Mengenal Pasar Pagi Mangga Dua, Tempat Belanja Terlengkap di Jakarta Sejak Tahun 80an

Pada era ini, pusat perbelanjaan modern memang sudah banyak bertebaran di seluruh penjuru Indonesia khususnya di Jakarta yang merupakan pusat bisnis dan pemerintahan negara. Pusat perbelanjaan seperti mall – mall memang menawarkan kenyamanan berbelanja dan segala macam kemudahan ditambah dengan brand – brand ternama yang tersedia.

Walau begitu, di tengah menjamurnya pusat – pusat perbelanjaan modern di Jakarta, banyak orang masih memilih untuk berbelanja di tempat yang konvensional atau lebih kuno. Biasanya, orang – orang yang lebih memilih belanja di tempat yang konvensional tersebut memiliki alasannya masing – masing. Mulai dari harga yang lebih miring, kebiasaan, atau merasa lebih nyaman dan dapat melakukan kegiatan tawar menawar.

Pasar – pasar konvensional ini juga biasanya memiliki spesialisasi tersendiri terhadap komoditi yang dijual para pedagangnya. Seperti misalnya pasar Subuh Senen yang menjual kue – kue, mulai dari kue tradisional hingga berbagai macam kue modern seperti blackforest. Untuk komoditi tekstil jadi berupa barang fashion, salah satu pilihan para pecinta pasar konvensional adalah Pasar Pagi Mangga Dua.

Berikut adalah sedikit ulasan mengenai Pasar Pagi Mangga Dua untuk Anda yang belum begitu mengetahui soal pasar tersebut:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Merupakan Salah Satu Pasar Pusat Tekstil Terbesar di Asia Tenggara

pasar pagi mangga dua
Pasar Pagi Mangga 2 via moneysmart.id

Pasar Pagi Mangga Dua merupakan salah satu pasar dengan spesialisasi penjualan komoditas tekstil berupa kain ataupun barang jadi. Ternyata, pasar yang satu ini merupakan pasar penjualan tekstil terbesar kedua di Asia Tenggara sedangkan yang terbesar adalah pasar Tanah Abang. Walaupun harganya tidak semurah yang ditawarkan di pasar Tanah Abang, namun Pasar Pagi Mangga Dua tetap ramai dengan pengunjung.

Karena besarnya, cakupan pengunjung dan konsumen yang berbelanja di Pasar Pagi Mangga Dua juga tidak hanya dalam negeri. Selain pengunjung dan pembeli domestik, Anda juga dapat menemukan banyak pembeli dari manca negara khususnya negara – negara Asia Tenggara yang lain hingga negara – negara Afrika.

Baca Juga: Tips Lengkap Berhemat Saat Belanja di Supermarket

Terbilang Cukup Nyaman untuk Berbelanja Dibanding Pasar Lainnya

Bagian Dalam Pasar Pagi Mangga Dua
Bagian Dalam Pasar Pagi Mangga Dua via cnbc.com

Bila dibandingkan dengan pasar – pasar tekstil lainnya seperti Tanah Abang, Pasar Pagi Mangga Dua relatif lebih memberikan kenyamanan pada pengunjungnya. Selain akses transportasi yang terbilang mudah, gedung Pasar Pagi Mangga Dua yang sudah berdiri sejak tahun 1989 ini juga terus direnovasi untuk kenyamanan para pengunjungnya.

Apabila berkunjung ke Pasar Pagi Mangga Dua, maka tidak perlu khawatir harus berpanas – panasan dengan udara yang secukupnya. Pasar yang satu ini terbilang sudah nyaman karena sudah dilengkapi dengan escalator dan pendingin ruangan seperti halnya pusat – pusat perbelanjaan modern.

Namun soal kepadatan, pengunjung dari Pasar Pagi Mangga Dua memang dapat dibilang cukup ramai dan padat. Bagaimana tidak, pengunjung dari pasar konvensional ini tercatat hingga mencapai lebih dari sepuluh ribu pengunjung setiap bulannya. Para pembeli yang datang juga berasal dari berbagai kelas ekonomi mulai dari menengah hingga kelas atas.

Walaupun dipadati pengunjung, namun Pasar Pagi Mangga Dua dapat memberikan kenyamanan dalam menjalankan aktivitas belanja sesuai kebutuhan. Pasar ini bahkan sudah dilengkapi dengan lift dan fasilitas ATM yang memudahkan Anda jika kekurangan uang atau tidak membawa uang tunai sama sekali.

Memiliki Kualitas Produk yang Variatif

Toko Baju Batik di Pasar Pagi Mangga Duac
Toko Baju Batik di Pasar Pagi Mangga Dua via travelklik.com

Walaupun berbentuk sebuah pasar konvensional, namun Pasar Pagi Mangga Dua juga menyediakan barang dengan kualitas yang tidak main – main. Anda bahkan dapat menemukan barang – barang dengan brand terkenal yang biasanya hanya ditemui di pusat perbelanjaan modern. Jangan salah, walaupun berada di sebuah pasar konvensional, namun pasar ini juga tetap menyediakan barang – barang original dari brand – brand tersebut, namun tentu saja harga untuk barang original tidak akan begitu berbeda jauh dengan harga yang Anda temui di pusat perbelanjaan modern untuk jenis yang sama.

