Klinik BPJS: Cara Cek Lokasi dan Cara Berobatnya

Klinik BPJS merupakan Faskes 1 yang bisa didatangi oleh peserta BPJS Kesehatan yang membutuhkan perawatan kesehatan. Sebagaimana Faskes 1 pada umumnya, lokasi klinik BPJS terdekat ini biasanya tidaklah jauh dari tempat domisili para peserta BPJS Kesehatan itu sendiri.

Biasanya peserta BPJS Kesehatan akan diarahkan untuk memilih Faskes 1 yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal yang bersangkutan. Hal ini tentu dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah akses layanan kesehatan, jika sewaktu-waktu peserta tersebut membutuhkannya. 

Baca Juga: Autodebet BPJS Kesehatan di Bank: Cek Iuran Hingga Cara Daftarnya!

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Penting untuk Memilih Klinik BPJS yang Tepat

loader

Memilih Klinik BPJS 

Pada dasarnya, BPJS Kesehatan memungkinkan agar klinik terdekat BPJS yang dipilih peserta tidak harus sesuai dengan KTP. Saat mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, calon peserta akan dibebaskan untuk memilih sendiri klinik BPJS yang dekat dengan tempat tinggalnya. 

 Misalnya, jika peserta tersebut bekerja dan tinggal di luar kota, maka yang bersangkutan bisa memilih klinik 24 jam terdekat BPJS atau Puskesmas yang berlokasi dekat dengan tempat tinggalnya di kota tersebut. Pemilihan Faskes 1 ini perlu untuk dicermati dengan baik, mengingat layanan BPJS menggunakan sistem berjenjang.

Artinya, jika peserta sakit dan membutuhkan layanan kesehatan, maka yang bersangkutan bisa mendatangi klinik terdekat BPJS atau faskes lainnya yang sudah didaftarkan dengan lebih dulu. Disana, peserta bisa mendapatkan pelayanan kesehatan rawat jalan.

Namun jika dirasa membutuhkan perawatan lanjutan yang lebih kompleks dan tidak memungkinkan dilakukan di Faskes 1, maka peserta yang bersangkutan akan mendapatkan surat rujukan untuk melanjutkan perawatan di Faskes 2 (rumah sakit) yang memiliki layanan yang lebih memadai. 

Sedangkan jika peserta BPJS Kesehatan membutuhkan layanan kesehatan, namun sedang tidak berada dekat dengan lokasi Faskes 1 yang sudah dipilihnya sejak awal, maka yang bersangkutan bisa mendatangi Faskes 1 atau klinik 24 jam terdekat BPJS terdekat manapun yang ada di sekitarnya dan mendapatkan layanan kesehatan di sana dengan segera. 

Cara Mudah untuk Mengecek Lokasi Klinik BPJS

Sebagaimana pendaftaran BPJS Kesehatan yang kini bisa dilakukan secara online, pihak BPJS juga memungkinkan para calon peserta dan peserta BPJS Kesehatan mengecek dan memilih sendiri klinik terdekat BPJS atau Faskes 1 yang akan mereka gunakan. 

Untuk mempermudah pemilihan klinik 24 jam terdekat BPJS atau Faskes 1 ini, maka calon peserta bisa mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan atau membuka aplikasi JKN dan mendapatkan informasi lengkap terkait Faskes 1  tersebut di sana. 

Berikut ini adalah beberapa langkah  mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek lokasi Faskes 1 atau klinik BPJS terdekat: 

  1. Pengecekan Klinik BPJS Melalui Situs Resmi BPJS Kesehatan: 

    • Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan.
    • Pilih menu “Layanan”.
    • Klik menu “Fasilitas Kesehatan” 
    • Ketikkan wilayah domisili, maka daftar klinik BPJS terdekat atau Faskes 1 lainnya akan muncul pada layar. 
  2. Pengecekan Klinik BPJS Melalui Aplikasi JKN: 

    • Buka aplikasi Mobile JKN pada smartphone.
    • Loginlah menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya dan akses halaman utama aplikasi tersebut.
    • Klik menu “Umum” yang terdapat pada halaman utama.
    • Aktifkan layanan GPS pada smartphone terlebih dahulu, agar aplikasi ini bisa mendeteksi lokasi klinik terdekat dengan mudah.
    • Pilih sub menu lokasi untuk melanjutkan. 
    • Ketikkan alamat domisili pada kolom yang tersedia.
    • Lanjutkan dengan memilih menu “Cari Lokasi Faskes 1 Terdekat” 
    • Tunggu sesaat hingga daftar lokasi Faskes 1 muncul di layar smartphone

Cara pindah Faskes 1 atau Klinik BPJS

Faskes 1 atau klinik BPJS terdekat biasanya sudah dipilih oleh peserta saat yang bersangkutan melakukan pendaftaran sebagai peserta BPJS Kesehatan. Namun dalam kondisi tertentu, bisa saja peserta tersebut ingin pindah Faskes ke Faskes yang baru. 

