7 Tips Belajar Efektif Walau Hanya di Rumah Saja

Pandemi yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia menyebabkan banyak aktivitas terbengkalai, termasuk proses belajar mengajar. Itu artinya, murid ataupun mahasiswa terpaksa belajar dari rumah agar tetap mendapat ilmu. Namun, tetap dengan panduan belajar dari bapak/ibu guru yang dilakukan secara online. 

Sayangnya, godaan saat belajar dari rumah sangatlah banyak, bahkan tak sedikit murid ataupun mahasiswa jadi main-main dan tidak fokus saat belajar. Lantas, bagaimana cara agar belajar tetap efektif walau hanya di rumah? Ini tipsnya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jauhkan Gadget dari Jangkauanmu

jauhkan diri dari gadget

Menjauhkan diri dari gadget bukan hal yang mudah karena terlalu banyak hal menarik yang bisa dilihat di sana. Tapi ingatlah, Anda sedang mengikuti proses belajar mengajar. Apa salahnya untuk menjauhkan gadget selama beberapa jam agar Anda fokus untuk mendengarkan guru atau dosen yang sedang mengajar.  

Saat jam istirahat tiba, baru buka gadget milikmu. Buka aplikasi apa pun yang diinginkan, termasuk mendengarkan musik atau menonton Youtube. Jadi ketika jam belajar mulai lagi, Anda bisa kembali fokus dan tidak kepikiran sama gadget.

2. Mematikan Semua Notifikasi Gadget

matikan notifikasi

Menjauhkan gadget, tapi tidak mematikan notifikasinya sama saja bohong. Notifikasi yang muncul di layar tentu akan mengundang hasrat Anda untuk membuka gadget. Akibatnya, Anda jadi tidak fokus bahkan lupa sama materi apa yang tadinya dibicarakan.

Lebih baik mute semua notifikasi pada gadget, terutama notifikasi pada media sosial. Belajarlah dengan sungguh-sungguh agar Anda tetap mendapat ilmu walau hanya belajar di rumah. Toh, ilmu ini akan sangat membantumu saat mengikuti ujian akhir nanti.

Baca Juga: Karyawan Wajib Tahu, Ini trik Jitu Bikin Karier Melejit 

3. Matikan Pula Televisi

matikan televisi

Selain menghibur, menonton televisi juga bagus agar Anda mengetahui informasi terbaru yang terjadi di dunia ini. Akan tetapi, jangan pula sewaktu belajar karena ini dapat membuyarkan konsentrasi yang sudah dibangun sejak awal. Akibatnya, Anda tidak lagi fokus sama materi pelajaran, melainkan sama materi yang dibicarakan di televisi.

Untuk saat ini, matikan dulu televisi. Tunda dulu keinginanmu untuk menonton berita, talkshow, atau drama terbaru. Fokuslah belajar terlebih dahulu, nanti kalau sudah selesai baru lanjutkan menonton televisi. 

4. Jangan Terlalu Banyak Ngemil

ngemil

Sebenarnya sah-sah saja kalau mau ngemil saat mengikuti proses belajar mengajar, tetapi jangan terlalu banyak. Yang ada bukannya belajar, Anda jadi lebih fokus sama apa yang dimakan. Bahkan tidak sedikit yang malah menjadi kantuk akibat kebanyakan ngemil, sehingga proses belajar mengajar terpaksa ditinggal.

Sangat disayangkan, bukan? Alangkah baiknya kalau Anda makan terlebih dahulu sebelum jam belajar dari rumah dimulai. Sebisa mungkin hindarilah makanan yang terlalu manis karena dapat menyebabkan kantuk yang tak tertahankan.

5. Cari Tempat Belajar yang Sepi dan Nyaman

tempat yang nyaman

Situasi dan kondisi yang terjadi di sekitar sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi belajarmu. Apabila tempatmu belajar kurang kondusif, sebaiknya cari tempat lain yang lebih sepi, seperti kamar. Alhasil, Anda bisa memahami materi yang diajarkan dengan baik. 

Pastikan pula kalau tempatmu belajar nyaman. Dalam arti, semua yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas belajar dekat denganmu. Jadi ketika dibutuhkan, Anda bisa langsung mengambilnya tanpa harus mondar-mandir ke ruangan yang berbeda. 

6. Jangan Mau Disuruh-Suruh

jangan mau disuruh-suruh

Orang tua, kakak, atau adik mungkin akan menyuruhmu untuk mengambilkan sesuatu saat belajar online sudah dimulai. Sebaiknya jangan mau karena sekali saja meninggalkan laptop, besar kemungkinan Anda akan lupa terhadap materi. Akibatnya, Anda jadi tidak bisa menyelesaikan tes atau tugas yang diberikan oleh dosen.

Sebaiknya mintalah pengertian dari orang tua atau siapa saja yang ada di rumahmu untuk tidak mengganggumu saat sedang belajar. Kalaupun ingin membantu, lakukan selesai belajar saja agar Anda bisa fokus memahami materi. Alhasil, tidak ada satu materi pun yang tertinggal.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Melamar Kerja di Perusahaan Bonafit?

7. Catat Materi Pelajaran yang Dianggap Penting

mencatat hal penting

Sama seperti saat di sekolah atau kampus, catatlah setiap materi yang dianggap penting terutama yang ada rumusnya. Apabila ada tugas atau ujian, Anda bisa membuka catatan dan mengerjakannya dengan baik. Namun, jangan mencatat saat dosen sedang menjelaskan sebuah materi.

Akan lebih baik kalau Anda mendengarkan semua materinya dulu, lalu mencatatnya setelah jam belajar usai. Memang, memorimu akan bekerja lebih keras untuk mengingat semuanya. Tapi inilah cara paling ampuh agar kinerja otak tetap terlatih dengan baik meskipun hanya belajar di rumah saja.

Temukan Cara Belajar Terbaik Menurut Versimu

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda, meskipun sama-sama belajar dari rumah. Maka dari itu, temukan cara belajar seperti apa yang menurutmu paling baik dan tepat untukmu. Dengan demikian, konsentrasi belajar tetap terjaga dengan baik meski belajarnya hanya dari rumah saja.

Baca Juga: Pentingnya Kesetaraan di Dunia Kerja Beserta Manfaatnya