Keren! Tak Hanya Pandai Berakting, Begini Kisah Jordi Onsu Sebagai Entrepreneur

Jordi Onsu Oey merupakan adik dari celebrity Ruben Onsu. Sama-sama berprofesi sebagai entertainer, Jordi telah menjadi salah satu aktor, komedian, serta presenter yang punya banyak penggemar di Indonesia.

Pria kelahiran Jakarta, 12 Juni 1993 ini telah berkarier di panggung hiburan Tanah Air sejak tahun 2005. Meski begitu, ia pernah tampil dalam sinetron Bidadari dan Bayangan Adinda sewaktu masih kecil. Ia juga menjadi Direktur PT. Onsu Pangan Perkasa serta MOP Channel yang mendatangkan pundi-pundi Rupiah baginya dan keluarga.

Tak hanya menunjukkan kelihaiannya berakting lewat sejumlah film. Ia pun aktif sebagai presenter untuk berbagai program acara di televisi. Namun tak banyak yang tahu lika-liku perjuangan Jordi Onsu sebelum akhirnya ia bisa sukses berjaya seperti sekarang.

Baca Juga: Beginilah Kisah Ruben Onsu Merintis Ayam Geprek Bensu Hingga Meraih Kesuksesan

Jam Terbang dan Pengalaman Berakting

View this post on Instagram

A post shared by JRD Onsu (@jordionsu)

Jordi Onsu pertama dikenal setelah muncul dalam sinetron Rumah Kardus (2005). Selanjutnya, sepak terjang Jordi merambah ke film layar lebar pada tahun 2011 lalu. Debutnya terjadi sewaktu ia bermain dalam Tendangan dari Langit. 

Sejak saat itu, Jordi semakin laris manis membintangi beragam film. Salah satunya seperti My Last Love, Radio Galau FM serta 3 Pocong Idiot di tahun 2012. Kemudian di tahun 2013, ia hadir dalam sinetron Magic.

Ia juga tampak semakin fasih berakting dalam film 17 Tahun Ke Atas dan Marmut Merah Jambu di tahun 2014. Adapun di tahun 2017, Jordi diketahui melakoni Gunung Kawi

Berkiprah Sebagai Pemandu Acara

Tak hanya menjajal dunia akting, Jordi juga didaulat menjadi pembawa acara dalam berbagai program TV. Selain menjadi host untuk Mission X di Trans TV, Jordi pernah memandu acara Hati Ke Hati Show yang tayang di stasiun TV yang sama.

Kemudian, pria yang membintangi iklan Nutri Sari Jeruk Peras ini pernah menjadi presenter untuk Gen Z dan Anti Jones di Trans TV, hingga membawakan acara Sebelas Duabelas di Kompas TV.

Sutradara Video Musik dan Paman Idaman

View this post on Instagram

A post shared by JRD Onsu (@jordionsu)

Sepak terjang Jordi tak hanya sebatas akting, presenter, dan entrepreneur. Ia bersama Ruben juga mengambil peranan penting dalam karier Betrand Peto, keponakan angkatnya. Rupanya, ia menjadi sutradara untuk sejumlah video musik milik Betrand.

Jordi telah menyutradarai video musik Deritaku, Jaga Perasaan, dan video klip untuk lagu Malaikat Penjagaku. Tampaknya, Betrand Peto lebih leluasa dan nyaman ketika sang paman turun tangan membantu proses pengerjaan video klipnya.

Pembawaan yang ceria serta karakter hangatnya yang suka bercanda membuat suasana syuting semakin akrab lagi kompak. Kendati begitu, ia juga tetap berwibawa dan serius dalam menggarap pekerjaannya tersebut. 

Kedekatan dan kasih sayang Jordi terhadap keponakannya ini tentu menarik perhatian netizen. Menaruh respek dan salut melihat sikap Jordi, mereka pun menyebutnya sebagai paman idaman.

Baca Juga: Menyentuh dan Menginspirasi, Begini Kisah Hidup Betrand Peto Putra Onsu

Bisnis Jordi Onsu

Belum lama ini, Jordi diterima di Harvard Business School (Boston) untuk jurusan Owner and President Management. Ia mendapatkan peluang untuk belajar ilmu bisnis selama dua tahun di kampus bergengsi tersebut. Semua ini tentu tak lepas dari sepak terjang Jordi yang telah mengembangkan bisnis kuliner keluarganya (yang juga dicantumkan di dalam curriculum vitae miliknya).

