Hindari Tubuh Lemas saat Berpuasa dengan Lakukan 5 Cara Ini

Saat berpuasa, sering kali tubuh terasa lemas dan lesu. Ini tidak lain karena memang tubuh sedang tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sepanjang hari. Akibatnya, banyak orang memilih untuk mengurangi aktivitas fisik.

Nah, rasa lemas dan lesu ini disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang menurun. Nah, agar aktivitas selama berpuasa tetap lancar dan tubuh tetap bugar, berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Makanan atau Minuman yang Manis saat Berbuka Puasa

loader

Konsumsi Buah Kurma saat Buka Puasa

Setelah seharian berpuasa, kadar gula dalam tubuh menurun. Langkah terbaik agar kadar gula kembali meningkat adalah dengan meminum minuman manis yang hangat serta beberapa buah kurma terlebih dahulu sebagai pembuka pada saat berbuka puasa.

Setelah sekitar 15 menit kemudian, kamu bisa makan makanan berat seperti nasi dan sejenisnya. Hal ini berguna agar kadar gula tidak terlalu cepat naik atau justru membuat terkejut pankreasmu. Selain itu, kamu juga bisa makan beraneka macam buah-buahan.

Bila perlu, tambahkan madu pada sajian menu berbuka puasamu. Kalau bisa, jangan konsumsi makanan yang digoreng atau bersantan, dan pilihlah menu yang dipanggang atau direbus.

2. Pilih Makan Sahur yang Banyak Mengandung Karbohidrat dan Protein

Saat berpuasa, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber tenaga. Agar sumber energi tetap ada, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik rendah seperti kentang rebus, gandum, beras, atau buah-buahan. Selain itu, konsumsi pula makanan yang tinggi serat agar glukosa dapat naik perlahan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengombinasikan antara nasi dengan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga kamu tidak akan mudah lapar.

Selain itu, batasilah konsumsi makanan yang asin saat sahur karena makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh mudah lapar dan dehidrasi. Makanlah secukupnya saat sahur agar tubuhmu tetap sehat selama berpuasa.

3. Jangan Begadang dan Tidurlah dengan Cukup Waktu

loader

Tidur Malam dengan Cukup Waktu

Waktu tidur berlebihan tidak akan berpengaruh baik bagi tubuh, sama juga dengan kekurangan tidur. Hal itu justru bisa menimbulkan rasa lelah dan lesu sepanjang hari. Untuk itu, sebaiknya kamu tidur setelah melaksanakan salat tarawih agar bisa bangun lebih cepat untuk makan sahur.

Tidurlah dengan cukup selama 6-7 jam agar tubuhmu tetap bugar. Cobalah untuk tidur sebentar di siang hari supaya tubuh mendapat energi.

4. Tetap Jaga Cairan dalam Tubuh agar Tidak Dehidrasi

Tubuh lesu dan lemas bisa disebabkan oleh kekurangan asupan cairan alias dehidrasi. Tentu agak sulit memang, menjaga cairan dalam tubuh pada saat berpuasa. Pun demikian, cukup mudah juga untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh saat puasa.

Caranya? Aturlah asupan cairan dengan selalu minum air putih sekitar 2,5 liter dalam rentang mulai berbuka puasa hingga makan sahur. Jika kamu merasa bosan mengonsumsi air mineral, bisa juga minum jus buah.

5. Lakukan Olahraga Ringan Setiap Hari

loader

Lakukan Olahraga Ringan

Cobalah mengisi waktu dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan. Jangan berpikir bahwa ketika puasa kamu tidak boleh olahraga. Tentu hal ini salah besar karena olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan lesu.

Tidak hanya itu, olahraga juga bisa meningkatkan rasa semangat dan bahagia. Untuk itu, pilihlah olahraga yang menurut kamu ringan dilakukan. Sebagai contoh, kamu bisa sekadar berjalan-jalan mengitari taman, yoga, jogging sebentar, dan lainnya.

Tetap Bugar saat Berpuasa dengan Pola Hidup Sehat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Syaratnya, kamu hanya perlu disiplin dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak lemas karena berpuasa. Dan yang terpenting juga adalah jangan pernah melewatkan makan sahur, karena ini sebagai cadangan energimu selama seharian melakukan berbagai aktivitas.