang sudah login Google Drive adalah penggunaan memori yang lebih hemat. Cloud yang satu ini bisa diandalkan untuk menyimpan berbagai data secara online, sehingga penggunaan memori smartphone atau komputer bisa diminimalisir dengan baik. Ini akan sangat membantu, terutama bagi mereka yang hanya memiliki ruang penyimpanan kecil pada smartphone

Selain itu, pengguna Google Drive sign in juga bisa melakukan back up data-data penting yang terdapat pada smartphone. Hal ini biasanya dibutuhkan untuk berbagai data yang sekiranya kelak akan diperlukan di masa mendatang. Misalnya, data yang terdapat pada aplikasi WhatsApp dan yang lainnya. 

2. Membuat Akses Data yang Cepat 

Google Drive merupakan cloud yang praktis, sehingga bisa dengan cepat diakses kapan saja dan di mana saja hal tersebut dibutuhkan. Pengguna cukup login Google Drive saja, maka berbagai data yang mereka butuhkan bisa segera dibuka dan digunakan dengan secepat mungkin. Hal ini akan sangat membantu, terutama bagi mereka yang pekerjaannya banyak menggunakan data. 

Jika data-data penting sudah diunggah di Drive Google, maka pengguna bisa sign in Google Drive dan menemukan berbagai data tersebut dengan cepat. Pengguna bahkan bisa langsung membuka dan menggunakan data berbentuk file doc, ppt, dan yang lainnya secara langsung, tanpa perlu mengunduhnya. 

3. Sinkronisasi Dokumen Otomatis

Sinkronisasi dokumen juga akan terjadi secara otomatis, jika menggunakan aplikasi Google yang lainnya, seperti doc dan yang lainnya. Hal ini terjadi karena Google Drive sendiri sudah sejak awal terintegrasi dengan berbagai aplikasi besutan Google tersebut.  Pengguna bisa menambahkan orang lain/ anggota untuk sekedar melihat atau bahkan menyelesaikan pekerjaan tertentu di saat bersamaan.  

4. Sinkronisasi Perangkat Android

Jika pengguna Google Drive login melalui smartphone, maka yang bersangkutan juga bisa melakukan sinkronisasi otomatis pada berbagai dokumen yang menggunakan Google di perangkat tersebut. Hal ini akan membuat pengguna smartphone lebih mudah untuk melakukan aktivitas atau menyelesaikan pekerjaan pada smartphone yang digunakannya tersebut. 

5. Kemudahan Berbagi Data

Drive Google juga memungkinkan pengguna untuk saling berbagi data dengan cara yang begitu mudah. Ukuran data yang dibagikan bisa bisa hingga mencapai 5GB, sehingga menyelesaikan pekerjaan bersama-sama akan jauh lebih mudah dan cepat. Kolaborasi dalam proyek-proyek penting akan menjadi lebih lancar, sebab semua orang bisa terhubung dan berkontribusi dengan maksimal.

Baca Juga: Kenalan dengan Google Suite dan Segala Manfaat yang Diberikannya

Fitur-Fitur dalam Google Drive

Drive Google memiliki sejumlah fitur yang bisa diandalkan, berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

Jenis Fitur Manfaatnya
Membuat Berbagai Jenis Dokumen Google Drive memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai format dokumen yang mereka butuhkan secara langsung, seperti: Google Formulir,  Google Slides, Google Dokumen, dan yang lainnya. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk sign in Google Drive dan mengakses dokumen sesuai format yang mereka butuhkan.
Berbagai File Saat pengguna Google Drive sign in, maka yang bersangkutan dengan mudah bisa berbagi file dengan orang lain. Bukan hanya dengan satu orang saja, hal ini bahkan bisa dilakukan untuk banyak pengguna Drive Google lainnya. 
Integrasi Otomatis Pengguna yang sudah login Google Drive akan secara otomatis bisa menghubungkan cloud ini dengan aplikasi Google lainnya. Pada dasarnya, Google Drive memang sudah secara otomatis terintegrasi dengan berbagai produk keluaran Google, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengaksesnya secara terpisah.
Tingkat Keamanan yang Tinggi Google Drive login merupakan satu-satunya akses untuk membuka berbagai file yang tersimpan di cloud ini. Pengguna tidak perlu khawatir, sebab Google menerapkan sistem keamanan yang tinggi pada setiap produk mereka, termasuk Drive Google ini.

Baca Juga: Mengenal Google Adwords: Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan Google Drive

loader

Jika ingin mengakses layanan Google Drive login, maka pastikan untuk memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengakses Google Drive sign in dan menggunakannya: 

Membuka Google Drive

  • Kunjungi link berikut ini: drive.google.com.
  • Jika sudah punya akun Google, maka loginlah melalui Gmail. 
  • Saat halaman Google Drive terbuka, maka berbagai fitur layanan ini akan bisa ditemukan di halaman utamanya. 
  • Pahami dengan baik fungsi fitur yang terdapat di sana, agar lebih mudah untuk menggunakannya. 

Mengunggah File di Google Drive

  • Klik tombol “Baru” yang terdapat pada pojok kiri atas.
  • Pilih “Upload File” atau “Upload Folder” 
  • Atau, gunakan aplikasi lainnya yang terhubung untuk mengunggah file.

Membagikan File di Google Drive

  • Klik kanan pada file yang akan dibagikan.
  • Tambahkan siapa saja yang akan menerima file tersebut dengan cara menulis alamat email mereka.
  • Atau, klik “Salin Link” untuk membagikan file kepada orang-orang yang dituju sebagai penerima file tersebut. 

Manfaatkan Kemudahan yang Dimiliki Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis online yang dimiliki oleh Google. Tidak hanya sekedar bisa menyimpan berbagai file saja, Google Drive juga memiliki banyak fitur lainnya yang akan memudahkan penggunanya untuk berbagi file dengan pengguna lainnya. Pahami menggunakan berbagai fitur yang terdapat dalam cloud ini dengan maksimal mulai sekarang, agar berbagai pekerjaan bisa selesai dengan mudah. 

Baca Juga:  Mengenal Google Scholar: Manfaat, Cara Daftar dan Tipsnya