Tips Mengelola Biaya Skincare Biar Dompet Tak Boncos, Wajah Tetap Glowing

Mampu mempengaruhi penampilan, semua orang pasti mendambakan memiliki kulit dan wajah yang sehat serta glowing. Agar hal tersebut bisa terwujud, tidak sedikit orang rela merogoh kocek cukup dalam demi membeli beragam jenis produk skincare untuk digunakan setiap hari.

Tentunya, dengan banyaknya produk yang harus dibeli dan digunakan setiap hari, biaya skincare ini bisa cukup deras menguras isi dompetmu. Jika tidak dipertimbangkan dengan bijak, bukan tidak mungkin penggunaan dan biaya skincare ini mampu membuat kondisi keuangan berantakan.

Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya terdapat cara untuk membuat wajah tetap sehat dan tampak bersinar dengan membeli produk skincare yang harganya ramah bagi keuangan? Nah, jika ingin tahu caranya, simak deretan produk skincare yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit, serta tips untuk menghemat biayanya berikut ini.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Bisnis Skincare

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tiga Perawatan Kulit yang Penting Dilakukan

Tidak sedikit orang menganggap bahwa memiliki wajah yang tampak bersih dan glowing berasal dari gen atau DNA seseorang. Padahal, semua orang bisa mendapatkan kondisi kulit yang bersih asal melakukan beragam perawatan dan kebiasaan yang dilakukan setiap hari pada kulit. Sebab, pada dasarnya, merawat wajah cukup dilakukan melalui 3 langkah utama, yakni membersihkan, mengencangkan, dan melembapkan.

Apabila ketiga langkah tersebut kamu lakukan secara rutin setiap hari, dijamin kesehatan kulit akan senantiasa terjaga dan membuatnya tampak kencang serta awet muda. Secara tidak langsung, hal tersebut juga memberi bonus kulit wajah yang tampak cerah atau glowing.

Sebaliknya, jika jarang dijaga kebersihannya, apalagi sering terkena paparan partikel polusi, sinar matahari, dan faktor pertambahan usia, kulit akan lebih rentan terlihat kurang sehat. Nah, guna mencegah kondisi tersebut, pastikan untuk rutin dan konsisten melakukan perawatan kulit agar menjamin kesehatan dan kebersihan kulit. Paling tidak, rutinitas skincare ini harus dilakukan selama 6 minggu agar bisa melihat hasilnya.

Baca juga: Jadikan Penampilan Tetap Maksimal, Begini Cara Tepat Treatment Wajah agar Awet Muda

Cara Tepat Rawat Wajah dan Rekomendasi Biaya Skincare

Pada dasarnya, tidak ada cara yang instan agar bisa memiliki kulit wajah yang sehat, awet muda, dan tampak glowing. Namun, kamu bisa mengikuti 5 cara ini agar bisa merawat wajah dengan tepat serta rekomendasi biaya skincare yang dibutuhkan.

  1. Pahami Kondisi Kulit

    Perlu dipahami bahwa setiap orang membutuhkan perawatan kulit yang berbeda tergantung dari jenis kulit yang dimiliki, seperti kulit kering, berminyak, maupun kombinasi keduanya. Selain itu, masalah kulit yang dialami seseorang juga beragam, contohnya berjerawat, beruntusan, keriput, pori-pori yang besar, kusam, dan sebagainya.

    Ketika memahami kondisi kulitmu, memilih cara perawatan yang tepat dan terbaik akan menjadi lebih mudah. Sehingga, menentukan produk skincare yang sesuai juga bisa dilakukan agar mampu mendapat hasil perawatan kulit yang optimal. Jika masih bingung tentang kondisi kulit, kamu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter atau mengandalkan review dari blogger atau vlogger skincare yang terpercaya.

  2. Pastikan Keamanan Produk Skincare

    Setelah mengetahui jenis kulit, langkah selanjutnya adalah memilih produk skincare yang terjamin aman dan telah mendapat izin BPOM. Jika membeli skincare dari luar negeri, pastikan untuk mengecek perizinan produknya dari pihak otoritas setempat. Jangan sampai terjebak produk perawatan kulit palsu tanpa ada bukti keamanan dari BPOM karena malah berisiko memberi efek samping berbahaya bagi kulit dan kesehatanmu.

