Tunjukkan Nilai dan Kadar Karat, Apa Arti Kode Emas 875?

Banyak orang tertarik membeli emas dan menyimpannya sebagai aset investasi jangka panjang. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena nilai emas yang tinggi dan terus bertumbuh seiring waktu. Semakin tinggi kadar karatnya, emas akan dianggap semakin bernilai dan mampu memberi potensi keuntungan atau pertumbuhan nilai yang menjanjikan. 

Pada produk emas sendiri tersemat sebuah kode unik yang menunjukkan nilai dan keasliannya. Kode emas ini biasanya tertera di bagian permukaan dan pemberian kode tersebut berlaku pada produk emas perhiasan ataupun emas batangan. Salah satu kode emas yang cukup sering ditemui di pasaran adalah kode emas 875. 

Memiliki makna dan menunjukkan informasi penting, tentu pemahaman kode ini harus kamu miliki. Lalu, apa sih maksud dengan kode emas 875 ini dan hal apa saja yang bisa diketahui terkait kode tersebut? Nah, untuk mengetahuinya, simak penjelasan tentang kode emas 875 dan karakteristiknya berikut ini.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Mengenal Maksud Kode Emas 875

loader

Bagi yang belum tahu, semua produk emas yang legal dan diproduksi oleh perusahaan secara resmi pasti memiliki kode khusus. Kode emas yang tercetak pada permukaan produknya menandakan kadar atau tingkat kemurnian emas. 

Nah, untuk kode emas 875, artinya produk emas tersebut mempunyai kadar karat atau kemurnian sebesar 87,5 persen. Sementara untuk sisa 12,5 persen dari emas tersebut merupakan logam lain yang dicampurkan. Campuran logam lain ini bisa berupa paladium, perak, tembaga, dan sebagainya. 

Karena kadar karat emas tidak sepenuhnya murni, emas 875 biasanya merupakan emas perhiasan, bukan emas batangan. Untuk mengetahui persentase emas sesuai tingkat kemurnian atau kadar karatnya, kamu bisa menggunakan rumus perhitungannya berikut ini.

n/24 * 100 persen = persentase kemurnian emas

Yang dimaksud dengan n sendiri adalah tingkat karat yang berada di kisaran angka 1 sampai 24 karat. Rumus hitung persentase emas tersebut dapat digunakan agar mengetahui tingkat kemurnian emas dari berbagai jenis produk emas tertentu, seperti emas perhiasan, koin emas, ataupun batangan yang diperjualbelikan di pasaran. 

Berapa Kadar Karat dari Kode Emas 875?

Pada emas batangan yang memiliki kadar 24 karat, kode yang tertera di permukaannya adalah angka 999. Kode tersebut mengacu pada tingkat kemurnian emas batangan yang mencapai 99,9 persen.

Dari penjelasan tersebut, bisa dipahami jika kode emas 875 memiliki tingkat kemurnian setara 87,5 persen, atau jika dalam karat termasuk emas 21 karat. Angka tersebut bisa dibuktikan menggunakan rumus yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah perhitungan produk emas 21 karat.

21/24 * 100 persen = 87,5 persen. 

Mengacu dari persentase karatnya tersebut, dapat dipahami jika emas berkode 875 mempunyai tingkat kemurnian yang cukup tinggi. Di samping itu, karena kadar kemurniannya ini, emas 875 tergolong sebagai produk emas tua dan memiliki harga cukup mahal. Oleh karena itu, emas perhiasan yang memiliki kode ini cenderung berwarna kuning khas emas yang cenderung polos serta tak mempunyai banyak ornamen. 

Jika kamu menemukan emas perhiasan yang polos dan bernilai tinggi, kemungkinan besar tingkat kemurniannya lebih tinggi dibanding logam lain yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, komposisi emas murni masih mendominasi dan tak terlalu banyak menghilangkan karakteristik tampilannya. Hal ini juga tentu saja mampu mempengaruhi nilai jual dan daya tariknya di mata investor atau pecinta perhiasan emas. 

Sebagai informasi tambahan, mayoritas emas 875 diproduksi oleh negara Arab dan jarang dihiasi batu permata atau berlian. Tapi, karena tingkat karatnya cenderung tinggi, tekstur emas 875 biasanya lebih halus serta lunak, walaupun karakteristik tersebut membuat produk emas ini lebih mudah dibersihkan.  

Karakteristik Emas dengan Kode 875 

Dari penjelasan di atas, bisa dipahami jika kode emas 875 menunjukkan tingkat kemurnian emas. Namun, ada beberapa karakteristik lain yang membuat emas dengan kode 875 berbeda dengan produk dengan kode berbeda, antara lain:

Karakteristik Penjelasan
Kadar Emas Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, emas 875 memiliki karakteristik khusus berupa kadar emas yang berada di angka 87,5 persen. Dengan angka yang relatif tinggi tersebut produk emas ini memiliki lebih sedikit campuran logam lain dan membuat harganya relatif lebih mahal. 
Harga Dibanding emas dengan kode lebih rendah, sudah pasti emas 875 dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Alasannya karena tingkat kemurniannya lebih tinggi dan tergolong sebagai produk emas tua. Karena karakteristik ini pula produk emas ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar ketimbang emas muda yang memiliki tingkat kemurnian rendah. 
Ketersediaan Terkait ketersediaannya, emas 875 biasanya lebih mudah ditemukan pada pasar Eropa. Kadar emasnya yang cukup tinggi membuat produk emas ini jarang ditemui pada pasar Indonesia, atau setidaknya tak sebanyak emas dengan kadar kemurnian lebih rendah.
Desain Terakhir, terkait desainnya, emas 875 kerap mempunyai corak yang polos dan tekstur lebih halus. Penyebabnya tidak lain karena kandungan emasnya yang lebih tinggi membuat produk ini lebih lunak dan sulit untuk dihias dengan ukiran tertentu tanpa berisiko merusak kualitasnya. 

Tak Lagi Salah Pahami Kode Emas 875 saat Ingin Beli Emas untuk Investasi

Itulah penjelasan tentang kode emas 875, kadar karat, dan karakteristiknya. Ternyata, kode emas ini mampu menunjukkan informasi begitu penting terkait tingkat kemurnian emas yang wajib dipahami oleh investor. Jadi, setelah memahami maksud kode emas ini, kamu pun mampu lebih mudah dan praktis melakukan pertimbangan saat ingin membeli emas untuk investasi, bukan?