Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini, Biar Kulit Tak Mengalami Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, jaringan elastin dan kolagen pada kulit akan semakin melemah. Kondisi tersebut membuat elastisitas pada kulit berkurang yang menyebabkan munculnya tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan hingga keriput. Ternyata hal ini tak hanya dialami oleh mereka yang sudah berumur, tapi juga bisa dialami oleh orang dengan usia yang lebih muda. 

Kebiasaan Buruk yang Memicu Penuaan Dini

Seseorang disebut mengalami penuaan dini jika ia terlihat jauh lebih tua dibandingkan usia yang seharusnya. Apabila hal tersebut terjadi, hal ini bisa jadi karena kamu punya kebiasaan sehari-hari yang buruk, sehingga mempercepat kemunculan berbagai tanda penuaan pada kulit. 

Lantas, kebiasaan apa yang membuat kulit bisa mengalami penuaan dini dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sering beraktivitas di luar ruangan tanpa pelindung

loader
Beraktivitas di luar ruangan tanpa pelindung

Sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet yang mampu mengakibatkan kerusakan pada jaringan elastis kulit. Akibatnya, kulit lebih mudah mengalami keriput bahkan sebelum waktunya. 

Tak hanya itu, terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga dapat memicu munculnya hiperpigmentasi. Hal ini ditandai dengan adanya bintik-bintik berwarna kecoklatan baik pada wajah dan tangan serta beberapa area tubuh lainnya yang kerap terpapar sinar matahari. Selain menyebabkan penuaan dini, paparan sinar matahari juga dapat menghitamkan kulit dan membuat risiko kanker kulit meningkat.

Supaya terhindar dari dampak buruk sinar matahari, coba gunakan tabir surya ketika beraktivitas di bawah sinar matahari. Sebaiknya pilih tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi atau minimal 15. Sangat dianjurkan untuk memakainya  antara pukul 11 pagi hingga 3 sore, baik saat cuaca panas maupun sedang mendung.

Selain menggunakan tabir surya, agar perlindungan maksimal bisa diperoleh kamu bisa memadukannya dengan menggunakan pelindung kulit yang lain. Misalnya saja seperti payung, topi, kacamata hitam, hingga pakaian yang bisa menutupi kulit.

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

2. Kebiasaan Merokok

Bukan cuma menyebabkan banyak masalah pada kesehatan, kebiasaan merokok juga bisa mempengaruhi penampilan. Umumnya, para perokok mengalami tanda-tanda penuaan dini yang lebih cepat. Hal ini karena rokok mengandung zat-zat yang beracun sehingga memicu berbagai kerusakan pada jaringan tubuh, hingga membuat peredaran darah di wajah menjadi terhambat. 

Hal tersebut yang akhirnya mempercepat munculnya garis halus dan keriput, sehingga membuat rona wajah terlihat lebih kusam. Dengan demikian, jika ingin terlihat lebih awet muda, maka hentikan kebiasaan merokok.

3. Konsumsi minuman beralkohol

Banyak riset yang menyebutkan jika minuman beralkohol bisa memicu penuaan dini lebih cepat pada kulit. Tak jauh berbeda dengan efek kebiasaan merokok, yang menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit karena radikal bebas.

Dampak buruk tersebut akan tampak lebih cepat dan jelas, terlebih jika kamu sering terkena sinar matahari, mengalami stres berlebih, dan tak peduli dengan pola hidup sehat.

Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa membuat kadar vitamin dalam tubuh berkurang. Beberapa vitamin yang kadarnya berkurang diantaranya, vitamin A, B3, dan C. Ketiganya merupakan vitamin dengan antioksidan yang sangat penting dan dibutuhkan tubuh untuk  proses pembentukan sel baru.

Bukan cuma menghindarkan diri dari efek penuaan dini, menghentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol pun bertujuan menghindarkan tubuh dari berbagai efek negatif yang berbahaya.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri

4. Pola makan sembarangan

loader
Pola makan sembarangan

Kondisi kulit ternyata juga dipengaruhi dari pola makan sehari-hari. Makanan dengan nutrisi yang buruk dapat mengakibatkan penuaan dini menjadi lebih cepat. Mekanisme yang muncul biasanya dengan adanya peradangan kronis di tubuh, misalnya dari lemak trans dari makanan.

Ada beberapa makanan yang dapat memicu munculnya penuaan dini, misalnya karbohidrat olahan (seperti pasta atau roti), dan makanan dengan kandungan gula berlebihan. Kedua makanan tersebut bisa merusak jaringan kolagen yang ada pada kulit. Beberapa jenis makanan lain yang seharusnya dibatasi konsumsinya adalah gorengan, fast food, kue atau cake manis, dan juga daging berlemak.

Sementara itu, perbanyaklah konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang banyak. Antioksidan umumnya banyak ditemukan pada buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Misalnya saja anggur, buah beri, wortel, brokoli, kacang almond, teh hijau, dan  sebagainya.

5. Kualitas tidur yang buruk

Seseorang yang kurang tidur bukan hanya mengalami dampak yang buruk pada kesehatannya, tapi juga bisa mengalami penuaan dini pada kulit. Riset menunjukkan bahwa seseorang dengan gangguan tidur yang kronis memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan kulit, termasuk masalah penuaan dini.

Masalah kualitas tidur yang buruk nyatanya bisa mempengaruhi penampilan seseorang baik secara fisik yang membuatnya terlihat kurang fresh, tapi juga secara mental hingga memicu stres berlebihan.

Pola hidup sehat dan Pakai Produk Skincare

Penuaan memang salah satu tahapan proses alami tubuh, tapi berbeda dengan masalah penuaan dini. Kondisi tersebut bisa dihindari. Caranya, dengan mengurangi kebiasaan buruk, disamping juga dibarengi dengan perawatan kulit. Jangan lupa, ubah pola hidup lebih sehat dengan konsumsi makanan bernutrisi, rajin berolahraga dan perbanyak asupan air putih. Selain itu, perlu juga memperlambat penuaan diri dengan memakai produk skincare yang tepat. Hal ini tak hanya memberikan dampak yang positif untuk kulit tetapi juga membuat kesehatan lebih terjaga!

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut