Tak Perlu Khawatir Soal Biaya, Begini 10 Tips Mengumpulkan Dana Keliling Dunia

Mampu melihat bagian dunia lain yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, tidak sedikit orang memiliki hobi untuk berlibur ke banyak tempat. Bahkan, sebagian di antara mereka juga bermimpi untuk berkeliling dunia setidaknya sekali seumur hidup. Hal ini biasanya dimulai dengan cara membuat daftar tempat atau negara yang ingin dikunjungi. 

Tentunya, untuk bisa mewujudkan impian tersebut, kamu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika kondisi keuangan tidak dipersiapkan dengan sebaik mungkin, bukan tidak mungkin mimpi untuk bisa berkeliling dunia hanya akan menjadi angan-angan yang tak kunjung tercapai. 

Baca Juga:  Siapkan Sebelum Berangkat, Ketahui Apa Itu Dana Liburan, Tujuan Memiliki, Hingga Cara Hitungnya

10 Tips Sukses Kumpulkan Dana untuk Travelling Keliling Dunia

loader

Siapa saja bisa kok mewujudkan impiannya keliling dunia dengan mengetahui cara yang optimal dalam mengumpulkan dananya. Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana caranya, simak 10 tips mengumpulkan dana untuk keliling dunia yang realistis dicapai berikut ini. 

1. Kuatkan Tekad dan Niat

Tidak bisa dibantah jika biaya untuk bisa keliling dunia memang cukup besar, bahkan cenderung sulit dijangkau bagi sebagian orang. Oleh karena itu, jika berencana untuk mewujudkan impian tersebut, kamu harus lebih dulu memiliki niat dan tekad yang kuat. Dengan begitu, kamu mempunyai pondasi yang kuat agar terus berusaha meraih mimpi berkunjung ke banyak negara dengan menyisihkan penghasilan secara rutin seiring waktu. 

2. Susun Alokasi Pos Keuangan

Tidak hanya menguatkan niat dan tekad, kamu juga perlu memiliki strategi yang tepat agar bisa merealisasikan mimpi berkeliling dunia. Salah satunya adalah dengan menyusun alokasi pos keuangan secara akurat menyesuaikan kebutuhan dan kondisi finansial. 

Biasanya, pos keuangan yang wajib dimiliki oleh setiap orang adalah kebutuhan pokok, hiburan, dan menabung serta investasi. Persentase pembagian pos keuangan tersebut pun beragam, misalnya, 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan serta investasi. Nah, tabungan untuk liburan berkeliling dunia ini termasuk pada pos keuangan hiburan. 

Sehingga, ketika hari gajian tiba, langsung alokasikan 30 persen dari penghasilan untuk mengisi pos keuangan ini. Dengan begitu, keinginan untuk berkeliling dunia bisa terwujud cepat atau lambat. 

3. Jadikan Budget Keliling Dunia Sebagai Tujuan Finansial

Tips lainnya, jadikan budget berkeliling dunia ini sebagai tujuan finansial. Hal ini mampu membantumu untuk lebih terarah dalam mencapainya, sekaligus memiliki acuan yang jelas untuk bisa meraihnya.

Misalnya, kamu bisa memperkirakan budget keliling dunia ini sebesar 120 juta, di mana harus terkumpul dalam jangka waktu 5 tahun. Sehingga, dalam perkiraan tersebut, artinya ada waktu sekitar 60 bulan untuk mengumpulkan uang 120 juta yang bisa diraih dengan rutin menabung sebesar 2 juta tiap bulan.

Jika ingin terwujud lebih cepat, kamu hanya perlu menyesuaikan jumlah dana yang bisa ditabung tiap bulan, atau menyesuaikan jumlah uang yang harus terkumpul.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

4. Pilih Investasi Sebagai Sarana Menabung

Nominal dana untuk liburan keliling dunia memang sangat banyak. Jika dikumpulkan dengan cara tradisional, dalam hal ini sekadar menabung di rekening bank, waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya bisa jadi terlampau panjang. Nah, agar lebih optimal dan efisien, manfaatkan investasi sebagai sarana mengumpulkan dana keliling dunia. 

Mengapa investasi? Jawabannya jelas karena dana yang terkumpul dan tersimpan di dalamnya bisa terus berkembang seiring waktu sehingga membuat beban menabung menjadi jauh lebih ringan. Tidak hanya itu, investasi juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi risiko inflasi yang dapat menjadikan budget liburan keliling dunia terus membengkak seiring waktu. 

Baca Juga: Liburan Pakai Investasi Reksa Dana? Ini Tipsnya

5. Tanam Modal Sesuai Profil Risiko

Investasi memang bisa menjadi solusi untuk mewujudkan rencana liburan keliling dunia dan mengumpulkan dananya dengan lebih cepat. Meski begitu, investasi juga memiliki risiko yang perlu diantisipasi dengan cara menyesuaikan instrumen yang dipilih dengan profil investor. 

Misalnya, jika kamu mempunyai profil risiko konservatif, alokasikan mayoritas modal investasi di instrumen rendah risiko, seperti reksa dana pasar uang dan deposito. Di sisi lain, dengan profil risiko agresif dan tujuan investasi jangka panjang, menanam modal di reksa dana saham bisa menjadi pilihan yang ideal. Yang terpenting, usahakan untuk terus menambah pengetahuan dan pengalaman investasi agar mampu meminimalkan risiko sekaligus memaksimalkan peluang imbal hasilnya.  

6. Tentukan Nominal Dana yang Disisihkan Tiap Bulan

Setelah mengetahui jumlah dana yang ingin dikumpulkan dan jangka waktunya, kamu tentu mengetahui berapa nominal dana yang harus disisihkan tiap bulannya. Sesuai contoh yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika ingin mengumpulkan dana sebesar 120 juta selama 5 tahun, artinya setiap bulan harus bisa menyisihkan setidaknya 2 juta. 

Namun, dengan investasi, menyisihkan dana dengan nominal tersebut berpeluang memberikan dana tabungan keliling dunia yang lebih besar dalam jangka waktu yang sama, tergantung dari kinerja instrumen investasi yang dipilih. Karenanya, investasi dianjurkan menjadi sarana untuk mengumpulkan dana keliling dunia. 

7. Jangan Remehkan Uang Receh

Ketika sedang dalam proses menabung, uang dengan nominal berapapun akan terasa sangat berharga. Hal ini berlaku pula pada uang receh yang jika dikumpulkan secara rutin dan konsisten bisa memberi dampak yang besar pada perkembangan tabunganmu. 

Misalnya, jika mampu mengumpulkan uang receh nominal 1000 tiap harinya, selama setahun kamu bisa mendapatkan 365 ribu. Akan jauh lebih besar lagi jika bisa menyisihkan lebih banyak recehan sisa kembalian berbelanja tiap harinya, seperti 2 ribu atau bahkan 5 ribu. Dalam setahun, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan tambahan uang tabungan hingga jutaan rupiah.

8. Perketat Pengeluaran dan Tambah Pemasukan

Tips yang tidak kalah pentingnya dilakukan guna meningkatkan peluang meraih impian keliling dunia adalah menjalankan gaya hidup yang lebih hemat. Usahakan untuk memperketat pengeluaran agar memiliki lebih banyak dana untuk disimpan sebagai tabungan keliling dunia. 

Selain itu, bila memungkinkan, tambah sumber pemasukan dengan mencari kerja sampingan ataupun membuka bisnis kecil-kecilan. Jadi, kondisi keuangan pun menjadi lebih kuat untuk bisa mewujudkan impian berlibur ke negara tertentu yang ingin dikunjungi. 

Baca Juga:  10 Tips Siapkan Budget Oleh-Oleh saat Liburan agar Keuangan Tetap Terjaga

9. Sebar Momen Liburan dengan Menjadi Blogger atau Youtuber Traveler

Jika kamu memiliki kemampuan dalam mengedit video, menulis, maupun public speaking, tidak ada salahnya untuk sekalian menjadi youtuber ataupun blogger di bidang traveling. Dengan cara ini, setiap aktivitas liburan di negara lain yang dilakukan mampu memberikan pundi-pundi rupiah dan bisa dijadikan modal untuk menjalani aktivitas liburan selanjutnya.

Sebagai referensi, kamu bisa melihat bagaimana blogger atau youtuber traveler membagikan kontennya pada para subscriber. Yang terpenting, jika memilih langkah ini, pastikan untuk mampu membangun personal branding dan kemampuan influencer guna meningkatkan pemasukan darinya. Jika sukses menjalaninya, kamu bisa mendapatkan pemasukan yang cukup deras dengan menjadi blogger maupun youtuber traveler yang bisa menjadi modal berkeliling dunia selanjutnya. 

10. Ingat Kembali Tujuan Keliling Dunia

Terkadang, niat untuk terus menabung dana berkeliling dunia terasa begitu berat dan sulit untuk bisa dilakukan. Sehingga, secara tidak sadar kemauan untuk menyisihkan uang lambat laun memudar hingga akhirnya terhenti di tengah jalan sebelum tujuan berkeliling dunia berhasil tercapai. 

Untuk menghindari hal tersebut, ingat kembali apa tujuan atau alasan ingin melakukan perjalanan ke banyak negara di belahan dunia lain. Tujuan dan alasan ini tentu beragam dan berbeda tiap orangnya. 

Bisa jadi kamu ingin berkeliling dunia karena ingin mendapat pengalaman terhadap situasi, budaya, dan hal lain yang tak terduga. Selain itu, dengan keliling dunia, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang serta menghargai apa saja yang sudah dimiliki dan dirasakan selama ini.

Alasan lain mengapa seseorang ingin melancong ke banyak negara adalah untuk memberi efek positif dalam jangka panjang agar tak menyesal karena sudah melakukan banyak hal selagi muda. Keliling dunia juga bisa menjadi kesempatan untuk menikmati petualangan baru yang berharga dan bisa teringat seumur hidup. Oleh karena itu, jika semangat untuk menabung dan mengumpulkan dana keliling dunia mulai memudar, ingat kembali tujuan dan alasan agar tekad kembali kuat.  

Mulai dari Langkah Kecil, Impian Keliling Dunia Pasti Bisa Terwujud

Mimpi berkeliling dunia bagi kebanyakan orang mungkin terasa mustahil dan begitu sulit untuk bisa terwujud. Tapi, jika dimulai dengan langkah kecil yang konsisten seiring waktu, dijamin impian tersebut tidak akan menjadi isapan jempol belaka. Nah, agar meningkatkan peluangnya untuk terwujud, jangan tunda lagi untuk mengikuti 10 tips mengumpulkan dana keliling dunia yang telah dijelaskan di atas, ya!

Baca Juga: Tips Menyusun Budget Liburan Akhir Tahun agar Keuangan Tetap Aman