Jangan Gegabah, Pahami Dulu 4 Hal Ini Sebelum Tarik Tunai Kartu Kredit

Di era serba teknologi sekarang ini, banyak orang tergoda dengan manfaat kartu kredit. Tinggal gesek, transaksi pembayaran selesai meskipun itu sama saja dengan berutang. Mau lebih mudah dan cepat lagi dapat dana tunai? Gunakan fasilitas tarik tunai kartu kredit. Enak kan.

Dengan satu kartu kredit, urusan keuangan atau transaksi pembayaran jadi lebih praktis. Apalagi pihak bank paling jago menawarkan berbagai promo, keunggulan, dan kemudahan kartu kredit sehingga bikin masyarakat tergiur membuka maupun menggunakannya. Termasuk hadirnya fasilitas tarik tunai.

Anda bisa memakai limit tarik tunai kartu kredit untuk dapat dana segar, misalnya untuk kebutuhan mendadak atau modal usaha. Tinggal pergi ke mesin ATM, bisa langsung tarik tunai dengan kartu kredit.

Jadi, tidak perlu repot lagi pergi ke bank mengajukan pinjaman dengan syarat tetek bengeknya. Karena tarik tunai di kartu kredit sama saja dengan meminjam uang ke bank. Tapi namanya utang, ya harus dikembalikan, beserta bunga dan biaya penarikan.

Kalau Anda tidak bijak menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai, disiplin dalam membayar setiap cicilan, maka kondisi keuangan Anda dijamin bisa kacau, dan terjerat tumpukan utang.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan 4 hal berikut ini sebelum memutuskan tarik tunai dengan kartu kredit:

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda  

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kena Biaya 

Tarik Tunai Kartu Kredit Kena Biaya
Tarik Tunai Kartu Kredit Kena Biaya

Anda perlu tahu bahwa setiap penarikan tunai yang dilakukan dengan kartu kredit tidaklah gratis. Ada pungutan biaya penarikan dan bunga. Biaya tarik tunai kartu kredit biasanya dikenakan sebesar 4%. Biaya itu langsung dibebankan saat penarikan. Semakin besar jumlah tarik tunai Anda, semakin besar pula biaya yang dikenakan. 

Selain itu, tarik tunai dengan kartu kredit juga berbunga. Besaran tingkat bunga yang dibebankan saat ini maksimal sebesar 2,95% per bulan. Jumlah yang terbilang besar, jika tidak segera melunasinya, utang Anda akan semakin membengkak. Jangan sampai deh ya.

2. Ada Batasnya 

Ada Batas atau Limitnya
Tarik Tunai Kartu Kredit Ada Batasnya

Walaupun kartu kredit Anda memiliki limit belanja dan tarik tunai yang besar, namun setiap kartu kredit memiliki batas nilai tarik tunai yang telah ditetapkan, yaitu di bawah limit belanja dan tarik tunai. 

Patokan limit pada nilai tarik tunai tersebut sangat baik bagi nasabah kartu kredit, agar tidak kalap dengan kemudahan tarik tunai kartu kredit, mengingat semakin besar nilai tarik tunai, semakin besar pula tagihan akibat biaya dan bunga.

Baca Juga: Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit

3. Gunakan saat Mendesak 

Gunakan Saat Mendesak
Gunakan Tarik Tunai Kartu Kredit Saat Keadaan Mendesak

Sebagai pemegang kartu kredit, Anda harus mampu mengontrol penggunaan kartu kredit. Jangan sampai kebablasan dan malah menyengsarakan hidup Anda. Ingatlah bahwa setiap fasilitas kartu kredit yang diberikan sejatinya untuk memudahkan transaksi pembayaran, bukan kartu untuk berutang.

Oleh karena itu, manfaatkanlah fasilitas tarik tunai kartu kredit secara bijak. Contohnya menggunakannya hanya untuk kebutuhan yang betul-betul urgent, misal dalam keadaan gawat darurat atau untuk modal usaha. 

Pastikan jumlah penarikan tunai sudah diestimasi atau dikalkulasi terlebih dahulu dengan kemampuan bayar Anda. Untuk saran, sebaiknya jika Anda masih mempunyai saldo di kartu debit, maka utamakan tarik tunai dengan kartu debit untuk menghindari biaya dan bunga yang besar dan beranak-pinak. 

4. Lunasi Penuh dan Tepat Waktu

Lunasi Tepat Waktu
Lunasi Penuh dan Tepat Waktu

Berani menggunakan tarik tunai kartu kredit, berarti Anda harus memenuhi tanggung jawab untuk membayar utang atau tagihan tersebut. Sebisa mungkin lunasi utang secara penuh atau full payment dan tepat waktu. Jadi bukan minimum payment. Cara ini bisa menghindari Anda dari jebakan utang dari bunga yang terus bertambah setiap bulannya. Enggak mau kan kalau sampai harus dikejar-kejar debt collector?

Jadilah Pengguna Kartu Kredit yang Bijak

Gunakan kartu kredit secara bijak dan cerdas. Hindari gaya hidup konsumtif agar Anda tak perlu menggunakan tarik tunai kartu kredit hanya untuk belanja yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, pengeluaran bisa terkontrol dengan baik.

Perlu diingat, tarik tunai kartu kredit bisa menjadi solusi buat Anda yang sedang berada dalam situasi genting. Tapi bukan juga untuk gali lubang tutup lubang. Manfaatkan fasilitas tarik tunai kartu kredit dengan terencana, sehingga dapat membantu keuangan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menutup Kartu Kredit