Gunakan Obat Cendo Xitrol dengan Tepat untuk Mengatasi Infeksi Mata Akibat Bakteri

Tidak dapat dipungkiri jika mata merupakan anggota tubuh yang sangat rentan terkena penyakit dan infeksi. Meski sudah dilindungi oleh bulu mata, ancaman partikel asing untuk masuk ke mata tetaplah tinggi. Oleh karena itu, saat melakukan aktivitas yang dapat membuat partikel asing masuk ke mata, usahakan untuk menggunakan kacamata khusus untuk melindungi organ penglihatan tersebut.

Akan tetapi, meski sudah melakukan perlindungan pada bagian mata, risiko terjadinya infeksi masihlah ada. Beberapa jenis masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada mata adalah infeksi mata akibat bakteri. Jika masalah kesehatan ini terjadi, penderitanya harus bisa segera mencari cara untuk menyembuhkannya.

Salah satu obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi mata karena bakteri adalah cendo xitrol. Meski sama-sama berbentuk tetes, cendo xitrol tidak sama dengan obat tetes mata biasa yang banyak dijual di toko. Sebab, obat ini khusus digunakan untuk meredakan infeksi bakteri pada mata.

Dalam kata lain, cendo xitrol tidak dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi mata yang disebabkan oleh virus, jamur, maupun parasit. Penggunaannya pun harus diperhatikan dengan baik serta tidak boleh melebihi dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Nah, agar lebih memahami tentang apa itu obat tetes mata cendo xitrol dan cara menggunakannya, simak penjelasan berikut ini. 

Deskripsi Obat Tetes Mata Cendo Xitrol

cendo xitrol

Sumber: goapotik.com

Cendo Xitrol merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi mata akibat bakteri. Obat tersebut memiliki kandungan bahan aktif berupa polymyxin dan neomycin, yakni jenis antibiotik yang berguna mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu, cendo xitrol juga memiliki kandungan bahan aktif berupa deksametason, sebuah kortikosteroid yang bertugas mengurangi terjadinya pembengkakan. 

Perlu digaris bawahi jika cendo xitrol adalah obat yang hanya dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada mata akibat bakteri. Jika digunakan secara tidak sesuai, tubuh pengguna akan lebih rentan terhadap infeksi yang sebenarnya terjadi. 

Jadi, sebelum menggunakannya, ketahui dulu apa penyebab terjadinya infeksi mata. Bila memungkinkan, hanya gunakan obat tersebut saat sudah berkonsultasi dengan dokter dan diberikan arahan serta petunjuk pemakaian yang sesuai dengan keterangan di label kemasan.

Obat tetes mata ini sebenarnya boleh digunakan pada pasien dewasa maupun anak-anak. Akan tetapi, penggunaan cendo xitrol pada ibu hamil atau menyusui sebaiknya dihindari. Sebab, meski belum terbukti secara klinis, cendo xitrol termasuk dalam obat kategori D yang terbukti dapat memberikan risiko tertentu bagi kondisi kehamilan atau janin. 

Jika dirasa manfaat pemakaiannya tidak sebanding dengan risiko yang mungkin terjadi, maka obat tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk ibu hamil atau menyusui. Jadi, dengan begitu, cendo xitrol tidak akan berisiko menyebabkan efek samping yang dapat berbahaya bagi ibu maupun bayi yang sedang dikandungnya. 

Baca Juga: Selain Batasi Penggunaan Gadget, ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Cendo Xitrol

Pengguna harus mengetahui segala manfaat serta risiko dari pemakaian obat ini. Hal ini dikarenakan cendo xitrol dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang berbahaya jika digunakan dengan kurang tepat. 

Sebagai contoh, pastikan untuk memberi tahu dokter jika pasien mempunyai riwayat penyakit mata. Dokter juga wajib mengetahui apakah pasien rutin mengonsumsi vitamin, obat herbal, maupun suplemen tertentu. Selain itu, segera temui dokter jika pasien mengalami gejala alergi obat maupun gejala lain yang tidak biasa pasca menggunakan obat tetes mata cendo xitrol. 

Setelah menggunakan obat ini, penglihatan mata akan menjadi sedikit buram. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya tidak melakukan kegiatan yang memerlukan konsentrasi dan fokus tinggi, seperti berkendara.

Cara Pemakaian Cendo Xitrol dengan Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cendo xitrol hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi mata akibat bakteri. Jadi, sebelum menggunakan obat tersebut, pastikan untuk memeriksa penyebab pasti infeksi mata tersebut terjadi. 

Cendo xitrol juga merupakan obat yang digunakan dengan cara meneteskannya pada mata. 

