Mengenal MSCI Index dan Daftar Indeks MSCI Indonesia Terbaru

Menjadi sangat populer akhir-akhir ini, investasi saham bukan lagi menjadi tabungan aset jangka panjang, bahkan telah banyak orang yang memanfaatkannya sebagai bisnis atau trading saham.

Nah, kepopuleran saham sendiri sebagai instrumen investasi tentu saja dipengaruhi oleh berbagai hal salah satunya tentu potensi keuntungannya yang besar bahkan berkali-kali lipat. Namun, mendapatkan keuntungan yang besar dalam bermain saham itu ternyata tidak asal alias cukup sulit.

Untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan dalam bermain saham, banyak orang telah mempelajari berbagai strategi cara investasi saham. Salah satunya memahami apa itu indeks saham.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pengertian Indeks Saham

loader
indeks saham

Indeks saham merupakan pengukuran nilai pada pasar saham. Perhitungan indeks saham dihitung dari pergerakan harga pada saham tertentu yang pada umumnya menggunakan rata-rata tertimbang.

Indikator tersebut digunakan oleh investor dan manajer finansial untuk menjelaskan kondisi pasar yang terjadi dan ekspektasi tingkat pengembalian pada investasi tertentu.  Apabila pergerakan dari level IHSG menunjukan penguatan, maka investor akan memiliki kepercayaan yang tinggi pada pasar saham dan menjadi waktu yang baik untuk berinvestasi. 

Indeks saham merupakan salah satu indikator penting bagi investor dalam berinvestasi sebab pelemahan atau penguatan pada indeks saham mencerminkan pergerakan pada pasar saham yang akan anda investasikan.

Adapun, pergerakan dari indeks saham bersifat sensitif terhadap kondisi perekonomian maupun politik suatu negara. Indeks saham juga kerap menjadi cerminan dari konsisi makroekonomi suatu negara.

Baca Juga: Mengenal LQ45, Indeks Saham Paling Populer dan Perbedaannya dengan Saham Bluechip

Kegunaan dari Indeks Saham

Indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala. Tujuan/manfaat dari indeks saham antara lain:

  • Mengukur sentimen pasar,
  • Dijadikan produk investasi pasif seperti Reksa Dana Indeks dan ETF Indeks serta produk turunan,
  • Benchmark bagi portofolio aktif,
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, serta
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.
  • Sebagai indikator yang menggambarkan kondisi pasar pada suatu saat.
  • Untuk mengetahui tren pergerakan harga saham saat ini.
  • Acuan untuk menentukan langkah jual, hold, atau beli saham.

Perlu diingat juga, Investor tidak bisa membeli indeks saham karena indeks saham hanya sebagai indikator kinerja dari sejumlah saham.

Baca Juga: IDX80 – Pengertian, Contoh Saham, dan Metode Perhitungannya

Mengenal MSCI Index dan Daftar Indeks MSCI Indonesia 2022 Terbaru

loader
MSCI Index

MSCI atau singkatan dari Morgan Stanley Capital International adalah indeks saham yang diluncurkan oleh sebuah lembaga riset. MSCI juga merupakan perusahaan penyedia indeks saham dan obligasi yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Secara tidak langsung, MSCI berguna untuk mengukur kinerja pasar di sebuah wilayah yang sudah ditetapkan sesuai dengan standar perhitungan MSCI.

Morgan Stanley Capital Indonesia untuk mencerminkan pergerakan harga saham pada berbagai kategori yang dibentuk. Indeks MSCI, misalnya MSCI AC World index—indeks yang mencerminkan pergerakan harga saham untuk emiten yang ada di negara maju dan negara berkembang.

Kemudian, terdapat MSCI Emerging Market Index – indeks yang mencerminkan pergerakan harga saham untuk emiten yang berada di negara-negara berkembang.

Berikut daftar Indeks MSCI Indonesia 2022 terbaru untuk kelompok Blue Chips (MSCI Global Standard) yang bisa dijadikan referensi dalam memilih emiten untuk investasi atau trading saham:

Nama Emiten

Kode Saham

Bank Central Asia

BBCA

Bank Rakyat Indonesia

BBRI

Telkom Indonesia

TLKM

Bank Mandiri

BMRI

Astra International

ASII

Bank Negara Indonesia

BBNI

Charoen Pokphand Indo

CPIN

Merdeka Copper Gold

MDKA

United Tractors

UNTR

Kalbe Farma

KLBF

Adaro Energy Indonesia

ADRO

Unilever Indonesia

UNVR

Indofood Sukses Makmur

INDF

Barito Pacific

BRPT

Sarana Menara Nusantara

TOWR

Semen Indonesia

SMGR

Tower Bersama Infra

TBIG

Semen Indonesia

SMGR

Indah Kiat Pulp & Paper

INKP

Indofood CBP Sukses

ICBP

Bank Jago

ARTO

Pelajari dan Manfaatkan Fungsinya secara Maksimal

Dengan mempelajari indeks saham dengan baik, nantinya kamu bisa memanfaatkan fungsi dari indeks saham tersebut semaksimal mungkin dalam meraih keuntungan sebanyak mungkin dari investasi saham yang kamu lakukan.

Tapi ingat, meskipun sering dijadikan sebagai tolak ukur, kamu harus tetap ingat bahwa keputusan pribadi adalah langkah yang paling tepat untuk menerima dan segala keuntungan dan risiko kerugian dalam berinvestasi.

Baca Juga: IDX Value 30: Pengertian dan Perbedaanya dengan IDXG30