Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Begini 7 Tips Cerdas Mengatasi Masalah Keuangan

Memiliki kondisi keuangan yang sehat dan bebas masalah keuangan tentu menjadi keinginan setiap orang. Hal ini tidak selalu mudah, apalagi jika ternyata Anda punya banyak tagihan atau cicilan setiap bulannya. 

Jika tidak jeli dalam mengatur pengeluaran, maka berbagai kebutuhan bisa saja tidak terpenuhi dengan baik. Bukan hanya itu saja, kondisi keuangan bahkan bisa saja memburuk dan membuat Anda memiliki banyak utang. 

Kondisi keuangan yang buruk seperti ini tentunya harus segera dihindari agar hidup bisa berjalan tenang dan nyaman. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara agar kondisi keuangan aman.

Tak perlu khawatir, keuangan yang saat ini buruk masih bisa diperbaiki secara perlahan dengan beberapa tips bebas utang atau masalah keuangan lainnya pada ulasan berikut ini yang Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Hemat penggunaan listrik

listrik rumah
Hemat penggunaan listrik

Listrik menjadi kebutuhan wajib yang akan menghabiskan cukup banyak uang Anda setiap bulannya. Berbagai perangkat elektronik di rumah Anda akan menghabiskan cukup banyak energi listrik, apalagi jika tidak digunakan dengan bijak. 

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran untuk kebutuhan yang satu ini, maka biasakanlah untuk selalu disiplin dalam menggunakan berbagai perangkat elektronik Anda. Mulailah mengganti semua lampu di rumah Anda dengan lampu LED, sebab jenis lampu ini lebih hemat energi hingga 25 kali, jika dibandingkan dengan lampu neon biasa. 

Selain itu, biasakan untuk selalu mematikan aliran listrik pada berbagai perangkat yang sedang tidak digunakan, misalnya: AC, TV, Microwave, dan yang lainnya. 

Baca Juga: Trik Hemat Listrik Agar Bayar Tagihan Lebih Murah

2. Hemat penggunaan air

Menggunakan air dengan bijak juga akan menghemat banyak uang Anda setiap bulannya. Anda bisa menekan tagihan air Anda dan menyimpan lebih banyak uang untuk kebutuhan lainnya. 

Matikan keran air dengan cara yang tepat, agar air tidak menetes terbuang dengan percuma dan menimbulkan tagihan yang besar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan shower untuk mandi, sebab peralatan ini terbukti bisa menghemat penggunaan air, bahkan jauh lebih banyak dari keran biasa. 

Jangan lupa untuk memeriksa semua saluran pipa air secara berkala, untuk memastikan tidak ada kebocoran yang akhirnya menimbulkan pemborosan dan tagihan air yang besar. 

3. Hemat biaya makan Anda

makan
Hemat biaya makan

Biaya untuk makan juga menjadi salah satu yang terbesar di dalam keuangan. Anda akan bisa menyimpan banyak uang, jika bisa menghemat kebutuhan yang satu ini dengan baik. 

Tidak perlu memangkas biaya makan dengan ekstrim, sebab Anda tentu membutuhkan asupan gizi yang sehat dan seimbang juga. Anda hanya perlu bijak dalam memilih menu makan dan mengatur pembelanjaan Anda untuk kebutuhan yang satu ini. 

Selain itu, memasak sendiri dan membawa bekal makan siang dari rumah juga akan jauh lebih baik. Anda bisa menghemat lebih banyak uang dan mendapatkan makanan sehat dan sesuai dengan selera Anda sepanjang waktu.

4. Disiplin membayar KPR / uang sewa

Bagi Anda yang masih mencicil rumah atau bahkan tinggal di rumah sewa, Anda tentu akan memiliki kewajiban untuk membayar tagihan KPR / biaya sewa setiap bulannya. Ini akan termasuk dalam kebutuhan wajib dan harus selalu dibayarkan tepat waktu. 

Biasakan untuk selalu disiplin dalam membayar tagihan ini, agar Anda tidak perlu membayar biaya denda dan biaya tambahan lainnya. Jika memungkinkan, akan jauh lebih baik bila Anda membayar KPR / uang sewa ini beberapa bulan ke depan sekaligus (misalnya: per 3 bulan atau per 6 bulan).

Baca Juga: Waktu yang Tepat Minta Bunga Cicilan KPR Turun

5. Kurangi biaya telepon

telepon
Kurangi biaya telepon

Biaya telepon rumah menjadi salah satu yang paling mudah untuk Anda hemat, sebab penggunaan perangkat yang satu ini memang sudah terbilang jarang. Jika Anda ingin berbicara menggunakan sambungan telepon, maka Anda bisa menggunakan layanan free call yang disediakan berbagai aplikasi modern, seperti WhatsApp atau bahkan Skype. 

Selain lebih simpel dan mudah, cara yang satu ini juga akan menghemat lebih banyak uang Anda. Hampir semua orang sudah menggunakan berbagai aplikasi seperti ini, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan komunikasi Anda.

6. Pangkas biaya asisten rumah tangga dan tukang kebun

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan jasa asisten rumah tangga dan tukang kebun, Anda tentu akan membutuhkan banyak uang untuk layanan ini. Sebenarnya Anda bisa saja memangkas kedua biaya ini dengan cara menangani berbagai pekerjaan di rumah secara mandiri. 

Hal ini bahkan akan jauh lebih mudah, jika ternyata anak-anak sudah cukup besar dan pasangan Anda bisa diajak bekerjasama. Anda bisa berbagi tugas dengan anggota keluarga dan menyelesaikan pekerjaan rumah bersama-sama. Biasakan agar semua orang di rumah bisa mandiri dan mengurus berbagai kebutuhannya dengan baik. Selain hemat biaya, Anda juga akan membuat anak-anak lebih bertanggung jawab dan disiplin.

7. Pangkas biaya lainnya

hemat
Pangkas biaya lainnya

Jangan lupa untuk mengecek kembali biaya lainnya yang bisa Anda pangkas dari pengeluaran Anda. Jika TV kabel sudah jarang ditonton, maka tidak ada salahnya untuk segera berhenti berlangganan. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan pada koran dan yang lainnya. Lihat berbagai pengeluaran yang tidak penting dan sudah bisa dihentikan, agar Anda bisa menghemat lebih banyak uang keluar setiap bulannya.

Atur Keuangan dengan Bijak

Bagi Anda yang ingin keuangan aman, bebas utang dan masalah keuangan lainnya, maka biasakan untuk selalu mengatur keuangan dengan bijak Atur semua tagihan dengan bayar tepat waktu agar tidak menimbulkan beban bunga. Selain itu, pastikan setiap pengeluaran harus lebih hemat, agar lebih banyak uang yang bisa disimpan.

Baca Juga: Atur Keuangan Anda dengan 6 Kiat Ini, Dijamin Sukses