  3. Pilih Produk Pembersih

    Guna mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit karena debu atau polusi, kamu perlu rutin mencuci muka paling tidak 2 kali sehari. Idealnya, membersihkan muka ini dilakukan di pagi hari dan malam menjelang tidur.

    Untuk menghilangkan kotoran, seperti komedo, lakukan pembersihan wajah setidaknya seminggu sekali menggunakan scrub. Tapi, jika sering menggunakan make up atau tabir surya, usahakan untuk selalu melakukan pembersihan ganda atau double cleansing.

    Terkait biaya skincare untuk produk pembersih umumnya beragam. Kamu bisa mendapatkan produk cleanser mulai dari harga 15 ribuan, 20 ribuan, sampai 90 ribuan tergantung dari merek dan kelengkapan kandungan nutrisi di dalamnya.

  4. Gunakan Toner Sesuai Kondisi Kulit

    Sama pentingnya, produk skincare yang harus rutin diaplikasikan pada kulit setelah mencuci muka adalah toner. Toner juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan muka jika kulit wajah sensitif dengan scrub dan memilih produk yang mengandung BHA atau AHA menyesuaikan kondisi kulit. Untuk biaya skincare ini sendiri sekitar 5 ribuan, dan yang paling mahal mencapai 60 ribu tergantung mereknya.

  5. Jangan Lupa Siapkan Serum

    Daftar produk skincare lain yang tak boleh dilewatkan adalah serum yang berguna untuk menutrisi kulit. Dengan menggunakan serum, kulit akan menjadi lebih sehat dan tampak glowing, asal memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

    Misalnya, pilih produk serum yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah, misalnya vitamin C, vitamin B3, retinol, sampai niacinamide. Untuk harga serum sendiri bisa dibilang beragam, walaupun umumnya cukup mahal di kisaran 100 ribuan dan di atasnya.

  6. Siapkan Pula Pelembap Wajah

    Terakhir, ada pelembap yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Penggunaan pelembap sendiri dilakukan setelah serum di pagi serta malam hari. Jenis produk pelembap yang digunakan juga mempunyai beragam jenis, seperti krim, gel, dan losion. Sementara komposisinya menyesuaikan waktu penggunaan pelembap, apakah di pagi atau malam hari.

    Sebagai contoh, pelembap untuk di pagi hari umumnya memiliki kandungan titanium dioksida maupun zinc oxide, sedangkan untuk malam hari berisi kandungan yang mampu mempercepat regenerasi sel serta mencegah bintik hitam. Harga pelembap sendiri cukup ramah di kantong, mulai dari belasan ribu, hingga ratusan ribu.

Baca juga: Murah Meriah! Begini Cara Perawatan Kulit Wajah Berjerawat Sendiri di Rumah

Tips Budgeting Skincare Sesuai Usia

Biaya skincare tentu tidak boleh disepelekan karena hal tersebut telah menjadi kebutuhan yang harus bisa dipenuhi, khususnya bagi mereka yang perlu menjaga penampilan untuk urusan kerja atau semacamnya. Nah, agar bisa menghemat pengeluaran untuk biaya skincare, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  1. Pahami Kondisi Kulit Wajah

    loader
    Pahami kondisi kulit wajah

    Langsung menyisihkan uang sebesar Rp500 ribu atau Rp1 juta bukanlah hal pertama yang harus kamu lakukan. Paling utama yang harus dipersiapkan adalah memahami kondisi kulit wajah terlebih dahulu.

     “Tak kenal maka tak sayang”, istilah tersebut memang benar. Kamu perlu mengenali kondisi kulit wajah terlebih dahulu, apakah kering, berminyak, berjerawat, atau kombinasi dan sebagainya. Setelah itu, barulah timbul rasa sayang pada kulit wajah dan kamu tentunya ingin memperbaiki kulit wajah.

