Jangan Lakukan Ini Jika Tak Ingin Masa Pensiun Merana

Siapa sih yang ingin masa pensiunnya justru merana dan harus bekerja lebih keras untuk menafkahi kebutuhan hidupannya? Tetapi sayangnya belum banyak yang aware soal bagaimana nantinya kehidupan di hari tua dan tak punya rencana dan tujuan finansial ke depan. Perlu diketahui bahwa masa pensiun nanti merupakan refleksi dari apa yang telah diperbuat di masa sekarang.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan jika Ingin Masa Pensiun Tidak Ingin Merana

loader

Agar tidak terlambat menyadari pentingnya mengatur keuangan dari sekarang demi masa pensiun yang bahagia, simak apa saja yang perlu diperhatikan. 

1. Kurang Maksimal dalam Menabung

Selain pangkal kaya, menabung juga jadi pangkal bahagia lho! Pasalnya, dana tabungan bisa jadi penyokong utama ketika sudah mulai memasuki masa pensiun. Tak sedikit orang yang baru menyesal ketika mulai memasuki masa pensiun, lantaran kurang maksimal dalam mengalokasikan dana yang ditabung. Jadi pastikan untuk mulai menyisihkan penghasilan dalam tabungan khusus untuk hari tua nanti, ya.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

2. Terburu-buru Memutuskan Pensiun

Ada banyak pekerja yang justru memilih pensiun dini di usianya yang masih muda demi mendapatkan kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Seperti membuka bisnis baru dan menjadi pengusaha. Memang, keputusan semacam ini bisa memberi banyak manfaat lainnya. Misalnya bisa menghemat biaya kesehatan karena tak perlu lagi merasakan kurang tidur hingga stres akibat bekerja tanpa kenal waktu. 

Walau terdengar menggiurkan, tapi ternyata ada banyak hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan untuk pensiun dini. Apabila kurang berhati-hati, pensiun di usia yang masih produktif justru bisa jadi bumerang yang merugikan diri sendiri di masa mendatang.

3. Gaya Hidup Tak Berubah

Perlu dipahami, pensiun akan memaksa seseorang untuk masuk ke dalam kebiasaan baru atau gaya hidup berbeda. Oleh sebab itu, cobalah lakukan adaptasi dengan gaya hidup saat ini supaya tidak terlalu kaget. Terutama, kamu perlu mengurangi kebiasaan yang sifatnya konsumtif dan masa bodoh.

Pasalnya kebiasaan tersebut bisa membuat keuangan jadi kacau, jika sudah begitu bagaimana kamu bisa menjalani masa-masa pensiun dengan tenang? Percayalah, hal ini sangat sangat berguna saat kamu mulai memasuki masa pensiun nantinya. 

Baca juga: Pengertian Dana Pensiun Beserta Cara Mengumpulkannya dengan Instrumen Investasi

Hal yang Harus Dilakukan sebelum Masuk Masa Pensiun

loader

Ada beberapa hal yang nyatanya perlu kamu siapkan sebelum memasuki masa pensiun agar semuanya tetap berjalan sesuai rencana. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.

1. Rencanakan Masa Pensiun Sedari Dini

Pensiun sendiri terbagi menjadi dua, yakni pensiun pensiun normal dan pensiun dini. Jenis pensiun normal ini biasanya terjadi ketika seseorang mulai memasuki usia tertentu, misalnya 57 tahun. Sementara jenis pensiun dini merupakan pensiun yang waktunya bisa dipilih sendiri sesuai keinginan. 

Umumnya, pensiun ini lebih dini ketimbang batas usia yang sudah ditetapkan. Untuk itu, langkah terbaiknya, adalah dengan merencanakan waktu pensiun berdasarkan kebutuhan dan keinginan pribadi. Buat rencana setelah pensiun, dari mulai menentukan lokasi tempat tinggal, kegiatan sehari-hari, dan lain sebagainya. 

Coba bayangkan seperti apa nantinya kehidupan pensiun yang akan dijalani. Karena hal tersebut bisa jadi langkah pertama yang cukup penting dalam mempersiapkan perjalanan pensiun itu sendiri. Pastikan jangan lupa untuk mempertimbangkan segala keputusan besar yang memang perlu diambil. 

2. Melunasi Seluruh Utang

Satu dari sekian rencana finansial yang patut dilakukan jelang pensiun adalah membuat rencana untuk melunasi utang. Saat memutuskan untuk pensiun, bukan sekadar membutuhkan rencana saja, tetapi juga memikirkan soal utang yang dimiliki. Pastikan bahwa seluruh utang yang ada saat ini sudah lunas saat masa pensiun itu tiba, agar tidak membuat ketenangan di masa nantinya menjadi terganggu akibat utang yang belum lunas.

3. Cermat dalam Menghitung Biaya Bulanan di Masa Pensiun

Sebaiknya, mulai melakukan penyusunan portofolio dana pensiun sejak awal berpenghasilan. Coba hitung nilai investasi dan revisi secara berkala nominal yang ada karena pasti berbeda, tak seperti kondisi terkini jelang pensiun. Apalagi, gaya hidup sudah pasti akan berubah setelah pensiun. 

Jadi, hitung lagi apakah dana yang disiapkan memang sudah sesuai untuk masa pensiun nanti. Lalu, buat estimasi pengeluaran selama pensiun. Tuliskan secara detail kebutuhan bulanan apa saja yang dibutuhkan dan biaya apa saja yang tak lagi diperlukan setelah pensiun tiba. 

Pastikan kamu mendiskusikan topik semacam ini bersama pasangan. Sebab, biaya pensiun harus diperhatikan secara seksama mengingat kamu tak lagi memiliki penghasilan utama. Jika perlu, ubah gaya hidup demi menjaga stabilitas cash flow ketika pensiun. 

Poin pentingnya, jangan pernah bosan mempersiapkan apa yang dibutuhkan untuk kehidupan di masa mendatang.

Baca Juga: Tabungan Pensiun, Seberapa Pentingkah Bagi Kamu?

Rencanakan dari Sekarang agar Bisa Menikmati Masa Pensiun dengan Tenang 

Seharusnya, pensiun bisa jadi waktu yang paling menyenangkan untuk dinikmati dan bukannya masih harus memikirkan soal finansial. Itulah mengapa, penting untuk merencanakan masa pensiun sedari awal dengan sebaik-baiknya. Rencanakan juga semua hal yang memang ingin dilakukan sekaligus estimasi dana pensiun yang dibutuhkan dengan terperinci. Jika memang situasi dan kondisinya memungkinkan, maka lakukanlah!

Baca Juga: Mempersiapkan Pensiun Dini dan Tips Keuangannya