Menerapkan Gaya Hidup Sehat Ternyata Sama Pentingnya dengan Berinvestasi, Ini Alasannya

Kesehatan merupakan harta sejati yang paling berharga. Tanpa lahir batin yang sehat, manusia tak bisa aktif berkegiatan dan produktif berfungsi dalam kesehariannya, apalagi untuk mewujudkan Impian dan mencapai cita-citanya.

Sudahkah kamu lebih aware dalam menjaga dan memelihara kesehatan beserta keluarga? Tanpa jasmani dan rohani yang sehat, seseorang tak akan bisa berbahagia sepenuhnya.

Jika terhalang oleh sakit, seseorang juga tak bisa live to the fullest secara maksimal. Itulah sebabnya investasi kesehatan menjadi begitu penting dan perlu diperhatikan.

Investasi Kesehatan Mencakup Apa Saja?

loader

Investasi kesehatan dalam bentuk anggaran dana meliputi ketersediaan biaya untuk berolahraga, biaya pemeriksaan kesehatan tahunan atau medical check-up, biaya makanan sehat, hingga biaya asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan.

Meski begitu, investasi kesehatan tak melulu hanya seputar mengatur budget untuk anggaran pembiayaan kesehatan saja. Investasi kesehatan juga meliputi tindakan pencegahan yang lebih sederhana, seperti menjaga kesehatan tubuh secara terus menerus, berkala dan berkelanjutan.

Investasi kesehatan termasuk menghindari segala aktivitas dan rutinitas yang dapat mengganggu dan mengancam kesehatan kita. Dan ini termasuk mencanangkan gaya hidup sehat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Seperti Apakah Gaya Hidup Sehat Itu?

Sejatinya, inti dari gaya hidup sehat atau healthy lifestyle adalah melakukan dan mengonsumsi segala hal yang bermanfaat bagi kesehatan. Jika kamu terus melatih diri dengan menjalankan healthy lifestyle, secara tak langsung kamu sedang memberikan dirimu investasi terbaik untuk masa depan.

Dengan menghindari hal yang berisiko menimbulkan penyakit atau mengganggu kesehatan, itu berarti kita tak hanya telah menjaga kesehatan, tapi juga berinvestasi finansial dengan lebih bijak dan cerdas.

Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan salah satu investasi terbaik untuk masa depan. Tak hanya agar terhindar dari pemborosan dan demi untuk lebih menghemat uang. Alasan pentingnya menjaga kesehatan yang utama dikarenakan hal ini memang penting merupakan investasi terbaik untuk masa depan.

Berikut adalah sejumlah alasan pentingnya menjaga kesehatan.

1. Bisa Mendapat Premi Asuransi yang Lebih Murah

Kesehatan penting dijaga agar kamu bisa mendapatkan benefit ini. Perusahaan asuransi umumnya lebih menyukai prospek nasabah dengan risiko terkecil. Artinya, mereka lebih prefer calon nasabah yang riwayat gangguan kesehatannya baik serta minim penyakit serius.

Itulah sebabnya agen asuransi akan menanyakan rincian riwayat kesehatan calon nasabah sebelum mereka membeli polis asuransi tertentu. Jika misal kamu memiliki tubuh yang tidak obesitas, menganut healthy lifestyle dengan latar belakang keluarga yang rata-rata berumur panjang, kamu pun akan termasuk ke dalam kategori nasabah ideal bagi mereka.

Nasabah yang sehat dan ideal biasanya akan membayar premi asuransi yang lebih murah. Namun sebaliknya, makin banyak risiko kesehatan yang mengintaimu, akan semakin tinggi dan mahal pula premi asuransi yang mesti kamu bayarkan.

2. Berkemungkinan Hidup Lebih Lama dan Bahagia

Alasan pentingnya menjaga kesehatan tak lain adalah untuk melawan penyakit, baik yang ringan maupun kronis. Menjaga kesehatan bisa memperpanjang kemungkinan hidup dan usia seseorang, serta terhindar dari risiko kematian.

Seseorang yang lahir batinnya sehat akan merasa lebih berguna, bersemangat dan berbahagia dalam menjalani hidupnya. Saat sehat, kamu masih bisa berupaya dengan maksimal untuk mencapai apapun cita-cita yang sedang ditargetkan.

Namun, akan menjadi lain ceritanya jika sedang jatuh sakit. Seseorang bisa jadi akan menjadi murung, putus harapan dan patah semangat akibat kondisi penyakit yang dideritanya.

