Mandiri Online: Mobile Banking Bank Mandiri dan Cara Aktivasinya

Kehadiran internet melakukan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Tidak terkecuali di sektor perbankan. Nasabah semakin dipermudah dengan adanya layanan perbankan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja karena terhubung dengan internet.

Nasabah bisa menjalankan berbagai keperluan perbankan yang mereka inginkan tanpa perlu datang ke bank yang bersangkutan ataupun pergi ke ATM. Cukup dengan menggunakan ponsel yang terhubung internet, nasabah bisa mengecek saldo, melakukan transfer dana, dan melakukan beberapa layanan perbankan lainnya. Jenis layanan ini yang dikenal sebagai mobile banking.

Salah satu bank yang telah mengintegrasikan mobile banking ke dalam layanannya adalah Bank Mandiri. Mau tahu seperti apa mobile banking dari Bank Mandiri dan bagaimana mengaktifkannya? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

Ketentuan, Aktivasi, dan Informasi Seputar Mandiri Online

Mandiri Mobile Banking merupakan layanan perbankan Bank Mandiri yang mempermudah nasabah untuk melakukan berbagai transaksi finansial dan nonfinansial dengan menggunakan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.

Ketentuan Penggunaan Mandiri Online

Mandiri Online

Tampilan Halaman Mandiri Online via bilikupdate.com

 

Berikut ini ketentuan penggunaan Mandiri Mobile Banking yang perlu dipahami nasabah yang ingin menggunakan layanan ini.

  1. Mandiri Mobile Banking atau Mandiri Online dapat diunduh siapa saja, baik nasabah maupun non nasabah.
  2. Siapa saja yang ingin melakukan transaksi harus memiliki rekening perorangan Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Bisnis, atau Mandiri Giro  dan   terdaftar  sebagai pengguna layanan Mandiri SMS.
  3. Nasabah harus mengunduh aplikasi Mandiri Online terlebih dahulu melalui layanan unduh aplikasi resmi yang merupakan mitra dari Bank Mandiri, seperti App Store, Blackberry App World, dan Google Play.
  4. Aplikasi Mandiri Online hanya akan berfungsi pada 1 kartu SIM yang telah terdaftar dan satu ponsel yang telah digunakan untuk mengunduh aplikasi.
  5. Biaya akses mobile banking adalah biaya data sehingga tergantung dari provider penyedia jasa telekomunikasi. Pada tipe iPhone, terdapat Biaya SMS pada permintaan One Time Password (OTP) sebesar Rp500 per SMS yang diterima. SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk satu kali transaksi.
  6. Untuk menonaktifkan layanan mobile banking, bisa dilakukan dengan cara menghapus aplikasi Mandir Online (sementara) atau dengan menonaktifkan user Mandiri SMS (permanen).

Registrasi/Aktivasi Mandiri Online

Proses registrasi/aktivasinya sangat mudah.

  1. Layanan aplikasi Mandiri Online dapat diunduh melalui mitra resmi Bank Mandiri, seperti App Store, Google Play Store, dan Blackberry App World serta harus mendaftar SMS Banking Bank Mandiri agar bisa mengakses semua layanan yang terdapat dalam Mandiri Online.
  2. Cara pendaftaran SMS Banking Bank Mandiri bisa datang ke cabang Bank Mandiri terdekat atau ke ATM Mandiri.
  3. Cara pendaftaran SMS Banking Bank Mandiri melalui ATM, silakan datang ke ATM Mandiri. Lalu masuk ke Menu Pendaftaran e-Banking. Pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS. Lalu ikuti langkah selanjutnya.
  4. Untuk nasabah yang belum mendaftar SMS Banking Bank Mandiri, dapat mengunduh Mandiri Online, tetapi cakupan aksesnya hanya sebatas:
    • Daftar atau aktivasi
    • Kurs dan suku bunga
    • Mandiri Call 14000
    • Bahasa
  1. Untuk nasabah pengguna Mandiri SMS, akan mendapatkan layanan full version dengan memilih tombol Aktivasi pada tampilan di layar.

Informasi Umum terkait Mobile Online

Mandiri Online

Peluncuran Mandiri Online via bisnisnews.id

 

1. Manfaatkan keuntungan-keuntungan berikut dengan menggunakan Mandiri Online.

  • Akan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi karena tampilan menu yang jelas dan tampilannya yang menarik sehingga lebih mudah digunakan.
  • Nasabah bisa menggunakan layanan ini di mana saja dan kapan saja karena bisa diakses langsung via ponsel atau smartphone dengan menggunakan paket data internet.
  • Lebih hemat dan singkat karena ada menu Favoritku yang menjadikan alur transaksi menjadi lebih singkat.
  • Bisa diatur personalisasinya, setiap nasabah bisa memilih tampilan foto pribadi di menu utama.
  • Aman karena diperlukan password setiap kali akan masuk ke dalam aplikasi.
  • Pendaftarannya mudah melalui berbagai mekanisme pengunduhan aplikasi.

