7 Cara Cerdas untuk Menghindari Penggunaan Kartu Kredit yang Berlebihan

Menggunakan kartu kredit untuk berbagai kebutuhan transaksi keuangan merupakan langkah praktis yang banyak disukai. Alat pembayaran ini bisa membuat transaksi menjadi lebih mudah, bahkan lebih menguntungkan. Jika dibandingkan dengan transaksi tunai, penggunaan kartu kredit memang terasa lebih simpel dan mudah untuk dilakukan.

Namun di lain sisi, hal ini justru kerap membuat pengguna kartu kredit sulit mengontrol penggunaan fasilitas keuangan yang satu ini. Alih-alih membeli berbagai kebutuhan penting, berbagai transaksi yang tidak perlu juga bisa saja dilakukan dengan cepat. 

Kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk membeli berbagai barang yang tidak perlu merupakan hal yang sangat keliru. Bukan hanya kesulitan dalam melakukan pembayaran, dalam kasus yang lebih serius, hal ini bahkan bisa saja membuat Anda mengalami kesulitan keuangan.

Tagihan yang besar akan membuat Anda sulit melakukan pelunasan, bahkan berisiko menimbulkan tagihan macet dan semakin menggunung saja. Pastikan selalu menggunakan kartu kredit dengan bijak, agar masalah seperti ini bisa dihindari.

Berikut ini adalah beberapa cara cerdas, yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penggunaan limit kartu kredit yang berlebihan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pahami Aturan Mainnya Sejak Awal

kartu kredit

Saat memiliki kartu kredit, kebanyakan orang justru merasa memiliki sejumlah uang di dalam plastik tipis tersebut. Pandangan yang salah seperti ini justru membuat pengguna kartu kredit begitu mudah untuk menggunakan kartu mereka membeli berbagai barang, bahkan yang tidak begitu dibutuhkan.

Hindari pemikiran yang seperti ini, agar kelak tidak sampai bermasalah dengan tagihan yang membengkak. Pastikan memahami dengan baik bahwa seluruh pembelanjaan yang Anda lakukan dengan kartu kredit adalah utang. Artinya, semua tagihan yang timbul di sana harus dibayarkan kepada pihak bank.

Baca Juga: Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!

2. Berbelanjalah sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Keuangan

berbelanja dengan kartu kredit

Meski memiliki limit kartu kredit yang besar, bukan berarti  harus membelajakan seluruhnya. Biasakan untuk selalu berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Jangan membeli berbagai barang dengan mudah, hanya karena Anda masih memiliki limit yang cukup banyak di dalam kartu kredit .

Sikap seperti ini sangat berbahaya, apalagi jika ternyata pada dasarnya tidak memiliki kemampuan keuangan untuk membayarkannya di masa yang akan datang. Jika tidak dilunasi tepat waktu, tagihan seperti ini tentu akan menimbulkan sejumlah biaya bunga dan juga denda.

3. Jangan Memaksakan Diri untuk Punya Banyak Kartu Kredit

banyak kartu kredit

Banyak kartu kredit, maka banyak juga limit kredit yang bisa Anda gunakan. Anda bisa juga menikmati berbagai keuntungan dari masing-masing kartu tersebut, sebab kemungkinan setiap kartu akan memberikan benefit yang berbeda-beda. Namun, apakah Anda benar-benar membutuhkan beberapa kartu kredit sekaligus? 

Penting untuk selalu mempertimbangkan dengan matang kebutuhan Anda akan kartu kredit ini. Selain itu, kemampuan keuangan Anda untuk menanggung utang juga patut menjadi pertimbangan. Jika Anda hanya memiliki penghasilan pas-pasan saja, kartu kredit yang banyak dan juga limit yang besar tentu bukanlah sesuatu yang cocok dengan kondisi keuangan tersebut. 

4. Hindari Berbelanja di Saat Emosi dan Mood Tidak Baik

berbelanja saat mood

Kelelahan, bosan, marah, dan berbagai perasaan lainnya merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap orang. Saat dalam kondisi mood tidak baik seperti ini, jangan pergi berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Kondisi seperti ini akan membuat Anda emosional dan membeli berbagai barang tanpa pertimbangan.

Jika sudah seperti ini, tagihan kartu kredit yang membengkak tentu akan segera mendatangi rumah Anda.

Baca Juga: Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apa Saja yang Mesti Diperhatikan?

5. Pakai Kartu Kredit untuk Membeli sesuatu yang Sesuai Kemampuan 

membayar dengan kartu kredit

Limit kartu kredit yang besar biasanya akan membuat orang cenderung merasa bisa/ mampu membeli berbagai barang, bahkan yang di luar jangakuan keuangan mereka.

Pemikiran seperti ini sangat berisiko membuat Anda membelanjakan kartu kredit untuk sesuatu yang mahal, sehingga pada akhirnya tidak mampu membayarnya di masa yang akan datang. Hindari hal ini sejak awal, jangan membeli apapun yang tidak mampu untuk Anda beli, apalagi dengan menggunakan kartu kredit.

6. Gunakan Tujuan Keuangan untuk Mengendalikan Keinginan Belanja

belanja dengan kartu kredit

Pastikan untuk selalu memiliki tujuan keuangan yang jelas dan bisa mendukung kondisi keuangan menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Anda bisa membuat rencana keuangan berkala, mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun ke depan. Tujuan keuangan yang jelas seperti ini akan membuat Anda mengelola keuangan dengan lebih ketat.

Anda bahkan akan bisa mengatur seluruh uang dengan bijak, termasuk mengendalikan keinginan belanja dengan menggunakan kartu kredit yang Anda miliki.

7. Tinggalkan Saja Kartu Kredit Anda di Rumah

tinggalkan kartu kredit di rumah

Tidak perlu selalu membawa kartu kredit di dompet, sebab hal ini justru bisa membuat Anda lebih mudah untuk membeli berbagai hal dengan mudah.

Anda cukup membawa dan menggunakan kartu kredit saat belanja bulanan atau bahkan ketika membeli berbagai kebutuhan penting saja. Selain kondisi tersebut, simpan saja kartu kredit Anda di rumah ketika bepergian.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak dan Terencana

Memiliki kartu kredit dan aktif sebagai pengguna, Anda tentu sudah berpengalaman dengan alat pembayaran yang satu ini. Pastikan Anda menghindari berbagai masalah dalam memakai kartu kredit, terutama tagihan yang besar atau bahkan menunggak. Selalu rencanakan penggunaan kartu kredit dengan bijak, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dan bebas masalah keuangan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?