Mengenal Mobile Banking, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

Sekarang ini sudah banyak orang yang memiliki handphone canggih namun belum memanfaatkannya dengan maksimal. Hampir semua handphone canggih saat ini sudah dilengkapi dengan koneksi internet dan memiliki fitur layanan perbankan yang disebut dengan mobile banking. Layanan perbankan melalui handphone ini akan membuat hidup Anda lebih simple dalam segala hal perbankan.

Pernahkah memiliki pengalaman di mana Anda lupa untuk membayarkan tagihan listrik rumah, air, atau bahkan kartu kredit karenakan kesibukan sehinga lupa atau belum sempat untuk membayarnya? Atau pernahkah Anda berada pada situasi di mana harus mentransfer uang untuk seseorang, namun kondisi di luar sedang hujan dan Anda perlu melakukan transaksi uang dengan segera? Apabila Anda sudah mengerti dan mengetahui fasilitas dan fitur mobile banking, maka saat dihadapkan pada situasi seperti yang tadi disebutkan, Anda tidak akan panik dan akan dengan mudah melakukan transaksi perbankan.

Apa sih sebenarnya mobile banking itu? Simak detil uraian layanan produk tersebut berikut ini

Mobile Banking Membuat Hidup Terasa Luas dan Tanpa Batas

Mobile Banking - E-Banking

Layanan Mobile Banking via ttgtmedia.com

 

Mobile banking adalah sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagi fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone). Selintas layanan mobile banking ini serupa dengan layanan sms banking, namun pada kenyataannya mobile banking memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan sms banking. Apabila menggunakan layanan sms banking, transaksi hanya dapat dilakukan menggunakan pesan singkat (SMS), maka dengan menggunakan layanan mobile banking Anda dapat menggunakan fitur lain yang lebih canggih.

Fitur ini dapat Anda akses melalui dua cara. Pertama adalah dengan menggunakan aplikasi dengan cara mengunduh aplikasi layanan mobile banking di app-store yang disediakan pada smartphone yang Anda miliki. Cara kedua adalah dengan mengakses melalui menu provider. Namun tidak semua provider memiliki layanan mobile banking ini, hanya ada beberapa provider yang menyediakan layanan mobile banking. Seperti salah satu contohnya adalah mobile banking BCA yang dapat diakses melalui provider Indosat, XL, dan Telkomsel.

Bagaimana cara mendaftar mobile banking? Kami akan memberikan ulasan cara mudah mendaftar mobile banking yang menggunakan aplikasi Android yang sedang tren saat ini. Berikut ulasannya

Cara Mudah Mendaftar Mobile Banking dengan Aplikasi Android

Daftar Mobile Banking

Mendaftar Mobile Banking via amazonaws.com

 

Mendaftar mobile banking android bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah melalui tahapan sebagai berikut:

  • mengunduh di situs bank dimana Anda ikut layanan mobile banking
  • Mengirim SMS dengan format sesuai dengan yang diberikan oleh bank di mana Anda menjadi nasabah, misalnya untuk bank mandiri ketik “Reg Mobile” lalu kirim ke nomor 3335
  • Setelah aplikasi berhasil diunduh, silahkan membuat password dan identitas rahasia yang nantinya akan Anda gunakan untuk login
  • Jika masih belum jelas silahkan menghubungi customer servis di bank Anda

Jika Anda masih ragu dengan layanan ini, ada baiknya membaca lebih detil keuntungan mobile banking berikut ini:

Baca Juga: Kredit Mahasiswa, Membantu Mahasiswa Indonesia Lebih Mandiri

Keuntungan dan Kekurangan Layanan Mobile Banking

Mobile Banking

Keuntungan dan kekurangan Mobile Banking via hubspot.net

 

Layanan mobile banking memiliki banyak keunggulan dan sangat mudah digunakan. Layanan ini meliputi cek saldo, cek sekaligus membayarkan tagihan kartu kredit, transfer uang, mutasi rekening tabungan, cek suku bunga, pembelian pulsa, pembayaran rekening listrik, telepon, air dan banyak hal.

Selain itu, dalam menggunakan mobile banking, akan ada sejumlah keuntungan dan kekurangan yang akan Anda terima, diantaranya:

Keuntungan Mobile Banking yang Perlu Anda Ketahui

Layanan Mobile banking memiliki kelebihan dibandingkan internet banking karena relatif mudah dalam mendapatkan konektivitas, sedangkan untuk internet banking tidak semua tempat ada jaringan internet. Hal ini memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan sehingga menghemat banyak waktu.

Fitur yang sederhana membuat mobile banking melalui ponsel sangat mudah untuk dimengerti. Semua isntruksi diberikan secara mudah dan rinci sehingga efektif dari segi biaya. Selain itu fasilitas mobile banking mempunyai biaya yang rendah dibandingkan online banking.

Dari sisi keamanan mobile banking bisa mengurangi resiko penipuan karena nasabah akan mendapatkan SMS ketika terdapat aktivitas pada rekening nasabah baik setoran, penarikan uang, atau transfer antar rekening.