2. Cara praktis mendaftar dan menggunakan layanan Mandiri Online.

  • Nasabah dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan Mandiri Online melalui layanan unduh aplikasi resmi mitra Bank Mandiri, seperti Blackberry App World, App Store, ataupun Google Play Store.
  • Setelah selesai diunduh, nasabah wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan setiap kali login ke dalam aplikasi.
  • Untuk dapat melakukan transaksi keuangan, nasabah wajib terdaftar sebagai user aktif Mandiri SMS karena otorisasi transaksi Mandiri Online menggunakan PIN Mandiri SMS.
  • Untuk pengguna iPhone, di samping menggunakan PIN Mandiri SMS, juga ditambahkan dengan SMS OTP. Nantinya OTP akan dikirim ke inbox untuk memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bisa masuk ke menu setting notification pada iPhone.

3. Tipe telepon seluler atau komputer tablet yang mendukung aplikasi Mandiri Online.

Semua telepon seluler, termasuk smartphone dan komputer tablet yang memiliki fasilitas 3G/GPRS/Wi-Fi, yang sudah Java enabled dan berbasis Symbian, Windows, dan Android.

Pada saat ini, layanan baru tersedia untuk smartphone dengan platform Blackberry, iPhone, dan Android dengan rincian Operating System (OS) sebagai berikut.

Blackberry

  • OS 4.6
  • OS 5
  • OS 6
  • OS 7
  • OS 10

iPhone

  • iOS 7 dan iOS 8

Android

  • OS 2.1, OS 2.2, dan OS 2.3
  • OS 3.2
  • OS 4.0, OS 4.0.1, OS 4.1, OS 4.1.1, OS 4.1.2, OS 4.2, OS 4.2.1, OS 4.2.2, OS 4.3 dan OS 4.4
  • OS 5.0, dan OS 5.1

* Apabila tipe handphone dan/atau OS belum mendukung, saat nasabah mengunduh akan mendapat pesan “tipe handphone dan/atau sistem operasi handphone Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses layanan ini. Silakan hubungi Call Mandiri 14000 atau 021-5299-7777.

4. Siapa saja yang dapat menggunakan layanan Mandiri Online?

  • Semua nasabah Bank Mandiri yang mempunyai rekening tabungan atau giro perorangan dan sudah terdaftar menjadi user Mandiri SMS.
  • Semua non nasabah, tetapi sebatas menu umum Mandiri Online dan tidak bisa melakukan login ke menu transaksi. Jika belum menjadi nasabah Bank Mandiri, sangat dianjurkan untuk mendaftar menjadi nasabah sekaligus user aktif mandiri SMS ke cabang terdekat sehingga bisa menggunakan layanan penuh Mandiri Online.

5. Pengertian user aktif Mandiri SMS dan proses keamanan sistem.

Semua nasabah Bank Mandiri yang sudah mendaftar menjadi pengguna Mandiri SMS, baik melalui ATM maupun cabang, untuk dapat melakukan transaksi keuangan melalui Mandiri SMS.

Demi keamanan, setiap transaksi finansial wajib diotorisasi dengan PIN. PIN yang digunakan adalah PIN yang sama dengan PIN Mandiri SMS sehingga dapat digunakan nasabah untuk transaksi dengan channel SMS ketik ataupun STK.

Sistem keamanan juga dilengkapi dengan password. Password login bersifat rahasia dan tidak diketahui siapa pun. Password otomatis terblokir jika nasabah salah memasukkan password sebanyak tiga kali berturut-turut. Nasabah diminta untuk mengaktivasi ulang (re-activate) layanan Mandiri Online.

6. Cara mengetahui jika sudah berhasil mengunduh aplikasi Mandiri Online.

Setelah selesai mengunduh aplikasi Mandiri Online, ikuti perintah yang tertera pada telepon seluler atau komputer tablet untuk melanjutkan ke langkah berikutnya sampai muncul menu umum Mandiri Online atau halaman untuk login.

7. Transaksi yang bisa dilakukan di Mandiri Online.

Sebelum login nasabah dapat menggunakan menu umum Mandiri Online untuk:

  • Daftar atau aktivasi.
  • Rate untuk informasi nilai tukar dan suku bunga.
  • Mandiri Call 14000, akses untuk langsung menghubungi Mandiri Call 14000.
  • Lupa PIN, Lupa User ID, dan bahasa.

Setelah login di layanan Mandiri Online, nasabah dapat memilih menu transaksi untuk:

  1. Fitur standar untuk akses rekening, seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, inquiry saldo, lihat lima transaksi terakhir dan penggantian PIN.
  2. Pembayaran dan pembelian untuk:
    • Tagihan telepon: Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, dan sebagainya.
    • Isi ulang pulsa: Simpati, Mentari, IM3 Smart, , XL, dan sebagainya.
    • Kartu Kredit: Bank Mandiri, Citibank, HSBC, Standard Chartered, RBS, ANZ, dan sebagainya.
    • Pembayaran Umum (utilities) lainnya: PLN, PAM, PBB, pendidikan, asuransi, Internet/TV Kabel, Kredit, Tiket Pesawat/Kereta Api, dan lain-lain.
    • Administrasi: perubahan PIN Mandiri SMS, perubahan daftar transfer, ataupun inbox.