Kondisi di atas bisa terjadi karena berbagai alasan, salah satunya karena peserta BPJS Kesehatan pindah lokasi tempat tinggal atau bahkan tempat kerja ke kota lainnya. Pihak BPJS Kesehatan sendiri mengizinkan penggantian Faskes ini, selama dilakukan dengan cara yang benar. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan ketika akan mengganti Faskes 1 atau klinik terdekat BPJS: 

  1. Penggantian Faskes 1 atau Klinik BPJS Secara Offline 

    Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengganti Faskes 1 secara offline

    1. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa beberapa persyaratan berikut ini:
      • Kartu peserta BPJS Kesehatan.
      • Kartu Tanda Penduduk (KTP). 
      • Kartu Keluarga (KK).
    2. Ambil nomor antrian dari loket perubahan data dan cetak.
    3. Isi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dengan lengkap.
    4. Isi Faskes 1 atau klinik 24 jam terdekat BPJS baru yang akan dipilih. 
    5. Tunggulah hingga nomor antrian dipanggil dan petugas menyelesaikan penggantian Faskes tersebut dengan baik.
  2. Penggantian Faskes 1 atau Klinik BPJS Secara Online 

    Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengganti Faskes 1 secara online

    1. Buka aplikasi Mobile JKN pada smartphone.
    2. Loginlah dengan menggunakan akun yang telah diaktifkan sebelumnya. 
    3. Pilih menu “Ubah Data Peserta”.
    4. Pilih menu “Ubah Faskes 1”
    5. Layar akan menampilkan daftar Faskes 1 atau Klinik BPJS Terdekat. 
    6. Pilih Faskes 1 yang paling tepat sebagai pengganti Faskes 1 yang  lama.
    7. Klik menu “Ok” untuk menyimpan perubahan data tersebut. 

    Layanan kesehatan dari Faskes 1 yang baru diganti ini akan bisa dinikmati oleh peserta BPJS Kesehatan setelah 1 bulan dari tanggal perubahan Faskes tersebut dilakukan. Pastikan untuk mencermati hal ini dengan baik, agar keinginan untuk mendapatkan layanan kesehatan tidak sampai terganggu.

    Baca Juga: Syarat Mengubah Data BPJS Kesehatan

Cara Berobat di Faskes 1 atau Klinik BPJS 

loader

Berobat di klinik BPJS

Pada dasarnya, pihak BPJS Kesehatan menyediakan beberapa pilihan pada Faskes 1, antara lain: klinik 24 jam terdekat BPJS, Puskesmas, Dokter, serta rumah sakit dengan Tipe D. Hal ini tentu untuk memudahkan para peserta mendapatkan layanan kesehatan yang mereka butuhkan. 

Semua layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh peserta BPJS Kesehatan harus dimulai dari Faskes 1 atau klinik BPJS terdekat terlebih dahulu. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi peserta untuk memilih Faskes 1 yang tepat dan sebisa mungkin mudah untuk dijangkau oleh mereka. 

Selain itu, peserta BPJS Kesehatan juga wajib membawa serta KTP dan juga Kartu Peserta BPJS mereka setiap kali akan berobat ke Faskes 1. Hal ini sangat penting, agar kebutuhan layanan kesehatan bisa segera didapatkan dengan cepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan ketika akan berobat ke Faskes 1: 

  • Kunjungi Faskes 1 yang telah dipilih saat melakukan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. 
  • Lakukan pendaftaran dengan cara menunjukkan KTP dan juga kartu BPJS Kesehatan pada petugas dan mintalah nomor antrian. 
  • Saat antri, petugas akan melakukan pengecekan tensi dan juga berat badan untuk melengkapi data berobat. 
  • Jika giliran periksa sudah tiba, petugas akan memanggil pasien untuk berkonsultasi dengan dokter. 
  • Dokter akan melakukan pemeriksaan dan sekaligus membuatkan resep obat yang akan diminum oleh pasien. Pasien bisa memasukkan resep ke apotek dan menunggu hingga apoteker memberikan obat dan juga menjelaskan aturan minum obat tersebut. 
  • Namun bila pasien membutuhkan rujukan ke rumah sakit atau Faskes 2, maka dokter akan membuat surat rujukan. Pada umumnya, surat rujukan ini akan bisa digunakan selama 4 bulan, tentunya untuk pengobatan penyakit sesuai dengan diagnosa awal. 
  • Jika sudah mendapatkan surat rujukan ke Faskes 2, maka pasien bisa melanjutkan proses berobat ke rumah sakit yang ditunjuk, sesuai dengan jadwal dokter yang telah dipilih sebelumnya. 

Saat ini, cara berobat dengan menggunakan layanan BPJS Kesehatan sudah terbilang mudah dan lancar, selama peserta BPJS memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan itu sendiri. 

Pilih dan Dapatkan Layanan dari Klinik BPJS yang Tepat 

Klinik BPJS merupakan Faskes 1 yang menjadi awal layanan kesehatan bagi setiap peserta BPJS Kesehatan, termasuk jika ingin mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit. Penting untuk selalu memilih Faskes 1 yang tepat, agar lebih mudah untuk mengakses layanan kesehatan itu sendiri.

Baca Juga: Konsultasi Gratis Kesehatan Mental dengan BPJS Kesehatan, Bisa? Ini Caranya