Memahami Biaya Fidusia dan Provisi dari Kredit Mobil

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin pesat membuat segala macam hal di dalam kehidupan kita harus bisa bergerak cepat dan menyesuaikan dengan kehidupan modern yang semakin praktis dan mudah. Hal ini juga pada akhirnya menuntut manusia untuk memiliki beragam alat dan sistem yang didukung dengan teknologi canggih dan segala bentuk kemudahan yang mampu mendukung aktivitas sehari-hari.

Salah satu hal yang wajib untuk dimiliki saat ini adalah sebuah alat transportasi yang mumpuni, yang mana alat tersebut diharapkan bisa mengimbangi segala macam aktifitas dan beragam kesibukan yang harus dijalankan sepanjang hari. Kurang memadainya sistem transportasi umum yang kita miliki, membuat sebagian besar orang berpikir untuk memiliki sebuah mobil pribadi sebagai alat transportasi yang bisa diandalkan.

Belasan tahun yang lalu, mobil barangkali masih menjadi salah satu barang mewah yang hanya dimiliki oleh segelintir orang yang memiliki kemampuan ekonomi mapan. Namun seiring dengan kemajuan zaman dan tingginya kebutuhan manusia akan alat transportasi yang nyaman dan memadai, maka saat ini mobil bukan lagi sebuah hal yang sulit untuk dimiliki.

Banyak jenis dan tipe mobil yang bisa dijadikan sebagai pilihan, di mana Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kemampuan finansial Anda dengan jenis mobil tertentu yang harganya berada dalam jangkauan keuangan. Bukan hanya itu saja, di dalam perkembangan dan tingginya jumlah permintaan akan mobil pribadi, maka hal tersebut juga menjadi sebuah peluang bisnis yang dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para pelaku bisnis otomotif.

Beragam jenis penawaran dan kemudahan ditawarkan bagi Anda yang membutuhkan sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi, bahkan pihak dealer dan leasing juga tak segan-segan untuk mengadakan sejumlah promosi besar-besaran demi meningkatkan angka penjualan mereka.

Membeli Secara Kredit

loader

Pembelian Mobil Secara Kredit via driving.co.uk

Terhambat dengan dana? Jangan khawatir. Saat ini ada banyak leasing dan lembaga pembiayaan yang dengan senang hati akan membantu Anda memiliki sebuah mobil dengan cara pembayaran angsuran. Hal ini akan mengatasi masalah kekurangan dana yang dialami, di mana Anda dengan hanya memiliki dana mencapai 25-30% dari total harga mobil idaman Anda, Anda sudah bisa membawa mobil tersebut pulang ke rumah. Mudah bukan?

Sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa membeli sebuah mobil dengan cara kredit akan membuat utang dan sejumlah cicilan yang melelahkan selama berbulan-bulan atau bahkan beberapa tahun ke depan. Hal tersebut memang ada benarnya juga, namun hal ini akan sangat tergantung dengan bagaimana dan seberapa besar sebenarnya manfaat yang akan Anda dapatkan dengan melakukan pembelian mobil tersebut.

Oleh karena itu, masalah rugi atau untungnya seseorang saat melakukan pembelian mobil secara kredit, akan sangat relatif dan tergantung pada manfaat yang didapatkan oleh orang tersebut atas pembelian mobil yang dilakukannya.

Baca Juga: Mau Kredit Mobil Bekas? Ini Cara Memilih yang Terbaik

Biaya yang Muncul dalam Pembelian Kredit

loader

Biaya yang Dikenakan Ketika Kredit Mobil via credit.com

Di dalam sebuah transaksi pembelian mobil secara kredit, maka Anda akan dihadapkan pada sejumlah biaya yang sifatnya di luar dari cicilan bulanan dan sejumlah uang muka yang harus Anda bayarkan. Anda tentu saja harus mengerti akan sejumlah biaya tersebut dan mengetahui dengan jelas kegunaan dan manfaat yang akan Anda dapatkan akibat timbulnya biaya tersebut.

Pada umumnya ada 2 komponen biaya yang akan ditagihkan pada pembayaran pertama yang Anda lakukan, yakni: biaya provisi dan biaya fidusia. Kedua biaya tersebut tentu saja dipungut dengan sejumlah alasan, namun hal lain yang tak kalah penting untuk Anda sikapi adalah besaran atau jumlah biaya yang akan Anda bayarkan.

1. Biaya Provisi

Biaya provisi atau yang lebih familiar disebut sebagai biaya administrasi merupakan sebuah biaya yang sifatnya wajib dan akan Anda temukan di dalam hampir semua pembelian yang Anda lakukan secara kredit, di mana hal ini juga berlaku pada pembelian mobil secara kredit.

Menurut Lapoliwa dan Daniel S. Kurnadi, biaya provisi merupakan sejumlah dana yang akan menjadi sumber pendapatan bagi lembaga keuangan seperti bank dan lembaga pembiayaan, di mana biaya tersebut akan diterima dan diakui sebagai pendapatan oleh lembaga tersebut. Sementara menurut Kasmir, provisi adalah sejumlah dana yang wajib dibayarkan oleh debitur kepada pihak kreditur sebagai bentuk balas jasa.

Sebagian besar orang menilai bahwa biaya provisi sama dengan komisi, padahal kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda. Komisi merupakan biaya yang dibayarkan kepada perantara transaksi antara kreditur dan debitur, yang dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih atas bantuannya. Sementara provisi merupakan biaya yang dikeluarkan oleh kreditur atas jasa atau fasilitas yang telah diterima olehnya.

Pada umumnya, jumlah provisi akan berbeda-beda dan tergantung pada jenis barang yang dikredit, di mana pihak leasing atau bank biasanya akan menentukannya dalam bentuk persentase yang kemudian dikalikan dengan total harga barang yang dikredit tersebut.

Biaya provisi akan langsung dipungut di awal kredit. Sedangkan untuk kredit dana tunai, biaya provisinya akan langsung dipotong/dikurangi dari jumlah hutang kredit yang diajukan oleh kreditur.

2. Biaya Fidusia

Dalam pembelian mobil secara kredit juga, Anda akan dikenakan sejumlah biaya fidusia. Biaya fidusia merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan sebagai tanda bukti kepercayaan. Misalnya saat mengajukan kredit mobil ke leasing, maka Anda akan dikenai biaya fidusia sebesar Rp50.000.

Fidusia adalah proses pengalihan hak atas kepemilikan benda yang dilakukan atas dasar kepercayaan yang menjamin bahwa debitur tetap menjadi pemilik mobil yang dikredit tersebut, meskipun BPKB nya dijadikan sebagai jaminan dan dibawa oleh pihak leasing sebagai lembaga pembiayaan kredit tersebut.

Kedua biaya tersebut akan dikenakan bagi Anda yang mengajukan kredit kepemilikan mobil. Jangan sampai Anda melupakan biaya fidusia karena hal tersebut akan sangat penting dan berguna sebagai bentuk jaminan bila sewaktu-waktu Anda mengalami masalah seperti: kredit macet dan kehilangan mobil pada saat masa kredit masih berlangsung.

Baca Juga: Beli Mobil Secara Kredit Rugi, Benarkah?

Pahami dengan Baik

Berbagai macam komponen biaya yang dikenakan dalam pembelian kredit dan pinjaman kredit akan sangat mempengaruhi jumlah cicilan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Pahami semua komponen biaya tersebut sejak awal, agar Anda memiliki gambaran dan jumlah cicilan yang tepat dan harus dibayarkan setiap bulannya.

Baca Juga: Kredit Balloon Payment: Pengertian dan Keuntungannya