Bila tidak ingin menipiskan dompet dengan membeli barang – barang original, maka Pasar Pagi Mangga Dua juga menyediakan berbagai tiruannya. Kualitas dari tiruan yang dijual juga berbeda – beda. Mulai dari KW biasa hingga KW Super (Premium) dapat ditemukan disini. Tentunya harga produk – produk tiruan tersebut bisa jauh lebih murah daripada membeli versi original-nya. Semua tergantung selera.

Di sana terdapat penjual yang hanya melayani eceran, hanya melayani grosiran, atau bahkan kedua – duanya. Anda bebas memilih ingin membeli dengan cara apa. Bila ingin menggunakan produk yang dibeli untuk keperluan pribadi, maka cara eceran adalah pilihan yang tepat. Jika ingin membeli produk untuk dijual kembali, maka grosir akan memberikan Anda harga yang relatif lebih menguntungkan.

Baca Juga: Lihat Kepribadian dari Cara Menghabiskan Uang, Anda Termasuk yang Mana?

Tidak Hanya Menjual Produk Tekstil

Penjual Sepatu dan Sendal di Pasar Pagi Mangga Dua
Penjual Sepatu dan Sendal di Pasar Pagi Mangga Dua via flickr.com

Bila berniat menyambangi pasar konvensional yang satu ini, maka Anda tidak hanya akan disuguhi dengan berbagai jenis produk tekstil baik mentah (kain) ataupun jadi (pakaian). Di dalam gedung Pasar Pagi Mangga Dua, Anda bisa mendapati berbagai macam penjual – penjual produk lain selain tekstil.

Posisi dari para penjual itu juga sudah memiliki tempatnya masing – masing sesuai dengan tema produk mereka agar memudahkan para pembeli untuk memilih produk yang mereka sukai. Pembagian lokasi toko – toko tersebut diatur menurut lantai dan blok di gedung Pasar Pagi Mangga Dua.

Pada bagian terbawah yang terdiri dari empat blok A, B, C, dan D terbagi menjadi dua jenis penjualan produk. Pada blok A dan B, Anda akan disuguhkan dengan berbagai toko busana yang dapat Anda pilih. Pada blok C dan D, ada berbagai toko yang menjual alat tulis dan peralatan kantor.

Bila naik ke lantai berikutnya, pada lantai dasar dan lantai dua, Anda dapat menemukan berbagai jenis pakaian, aksesoris, kacamata, hingga beraneka jenis tas dan produk – produk fashion lainnya. Pada lantai inilah Anda dapat menemukan produk – produk fashion dengan beraneka ragam brand yang ditawarkan para penjual, mulai dari barang tiruan kualitas menengah hingga barang original.

Kemudian, dengan naik satu lantai lagi adalah untuk melakukan penjelajahan mencari barang – barang aksesoris. Di lantai ini juga terdapat beberapa layanan perbankan yang tersedia.

Terakhir, di lantai berikutnya Anda akan dapat menemukan berbagai pengrajin yang menawarkan jasa mereka. Mulai dari menjahit, hingga membuat pernak – pernik cinderamata sesuai keinginan. Lantai ini memang sengaja dialokasikan sebagai pusat kerajinan.

Keuntungan Berbelanja di Pasar Pagi Mangga Dua

keuntungan belanja di pasar pagi mangga dua

Bila masih ragu untuk berbelanja di Pasar Pagi Mangga Dua, maka ada baiknya Anda perhatikan berbagai keuntungan berbelanja di pusat perbelanjaan konvensional ini. Dengan berbelanja ditempat ini, Anda akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan. Jika Anda berbelanja di pusat – pusat perbelanjaan modern seperti Mall. Kualitas yang ditawarkan produk – produk di pasar ini juga tidak kalah dengan yang ditawarkan pusat perbelanjaan modern.

Selain itu, di Pasar Pagi Mangga Dua, Anda dapat menemukan berbagai macam kebutuhan fashion. Pasar Pagi Mangga Dua juga dikenal karena menyediakan berbagai aksesoris dan benda – benda kebutuhan untuk yang ingin mengadakan acara pernikahan.

Tersedia berbagai macam aksesoris yang bisa dijadikan cinderamata resepsi perkawinan. Bila aksesoris tersebut tidak ada yang menarik perhatian, maka Anda dapat memesannya sendiri kepada para pedagang ataupun pengrajin yang ada di pasar tersebut untuk mendapatkan hasil sesuai dengan selera.

Apabila memang memutuskan untuk berbelanja di Pasar Pagi Mangga Dua, maka Anda juga diberikan kemudahan dalam soal harga, terutama jika berniat membeli secara banyak untuk keperluan tertentu (grosiran). Di pasar ini juga sering kali diadakan berbagai bazar dengan tema busana atau keperluan fashion lainnya.

Jadi Tunggu Apa Lagi?

Setelah membaca ulasan diatas, Anda pastinya sudah dapat menimbang – nimbang apakah Pasar Pagi Mangga Dua memang tempat yang cocok untuk lokasi belanja Anda. Pasar Pagi Mangga Dua sudah mulai aktif dan ramai pengunjung mulai dari jam 9 pagi setiap harinya. Jadi, tunggu apa lagi, Anda bisa menjadikan pasar ini sebagai tempat utama berbelanja ataupun sekedar menjadi alternatif pilihan lain untuk mendapatkan berbagai kebutuhan.

Baca Juga: Cara Belanjakan Uang Rp10 Juta dengan Bijak