Hindari Tubuh Lemas saat Berpuasa dengan Lakukan 5 Cara ini

Saat berpuasa, seringkali tubuh terasa lemas dan lesu. Ini tidak lain karena memang tubuh sedang tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sepanjang hari. Akibatnya, banyak orang memilih untuk mengurangi aktifitas fisik.

Nah, rasa lemas dan lesu ini disebabkan gula dalam tubuh menurun. Nah, agar aktivitas selama berpuasa tetap lancar dan tubuh tetap bugar, berikut tips yang bisa Anda lakukan seperti Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Pilih Makanan atau Minuman yang Manis Saat Berbuka Puasa

kurma
Konsumsi buah kurma saat buka puasa

Setelah seharian berpuasa, kadar gula dalam tubuh menurun. Langkah terbaik agar kadar gula kembali meningkat adalah minum manis yang hangat serta beberapa buah kurma terlebih dahulu sebagai pembuka pada saat berbuka puasa.

Setelah sekitar 15 menit kemudian, Anda bisa makan makanan berat seperti nasi dan sejenis. Hal ini berguna agar kadar gula darah tidak terlalu cepat naik atau justru membuat terkejut pankreas Anda. Selain itu, Anda juga bisa makan beraneka macam buah-buahan.

Bila perlu, tambahkan madu pada sajian menu berbuka puasa Anda. Kalau bisa, jangan konsumsi makanan yang digoreng dan bersantan, dan pilihlah menu yang dipanggang atau direbus.

2. Pilih Makan Sahur yang Banyak Mengandung Karbohidrat dan Protein

Saat berpuasa, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber tenaga. Agar sumber energi tetap ada, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik rendah seperti kentang rebus, gandum, beras, atau buah-buahan. Selain itu, konsumsi pula makanan yang tinggi serat agar glukosa dapat naik perlahan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengombinasikan antara nasi dengan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar.

Selain itu, batasilah konsumsi makanan yang asin saat sahur karena makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh mudah lapar dan dehidrasi. Makanlah secukupnya saat Anda sahur agar tubuh Anda tetap sehat selama berpuasa.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya

3. Jangan Begadang dan Tidurlah dengan Cukup Waktu

tidur
Tidur malam dengan cukup waktu

Waktu tidur berlebihan tidak akan berpengaruh baik bagi tubuh, sama juga dengan kekurangan tidur. Hal itu justru bisa menimbulkan rasa lelah dan lesu sepanjang hari. Untuk itu, sebaiknya Anda tidur setelah melaksanakan shalat tarawih agar bisa bangun lebih cepat untuk makan sahur.

Tidurlah dengan cukup selama 6-7 jam agar tubuh Anda tetap bugar. Cobalah untuk tidur sebentar di siang hari supaya tubuh mendapat energi.

4. Tetap Jaga Cairan dalam Tubuh agar Tidak Dehidrasi

Hal yang menyebabkan tubuh Anda lesu dan lemas bisa disebabkan oleh kekurangan asupan cairan alias dehidrasi. Tentu agak sulit memang, menjaga cairan dalam tubuh pada saat berpuasa. Pun demikian, cukup mudah juga untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh saat puasa.

Caranya? Aturlah asupan cairan dengan selalu minum air putih sekitar 2,5 liter dalam rentang mulai berbuka puasa hingga makan sahur. Jika Anda merasa bosan mengonsumsi air mineral, bisa juga minum jus buah.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mencegah Perut Kembung Saat Puasa

5. Lakukan Olahraga Ringan Setiap Hari

olahraga
Lakukan olahraga ringan

Cobalah mengisi waktu Anda untuk beraktivitas fisik seperti olahraga ringan. Jangan berpikir bahwa ketika puasa Anda tidak boleh olahraga. Tentu hal ini salah besar karena olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, sehingga tubuh Anda tidak mudah lemas dan lesu.

Tidak hanya itu, olahraga juga bisa meningkatkan rasa semangat dan bahagia. Untuk itu, pilihlah olahraga yang menurut Anda ringan dilakukan. Sebagai contoh, Anda bisa sekedar berjalan-jalan mengitari taman, yoga, jogging sebentar, dan lainnya.

Tetap Bugar saat Berpuasa dengan Pola Hidup Sehat

Tentunya bukan alasan yang kita harus bermalas-malasan di saat menjalan ibadah puasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Syaratnya, Anda hanya perlu disiplin dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak lemas karena berpuasa. Dan yang terpenting juga adalah jangan pernah melewatkan makan sahur, karena ini sebagai cadangan energi Anda selama seharian melakukan berbagai aktivitas.

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan