Mahasiswa Perlu Lakukan 5 Tips Belajar Cerdas Ini Biar Bisa Menguasai Materi Pelajaran

Memaksakan diri untuk terlalu keras saat belajar, bisa membuat merasa jenuh. Bahkan, seseorang bisa ingin menyerah dan ingin menjalani segala sesuatu apa adanya. Hal ini seringkali dirasakan oleh kalangan mahasiswa. Mereka merasa sulit belajar, sehingga mereka tidak bisa menguasai materi pelajaran.

Untuk menghindari hal tersebut, para mahasiswa perlu mempraktekkan tips belajar cerdas berikut ini agar lebih mudah menguasai materi pelajaran

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mengatur Waktu

waktu belajar
Mengatur waktu belajar

Bukan berarti semua waktu yang Anda miliki digunakan untuk belajar. Misalkan, ingin mengejar agar bisa lulus lebih cepat. Sekarang, ada beberapa kampus yang memfasilitasi mahasiswa mereka agar bisa lulus lebih cepat dari jadwal standar.

Karena Anda sudah menargetkan untuk lulus cepat dan kemungkinan kuliah lagi, Anda mengambil tantangan tersebut. Lalu, mulai belajar lebih keras. Setiap waktu yang Anda miliki dihabiskan untuk menguasai semua mata kuliah.

Sebaiknya, tidak begitu. Ingat, otak Anda memiliki batasan untuk terus berpikir. Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur jadwal kapan Anda harus belajar. Jangan lupa, tentukan juga waktu untuk istirahat.

Sebagai contoh: seusai mengikuti perkuliahan, Anda tiba di rumah pukul 16.00. Setelah mengambil waktu istirahat, ternyata Anda bisa mulai kembali belajar pukul 18.00. Mulailah untuk menetapkannya. Bahwa pukul 18.00 adalah waktunya Anda untuk belajar.

Waktu untuk belajar yang ideal adalah 40 menit. Lalu, istirahat sejenak selama 5 menit. Barulah Anda lanjut belajar.

Dengan mengatur waktu seperti ini, saat-saat Anda untuk belajar akan terasa lebih berkualitas. Tentu saja, semuanya terserah Anda. Atur jadwal sendiri untuk belajar, mengerjakan tugas dan lain-lain. Lalu, dibatasi hingga jam berapa Anda melakukannya. Karena sebaiknya, jangan belajar hingga terlalu larut.

2. Memanfaatkan Waktu Senggang

Hari libur atau hari di mana tidak ada perkuliahan juga bisa Anda manfaatkan untuk belajar. Jika memang ternyata ada acara yang lebih penting, tidak usah dipaksakan. Tapi tentunya Anda tidak akan memanfaatkan semua waktu itu untuk bersantai, bukan?

Inilah saatnya bagi Anda untuk kembali mengulang materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Kembali lagi pada mengatur waktu. Manfaatkan waktu yang ada untuk kembali membuka pelajaran. Terutama yang belum Anda kuasai.

Kadang, pada waktu-waktu santai tersebutlah pelajaran justru bisa lebih mudah dimengerti. Masih memiliki waktu kosong? Anda bisa melanjutkan ke pelajaran berikutnya.

Jangan terpancing untuk melakukan hal yang membuang-buang waktu. Manfaatkan waktu Anda tersebut dengan baik untuk hal yang lebih berguna. Salah satunya adalah, dengan mempelajari materi yang belum disampaikan oleh pengajar.

Melakukannya akan sangat menguntungkan. Karena membuat Anda lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan dosen selanjutnya. Sehingga, waktu Anda untuk mempelajari materi berikutnya juga bisa jadi lebih singkat.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Untuk Anak Agar Lebih Termotivasi untuk Belajar

3. Fokus

fokus belajar
Fokus belajar

Biasanya fokus Anda bisa teralihkan oleh hal-hal kecil. Salah satunya: notifikasi grup WhatsApp teman se-geng yang tiba-tiba saja ramai. Padahal, isinya hanya saling bercanda satu dengan yang lain. Oleh karena itu, jauhi gadget.

Atur ponsel Anda menjadi mode silent. Di era milenial ini, ponsel bisa menjadi sebuah distraksi luar biasa. Ingat, kamu memiliki waktu istirahat. Sentuh ponsel hanya pada saat jam istirahat tiba. Di luar dari pada itu, jangan sekali-sekali tergoda untuk menjenguknya.

Belajar disertai dengan iringan musik? Bisa jadi mengasyikan. Tapi bisa jadi juga mengalihkan perhatian kamu. Bukannya belajar, malah asyik meluncur di Spotify atau YouTube. Sekali lagi, agar dapat fokus jauhi itu semua.

Tapi ternyata Anda butuh musik sebagai teman. Cobalah untuk memutar playlist random. Seperti, lagu-lagu instrumental yang menenangkan. Musik jenis ini dapat membantu Anda merasa lebih rileks dari pada musisi favorit Anda. 

Sebab biasanya, mendengarkan musik yang familiar akan mengalihkan fokus. Dari belajar, menjadi ingin mencari tahu segala tentang musik yang Anda dengarkan tersebut.

4. Tempat Yang Ideal

Pilih tempat terbaik untuk belajar. Di kamar adalah pilihan yang paling tepat. Tapi terkadang juga ada pengalihan fokus yang tidak terduga. Tiba-tiba si adik datang mengganggu, tayangan televisi terasa menggoda atau teman kos mengajak bergosip dan lain-lain.

Temukan spot favorit kamu. Sekarang, banyak juga orang yang memilih untuk belajar di café. Bukan apa-apa. Justru berada di tengah keramaian tanpa berada bersama dengan orang yang kita kenal, fokus kita akan menjadi lebih baik.

Hati-hati, konsep ‘belajar bersama’ di luar juga kadang menyesatkan. Acara belajar bisa berubah menjadi acara rumpi. Oleh karena itu Anda juga butuh niat yang teguh jika belajar di luar rumah merupakan pilihan Anda.

Baca Juga: Auto Lolos Masuk Universitas Favorit dengan 6 Aplikasi Belajar Online Ini

5. Catat Materi

catat materi
Catat materi pembelajaran

Jangan selalu mengandalkan kemampuan ‘di luar kepala’. Mungkin kamu adalah ahli di bidang itu. Tapi kita tidak tahu kapan saat kepala kita tengah lemah. Oleh karena itu, catat semua intisari penting dari yang Anda pelajari.

Penguasaan materi akan lebih mudah jika Anda membacanya terus menerus. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan buku khusus untuk mencatat segala hal penting yang Anda pelajari. Agar lebih terasa ‘fun’, lakukan dengan cara Anda sendiri. 

Seperti menghiasinya dengan gambar atau ilsutrasi yang membuat Anda lebih mudah mengingatnya. Karena sesuatu yang terasa familiar akan lebih mudah diingat.

Mengevaluasi Hasil

Setelah Anda mengatur cara belajar terbaik Anda, cermati pula hasilnya. Lakukan evaluasi di setiap materi pembelajaran. Mana materi yang ternyata belum Anda kuasai secara penuh sehingga Anda bisa kembali mengatur waktu belajar dengan lebih baik. Hal ini juga diperlukan agar Anda bisa menilai, seefektif apa cara belajar Anda. Jika memang hasilnya memuaskan, terus lakukan dengan konsisten. Lalu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatan. Jangan terlalu banyak belajar hingga larut. Karena tubuh juga butuh beristirahat.

Baca Juga: 7 Tips Belajar Efektif Walau Hanya di Rumah Saja