Makan Enak Terus Sampai Akhir Bulan? Bisa Kok, Ini Caranya

Umumnya ada dua tipe orang dalam membelanjakan uangnya atau biasa disebut dengan jajan, tipe pertama adalah orang yang menggunakan uangnya untuk membeli barang dan yang kedua adalah orang yang membelanjakan uangnya pada makanan yang disukai.

Tipe orang pertama kebanyakan membeli barang yang bisa dipakai seperti gadget, sepatu, pakaian, atau barang yang berkaitan dengan hobi yang diminati. Tipe yang kedua bisa menemukan kepuasan dengan memanjakan lidah, sehingga lebih memilih untuk menghabiskan uangnya untuk membeli makanan enak.

Untuk orang yang hobi membeli makanan sering kali tidak terlalu memikirkan harga yang harus dibayar untuk sebuah makanan, seperti yang kita tahu harga makanan yang fancy tidaklah murah. 

Tentunya kebiasaan ini tidak selamanya baik karena memakan segala jenis makanan juga tidak baik untuk kesehatan dan membeli makanan dengan harga yang mahal juga berpengaruh ke kondisi keuangan. Biasanya pada saat awal bulan sering membeli makan enak yang harganya relatif lebih tinggi tapi seiring waktu berjalan ke akhir bulan kualitas makanan yang dibeli biasanya juga ikut menurun ke warteg atau mie instan.

Lalu bagaimana sih caranya agar anda bisa terus makan makanan enak sampai akhir bulan? Berikut kami berikan tipsnya. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari Restoran di Internet

cari restoran di internet

Kini hampir semua restoran atau kafe memiliki halaman di media sosial dan disana anda bisa mendapatkan segala informasi mulai dari menu hingga diskon, biasanya restoran tertentu memberikan potongan harga pada tanggal tanggal tertentu seperti pada hari besar atau hari libur nasional.

Terkadang pada awal bulan saat kebanyakan orang mendapatkan gaji beberapa tempat akan menawarkan promo yang menggiurkan untuk menarik pelanggan yang baru gajian.

Baca Juga: Khusus Sobat Cashless, Begini 6 Cara Tepat Menabung Biar Keuangan Aman

2. Menggunakan di Aplikasi Ojek Online

menggunakan aplikasi ojek online

Mungkin ini cara yang paling sering digunakan apalagi saat pandemi seperti ini yang mengharuskan banyak orang untuk memesan makanan secara online. Untungnya juga pada aplikasi ojek online seringkali terdapat promo yang kadang malah membuat harga pesanan via ojek online lebih murah daripada datang langsung ke restoran.

Promo yang ditawarkan pada aplikasi bermacam - macam seperti potongan harga, cashback, atau gratis biaya antar Biasanya juga tiap daerah memiliki kode promo yang berbeda - beda jadi anda harus rajin rajin mencari tahu kode promo terbaik yang masih berlaku.

Dengan cara ini juga anda bisa menghemat ongkos untuk berangkat ke restoran dan tiket parkir, selain itu anda juga memberi pekerjaan pada driver ojek online.

3. Mengunjungi Tempat Makan yang Baru Buka

restauran yang baru buka

Biasanya pada tempat makan baru pemiliknya akan berusaha dengan berbagai macam cara untuk membuat usahanya dikenal banyak orang, dan biasanya cara paling umum adalah memberikan promo untuk menarik minat pembeli.

Pada saat seperti ini biasanya promo yang diberikan tidak tanggung -  tanggung anda bisa mendapat potongan hingga setengah harga atau malah beberapa tempat memberikan sejumlah porsi pertama gratis.

Tentunya biasanya sebagai tempat baru mereka menginginkan tempatnya jadi semakin populer, tidak jarang untuk mendapatkan diskon anda harus mengikuti persyaratan seperti mengunggah postingan dan menyebarkannya di akun media sosial anda atau anda diminta untuk mengajak teman anda yang lain untuk datang ke tempat tersebut.

Baca Juga: 5 Hobi Menarik Ini Cocok Banget untuk Kurangi Stres Kerja

4. Beli Voucher di E-Commerce

voucher diskon

Ini adalah cara yang tergolong baru, seperti yang anda tahu di e-commerce manapun di Indonesia seringkali memberikan diskon yang besar untuk barang yang dijual. Tapi kini banyak e-commerce yang menjual voucher untuk restoran atau kafe tertentu yang tentunya membuat harganya lebih murah. 

Voucher yang dijual biasanya memiliki nilai tertentu seperti anda bisa membeli voucher senilai Rp 50.000 dengan harga Rp 15.000 yang memberikan keuntungan potongan Rp 35.000.

5. Memasak Sendiri

memasak sendiri

Makan enak tidak selalu harus membelinya di luar kan? Anda juga bisa berkreasi dirumah dan membuat makanan enak anda sendiri. Ini adalah cara yang paling masuk akal untuk berhemat karena anda bisa membeli berbagai bahan - bahan yang anda inginkan untuk memasak sesuatu dan tidak perlu membayar lebih untuk makanan yang sudah jadi. Selain itu dengan memasak sendiri anda juga bisa memilih bahan yang sehat yang tentunya.

Memang untuk memasak membutuhkan waktu dan tenaga, tapi saat anda memasak sendiri makanan anda akan melihat banyak perbedaan yang signifikan pada pengeluaran anda. Selanjutnya memasak sendiri memberikan anda kebebasan untuk membuat makanan yang sesuai selera anda.

Urusan Perut Tidak Bisa Dikompromi Tapi Jangan Sampai Kelepasan

Masalah makanan memang tidak bisa dianggap enteng semua harus sesuai selera dan memberikan kepuasan setelah memakannya. Tapi pengeluaran juga tidak bisa dilupakan karena terkadang dalam hal makanan kita sering menganggap remeh dengan harga yang sedikit lebih mahal tapi di akhir bulan tiba - tiba kehabisan uang. Dengan tips - tips yang diberikan di atas bisa membantu untuk tetap bisa makan enak tanpa membuat kantong jebol.

Baca Juga: Raih Peluang Besar dalam Bisnis Perhiasan, Begini Tipsnya!