Selain itu, mental dan fisik yang sehat memungkinkanmu untuk menikmati hidup lebih lama bersama orang-orang terkasih. Jika kamu jatuh sakit, orang-orang yang mencintaimu pasti akan ikut sedih dan tidak bahagia.

Jadi, dengan menjaga kesehatanmu saat ini, itu berarti kamu pun telah berikhtiar dan amanah dalam mengasihi dirimu beserta keluargamu. Itu berarti, kamu pun telah lebih bijak dan cerdas lagi dalam berinvestasi untuk masa depanmu beserta keluarga.

3. Meminimalisir Besaran Biaya Pengobatan dan Perawatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Saat kamu lebih sehat mental dan fisik, kamu pun akan jarang jatuh sakit. Jika sudah begitu, kamu pun tak perlu terlalu khawatir harus keluar banyak biaya untuk periksa ke dokter, membeli obat, atau terapi.

Walaupun misal kamu sudah punya asuransi kesehatan, tetap saja akan ada biaya yang tak ditanggung oleh polis asuransi. Misalnya, terapi, pemeriksaan khusus saat rawat jalan, bahkan hingga akomodasi transportasi saat bolak-balik berobat ke fasilitas kesehatan yang letaknya di luar kota ataupun di luar negeri.

Rawat jalan dan pengobatan yang berkali-kali dan berlangsung lama tentunya dapat menguras dana. Jagalah kesehatan agar isi tabungan, aset dan investasi milikmu tetap aman dan terus bertumbuh, bukannya tergerus habis akibat sakit.

4. Jadi Lebih Produktif dalam Peningkatan Taraf Hidup

Kesehatan yang prima bisa sangat menunjang pertumbuhan dan produktivitas individu. Sehat atau tidaknya seseorang dapat berpengaruh signifikan terhadap produktivitas dan peningkatan taraf hidupnya, baik secara personal maupun profesional.

Dan inilah alasan pentingnya menjaga kesehatan yang juga tak kalah pentingnya. Karena pasalnya, tak jarang, kesehatan menjadi salah satu pertimbangan banyak perusahaan sebelum merekrut calon pegawainya.

Pegawai yang sehat lahir batin merupakan aset perusahaan secara tak langsung. Pegawai kerap izin absen karena sakit dapat berpengaruh terhadap kinerja tim secara keseluruhan.

Jika sudah begitu, perusahaan pun bisa merugi. Menyadari hal ini, akhirnya banyak juga perusahaan yang lebih memperhatikan kesejahteraan pegawai demi kinerja yang lebih baik. Salah satu caranya dengan menyediakan akses konsultasi psikologis hingga gym di kantor.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat Sebagai Investasi Kesehatan

loader

Menyadari bahwa kesehatan merupakan aset, modal dan investasi terpenting untuk masa depan, kamu pun harus lebih proaktif menjaganya. Tak harus menguras isi kantong, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat agar keuangan jadi lebih hemat, seperti:

1. Jaga Kebersihan Mulut, Gigi, dan Gusi

Kerap disepelekan dan tidak diindahkan, tak banyak yang tahu bahwa faktanya, mulut, gigi, dan gusi yang bermasalah dapat memicu penyakit serius, seperti jantung. Demi hidup yang seimbang, sehat dan panjang umur, rutinlah menjaga kebersihan mulut. Biasakan secara teratur menyikat gigi dan berkumur setiap hari, baik setelah makan maupun sebelum tidur.

2. Stop Merokok dan Konsumsi Alkohol

Stop merokok dan konsumsi alkohol tak hanya bisa lebih menyehatkan fisikmu, tapi juga finansialmu. Rokok dan minuman keras kerap menjadi pemicu bagi berbagai penyakit serius, termasuk jantung, paru-paru, kanker, pembuluh darah, liver, ginjal dan lainnya.

Dalam berbagai pemberitaan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan betapa besar kerugian BPJS Kesehatan akibat tingginya biaya pengobatan bermacam-macam penyakit yang disebabkan oleh rokok.

Selain itu, harga rokok dan minuman keras pun semakin mahal dan mencengangkan. Padahal, budget tersebut bisa dialokasikan untuk emergency fund ataupun sinking fund demi hidup mapan yang aman nyaman di masa depan.

3. Lebih Aktif Bergerak dan Rajin Berolahraga

Setiap lapisan masyarakat khususnya generasi muda perlu menerapkan gaya hidup sehat dalam kebiasaan sehari-hari. Pasalnya, masalah kesehatan dari tahun ke tahun di Indonesia jadi semakin tak mengenal usia.