  • Pastikan tangan sudah tercuci bersih saat akan meneteskannya pada mata. 
  • Bagi orang yang menggunakan lensa kontak, sebelum memakai obat ini, pastikan lensa kontak sudah terlepas.
  • Kocok terlebih dahulu cendo xitrol sebelum digunakan dan pastikan tubuh berada dalam posisi yang nyaman untuk meneteskan obat ke mata. Hindari untuk menyentuh ujung pipet dan tutup rapat obat setelah digunakan. 
  • Setelah itu, letakkan cendo xitrol di tempat yang terhindar dari sinar matahari dan area lembap. Tempatkan pula obat tersebut di area yang sulit dijangkau oleh anak atau hewan peliharaan. Lihat keterangan pada kemasan produk mengenai masa kedaluwarsa, anjuran penyimpanan obat, serta bagaimana cara membuang obat tersebut dengan aman. 

Dosis Aman Pemakaian Cendo Xitrol

Dosis pemakaian cendo xitrol sebaiknya mengikuti arahan yang diberikan oleh apoteker atau dokter. Namun, terdapat sejumlah acuan yang dapat menjadi referensi mengenai dosis aman pemakaian dari obat tersebut. 

Untuk orang dewasa, pemakaian obat bisa dilakukan sebanyak 4 hingga 6 kali per hari dengan dosis 1 sampai 2 tetes setiap kali menggunakannya. Dosis ini biasa diberikan kepada pasien yang mengalami infeksi mata dalam kondisi yang ringan atau tidak membahayakan.

Sedangkan untuk anak-anak, tidak ada acuan dosis penggunaan obat cendo xitrol. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis aman pemakaian cendo xitrol pada anak-anak. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Efek Samping Cendo Xitrol

Sama halnya dengan kebanyakan obat kimia lainnya, pemakaian cendo xitrol dapat menyebabkan sejumlah efek samping kepada penggunanya. Efek samping cendo xitrol, antara lain:

  • Kulit gatal.
  • Bengkak.
  • Kemerahan.
  • Nyeri.
  • Merasakan sensasi hangat hingga panas di mata.
  • Mata menjadi kurang tajam untuk melihat.

Namun, dalam kondisi tertentu, pemakaian obat tetes mata ini dapat menimbulkan reaksi efek samping yang serius. Efek samping serius yang diakibatkan oleh cendo xitrol adalah: 

  • Rasa nyeri di tenggorokan.
  • Sulit menelan.
  • Sesak napas.
  • Pembengkakan di area mulut, bibir, wajah, lidah, dan juga tenggorokan. 

Jika pasien menemui gejala efek samping serius ini, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Perlu diingat bahwa setiap pasien mungkin akan merasakan gejala efek samping yang berbeda pasca menggunakan cendo xitrol. Bisa jadi pasien akan merasakan efek samping yang telah disebutkan sebelumnya atau tidak sama sekali. 

Apabila reaksi efek samping dirasa mengkhawatirkan atau mengganggu aktivitas pasien, lakukan konsultasi segera dengan dokter. 

Interaksi Cendo Xitrol dengan Pemakaian Obat Lain

Pada dasarnya, penggunaan obat kimia tidak seharusnya dilakukan secara bersamaan. Namun, ada kalanya dokter akan mengubah dosis dan peringatan kepada pasien saat akan menggunakan beberapa jenis obat secara serentak guna memicu terjadinya interaksi antar obat tertentu. 

Dalam kasus cendo xitrol sendiri, terdapat beberapa jenis obat lain yang dapat berinteraksi dengannya. Beberapa jenis obat yang dapat memicu interaksi saat digunakan bersama cendo xitrol adalah:

  • Augmentin.
  • Dexamethasone.
  • Morphine.
  • Metoprolol.
  • Mucinex.
  • Paracetamol.
  • Multivitamin, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, penggunaan alkohol serta kebiasaan merokok juga membuka kemungkinan terjadinya interaksi dengan obat ini. Beberapa kondisi kesehatan, seperti dehidrasi, gangguan saraf otot, masalah pendengaran, penyakit ginjal, dan masalah pencernaan juga dapat menimbulkan interaksi cendo xitrol. Karena alasan inilah mengapa pasien harus memberitahukan dokter mengenai kebiasaan serta obat apa saja yang sedang dikonsumsi sebelum menggunakan cendo xitrol.

Aman Menggunakan Cendo Xitrol dengan Mengikuti Anjuran Dokter

Berbeda dengan obat tetes mata biasanya, cendo xitrol merupakan obat yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi mata akibat bakteri. Ada sejumlah aturan dan dosis pemakaian yang harus diikuti oleh pengguna obat tersebut sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter. Selama disiplin dalam menggunakannya, maka infeksi mata akibat bakteri akan bisa disembuhkan dalam kurun waktu tertentu. 

Baca Juga: Kenali 4 Gangguan Retina Mata dan Cara Menjaga Kesehatannya