Murah Meriah! Begini Cara Perawatan Kulit Wajah Berjerawat Sendiri di Rumah

Umumnya, jerawat akan dialami oleh seseorang yang sudah memasuki usia antara 12 hingga 25 tahun. Tak hanya di bagian wajah saja, jerawat pun bisa muncul di area punggung, dada, hingga leher. 

Masalah jerawat biasanya muncul karena lapisan kulit memproduksi sebum yang berlebihan. Kemudian terjadi sumbatan pada pori-pori, sehingga menimbulkan peradangan pada kulit. Selain itu, masalah hormonal juga bisa memicu munculnya jerawat. Ada banyak jenis masalah jerawat, namun untuk mengatasi jerawat ringan, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan kulit berjerawat di salon atau klinik kecantikan.

Kamu bisa melakukan beberapa langkah perawatan kulit wajah berjerawat secara mandiri di rumah. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat wajah berjerawat di rumah:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Rutin membasuh muka, maksimal 2 kali sehari

loader
Rutin membasuh muka

Meski menjaga kebersihan sangat dianjurkan, tapi tak perlu berlebihan dalam melakukan perawatan wajah berjerawat. Membasuh wajah 2 kali sehari dengan sabun ringan dan air hangat sudah lebih dari cukup. 

Sekarang ini banyak rekomendasi sabun wajah yang ringan khusus untuk kulit berjerawat. Harganya pun tidak mahal, biasanya sabun wajah untuk kulit berjerawat dibandrol dengan harga Rp20 ribu hingga Rp145 ribu. Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kandungan hingga harganya.

Hindari menggosok-gosok area kulit wajah dengan berlebihan, karena bisa menyebabkan iritasi maupun masalah kulit lainnya. Tak jarang, hal tersebut justru memicu peradangan pada wajah semakin parah. Jadi cukup basuh wajah 2 kali sehari dan lakukan dengan lembut.

2. Perbanyak asupan nutrisi dari makanan sehat

Ada beberapa kondisi jerawat yang diperparah dengan konsumsi makanan tertentu. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan bisa jadi cara terbaik untuk merawat wajah berjerawat secara mandiri. Konsumsi makanan yang terbuat dari padi-padian utuh (misalnya oat, gandum utuh, beras merah, quinoa), polong-polongan, hingga sayuran sangat bagus untuk merawat kulit.

Disamping itu, konsumsi dari berbagai produk olahan susu juga perlu dibatasi. Penelitian menyebutkan, kebiasaan tersebut ditambah dengan asupan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi bisa memicu munculnya jerawat, bahkan bisa lebih parah.

Karenanya penting untuk menjaga pola makan yang lebih sehat seimbang. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit.

Baca Juga: Kulit Sehat dan Cantik, Ketahui 9 Hal Penggunaan Vitamin C dalam Perawatan Wajah

3. Hindari keinginan menyentuh jerawat

loader
Hindari keinginan menyentuh jerawat

Agar kondisi wajah yang berjerawat tidak semakin bertambah parah, ada baiknya hindari kebiasaan yang ingin menyentuh jerawat atau memecahkannya. Pasalnya, kebiasaan tersebut sangat berisiko bahkan bisa mengakibatkan infeksi, penyumbatan hingga peradangan parah pada wajah.

Memencet jerawat yang meradang di wajah hanya akan mengakibatkan jaringan parut muncul di bekas kulit yang berjerawat. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali terpikir ingin menyentuh ataupun memecahkan jerawat, apalagi jika kondisinya masih meradang. Lebih baik biarkan saja.

4. Hindari kulit wajah berjerawat dari sinar matahari secara langsung

Kulit yang mendapatkan paparan sinar UV secara berlebihan dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih, sehingga membuat kondisi jerawat makin parah. Selain itu, ada beberapa kandungan obat jerawat hingga perawatan kulit untuk wajah berjerawat yang menyebabkan kulit jadi lebih sensitif dengan sinar matahari. 

Sehingga penting untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Bisa dengan menggunakan topi, payung maupun sunscreen dengan SPF yang tinggi. Supaya efek buruk sinar ultraviolet pada kulit berjerawat bisa dihindari.

Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

5. Pastikan wajah bersih dari make up

Setelah melakukan berbagai aktivitas outdoor atau kegiatan yang mengharuskan untuk memakai make up, pastikan untuk selalu membersihkan wajah lebih dulu. Selalu bersihkan wajah secara menyeluruh agar sisa-sisa make up atau debu yang menempel di kulit hilang dan tidak sampai memicu iritasi atau jerawat baru.

Umumnya, pembersih wajah atau make up ini dijual mulai dari harga Rp10 ribu hingga Rp150 ribu. Agar lebih aman di wajah, coba pilih produk kecantikan, baik make up atau perawatan wajah yang memiliki label nonacnegenic atau noncomedogenic

Kedua label tersebut berarti tidak memicu masalah jerawat. Coba baca keterangan produk lebih detail pada kemasannya sebelum membeli produk tersebut.

Pahami Kondisi Wajah dan Berikan Perawatan yang Tepat

Setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda termasuk jika mengalami masalah jerawat. Memahami kondisi kulit wajah akan membantu mengetahui perawat yang tepat. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika kondisi jerawat menyebar luas dan semakin parah. Yang terpenting, pilihlah produk make up atau skincare yang memiliki kandungan untuk mengatasi kulit berjerawat dan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Tips Budgeting Skincare Biar Dompet Tak Boncos, Wajah Tetap Glowing