Kenali Manfaat KMG Dan KTA Agar Tidak Salah Pilih

Berbicara mengenai kredit di Indonesia, ada dua jenis kredit yang paling populer dan sering digunakan oleh kebanyakan orang. Tentunya kredit yang akan dibahas di sini adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank dan bukan lembaga keuangan lainnya seperti leasing atau rentenir. Semua produk kredit dari bank tunduk dan di bawah pengawasan OJK untuk memberikan nasabah rasa aman dan nyaman dalam hal pinjam-meminjam uang.

Kedua jenis kredit tersebut adalah kredit yang dibedakan berdasarkan agunan atau jaminan. Masing-masing dari jenis kredit tersebut memiliki karakteristik, keunggulan serta kekurangan masing-masing. Lebih tepatnya kredit tersebut dibedakan berdasarkan kebutuhan konsumen dalam hal peminjaman uang di bank.

Masih banyak orang yang tidak begitu mengenal kedua jenis kredit tersebut meskipun orang tersebut sudah sering mengunjungi bank untuk meminjam uang. Tak jarang banyak kasus orang  yang salah pilih jenis kredit karena terburu-buru segera ingin mencairkan uang ataupun karena faktor lain. Apalagi sekarang ini banyak orang yang terkecoh dan tergiur oleh rayuan rentenir, karena menganggap bahwa kredit di bank itu syarat dengan aturan-aturan yang rumit.

Sebenarnya kalau kita mau mempelajari tentang cara kredit di bank dengan seksama, maka tidak ada kata sulit dan rumit. Bahkan kita akan mendapatkan beberapa perlindungan secara resmi.

Sekarang, mari kita kenali dua jenis kredit tersebut agar wawasan kita semakin bertambah dan nantinya kita bisa semakin teliti dalam hal pengajuan kredit. Seperti yang kami tulis pada judul di atas, jenis kredit yang pertama adalah Kredit Multiguna (KMG) dan kedua adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Apa saja perbedaan dan manfaat dari kedua kredit tersebut? Simak penjelasan kami di poin-poin berikut ini.

Baca Juga: Gadai Sertifikat Rumah Anda untuk Dapat Pinjaman Hingga 500 Juta

Karakter dan Manfaat Kredit Multiguna (KMG)

Kredit Multiguna Melalui Proses Appraisal

Kredit Multiguna Melalui Proses Appraisal via bostoniaproperties.com

Manfaat yang paling banyak dinikmati oleh orang ketika mengajukan kredit multiguna adalah bunga yang relatif lebih ringan dan tenor kredit yang panjang. Biasanya, tenor kredit untuk jenis ini bisa sampai 25 tahun. Karakter kredit ini adalah lebih fleksibel karena dana yang dicairkan bisa untuk memenuhi kebutuhan apa saja termasuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif.

Selain dari kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan di atas, jenis kredit multiguna juga memiliki kekurangan atau lebih tepatnya persyaratan yang lebih kompleks dibanding dengan KTA. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi terutama adalah adanya agunan/jaminan itu sendiri.

Selain itu, proses pencairan dana melalui kredit multiguna juga terbilang cukup lama karena nasabah harus menunggu proses appraisal atau penilaian dari bank tentang kelayakan finansial calon nasabah. Akan tetapi dana yang bisa dicairkan juga bisa sangat tinggi tergantung dari aset yang dijaminkan.

Jika aset/jaminan tersebut memiliki nilai jual kembali yang tinggi, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman yang besar juga bahkan bisa sampai angka miliaran rupiah. Melihat dari manfaat dan karakteristik di atas, kredit multiguna lebih cocok untuk kebutuhan jangka panjang.

