Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kenali Jenis Empon Empon dan Khasiatnya

Dibandingkan dengan rempah-rempah, jenis tanaman empon empon mungkin masih terdengar asing di telinga. Padahal, jenis tanaman tersebut banyak dijadikan sebagai ramuan yang biasa ditemukan pada jamu-jamuan. Yang pasti, antara rempah-rempah dan empon empon keduanya memiliki perbedaan yang cukup kontras.

Rempah-rempah adalah beragam jenis tanaman yang biasa dimanfaatkan karena memiliki aroma dan cita rasa yang khas pada makanan atau minuman. Tanaman yang termasuk sebagai rempah adalah cengkih, lada, pala, dan lain sebagainya. Jadi, manfaat dari rempah utamanya adalah untuk menyedapkan masakan. 

Sebaliknya, empon empon merujuk pada sebutan oleh masyarakat Jawa untuk kelompok tanaman akar tinggal atau rimpang. Empon empon merupakan kelompok tanaman rimpang yang seringkali dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional atau jamu. Jenis tanaman yang adalah jahe, temulawak, kunyit, dan lain sebagainya. 

Berbicara soal empon empon, akhir-akhir ini jenis tanaman tersebut banyak diperbincangkan karena khasiatnya. Di tengah rasa waspada akibat virus Corona, empon empon tengah diteliti khasiatnya dalam mencegah virus mematikan tersebut pada manusia. 

Pasalnya, sudah lama dipercaya jika ramuan tradisional dari empon empon dapat meningkatkan kondisi kesehatan seseorang, terutama dalam menjaga sistem imunitas. Hal tersebut tentu dapat memberikan angin segar pada masyarakat untuk lebih siap terhadap infeksi virus Corona dewasa ini.  

Mengetahui hal tersebut, tentu khasiat dari mengonsumsi empon empon tidak boleh dipandang sebelah mata. Untuk itu, simak jenis empon empon yang mudah ditemukan dan diolah serta khasiatnya berikut ini. 

Cara Memanfaatkan Empon Empon 

loader

Seiring dengan perkembangan zaman, empon empon telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan, mulai dari kuliner, ramuan obat tradisional, perawatan tubuh, hingga untuk kebutuhan kosmetika.  Namun, yang paling umum, penggunaannya masih pada hal pengobatan tradisional serta bahan dasar membuat bumbu masakan. 

  • Bahan Baku Obat Herbal

    Jenis tanaman ini banyak dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan obat herbal dan juga jamu-jamuan tradisional. Tidak hanya itu, beragam masakan asli Indonesia juga memiliki bahan dasar dari empon empon, seperti kunyit pada soto, kluwek atau kepayang pada rawon, dan banyak macam kuliner dalam negeri lainnya. 

  • Bumbu dan Pewarna Makanan

    Industri makanan dan minuman dewasa ini juga mulai banyak yang mengolah produk dengan menggunakan jenis tanaman ini. Terbukti dengan banyak kemunculan beragam merek produk yang memiliki bahan dasar dari empon empon. Sebagai contohnya adalah bumbu masak instan, jamu dalam kemasan, dan lain sebagainya. 

  • Masker Hingga Obat Kecantikan

    Dunia kecantikan kini juga telah banyak mengadopsi khasiat yang dimiliki oleh empon empon. Bahkan, tak sedikit masker, jamu-jamuan atau obat kecantikan dari empon empon yang menjadi rahasia kecantikan wanita di era sekarang. 

  • Aromaterapi

    Terakhir, empon empon telah banyak diolah untuk diambil ekstrak atau minyak atsirinya. Melalui proses distilasi penguapan dan juga pengepresan dingin, minyak atsiri atau biasa disebut juga minyak esensial seringkali difungsikan sebagai aromaterapi. Minyak tersebut juga bisa menjadi obat oles untuk menjaga kesehatan tubuh. 

    Jenis tanaman ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan banyaknya tanaman jenis ini di tanah Indonesia, tentu akan sangat disayangkan jika khasiatnya tidak dimanfaatkan dengan maksimal.  

Baca Juga:  Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

Jenis Empon Empon yang Umum Digunakan

Kata empon empon pada dasarnya memiliki arti sebagai tanaman akar tinggal atau rimpang. Namun, jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok empon empon didominasi oleh famili Zingiberaceae atau temu-temuan. 

Sedikitnya terdapat 283 macam tanaman obat yang termasuk ke dalam kelompok empon empon ini. Tetapi, di antara ratusan jenis tanaman obat tersebut, terdapat sekitar 12 macam yang paling populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seperti, temulawak, lempuyang gajah, lempuyang wangi, jahe, cabe jawa, lengkuas, kedawung, kencur, kunyit, pulasari, adas, dan bangle. 

