7 Tips Sukses Untuk Anak Agar Lebih Termotivasi untuk Belajar

Setiap orang tua memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan anaknya begitu pula terhadap perkembangan akademik anak. Kesuksesan akademik anak sangat dipengaruhi oleh peran orang tua di dalamnya. Tidak jarang anak anak yang memiliki nilai rendah dalam bidang akademiknya dikarenakan malas belajar atau hal lainnya. Untuk itu anak-anak memang perlu motivasi untuk belajar dan meningkatkan nilai akademiknya.

Peran orang tua lah yang bisa memberikan motivasi bagi anak anak agar rajin belajar. Banyak cara yang bisa orang tua lakukan untuk memberikan motivasi serta dukungan bagi anak. Berikut beberapa tips dan saran untuk para orang tua memberikan motivasi kepada anak agar rajin belajar:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Baik

loader
Mengajak Anak Belajar di Tempat yang Tenang dan Nyaman untuk Anak

Lingkungan dapat mempengaruhi proses belajar anak. Orang tua sebaiknya memberikan atau menciptakan lingkungan belajar yang baik seperti ruangan yang tenang dan nyaman agar proses belajar anak menjadi lebih kondusif. Jauhkan anak dari hal-hal yang akan mengganggu proses belajar seperti televisi

2. Memberikan Bimbingan

loader
Membimbing Anak

Orang tua sebaiknya selalu bertanya tentang aktifitas harian anak-anak selama di sekolah serta tanyakan pula tentang PR mereka. Bimbinglah anak-anak dalam mengerjakan PR serta dapat membantu menjelaskan apabila mereka mengalami kesulitan untuk mengerjakannya. Jika demikian, maka anak akan merasa selalu diperhatikan dan bersemangat untuk mengerjakan PR-nya.

3. Membuat Jadwal Belajar

loader
Membuat Jadwal Belajar Bersama untuk Anak

Buatlah jadwal berdasarkan kesepakatan anak terhadap waktu belajar, bermain atau menonton TV. Jika telah membuat jadwal berdasarkan kesepakatan, maka anak akan belajar juga dalam mengatur waktu. Selain itu, dengan membuat jadwal seperti ini maka akan membantu anak memiliki waktu khusus untuk mereka belajar sehingga tanpa mengorbankan waktu untuk beraktifitas yang mereka sukai.

Baca Juga: Siapkan Hal Berikut Saat Anda Akan Menjadi Ayah

4. Menjelaskan Manfaat Ilmu Pengetahuan

loader
Mengajari Anak Ilmu Pengetahuan

Seringkali anak-anak tidak menyukai atau tidak tertarik pada suatu pelajaran tertentu. Disinilah peran orang tua juga sangat wajib untuk bisa memberikan motivasi agar anak bisa menyukai semua pelajaran. Orang tua bisa membantu untuk menjelaskan tentang pelajaran tertentu juga manfaatnya dalam kehidupan jika menguasainya. Dengan begitu anak akan mulai berpikir dan berusaha untuk mempelajari setiap pelajaran bahkan pelajaran yang cukup sulit sekalipun.

5. Berikan Bacaan yang Bermutu

loader
Memberikan Anak Bacaan yang Bermanfaat

Sebagai orang tua sebaiknya membantu anak untuk terbiasa dengan membaca. Anak-anak tidak harus selalu membaca buku pelajaran yang disediakan di sekolahnya. Namun orang tua bisa memberikan anak bacaan bacaan lain yang bermutu seperti novel, majalah atau lainnya yang dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang luas bagi anak.

6. Sesuaikan Harapan Orang tua dengan Kemampuan Anak

loader
Berikan Mereka Harapan sesuai dengan Kemampuan dan Keinginan Mereka

Orang tua biasanya menginginkan bahkan memaksakan anaknya agar selalu mendapatkan peringkat pertama di sekolah. Namun sebaiknya para orang tua menyesuaikannya dengan kemampuan anak tersebut serta menghargai setiap proses upaya anak dalam belajar. Jika orang tua terlalu memaksakan anak dengan target yang tinggi maka hanya akan membuat anak menjadi terbebani dan justru akan malas dalam belajar.

7. Berikan Penghargaan

loader
Berikan Penghargaan Kecil untuk Anak untuk Setiap Kemajuannya dalam Belajar

Motivasi lainnya yang dapat membuat anak lebih giat belajar adalah dengan memberikan penghargaan atau pujian atas usaha mereka dalam belajar. Terutama jika anak mendapatkan prestasi yang baik maka tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah yang disukai anak serta bermanfaat. Hal ini akan membuat anak merasa senang dan akan berusaha untuk belajar lebih giat agar mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Sehingga dengan begitu orang tua akan merasa bangga dan senang.

Baca Juga: Mau Keluarga Bahagia? Ini 10 Rahasianya

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Anak Tetap Menjadi Prioritas

Prestasi seorang anak memang kerap dipengaruhi oleh peran orang tua. Selain itu, anak juga membutuhkan perhatian yang lebih sehingga mereka merasa senang untuk belajar dan berusaha meningkatkan prestasi untuk bisa membanggakan orang tua mereka. Namun, jika anak sudah berusaha tapi masih belum mendapatkan nilai yang memuaskan, para orang tua juga tidak lantas memarahi mereka. Tetap berikan perhatian dan dorongan yang lebih agar anak tetap bisa belajar dan berusaha dengan lebih giat.

Baca Juga: Film-film yang Membuat Keluarga Lebih Harmonis