Bank juga merasa untung dengan layanan Mobile banking karena bisa mengurangi biaya dari tele-banking dan lebih ekonomis, selain itu fasilitas tambahan ini bisa mempermudah konsumen melakukan transaksi, sehingga bank dapat meningkatkan kepuasan nasabah mereka. Selain itu bank juga merasa lebih dekat dan dapat menjangkau nasabah mereka dengan mobile banking.

Produk bank juga bisa dipromosikan dengan mudah melalui iklan layanan mobile banking seperti kartu kredit, pinjaman, dan lainnya pada kelompok nasabah tertentu. Selain promosi produk, berbagai layanan bank yang bisa diakses melalui mobile banking meliputi informasi pembayaran rekening, informasi jumlah tabungan, histori transaksi, fasilitas pengiriman uang, dan lainsebagainya dapat diakses langsung melalui handphone nasabah.

Hal lain yang membuat mobile banking makin populer adalah nasabah dapat mentransfer uang secara langsung pada rekening bank yang sama maupun beda melalui mobile banking dengan jangkauan konektivitas jaringan yang luas melebihi melebihi internet banking.

Walaupun canggih, ternyata mobile banking punya kelemahan juga yang harus disadari oleh pengguna mobile banking. Berikut ini merupakan kekurangan dari mobile banking:

Kekurangan Mobile Banking yang Harus Disadari Pengguna Mobile Banking

Fitur keamanan menjadi salah satu isu penggunaan mobile banking ini. Hal ini setelah para ahli keamanan secara umum setuju bahwa mobile banking lebih aman daripada online banking karena sangat sedikit virus dan trojan yang menyerang smartphone, namun demikian pengguna mobile banking ternyata lebih rentan diserang penipuan yang dinamakan “smishing.” Penyebab penipuan ini lebih banyak disebabkan oleh pengguna mobile banking menerima SMS palsu yang menanyakan detil rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan. Modus seperti ini telah berhasil membuat banyak orang yang terjebak dan uangnya terkuras.

Walaupun sistem online banking punya fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi sehingga hacker tidak dapat membaca data yang dikirimkan, namun hal ini tidak berlaku manakala smartphone-nya dicuri. Celakanya lagi banyak orang mengatur agar perangkat smartphone mereka dapat menyimpan password atau menggunakan password dan pin yang tidak aman atau dapat ditebak dengan mudah.

Isu kekurangan mobile banking yang lain adalah mengenai Kompabilitas. Untuk dapat mengakses mobile banking secara maksimal nasabah memerlukan smartphone. Bahkan beberapa bank tidak menyediakan mobile banking untuk ponsel selain smartphone seperti iPhone, dan Blackberry. Selain itu dukungan software mobile banking pihak ketiga tidak selalu kompatibel bagi semua jenis smartphone. Jika nasabah tidak memiliki smartphone, tipe dari mobile banking yang dapat digunakan biasanya terbatas sehingga beberapa fitur tidak dapat diakses. Melakukan pengecekan rekening tabungan melalui SMS tidak menjadi masalah, akan tetapi fitur yang lebih canggih misalnya transfer antar rekening umumnya tidak tersedia bagi pengguna ponsel model lama sehingga tetap saja harus menggunakan smartphone.

Operabilitas ponsel menjadi tantangan tersediri bagi layanan mobil ebanking ini, di mana ada sejumlah besar perangkat ponsel yang berbeda dan itu merupakan tantangan besar bagi bank untuk menawarkan solusi mobile banking pada setiap jenis perangkat. Beberapa dari perangkat ini mendukung Java ME dan lain mendukung SIM Application Toolkit, browser WAP, atau hanya SMS.

Biaya sebenarnya tidak terlalu signifikan berpengaruh jika nasabah telah memiliki perangkat yang sesuai, namun sayangnya beberapa institusi finansial mengharuskan pembayaran lebih untuk layanan mobile banking. Di luar itu masih ada juga biaya software. Biaya ekstra untuk nasabah ini secara cepat bertambah, terutama ketika nasabah sering mengakses mobile banking sehinggga menjadi tambahan pendapatn tersendiri bagi bank.

Baca Juga: Perbedaan Secured Credit Card dengan Kartu Debit

Daftar dan Manfaatkan Sebaik Mungkin

Bagaimanapun juga dibandingkan dengan sms banking atau internet banking sekalipun, mobile banking ini lebih mudah untuk dipraktekkan karena kita tidak perlu mengingat kode-kode dalam transaksi yang dilakukan. Selain itu, dalam menggunakan mobile banking, apabila kita tidak memiliki pulsa, kita masih tetap bisa menggunakan fitur ini selagi mendapatkan koneksi internet seperti wifi. Namun perlu diperhatikan, Anda harus menghapus semua data yang tertinggal pada handphone apabila Anda akan menjualnya suatu saat nanti, untuk mencegah terjadinya tindak kriminal dan penyalahgunaan fitur ini. Jadi pergunakanlah kemudahan yang telah diberikan ini, namun ingat Anda harus tetap untuk waspada dan berhati-hati dalam menggunakan kemudahan yang diberikan.

Baca Juga: Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya