Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Bisa Bantu Kesehatanmu Tetap Terjaga

Slogan makanan 4 sehat 5 sempurna telah digaungkan sejak lama. Slogan ini menjadi bentuk kampanye pemerintah agar masyarakatnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Namun, sebenarnya apa maksud dari makanan 4 sehat 5 sempurna?

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang kaya akan manfaat untuk tubuh. Untuk itu, menjadi penting untuk kita mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Melalui mengonsumsi makanan yang sehat kualitas kesehatan kita pun akan terjaga dan dihindarkan dari beragam penyakit yang ada. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna, berikut informasi mengenai komponen makanan 4 sehat 5 sempurna sampai tips hemat makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Komponen Makanan 4 Sehat 5 Sempurna 

loader

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang mengandung gizi lengkap. Gizi lengkap tersebut meliputi maksud dari makanan 4 sehat, yaitu mengandung lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein. Selain itu, untuk 5 sempurna adalah susu sebagai penambah nutrisi. 

4 Sehat 

Memiliki beberapa komponen di dalamnya, yaitu: 

  • Makanan Pokok

Makanan pokok yang dimaksud di sini merupakan sumber karbohidrat. Karbohidrat terkandung dalam berbagai jenis makanan. Selain itu, dalam tubuh karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang mana glukosa ini bisa berfungsi untuk menghasilkan energi dalam menjalani aktivitas. Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi putih, kacang-kacangan, umbi-umbian, oat atau gandum, kentang, singkong, gandum dan lainnya. 

  • Lauk Pauk

Lauk pauk adalah komponen lainnya dalam makanan 4 sehat yang memiliki banyak manfaat dalam hal ini mengandung protein. Adapun beberapa contoh lauk pauk yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ikan, daging sapi, daging ayam, dan tahu tempe. 

  • Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran memiliki banyak kandungan vitamin yang melimpah seperti vitamin A, B, C, dan kandungan sulfur tinggi. Sayuran sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setidaknya 1 sampai 2,5 cangkir setiap hari. 

  • Buah-Buahan

Sama dengan sayur-sayuran, buah-buahan pun memiliki kandungan vitamin. Namun, dalam buah-buahan biasanya memiliki kandungan lebih pada mineral dan serat. Kamu tidak hanya bisa mengonsumsi buah-buahan secara langsung tetapi juga bisa dibuat dalam bentuk jus. 

5 Sempurna

Poin penting selanjutnya adalah penyempurna dari 4 makanan yang sudah dikonsumsi, yaitu disempurnakan dengan mengonsumsi susu. Dalam hal ini seperti susu sapi, kedelai, dan susu almond. Susu memiliki peranan penting dalam menjadi penambah nutrisi bagi tubuh. 

Tips Hemat dan Estimasi Biaya Bulanan untuk Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Ketika kamu ingin memiliki program makan dengan makanan 4 sehat 5 sempurna kamu bisa membeli bahan makanan tersebut di pasar tradisional atau modern. Bahan-bahan makanan ini bisa kamu beli untuk mingguan atau bahkan bulanan. 

Namun, jika kamu orangnya nggak mau ribet, saat ini sudah banyak penyedia jasa katering makanan 4 sehat 5 sempurna. Mereka menawarkan berbagai pilihan menu berbeda setiap harinya. Selain itu, juga tetap menawarkan menu yang mengandung komponen makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Biasanya para penyedia jasa katering ini membuka harga dari kisaran Rp30.000–Rp50.000 per hari. Jika dihitung menjadi per bulan maka kamu bisa mengeluarkan uang sekitar Rp900.000–1.500.000. Dengan keuntungan kamu tidak perlu repot memasak, cukup menunggu makananmu dikirim ke rumah. Hemat biaya makan dan hemat tenaga. 

Tubuh Sehat dengan Mengonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna 

Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna menjadi penting dilakukan oleh setiap manusia. Agar kesehatan dapat terjaga dengan baik. Sebab, makanan adalah faktor utama penentu kesehatan manusia. 

Ketika ingin mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ini kamu bisa melakukan berbagai tips agar tidak bosan setiap harinya mengonsumsi makanan ini. Dengan memilih makanan pokok yang beragam, lauk yang bervariasi, sayuran yang beragam, buah-buahan yang beragam menjadi cara agar kamu selalu semangat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Saat ini zaman sudah sangat memudahkan kita untuk membeli makanan 4 sehat 5 sempurna, dengan pilihan belanja online saja kamu sudah bisa menikmati makanan 4 sehat 5 sempurna tanpa perlu keluar rumah. Untuk itu, saat ini sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.