Karakter dan Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Suku Bunga KTA Relatif Lebih Tinggi

Suku Bunga KTA Relatif Lebih Tinggi via businesstimes.com

Soal bunga, tenor, jaminan, persyaratan, maupun besaran uang yang bisa dicairkan, KTA merupakan kebalikan dari kredit multiguna. Di sini, Anda perlu mencatat beberapa poin yang telah disebutkan di atas agar nantinya saat mengajukan kredit Anda sudah benar-benar mengenal perbedaan antara keduanya. Karena jika sampai salah pilih jenis kredit, besar kemungkinan Anda akan kecewa karena tidak sesuai dengan harapan Anda entah itu mengenai bunga maupun yang lainnya.

KTA atau kredit tanpa agunan sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan uang mendesak dan tidak untuk pinjaman jangka panjang. Mengingat dari beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh KTA, sebagai konsekuensi juga adanya bunga yang relatif tinggi.

Masa tenor dari KTA juga relatif pendek, biasanya maksimal 5 tahun, itupun tidak banyak. Salah satu contoh produk KTA yang bisa memberikan tenor yang cukup lama adalah produk bank Mandiri yang terkenal dengan Mandiri KTA. Namun tenor yang panjang itu hanya berlaku bagi pegawai yang menyalurkan gaji melalui rekening bank Mandiri. Pada umumnya KTA memiliki tenor pelunasan maksimal 3 tahun.

Kelebihan KTA adalah memiliki persyaratan yang cukup sederhana dan proses pencairan dana relatif lebih cepat dari KMG. Bahkan di beberapa bank, dana KTA bisa cair dalam waktu kurang dari satu minggu. Satu lagi kekurangan dari KTA adalah limit pinjaman yang bisa dicairkan. Biasanya pinjaman yang bisa dicairkan tidak lebih dari Rp50 juta.

KTA bisa diakses oleh siapa saja termasuk pegawai, karyawan perusahaan, dan bahkan bisa juga untuk wiraswasta atau tenaga professional. Namun demikian, untuk selain pegawai dan karyawan tetap yang memiliki gaji tetap, ada strategi khusus untuk bisa mengakses kredit tanpa agunan.

Jika Anda adalah seorang pengusaha dan ingin mengajukan KTA, maka laporan keuangan bisa Anda jadikan andalan. Maka dari itu, setidaknya mulai sekarang Anda sudah mempunyai catatan keuangan usaha Anda dengan baik.

Baca Juga: Cara Menghitung Cicilan Kredit Tanpa Agunan Anda

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Memilih Sesuai Kebutuhan

Kini saatnya menentukan jenis kredit manakah yang paling sesuai. Anda bisa memulai dengan menilai diri sendiri dan mengembalikan lagi kepada minat Anda masing-masing dengan melihat karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing jenis kredit tersebut.

Yang pasti entah Anda memilih KTA atau KMG, Anda harus konsisten untuk membayar cicilan. Jika sampai terjadi kredit macet bank berhak untuk menyita aset Anda baik KTA maupun kredit multiguna.

Pertanyaannya adalah apakah bank bisa menyita aset Anda ketika Anda mengajukan KTA? Melalui jalur hukum dan proses di pengadilan bank bisa memiliki kekuatan hukum untuk menyita aset Anda. Jangan mengira kalaupun Anda mengajukan kredit tanpa agunan bank tidak bisa berbuat apa-apa ketika terjadi kredit macet.

Di sisi lain, risiko dari macet kredit ketika Anda mengajukan kredit dengan agunan/jaminan/kredit multiguna sudah jelas yaitu bank akan menyita aset yang Anda jadikan sebagai jaminan.

Cermat Mengelola Pinjaman

KTA dan KMG merupakan dua produk kredit perbankan yang didesain untuk tujuan yang berbeda. Jika Anda sedang tergesa-gesa dan membutuhkan uang cepat, maka KTA bisa menjadi alternatif. Konsekuensinya adalah bunga yang relatif tinggi.

Untuk itu, Anda harus siap untuk memprioritaskan uang yang lebih banyak untuk membayar cicilan KTA setiap bulannya. Sebaliknya, untuk tenor kredit panjang dan Anda memiliki jaminan maka produk KMG adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Perlu Pinjaman Dana Tunai? Simak 11 Cara Mudah Mendapatkannya