8. Cara mengecek apakah transaksi yang dilakukan melalui Mandiri Online sudah berhasil atau belum.

Setelah nabasah memasukkan PIN Mandiri SMS untuk otorisasi transaksi, layar berikutnya akan menampilkan pemberitahuan apabila transaksi berhasil. Jika ingin mengecek detail histori transaksi yang telah berhasil, nasabah dapat melihatnya pada menu kotak pesan.

Cara mengakses menu kotak pesan: masuk menu utama kemudian pilih Admin. Lalu pilih Kotak Pesan.

9. Apakah resi transaksi yang ada di Kotak Pesan dapat dikirimkan sebagai bukti transaksi kepada orang lain?

Ya, Nasabah dapat mengirimkan resi transaksi kepada orang lain dengan cara memasukkan no. handphone yang dituju. Biaya pengiriman SMS menjadi beban nasabah pengirim dan besar biaya mengikuti biaya yang dibebankan penyedia jasa telekomunikasi.

10. Apa yang dilakukan apabila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah?

Ya, resi transaksi akan terus tersimpan di handphone sampai nasabah melakukan hal berikut.

  • Penghapusan untuk resi transaksi yang tersimpan melalui menu Hapus atau menu Hapus Semua.
  • Melakukan Re-Install layanan Mandiri Online yang baru sehingga resi transaksi yang sudah tersimpan akan terhapus.

11. Mengapa saya tidak bisa melakukan transaksi Mandiri Online padahal saya sudah pernah berhasil melakukan transaksi sebelumnya?

Nasabah diminta untuk mengecek hal-hal berikut:

  • Apakah nasabah sudah memasukkan PIN Mandiri SMS yang benar untuk otorisasi transaksi?
  • Apakah nasabah melakukan transaksi di atas limit transaksi harian Mandiri SMS?
  • Apakah nasabah sudah melakukan input data transaksi yang sesuai.

Jika hal-hal tersebut sudah sesuai, mohon agar nasabah menunggu beberapa saat dan kembali mencoba layanan Mandiri Mobile karena mungkin terjadi masalah jaringan komunikasi.

12. Limit transaksi harian bila menggunakan layanan Mandiri Online

Limit transaksi mandiri mobile adalah:

 

Fitur

Limit (Rp) / hari

1

Transfer

100.000.000

2

Pembayaran nonkartu kredit

100.000.000

3

 

Pembayaran kartu kredit

  • KK Bank Mandiri
  • KK Bank Lain

 

100.000.000

50.000.000

4

Isi ulang pulsa

5.000.000

 

Limit transaksi ini berlaku akumulatif untuk semua channel mobile banking yang diakses nasabah, yaitu Mandiri SMS (ketik dan STK), Mandiri Mobile, dan Mandiri SMS *141*6#.

13. Biaya yang dikenakan bila menggunakan layanan Mandiri Online

Biaya untuk penggunaan layanan Mandiri Online adalah biaya data (3G/GPRS/Wi-Fi) yang tergantung layanan data yang digunakan nasabah serta biaya transaksi sesuai biaya jasa dari mitra. Bagi pengguna iPhone, akan ada biaya lainnya berupa biaya SMS untuk pengiriman SMS OTP sebesar Rp500 per SMS.

14. Cara menghapus atau menonaktifkan aplikasi Mandiri Online

Nasabah dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Menghapus aplikasi melalui menu Setting atau aplikasi yang ada di tiap-tiap telepon seluler atau komputer tablet.
  • Melaporkan kepada Mandiri Call 14000 untuk menonaktifkan aplikasi Mandiri Online sementara atau permanen melalui mekanisme penghapusan/pemblokiran layanan Mandiri SMS.

15. Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah?

Lapor segera ke Mandiri Call 14000 atau 021-5299-7777, dengan menyampaikan data terkait.

16. Siapa saja yang dapat dihubungi jika terdapat pertanyaan mengenai mekanisme penggunaan layanan Mandiri Online?

Nasabah dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau 021-5299-7777.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit via ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking

Dengan Mandiri Online, Aktivitas Perbankan Jadi Lebih Mudah

Bagi kita yang sering kesulitan membagi waktu, baik untuk bekerja maupun untuk keluarga, adanya layanan Mandiri Online ini pastinya akan jauh lebih memudahkan. Misalnya, melakukan berbagai layanan perbankan, seperti transfer, pembelian, ataupun pengecekan saldo rekening.

Baca Juga: SMS Banking: Kelebihan dan Kekurangannya