Salah satu pemicunya ialah gaya hidup sedentary, yaitu ketika masyarakat perkotaan menjadi kurang bergerak sehingga timbullah berbagai keluhan dan masalah kesehatan yang tak diinginkan. Itulah sebabnya kebiasaan rebahan perlu diubah menjadi aktif bergerak serta rajin berolahraga.

Caranya bisa dengan biasakan berjalan kaki setiap hari setidaknya 15-30 menit. Kamu bahkan bisa bergabung dengan komunitas olahraga tertentu agar lebih semangat bergerak dan hidup lebih sehat lagi.

Faktanya, rutin bergerak dan olahraga teratur dapat meningkatkan suasana hati. Metabolisme tubuh pun jadi lebih baik, kualitas tidur akan meningkat. Bahkan, rutin bergerak dan berolahraga bisa meningkatkan sistem imun tubuh menjadi lebih kuat.

4. Menjaga Postur Tubuh Ideal

Postur tubuh pun kerap disepelekan dan tak diindahkan. Padahal, menjaga postur tubuh tetap ideal pun sangatlah vital bagi kesehatan. Terlalu lama duduk di posisi yang salah bisa menyebabkan kondisi bungkuk serta kelainan tulang punggung, seperti skoliosis dan lordosis.

Mengangkat barang yang terlalu berat atau salah posisi duduk juga bisa menyebabkan nyeri tengkuk, tulang belakang dan pinggang akibat saraf terjepit. Agar terhindar dari masalah kesehatan serius di masa mendatang, kamu bisa mencoba pilates, yoga ataupun senam tertentu sebagai bentuk pencegahan karena masalah sendi, otot dan tulang.

5. Memastikan Tidur Berkualitas

Tidur dan istirahat yang cukup merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Sejumlah riset kesehatan sudah membuktikan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, bahkan kematian.

Oleh sebab itu, pastikan waktu tidurmu lebih berkualitas. Saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel-sel yang rusak hingga recharge ulang agar kamu kembali berenergi ketika bangun.

6. Hindari Konsumsi Junk Food Berlebih

Berwisata kuliner dan menikmati makanan yang sedang viral boleh saja sesekali dilakukan. Namun, sebagai investasi kesehatan, alangkah baiknya jika kamu bisa mengontrol makanan dan minuman apa saja yang aman untuk dikonsumsi.

Junk food yang mahal rasanya tak akan sepadan dengan risiko kesehatan yang menyertainya. Jadi, lakukan pertimbangan logis sebelum makan dan minum sajian tertentu. Selain budget bulanan tetap aman, kamu pun akan terhindar dari penyesalan di kemudian hari.

7. Prioritaskan Memiliki Asuransi

Asuransi jiwa bisa disebut sebagai tabungan masa depan dan investasi kesehatan karena manfaat dan kegunaannya. Asuransi jiwa dapat mengantisipasi hal buruk yang tak terduga dan menimpamu atau keluarga secara tiba-tiba di masa depan.

Demikian juga dengan kepemilikan asuransi kesehatan yang dapat memberikan ketenangan pikiran bagimu dan keluarga. Ketersediaan asuransi kesehatan juga bisa meminimalisir terjadinya risiko keuangan hingga risiko kematian.

Tak jarang dalam banyak kasus, kematian menjadi tak terhindarkan akibat telat penanganan medis yang disebabkan oleh ketiadaan dana. Dalam kasus lain, seringkali terjadi pasien terpaksa berutang besar demi untuk menutupi pembiayaan medis, saat terjadi kecelakaan, atau situasi medis gawat darurat mendesak yang menimpanya.

Menjaga Kesehatan adalah Investasi Keuangan Terbaik untuk Kesejahteraan Masa Depan

Bangsa yang maju tak hanya terlihat dari pembangunannya, tapi juga dari kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya. Tak diragukan lagi, menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat merupakan investasi terbaik bagi keuangan dan kesejahteraan setiap orang.

Karena selain kesehatan finansial, kesehatan fisik dan mental juga diperlukan untuk masa depan yang sukses, sejahtera dan bahagia. Daya tahan tubuh yang baik hingga tubuh yang fit merupakan salah satu investasi terbaik untuk jangka panjang, yang akan berbuah manis jika terus dipelihara dan tidak diabaikan.