  2. Ketahui Bahan Skincare

    Jika kamu sudah mengenali kondisi kulit wajah, tahap selanjutnya adalah meriset berbagai informasi mengenai bahan atau kandungan skincare apa saja yang bisa memperbaiki kulit wajah kamu saat ini. Mulai dari kandungan yang ampuh untuk mengempeskan jerawat, noda hitam karena jerawat, melembapkan wajah dan sebagainya.

    Informasi mengenai kandungan skincare ini bisa kamu dapatkan dari googling atau teman senasib alias yang memiliki permasalahan kulit wajah yang sama. Saat ini juga sudah banyak beauty enthusiast dengan berbagai keluhan kulit wajah yang membagikan atau share tips produk skincare.

  3. Pahami Produk Skincare yang Dibutuhkan Sesuai Usia

    loader
    Pahami produk skincare yang dibutuhkan sesuai usia

    Tidak semua orang selalu membutuhkan semua rangkaian produk skincare, sebab setiap jenjang usia memiliki kebutuhan skincare yang berbeda. Misalnya saja:

    • Usia 20-an: Cleanser, Toner, Pelembap, Eye Cream, Sunscreen
    • Usia 30-an: Serum, Hydrating Toner, Krim Malam, Sunscreen, Masker dan Scrub
    • Usia 40-an: Serum, Hydrating Toner, Retinol Cream, Eye Cream, Dark Spot Corecting, Sunscreen

    Umumnya, seperti itu namun kembali lagi dengan kebutuhan kulit wajah. Ada yang usia 20-an, tapi harus memakai serum untuk kulit berjerawat atau juga ada yang tidak memakai eye cream.

  4. Pilih Produk Skincare Multifungsi

    Tips lainnya, utamakan untuk membeli skincare yang multifungsi, seperti krim siang dan malam, scrub sekaligus masker, maupun essence sekaligus toner. Dengan melakukan cara ini, pengeluaran bisa ditekan, dan perawatan wajah tetap bisa dilakukan secara optimal. Sesuaikan jenis produk yang dipilih dengan kebutuhan dan kondisi kulit agar memberi hasil perawatan yang maksimal.

  5. Gunakan Basic Skincare

    Banyaknya produk skincare yang tersedia kerap membuat banyak orang merasa bingung, mana yang paling pas untuk digunakan sesuai kebutuhan. Bagi pemula, utamakan untuk menggunakan produk skincare yang basic atau dasar saja, seperti sabun menyesuaikan Ph wajah, serum, toner, dan krim malam atau siang. Usahakan untuk menjaga kebersihan dan memastikan kelembapan kulit agar memastikannya terawat.

  6. Pilih Produk Skincare yang Sesuai Kebutuhan Kulit

    Setelah mengenali kondisi kulit wajah saat ini, memahami setiap kandungan skincare dan mengetahui produk skincare apa saja yang dibutuhkan, maka selanjutnya kamu sudah bisa memilih produk skincare.

    Dalam pemilihan produk skincare ini kamu juga harus tetap berhati-hati karena pada satu produk skincare memiliki kandungan lainnya. Pastikan produk skincare yang kamu pilih memiliki kandungan yang cocok untuk kulit wajah kamu.

    Selain itu, kamu juga jangan mudah terlena dalam memilih produk skincare hanya karena sedang viral, direkomendasi oleh influencer favorit kamu dan sebagainya. Kamu tetap harus memilih produk skincare sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kulit wajah saat ini.

    Kamu juga bisa melakukan perbandingan harga dari setiap brand skincare. Sering kali brand A dan B memiliki harga yang berbeda meskipun kandungan skincarenya sama. Nah, tentunya kamu bisa membeli produk skincare dengan harga yang terjangkau juga.

  7. Buat List Budgeting Skincare

    Jangan langsung memangkas Rp500 ribu dari gaji bulanan untuk skincare. Lebih baik, kamu buat list budgeting untuk skincare berdasarkan produk yang kamu pilih. Sebab, pada dasarnya skincare juga harus dilakukan dengan rutin dan tidak boleh ganti-ganti brand. Kalaupun mau ganti brand skincare harus dengan kandungan yang sama dengan produk sebelumnya.

    Misalnya, kamu usia 20-an dengan kondisi kulit berjerawat dan memiliki gaji Rp5 juta per bulan, berikut list budgeting skincare berdasarkan kebutuhan kulit, yaitu:

    Produk Skincare untuk Jenis Kulit Berjerawat

    Budget

    Harga Versi Murah

    Harga Versi Mahal

    Cleanser

    Rp20 ribu

    Rp50 ribu

    Face wash

    Rp20 ribu

    Rp65 ribu

    Toner

    Rp30 ribu

    Rp160 ribu

    Pelembap

    Rp40 ribu

    Rp200 ribu

    Serum

    Rp55 ribu

    Rp500 ribu

    Sunscreen

    Rp30 ribu

    Rp100 ribu

    Eye Cream

    Rp50 ribu

    Rp400 ribu

    Jumlah

    Rp245 ribu

    Rp1.475.000

    *Harga yang tertera hanya perkiraan

  8. Belanja Skincare Menggunakan Kartu Kredit

    Sekarang ini produk skincare sudah tersebar dimana mana, baik di mall, supermarket, mini market, hingga e-commerce. Belanja dimana saja, tidak menjadi masalah yang terpenting, transaksi menggunakan kartu kredit saat belanja skincare menjadi solusi yang tepat.

    Selain lebih mudah, belanja skincare dengan kartu kredit bisa membuat pengeluaran skincare kamu menjadi lebih hemat. Sebab, kartu kredit memiliki banyak penawaran promo, mulai dari buy1 get 1, cashback, tuker poin dan masih banyak lainnya.

  9. Gemar Cari Potensi Promo

    Cara menghemat pengeluaran untuk biaya skincare yang berikutnya adalah gemar mencari potensi promo, baik di toko online ataupun offline. Dengan promo berupa potongan harga, gratis sample produk, ataupun cashback, sudah pasti hal tersebut bisa menekan pengeluaranmu untuk kebutuhan ini, bukan?

  10. Beli Skincare Share in Jar Terlebih Dahulu

    loader
    Beli skincare share in jar terlebih dahulu

    Setiap orang menggunakan skincare memang antara cocok dan tidak cocok. Ada yang cocok dengan menggunakan skincare yang murah tapi ada juga orang yang bisanya menggunakan skincare mahal. Bahkan, ada juga yang cocok menggunakan skincare apa saja dan harga tidak menjadi masalah.

    Untuk lebih amannya, kamu bisa membeli produk skincare share in jar alias dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan rugi jika memang skincare tersebut tidak cocok dengan kulit wajah. Jika cocok, kamu bisa membeli skincare dengan ukuran yang lebih besar.

  11. Beli Ukuran Kecil

    Selain itu, kamu juga bisa membeli produk skincare dengan ukuran kecil atau mini. Umumnya, harga produk skincare dengan ukuran kecil ini jauh berbeda dengan yang ukuran besar sehingga mampu menekan pengeluaran.

    Tapi, pastikan untuk menyesuaikan ukuran produk yang dibeli dengan kebutuhan. Jangan yang terlalu kecil hingga harus membelinya dengan jumlah cukup banyak karena hal ini malah bisa membengkakkan pengeluaran. Tapi, jangan pula membeli produk berukuran besar yang melebihi kebutuhan karena berisiko dibuang saat sudah tidak terpakai.

  12. Terapkan Gaya Hidup Sehat

    Selain melakukan perawatan wajah dengan produk skincare, kamu juga perlu imbangi gaya hidup yang sehat. Mulai dari makanan bergizi, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, hindari junk food, dan sebagainya. Dengan gaya hidup yang sehat, maka kulit wajah pun akan ikut sehat.

Baca juga: 7 Cara Merawat Kulit Sehat Ala Wanita Korea

Tak Ada Alasan Lewatkan Perawatan Wajah Karena Masalah Besarnya Biaya Skincare

Banyak orang menganggap jika melakukan perawatan diri, khususnya perawatan kulit wajah, sebagai salah satu bentuk investasi yang penting untuk dilakukan. Karena itu, tidak sedikit orang bahkan menyiapkan anggaran khusus agar bisa merawat kulitnya dengan sebaik mungkin. Setelah membaca biaya skincare dan tips menghematnya, risiko kamu kelabakan mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan ini akan menjadi lebih kecil terjadi.

Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari