Mengenal Payment Gateway, Dari Cara Kerja sampai Keuntungannya buat Transaksi

Teknologi telah mengubah gaya hidup dan model bisnis dalam satu dekade terakhir ini. Transaksi jual beli melalui toko, ruko, atau mal dirasa sudah kurang praktis lagi. Bahkan, kecenderungan saat ini orang ke mal hanya untuk menghabiskan weekend atau sekadar cuci mata. Sementara untuk transaksi barang, mereka sudah mulai melirik layanan online.

Jual beli online (ecommerce) disukai karena kemudahan yang diberikan dalam membandingkan banyak produk dan pilihan produk yang sangat banyak. Bahkan, beberapa produk yang dijual secara online sulit dijumpai di mal atau tempat belanja lain. Perubahan pola bisnis ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk menjalankan bisnis secara online.

Ada banyak model bisnis online yang bisa dilakukan. Mulai dari membuka toko online sendiri atau sekadar menjadi perantara (broker), reseller, sampai drophshipper. Jika Anda memutuskan untuk membuka toko online sendiri, satu hal yang harus dipikirkan, selain variasi produk, adalah kemudahan dalam proses pembayaran.

Teknologi yang ada saat ini menawarkan sistem pembayaran canggih dengan nama payment gateway. Mau mengenal lebih jauh tentang payment gateway, bisa dilihat dalam ulasan berikut.

Baca Juga: 7 Layanan E Banking yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Payment Gateway

loader
Payment Gateway, Cara Mudah dalam Bertransaksi via shutterstock.com

Pernah tahu tentang PayPal? Lewat PayPal, Anda bisa bertransaksi tanpa perlu repot-repot pergi ke ATM, bank, menuliskan cek, atau mengirimkan uang melalui wesel. Cukup dengan memiliki akun dan mengisi nominal uang yang terbaca secara virtual pada akun, Anda telah bisa bertransaksi. Metode yang diterapkan PayPal inilah yang dinamakan payment gateway.

Menurut definisinya, payment gateway merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI) dan e-wallet (TCASH dan XL Tunai).

Sistem enkripsi data nomor kartu kredit ataupun kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman dan nyaman untuk dilakukan.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway bagi Penjual dan Pembeli

Ada banyak keuntungan menggunakan layanan payment gateway, baik bagi penjual maupun pembeli.

Keuntungan bagi Pembeli

  • Pelanggan langsung bisa transaksi tanpa perlu membuka website penjual dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi.
  • Mudah dan aman dalam berbelanja secara online.

Keuntungan bagi Penjual

  • Lebih cepat dan mudah memeriksa pembayaran dengan kartu kredit ataupun debit.
  • Payment gateway melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.
  • Toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online
  • Cepat dan aman untuk transaksi massal karena payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.
  • User friendly karena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang membantu penjual ataupun pembeli dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan refund (pengembalian dana) transaksi.
  • Aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway memiliki teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online

Berbagai keuntungan di atas akan membuat transaksi online menjadi semakin dominan pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya?

Mekanisme Kerja dari Payment Gateway

loader
Mekanisme Payment Gateway via shutterstock.com

Sebagai perantara website ecommerce dengan merchant bank yang aman dan canggih, payment gateway memiliki mekanisme kerja standar sebagai berikut.

  • Pelanggan toko online melihat dan memutuskan untuk membeli suatu produk berdasarkan informasi yang disampaikan pada koneksi sumber payment gateway.
  • Payment gateway akan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda.
  • Prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan, misalnya Mastercard atau Visa
  • Tahap selanjutnya, bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus serta memberikan konfirmasi apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal.
  • Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway kemudian akan diteruskan ke website Anda serta pemegang kartu hingga transaksi dinyatakan berhasil.

Sistem Keamanan Standar dalam Payment Gateway

Transaksi online rentan akan ancaman untuk penipuan online ataupun beberapa aktivitas pencurian data pelanggan. Untuk mengantisipasi hal ini, payment gateway sudah memiliki prosedur standar dalam melindungi transaksi pelanggannya melalui tiga sistem pelacakan:

  • Address Verification System (AVS). Melalui alat ini, rincian tagihan pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang terdaftar.
  • Card Security Code (CV2). Setiap proses transaksi pelanggan akan diminta untuk memasukkan tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu debit atau kredit.
  • 3D Secure Password digunakan sebagai alat untuk mengotorisasi pembayaran.

Proses keamanan standar di atas harus dilalui pelanggan dan akan dilakukan payment gateway sehingga lebih memastikan transaksi pelanggan aman dan lancar.

Channel Payment Gateway yang Paling Populer di Indonesia

Saat ini payment gateway sudah semakin populer di tanah air. Beberapa channel yang cukup populer di tanah air, yaitu:

1. FinPay

Finpay merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012. FinPay sudah bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia, termasuk dengan provider kartu kredit, seperti VISA dan MasterCard. Juga telah berkolaborasi dengan website ecommerce besar, seperti LivingSocial, Plasa.com, AppsFoundry, Telkomsel, dan TelkomVision.

2. IPaymu

IPaymu berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi menggunakan layanan internet untuk pembayaran produk, belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan uang dengan tiga model bisnis, yakni solusi bisnis ecommerce, payment gateway, dan layanan merchant.

3. Veritrans

Veritrans menerima berbagai channel pembayaran kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket yang sudah terintegrasi melalui VT-Web, VT-Direct, dan VT-Link sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan online shop Anda.

4. Doku

Doku menyediakan jasa pemprosesan pembayaran online melalui aplikasi online dan sudah bekerja sama dengan lebih dari 800 platform bisnis di Indonesia, termasuk Garuda Indonesia, AirAsia, Guvera, UNICEF, WWF, Java Jazz Production, RajaKarcis, Mulia Hotel, dan Bank of South Pacific.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Payment Gateway Telah Mengubah Model Bisnis pada Masa Depan

Hadirnya teknologi payment gateway dengan berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli secara cepat telah mengubah model bisnis ke arah transaksi online. Mekanisme yang dijalankan yang serba otomatis memudahkan pihak yang bertransaksi dalam melakukan transaksi online. Dengan kemudahan yang ditawarkan tersebut, masyarakat yang berminat makin bertambah dan menjadikan payment gateway sebagai cara lazim dalam bertransaksi pada masa depan.

Baca Juga: Mengenal GoPay dari GoJek dan Cara Pengisian Saldonya