Management Training: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Besaran Gajinya

Management training atau yang lazim disingkat menjadi MT merupakan istilah yang cukup familiar dan sering digunakan. Pekerjaan yang satu ini terbilang populer, terutama di kalangan fresh graduate yang ingin segera mempraktekkan ilmunya di dunia kerja yang sebenarnya. 

Management training adalah salah satu pilihan yang kerap dijadikan sebagai batu loncatan bagi para fresh graduate itu sendiri. Namun bukan berarti pekerjaan yang satu ini tidak perlu ditekuni dengan baik, sebab ada banyak hal yang bisa didapatkan selama menjalaninya. 

Baca Juga: Dokter Hewan: Tahapan Pendidikan, Pilihan Kampus, dan Kariernya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Management Training?

loader

Management Training

Management training artinya pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tertentu, di mana pelatihan ini biasanya diikuti oleh para fresh graduate yang ingin mengasah skill mereka untuk terjun ke dunia kerja. 

Jika merujuk pada Indeed, maka tujuan dari management training adalah untuk melatih orang-orang yang akan bekerjasama dengan para manajer perusahaan dan juga eksekutif lainnya di dalam perusahaan tersebut. 

Jika sudah lulus menjalani program MT, maka yang bersangkutan diharapkan bisa menjadi seorang manajer yang akan mengurus berbagai hal di perusahaan tersebut, sesuai dengan bidang yang ditekuninya sejak awal. Secara tidak langsung, program management training ini akan membuka peluang yang lebih besar untuk menjadi manajer di sebuah perusahaan. 

Training manager atau yang lazim disebut “trainer” di dalam kegiatan ini adalah para manajer maupun eksekutif lainnya yang sudah memiliki pengalaman yang panjang di dalam perusahaan, dan telah terbiasa berbagi ilmu dengan para juniornya di perusahaan tersebut. 

Biasanya kegiatan training seperti ini akan dilakukan beramai-ramai, dan seiring dengan berlalunya waktu, maka peserta MT akan diseleksi ulang dan dijadikan beberapa kelompok yang lebih kecil. 

Jika melihat proses di atas, maka jelas training manager tidak hanya sekedar memberikan pelatihan saja kepada peserta MT. Namun dalam kegiatan ini, setiap peserta juga akan mengikuti serangkaian ujian, termasuk psikotes dan juga ujian lainnya yang berkaitan. 

Management training artinya pelatihan yang akan mengasah kemampuan kerja dan skill lain peserta di bidang tertentu. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta bisa mendapatkan berbagai pengetahuan serta keahlian yang baru untuk mendukung perkembangan karier profesionalnya ke depannya. 

Ada banyak skill dan tugas management training, antara lain: skill untuk melakukan riset, mencari dan mempersiapkan dokumen, mencari solusi, menyediakan sarana, dan yang lainnya. Berbagai kemampuan ini diharapkan bisa membantu peserta untuk lebih mudah menguasai lebih banyak keahlian profesional.

Pada umumnya, perusahaan-perusahaan yang mengadakan management training adalah perusahaan yang menjalankan bisnis keuangan, marketing, retail, dan juga sales. 

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

Tanggung Jawab dan Tugas Management Training 

Management Training pada umumnya diikuti oleh orang-orang yang memiliki skill multitasking dan bisa menyelesaikan berbagai tugas dengan baik. Hal ini tentu akan didukung dengan keterlibatan seorang training manager yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. 

Seorang MT diharapkan bisa terlibat secara aktif selama pelatihan, sehingga kemampuan manajerial yang bersangkutan bisa diasah secara maksimal. Management training merupakan momen yang tepat untuk mempelajari banyak hal, terutama yang bisa mendukung perkembangan karier profesional ke depannya. 

Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab dan tugas management training

  • Mengerjakan serta menyelesaikan semua tugas pokok, dan membantu pekerjaan-pekerjaan lainnya. 
  • Ikut serta berpartisipasi pada kegiatan meeting, workshop, dan kelas-kelas lainnya yang diadakan oleh perusahaan. 
  • Mencermati dan belajar dari berbagai pengalaman rekan kerja di perusahaan.
  • Memahami informasi serta berbagai pengetahuan terkait peraturan perusahaan, proses kerja, serta standar operasional yang berlaku di perusahaan. 
  • Mendengarkan dan memahami dengan rinci berbagai masukan yang diberikan oleh manajer, supervisor, dan juga senior lainnya
  • Memenuhi seluruh persyaratan dan mengikuti semua meeting yang diadakan oleh perusahaan selama masa training.
  • Mengikuti seluruh aturan, protokol keamanan dan kesehatan yang diterapkan oleh perusahaan.
  • Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan menyusun laporan.
  • Mempelajari semua hal terkait resolusi dari sebuah permasalahan dan mendengarkan dengan baik semua pembicara yang hadir pada meeting maupun training
  • Bersedia untuk mengunjungi kantor maupun cabang lain milik perusahaan, dan terlibat secara langsung pada setiap proses pelatihan yang diadakan. 
  • Mengikuti sesi ujian serta evaluasi yang dilakukan pada akhir sesi training

Manfaat yang Didapatkan dari Management Training

Management training dilakukan untuk mengasah skill manajerial yang dibutuhkan untuk menduduki posisi manajer di dalam perusahaan. Kegiatan ini biasanya dibimbing oleh seorang training manager. Jika melihat tugas management training yang cukup kompleks, maka banyak orang yang enggan mengikutinya. 

 Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, management training adalah momen yang tepat untuk menyiapkan diri menjadi manajer yang handal dan profesional. Training manager akan membagikan banyak ilmu yang berguna dan bisa dijadikan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang profesional. 

Karena prosesnya yang tidak mudah, tentu kegiatan yang satu ini akan menyita waktu dan tenaga para peserta. Namun hal tersebut juga akan sebanding dengan manfaatnya. 

Simak beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari management training berikut ini: 

  1. Meningkatkan Kemampuan untuk Bekerjasama

    Kemampuan bekerja sama merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai seorang manajer. Kemampuan yang satu ini bukan hanya untuk digunakan di lingkungan kerja sana, namun juga ketika harus berurusan dengan lingkungan di luar kerja, seperti dengan klien dan birokrasi pemerintah. 

    Berbagai pelatihan dan tugas management training akan melatih peserta untuk memiliki kemampuan bekerjasama seperti ini. Setiap peserta MT akan dilatih untuk memahami masalah dan menyelesaikan berbagai tugas bersama kelompoknya, sehingga kemampuannya untuk bekerjasama juga akan terasah di saat bersamaan. 

  2. Mengajarkan Tentang Kepemimpinan

    Management training artinya pelatihan yang mempersiapkan para calon manajerial baru di dalam perusahaan. Kegiatan yang satu ini tentu akan memberi banyak pelatihan kepemimpinan bagi setiap peserta, sehingga yang bersangkutan benar-benar siap untuk menjadi manajer atau pemimpin yang baru di dalam perusahaan tersebut. 

  3. Membuka Peluang Bekerja Sesuai Minat 

    Pada umumnya, perusahaan menggunakan sistem generalisasi dalam proses pelaksanaan MT. Hal ini memungkinkan peserta mendapatkan pelajaran dalam berbagai divisi yang berbeda sekaligus, sehingga peluang untuk mempelajari bidang yang diminati juga akan semakin besar. 

    Hal di atas akan sangat membantu dan memungkinkan peserta MT untuk lebih menguasai bidang-bidang yang sesuai minat mereka. Jika sudah menyelesaikan program MT, maka yang bersangkutan juga akan memiliki kesempatan luas untuk bekerja sesuai dengan minatnya. 

Selain itu, manfaat lain dari Management Training adalah:

  • Bisa memberikan penilaian, evaluasi dan juga seleksi terhadap calon manajer yang berkualitas dan sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Memastikan tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal serta terampil untuk mengikuti promosi ke level eksekutif di dalam perusahaan.
  • Memperluas wawasan serta mengembangkan karakter calon manajerial yang akan bergabung di dalam perusahaan. 
  • Memberikan pelatihan yang jelas terkait Standar Operasional Perusahaan (SOP) secara baku dan akurat. 
  • Menjadi pelatihan serta pengelolaan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan.
  • Menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan manajemen.
  • Meningkatkan produktivitas di dalam perusahaan.

Berapa Gaji Management Training

Jika berbicara mengenai pekerjaan, rasanya tidak lengkap bila tidak membahas hal terkait gajinya juga, bukan? 

Pada umumnya, seorang peserta MT bisa mendapatkan gaji sekitar Rp5 jutaan per bulannya. Namun hal ini tentu bisa saja berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan perusahaan yang mengadakan management training itu sendiri. 

Selain itu, lokasi perusahaan itu sendiri juga kerap mempengaruhi besaran gaji seorang MT. Misalnya, perusahaan yang berada di Jakarta tentu akan memberikan gaji yang berbeda dengan sebuah perusahaan yang ada di Jogja. 

Asah Skill Terbaik Melalui Management Training

Management training merupakan pelatihan yang banyak dijadikan sebagai batu loncatan oleh para fresh graduate. Selain memberikan banyak pelatihan yang berguna, ini juga bisa menjadi momen tepat untuk mempersiapkan diri menjadi seorang profesional yang sesungguhnya. Ikuti MT dengan disiplin dan dapatkan skill terbaik untuk memasuki dunia kerja.

Baca Juga: Capai Ratusan Juta, Ini Rincian Biaya Sekolah Pilot 2023 dan Tips Kumpulkan Dananya