Di antara 12 tanaman tersebut, yang sudah luas dibudidayakan atau dikomersilkan baru ada 6 jenis, yaitu temulawak, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, dan adas. Jadi, tidak mengherankan jika keenam jenis empon empon tersebut lebih mudah ditemukan dibanding jenis lainnya. 

Khasiat yang Bisa Didapatkan dari Mengonsumsi Empon Empon

loader

Empon empon merupakan bahan utama dalam pembuatan jamu-jamuan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jawa. Kebiasaan mengonsumsi jamu tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Pasalnya, khasiat empon empon akan jauh lebih nampak saat telah diolah menjadi jamu ketimbang mengonsumsinya secara sendiri-sendiri.

Sebagian jamu dibuat dengan mengolah berbagai empon empon, seperti kunyit, kencur, dan juga temulawak. Meski terkadang pahit di lidah, campuran tersebut malah terbukti mampu memberikan khasiat mujarab bagi kesehatan tubuh. 

  1. Kunyit

    Sebagai contoh, telah diketahui jika manfaat mengonsumsi kunyit dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Adanya antioksidan tersebut telah terbukti dapat mengatasi serangan radikal bebas penyebab munculnya sel kanker dalam tubuh. Jadi, bisa dibilang bahwa kunyit ini merupakan tanaman antikanker atau antitumor karena khasiatnya tersebut. 

    Kurkuminoid yang menjadi kandungan utama dari kunyit juga dapat memberikan banyak hal positif bagi kesehatan. Salah satu contohnya adalah sebagai obat peradangan dan sifat sitotoksik yang dimilikinya mampu mencegah proliferasi sel kanker. 

  2. Temulawak

    Selanjutnya, temulawak banyak dikenal sebagai tumbuhan yang dapat membuat tubuh agar tetap bugar. Temulawak tentu cocok untuk rutin dikonsumsi oleh mereka yang sering disibukkan dengan pekerjaan atau beragam aktivitas lainnya. Dengan begitu, tubuh tidak akan sampai turun imunitasnya karena kelelahan. 

  3. Kencur

    Jenis yang banyak dijadikan sebagai campuran pada jamu adalah kencur. Bagi yang belum tahu, manfaat utama dari mengonsumsi kencur adalah untuk mengobati batuk, melegakan pernapasan, serta menghilangkan dahak akibat batuk. Karena manfaat tersebut, tak jarang kencur dijadikan sebagai konsumsi wajib para penyanyi agar pita suaranya tetap terjaga dan melegakan tenggorokan. 

  4. Jahe

    Terakhir, jahe juga termasuk sebagai jenis empon empon yang memiliki khasiat untuk menjaga sistem imun agar tetap kuat. Sebab, jahe mampu mencegah pertumbuhan dan mengatasi bakteri jahat dalam tubuh. Khasiat ini akan lebih mantap terasa saat jenis jahe yang dikonsumsi adalah jahe merah yang memiliki rasa dan warna yang lebih kuat. 

    Jahe bisa diolah sebagai campuran minuman, seperti teh, dengan cara mengambil sarinya. Jika ingin yang lebih sederhana, jahe bisa langsung direbus hingga mendidih sehingga kandungannya dapat larut dalam air. Setelah dingin, air rebusan jahe tersebut dapat langsung diminum agar bisa mendapatkan khasiatnya. Kalau ingin rasa yang lebih nikmat, air jahe bisa dicampurkan dengan susu atau madu.

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe Merah yang Mujarab Redakan Penyakit

Pentingnya Mengonsumi Empon Empon untuk Mencegah Terjangkit Virus Corona

Virus Corona merupakan virus yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala, seperti demam, batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan. Virus Corona juga lebih berbahaya jika menjangkiti pasien yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, khususnya lansia. 

Melihat khasiat empon empon di atas, semuanya berkaitan langsung dengan gejala yang ditimbulkan oleh virus Corona. Mulai dari penguatan sistem imun tubuh agar tidak mudah terjangkit virus Corona bisa didapatkan dengan banyak mengonsumsi ramuan jahe merah dan temulawak. 

Tidak hanya itu, gejala batuk, sakit tenggorokan, dan gangguan pernapasan akibat serangan virus tersebut juga seharusnya dapat diredakan dengan mengonsumsi kencur. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu metode preventif untuk mencegah terjangkit virus Corona yang mudah menular tersebut.

Karenanya, tidak mengherankan jika peneliti sibuk melakukan riset pada khasiat atau manfaat empon empon ini dalam mencegah penyebaran virus Corona di masyarakat.

Perkecil Risiko Tertular Virus Corona dengan Mengonsumsi Ramuan dari Empon Empon

Ada banyak anjuran yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona, seperti melakukan social distancing dan cuci tangan pakai sabun. Selain itu, mengonsumsi jenis tanaman ini juga dapat memperkecil risiko terjangkit virus tersebut karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!