Mengenal dan Memanfaatkan Fitur Cicilan 0% dengan Maksimal

Menikmati kenyamanan dalam bertransaksi merupakan tujuan sebagian besar pengguna kartu kredit. Tak bisa dipungkiri, fasilitas pembayaran yang satu ini memang bisa membuat transaksi keuangan menjadi lebih simpel dan mudah.

Namun di luar semua itu, beragam fitur dan penawaran menarik dari bank penerbit tentu akan menjadi poin yang tak bisa diabaikan. Selama belasan tahun belakang, fitur cicilan 0% menjadi salah satu yang paling banyak dicari.

Hampir semua bank penerbit menyertakan fitur cicilan 0% di dalam kartu kredit mereka, wajar saja jika para pengguna kartu kredit begitu familiar dengan penawaran yang satu ini. Namun meski begitu, setiap bank biasanya akan menerapkan sejumlah aturan terkait fitur yang satu ini.

Jika ingin memiliki kartu kredit dengan cicilan 0% ini, maka pastikan sudah mengenal dan memahami bagaimana cara memanfaatkannya dengan tepat. Hal ini penting, untuk memastikan Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal atas penggunaanya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cicilan 0% Memudahkan sekaligus Menguntungkan

cicilan 0%

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda tentu menginginkan manfaat maksimal atas produk kartu kredit yang dimiliki. Cicilan 0% menjadi salah satu fitur unggulan yang memungkinkan Anda membeli sebuah barang dan membayarnya dengan cara mencicil tanpa bunga selama beberapa waktu tertentu. Pada umumnya, fitur kartu kredit ini digunakan untuk membeli barang dengan harga yang cukup mahal. 

Contoh: Anda berniat membeli sebuah TV terbaru seharga Rp12 juta. Sementara penghasilan/ gaji tidak mencukupi untuk melakukan pembeli tunai. Jika Anda mengajukan fasilitas kredit di toko elektronik, maka besar kemungkinan Anda akan dikenai sejumlah bunga yang tinggi dan hal ini akan membuat harga TV tersebut justru semakin mahal. 

Untuk mendapatkan TV impian Anda dengan cepat dan lebih murah tanpa biaya tambahan, maka Anda bisa memanfaatkan cicilan 0% di kartu kredit Anda. Beli TV tersebut dan bayarkan menggunakan kartu kredit, lalu hubungi pihak bank untuk mengaktifkan layanan cicilan 0% atas transaksi tersebut.

Anda bisa mencicilnya selama 12 bulan ke depan, sehingga setiap bulannya  hanya perlu membayarkan Rp1 juta rupiah saja. Keuangan tidak terbebani hutang yang berat setiap bulannya dan Anda bisa membawa pulang TV impian Anda segera.

Mudah dan menguntungkan, bukan?

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Lunasi Kartu Kredit

Pahami dan Gunakan Cicilan 0% sesuai Ketentuan Bank

Meski termasuk dalam fitur unggulan di dalam kartu kredit, pihak bank tentu akan menerapkan sejumlah syarat tertentu di dalam fitur cicilan 0%.

Semua ini patut Anda cermati dengan baik sejak awal, agar benar-benar bisa memilih kartu kredit yang sesuai kebutuhan dan bisa memberikan manfaat maksimal. Selain itu, kenyamanan selama bertransaksi juga tentu patut menjadi pertimbangan.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu Anda pahami dalam fitur cicilan 0% di kartu kredit: 

1. Merchant yang Bekerjasama

merchant

Meski hampir semua bank menyediakan fitur 0% ini, Anda tetap harus jeli dalam memilih. Setiap bank akan bekerjasama dengan merchant tertentu dalam fitur cicilan 0% yang mereka sediakan. Hal ini akan menjadi keuntungan, sebab Anda bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek dengan jelas merchant apa saja yang bekerjasama dengan vendor kertu kredit, sebelum akhirnya Anda memilih salah satunya. Pada umumnya, informasi ini bisa Anda dapatkan melalui situs resmi bank penerbit kartu kredit secara online.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan

syarat dan ketentuan

Sama seperti fitur lainnya yang tersemat di dalam kartu kredit, cicilan 0% ini juga akan diikuti dengan sejumlah syarat dan ketentuan dari pihak bank penerbit. Anda perlu memahami semua ini sejak awal, sebelum akhirnya memilih dan menggunakan fitur 0% untuk bertransaksi.

Ada banyak hal yang perlu Anda pahami, seperti: nominal transaksi, masa cicilan yang diberikan, kebijakan pelunasan awal, dan yang lainnya. Jangan lupa tanyakan juga tentang biaya atau bahkan pajak tambahan yang diterapkan dalam fitur cicilan 0% ini.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas untuk Menghindari Penggunaan Kartu Kredit yang Berlebihan

3. Bayar tagihan Anda tetap waktu

bayar tagihan

Jika Anda ingin cicilan 0% Anda tetap aman tanpa bunga, maka disiplinlah dalam membayar tagihan setiap bulannya. Sama seperti tagihan kartu kredit pada umumnya, cicilan 0% ini juga akan dikenakan sejumlah bunga dan juga denda, jika Anda tidak membayarkannya secara penuh dan jika Anda tidak membayarkannya tepat waktu.

Pastikan cicilan terbayar seluruhnya dan tidak melampaui masa jatuh tempo, agar tujuan Anda menggunakan fitur cicilan 0% bisa tercapai dengan maksimal.

Manfaatkan Fitur Cicilan 0% dengan Maksimal

Cicilan 0% merupakan salah satu fitur unggulan yang ditawarkan kartu kredit. Jika Anda ingin menikmati fitur ini, pastikan Anda memilih kartu kredit yang tepat sejak awal. Pahami semua keuntungan dan syarat dalam fitur cicilan 0%, agar Anda bisa menggunakannya dan menikmati manfaatnya secara maksimal.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?