Leadership: Pengertian, Jenis, Sikap, Manfaat dan Cara Membangunnya

Leadership tentu bukan istilah yang baru lagi pada pendengaran sebagian orang. Kata yang satu ini kerap digunakan dalam sebuah perusahaan maupun organisasi yang terdapat seorang pemimpin di dalamnya.

Leadership skill seorang pemimpin perusahaan atau organisasi tentu akan mempengaruhi kesuksesan perusahaan yang dipimpinnya. Hal ini masuk akal, sebab leadership style seorang pemimpin dengan pemimpin yang lain tentu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Biar Cepat Dapat Kerja, Yuk Kenali Diri dan Latihan Tes Kepribadian Lewat 15 Situs Ini

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Apa Itu Leadership?

loader

Leadership

Leadership adalah keterampilan atau sebuah fungsi manajemen untuk memengaruhi, memotivasi, atau mengarahkan orang lain agar melakukan hal-hal tertentu yang ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara harfiah leadership adalah kepemimpinan. Leadership style bisa diartikan sebagai gaya kepemimpinan seseorang. Hal ini akan dipengaruhi oleh karakter yang bersangkutan.

Di dalam prakteknya, leadership skills seorang pemimpin akan memegang peranan penting dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan setiap orang yang terlibat di dalam sebuah perusahaan (bisnis), agar semua tujuan bisnis tersebut bisa dicapai dengan baik.

Sebagian orang kerap menganggap leadership dan leader memiliki makna yang sama, padahal keduanya jelas memiliki arti yang berbeda. Leadership merupakan sikap kepemimpinan, sedangkan leader bisa diartikan sebagai pemimpin itu sendiri.

Pada dasarnya, seseorang yang memiliki leadership skills yang baik, bisa langsung disebut sebagai seorang leader. Sedangkan seorang leader, belum tentu memiliki kemampuan leadership yang baik.

Sangat penting untuk memiliki leadership skill yang mumpuni bagi seorang pemimpin. Jika merasa hal tersebut belum cukup, tidak ada salahnya untuk mengasah kemampuan yang satu ini mulai sekarang.

Baca juga: Visioner: Pengertian, Ciri, dan Cara Memilikinya

Jenis-Jenis Leadership

Leadership adalah keterampilan kepemimpinan yang identik dengan sebuah perusahaan maupun bisnis. Hal ini sangat dibutuhkan untuk membantu kesuksesan bisnis itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa jenis leadership yang sering digunakan dalam menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis.

  • Essential Leadership

    Leadership skill yang satu ini menunjukkan perilaku seorang pemimpin yang punya mental serta pola pikir kepemimpinan yang tepat. Bukan hanya itu saja, pemimpin ini juga mampu bersikap dan berperilaku positif sehingga bisa memotivasi semua orang yang tergabung di dalam timnya agar mereka memberikan kontribusi terbaik yang mereka miliki.

  • Exponential Leadership

    Ini merupakan sebuah perilaku seorang pimpinan perusahaan atau bisnis. Seorang pemimpin mampu memberdayakan semua orang yang berada di dalam timnya untuk mendukung perkembangan bisnis sehingga kesuksesan yang lebih besar bisa dicapai di masa depan.

  • Business Leadership

    Leadership skills yang satu ini menunjukkan kemampuan seorang pemimpin untuk berpikir dengan cara strategis, serta kemampuan untuk mengontrol jalannya proses bisnis dengan lancar. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan keuntungan bisnis, baik itu keuntungan jangka pendek maupun keuntungan jangka panjang.

  • Organizational Leadership

    Jenis leadership style yang satu ini menunjukkan perilaku seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mengelola serta merancang ulang tim kerjanya, jika sewaktu-waktu hal tersebut dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis yang sedang dijalankan.

  • Team Leadership

    Jenis leadership skills ini merupakan sikap yang ditunjukkan oleh seorang pemimpin untuk mengatasi tantangan-tantangan yang mungkin terjadi saat berproses mencapai tujuan tujuan bisnis. Tantangan seperti ini bisa saja datang dari berbagai pihak, termasuk pihak internal dan juga pihak eksternal perusahaan.

Apa saja Gaya Leadership yang Populer?

Leadership style atau gaya leadership seseorang tentu akan berbeda dengan yang lainnya. Hal ini tentu akan sangat dipengaruhi oleh leadership skill yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

Berikut ini adalah beberapa leadership style yang kerap ditemukan di dalam sebuah perusahaan/ bisnis.

  • Demokratis

    Gaya leadership yang satu ini merupakan kondisi ketika pemimpin perusahaan akan memutuskan berbagai hal dengan tetap mempertimbangkan semua pendapat dari bawahannya (tim).

  • Autokratis

    Autokratis adalah gaya leadership yang dilakukan oleh pemimpin yang mengambil berbagai keputusan tanpa mempertimbangkan ataupun meminta pendapat dari bawahannya (tim).

  • Transformational

    Ini merupakan gaya leadership seorang pemimpin yang ingin melakukan perubahan besar di dalam bisnis. Pemimpin akan berupaya untuk membalikkan keadaan agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  • Transaksional

    Ini merupakan gaya leadership yang dilakukan pemimpin dengan cara mengutamakan kinerja keseluruhan anggota tim. Setiap orang bekerja sesuai dengan job desk-nya, tanpa melakukan perubahan terhadap kondisi lingkungan kerja yang sudah berjalan dengan stabil.