Senang traveling, berwisata kuliner, dan memasak membuat Jordi dan Ruben Onsu membuka usaha makanan. Mereka merintis bisnis ayam geprek serta sejumlah panganan lainnya, termasuk frozen food dan produk lainnya, seperti Bensu Drink, Bensueger, Bensu Bakso, Bigben Kopi, dan masih banyak lagi.

Tak asal merintis bisnis, Jordi menggunakan sejumlah taktik dalam mengembangkan usahanya. Dalam salah satu wawancara dengan media massa, ia menandaskan dirinya terinspirasi oleh franchise ayam goreng yang telah sukses mendunia. 

Kini, brand ayam geprek yang telah berdiri sejak 2017 ini telah berkembang menjadi 130 outlet di 20 provinsi. Tak hanya itu, Geprek Bensu yang dirintisnya pun telah menyabet Top 20 Indonesia Rising Star Brands 2019. Geprek Bensu pun telah menjadi bagian dari 25 Fast Non Public Companies serta menjadi Most Hundred Brand Indonesia dalam rilisan Majalah SWA.

Berhasil Dapatkan Rumah Impian

View this post on Instagram

A post shared by JRD Onsu (@jordionsu)

Berkat kerja keras dan keuletan Jordi, sekarang ia telah berhasil mendapatkan rumah impiannya. Hunian mewah dan mentereng tiga lantai kini telah menjadi tempat tinggal Jordi yang terletak di wilayah Cipete, Jakarta Selatan.

Memiliki luas sekitar 980 meter persegi, rumah Jordi Onsu dilengkapi dengan tiga kamar tidur utama, kolam ikan cantik, dapur mewah, bioskop, serta karaoke room. Hobi berolahraga, Jordi bahkan menyediakan ruang sauna/ steam, ruang khusus gym, hingga magical balcony di rumahnya tersebut.

Uniknya, rumah ini terletak berseberangan dengan tempat kosnya dahulu. Tak disangka-sangka, rumah yang dulu hanya dapat dipandangi dan diimpikan olehnya kini telah berhasil ia beli dari uang hasil jerih payahnya sendiri. 

Tak pelak ia pun mengaku sangat bahagia, terharu, dan tak mengira akan sanggup mewujudkan impiannya tersebut. Padahal, dulu ia sempat bermawas diri mengingat pendapatannya belum sebesar sekarang.

Kendati telah berhasil mendapatkan rumah impiannya, Jordi mengatakan dirinya tetap memelihara kerendahan hati. Pasalnya, ia menyadari bahwa segala sesuatu yang menjadi miliknya saat ini hanya titipan yang bisa saja hilang kembali.

Tips Sukses Berbisnis Kuliner Ala Jordi Onsu

Saat disinggung mengenai rahasia kesuksesan bisnisnya, Jordi membagikan sejumlah sudut pandangnya. Menurutnya, kebanyakan orang akan memilih makanan yang lezat sekaligus simple, ekonomis, dan mudah didapatkan.

Berdasarkan pertimbangan sejumlah faktor tersebut, Jordi membangun bisnis kulinernya. Ia menandaskan agar usaha kuliner tak dibuat hanya untuk mencari profit semata. 

Sebaliknya, hendaknya usaha tersebut dapat bermanfaat dan turut andil dalam kesejahteraan sesama. Bisnis yang dirintis pun hendaknya menciptakan loyalitas serta kerja sama dalam komunitas masyarakat.

Selain itu, ia juga menggunakan trik inovasi rasa dan varian yang beragam dalam pengembangan bisnisnya. Ia menyebutkan, cara ini dapat mendongkrak angka omzet. 

Langkah praktisnya yakni dengan menghadirkan sejumlah varian menu yang musiman, sesuai lokasi gerai. Misal, untuk outlet yang terletak di Bandung, kekasih Frislly Herlind ini menyediakan menu musiman yang sesuai dengan selera pembeli lokal sekitar. 

Berani Wujudkan Inovasi Jadi Nyata

View this post on Instagram

A post shared by JRD Onsu (@jordionsu)

Kisah sukses Jordi Onsu dalam merintis bisnisnya dapat menjadi teladan positif. Terinspirasi dari franchise ayam goreng luar negeri yang telah menjamur, Jordi pun bertekad untuk mempopulerkan masakan tradisional Indonesia dengan mencontoh ide tersebut.

Seperti langkah Jordi, beranikan diri untuk mewujudkan ide inovatif menjadi nyata. Ada banyak ide inovatif yang dapat diadaptasikan dengan bisnis yang sesuai. Oleh karena itu, mari jemput kesuksesanmu sekarang!

Baca Juga: Belajar Jadi Orang Kaya Dari Ruben Onsu, Pemilik Geprek Bensu