Baca juga: Mengenal Fungsi Manajemen Operasional, Rahasia di Balik Efektivitas Bisnis Sebuah Perusahaan

Sikap yang Harus Dimiliki Seorang Leader

Seseorang pemimpin akan dikatakan sukses jika memiliki leadership skills yang baik dalam menjalankan tugasnya. Hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya dalam memimpin orang-orang yang ada di dalam perusahaan atau bisnis yang dijalankannya.

Berikut ini adalah beberapa sikap-sikap yang dibutuhkan dalam leadership skill.

  • Keterampilan Sosial

    Seorang pemimpin harus memiliki kepekaan pada berbagai kondisi sosial dan memiliki kemampuan untuk bertindak sesuai dengan kondisi tersebut.

  • Kebijaksanaan

    Sebuah tim kerja akan melibatkan banyak orang di dalamnya. Kondisi ini akan menyebabkan banyak perspektif yang berbeda-beda. Seorang leader yang cakap tentu harus memiliki sikap terbuka terhadap perspektif banyak orang, termasuk semua anggota timnya.

  • Keberanian

    Seorang leader harus memiliki keberanian. Sebab, ia akan berhadapan dengan banyak masalah dan juga kondisi yang sulit ditebak saat menjalankan tugasnya. Leader harus memahami dengan baik kapan harus bertindak atau melakukan hal lainnya yang dibutuhkan dalam pekerjaannya.

  • Kemampuan Membuat Keputusan

    Leader juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan. Berbagai keputusan ini akan memberikan pengaruh besar di dalam kinerja perusahaan, sehingga harus dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan yang tepat sejak awal.

Cara Membangun Skill Leadership

Leadership adalah sikap yang penting untuk dimiliki oleh setiap pemimpin di dalam perusahaan. Perusahaan yang memiliki leader yang cakap tentu akan berpeluang mendapatkan kesuksesan dalam bisnis yang mereka jalankan.

Meski leadership adalah sebuah sikap atau karakter yang melekat di dalam pemimpin itu sendiri, bukan berarti hal ini tidak dapat diasah. Setiap orang bisa menumbuhkan dan mengasah leadership di dalam dirinya, sehingga ke depannya yang bersangkutan memiliki karakter atau perilaku kepemimpinan yang lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun leadership skill dengan baik.

  1. Berlatih untuk Lebih Disiplin

    Sikap disiplin merupakan salah satu poin wajib yang harus dimiliki oleh seorang leader. Hal ini akan membantu seseorang untuk tetap konsisten dan memiliki kemampuan yang baik untuk menjalankan dan menyelesaikan berbagai tugas serta tanggung jawabnya.

    Jika ingin mendisiplinkan orang lain, kamu perlu mendisiplinkan diri terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan seorang leader dengan melatih diri untuk lebih disiplin dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti bangun pagi, olahraga teratur, berangkat dan tiba di kantor tepat waktu, dan yang lainnya.

  2. Menjadi Inspirasi Orang Lain (Tim)

    Leader adalah panutan bagi semua anggota tim. Semua tindak tanduknya akan menjadi perhatian semua orang. Menjadi orang yang bisa menginspirasi merupakan salah satu cara melatih leadership. Leader harus bisa menempatkan diri di depan semua orang, termasuk ketika harus memberi saran atau bahkan perlu untuk sekadar menjadi pendengar.

  3. Teruslah Belajar

    Mempelajari kondisi dan hal-hal yang terjadi di dalam perkerjaan merupakan salah satu cara terbaik untuk kaya dalam pengalaman. Hal ini akan memberikan kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan, termasuk untuk menghadapi berbagai tantangan-tantangan yang datang menghadang.

  4. Berdayakan Seluruh Tim

    Kemampuan membagi tugas juga menjadi kebutuhan tersendiri bagi seorang leader. Latih diri dengan membiasakan untuk memberdayakan seluruh anggota tim secara maksimal. Lihat kemampuan dan berikan kesempatan pada setiap orang untuk memberikan kontribusi terbaik mereka dalam setiap proyek yang ditangani.

  5. Kenali Diri Sendiri dengan Baik

    Jangan hanya mengenali orang lain dengan baik, tetapi kenali juga diri sendiri dengan baik. Hal ini akan memungkinkan leader memiliki kemampuan yang baik untuk mengenali setiap potensi dirinya, termasuk dalam menggunakan potensi tersebut untuk mencapai semua tujuannya.

  6. Berani Mengakui Kesalahan dan Terus Maju

    Leader juga harus berani mengakui kesalahannya, jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi. Selain itu, kemampuan untuk memperbaiki diri juga sangat dibutuhkan, agar kesalahan-kesalahan yang dilakukan tidak menjadi penghambat kesuksesan di masa depan.

Miliki Leadership Skills yang Mumpuni

Leadership merupakan sikap yang wajib dimiliki oleh pemimpin perusahaan atau organisasi. Sikap ini akan membantu yang bersangkutan untuk memimpin dan menjalankan perusahaan dengan lebih maksimal. Asah terus kemampuan leadership dengan cara tepat, agar semakin baik dan bisa digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan.