Musik Ansambel, Bukti Kemajuan Musik Dunia yang Mampu Menciptakan Harmoni Indah

Musik kerap dijadikan sebagai teman kala beraktivitas sehari-hari oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan karena karya seni tersebut mampu memengaruhi mood atau suasana hati pendengarnya agar lebih produktif saat mengerjakan suatu kegiatan. Di sisi lain, musik juga kerap didengarkan untuk mendapatkan beberapa manfaat, antara lain mengurangi rasa sakit, meningkatkan suasana hati, hingga meningkatkan kualitas istirahat.

Berbicara soal musik, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai genrenya ataupun sekelompok orang yang bermain musik secara bersama-sama alias band. Namun, mungkin sebagian dari kamu akan merasa bingung saat ditanyai tentang apa itu musik ansambel dan bagaimana kegiatan bermusik tersebut dimainkan.

Ya, istilah musik ansambel bisa dibilang masih terdengar asing di telinga masyarakat, tak terkecuali bagi mereka yang setiap harinya selalu ditemani oleh musik. Secara singkat, musik ansambel adalah suatu rombongan musik yang diambil dari bahasa Perancis.

Dilihat dari asal muasal bahasa tersebut, mungkin masih belum terlalu jelas maksud dari istilah ini. Nah, agar wawasan bisa bertambah dan memahami jenis musik seperti apakah musik ansambel ini, yuk simak pembahasan beserta jenis dan juga fungsinya berikut ini.

Baca Juga: Pilih layanan Musik Streaming, Mana yang Lebih Hemat?

Apa Pengertian Musik Ansambel?

loader

Pengertian Musik Ansambel

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, kata “ansambel” yang terdengar unik di telinga masyarakat Indonesia berasal dari bahasa Perancis. Arti dari kata ansambel adalah suatu rombongan musik. Lalu, apa hubungan arti kata ansambel dengan jenis musik tersebut?

Sesuai makna istilah tersebut, musik ansambel adalah sebuah kelompok aktivitas bermusik. Dalam kata lain, musik ansambel adalah aktivitas bermain musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan banyak pemusik lainnya serta menggunakan berbagai jenis instrumen musik yang berbeda. 

Aransemen pada musik ansambel biasanya sederhana, namun mampu menciptakan harmoni yang indah dan memanjakan telinga. Di sisi lain, KBBI mendefinisikan ansambel sebagai kelompok pemain musik, termasuk penyanyi, yang memainkan berbagai instrumen musik bersama dan secara tetap. 

Jenis Musik Ansambel

Pada dasarnya, musik ansambel dapat dibagi berdasarkan beberapa kriteria tertentu, di antaranya adalah musik ansambel berdasarkan penyajian, fungsi dan peranan, serta golongannya. Masing-masing jenis musik ansambel tersebut masih bisa dibagi lagi ke dalam beberapa kelompok. 

1. Berdasarkan Penyajiannya

Untuk jenis musik ansambel berdasarkan penyajian, musik ansambel dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yakni musik ansambel sejenis yaitu musik ansambel yang disajikan menggunakan instrumen musik serupa atau sejenis. Contoh dari jenis musik ansambel sejenis ini adalah ansambel recorder dan sebagainya. 

Sementara itu, untuk jenis ansambel campuran, musik ansambel disajikan dengan menggunakan berbagai jenis instrumen musik berbeda. Contoh dari jenis musik ansambel ini adalah ansambel pianika, rekorder, gitar, tamborin, simbal, dan juga triangle.

2. Berdasarkan Fungsi dan Peranannya

Melodis

Musik ansambel melodis adalah jenis musik ansambel yang menggunakan alat musik untuk menciptakan rangkaian nada berupa melodi lagu. Beberapa contoh alat musik ansambel melodis adalah pianika, gitar, kecapi, harmonika, biola, dan terompet. 

Ritmis

Menggunakan instrumen musik yang tak mempunyai nada. Fungsi dari jenis ansambel ritmis ini adalah mengatur irama lagu yang tengah dimainkan. 

Beberapa contoh dari alat musik ansambel ritmis ini adalah drum, kastanyet, triangle, gong, tamborin, simbal tangan, dan juga kendang. 

Harmonis

Jenis musik ansambel ini mengacu pada alat musik pengiring pada jalannya melodi sebuah lagu. 

Fungsi dari ansambel harmonis ini juga untuk mengatur atau mengontrol irama lagu yang sedang dimainkan. Contoh alat musik ansambel harmonis antara lain keyboard, harpa, piano, dan juga sasando. 

Baca Juga: Profil 10 Artis Jepang Terkaya dari Musik yang Bisa Bikin Kamu Kagum

3. Berdasarkan Golongannya

Menurut golongannya, musik ansambel dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu berdasarkan sumber bunyi serta cara memainkannya. Berikut adalah maksud dari jenis musik ansambel berdasarkan sumber bunyi dan juga cara memainkannya.

  • Sumber Bunyi

    Terdapat 5 macam sumber bunyi yang bisa ditemukan pada musik ansambel, yaitu:

    Akrofon

    Sumber bunyi alat musiknya muncul akibat getaran dari udara. Contoh dari alat musik dengan sumber bunyi akrofon adalah terompet dan seruling. 

    Membranofon

    Instrumen musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari plastik. Contoh dari alat musik dengan sumber bunyi membranofon ini adalah rebana, drum, dan juga gendang.

    Kordofon

    Mengacu pada alat musik dengan sumber bunyi berasal dari tali atau dawai. Contoh dari alat musik kordofon ini adalah biola, kecapi, dan gitar.

    Idiofon

    Instrumen musik yang memiliki sumber bunyi dari instrumen itu sendiri ketika dimainkan. Contoh dari alat musik dengan sumber bunyi idiofon adalah gong dan angklung. 

    Elektrofon

    Instrumen musik yang memiliki sumber bunyi dari tegangan listriknya. Contoh dari alat musik dengan sumber bunyi elektrofon ini adalah gitar listrik dan organ listrik.

  • Cara Memainkan

    Berdasarkan cara memainkannya, musik ansambel dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain: 

    1. Dipukul: bongo, drum, saron, dan gendang.
    2. Dipetik: kecapi dan gitar.
    3. Ditiup: klarinet, terompet, dan seruling.
    4. Digetarkan atau digoyangkan: angklung.
    5. Digesek: celo, rebab, dan biola.
    6. Ditekan: organ dan piano.
    7. Ditepuk: tifa, ketipung, dan kendang.

Sejarah Singkat Mengenai Musik Ansambel

Tahukah kamu jika dahulu musik identik dengan suatu hal yang mistik? Hal ini karena karya seni tersebut dulunya dibuat sebagai persembahan pada para leluhur serta pengantar doa pada dewa.

Instrumen musik yang dulu digunakan pun tak seperti alat musik modern seperti sekarang ini. Seiring dengan berkembangnya peradaban dan teknologi, musik juga turut mengalami perkembangan sampai pada akhirnya banyak dikenal instrumen musik tradisional dan modern dengan beragam cara memainkan dan bunyi yang diciptakannya. 

Di zaman seperti sekarang ini, musik sudah tidak lagi diidentikkan dengan proses penyembahan atau hal mistik lainnya. Melainkan, musik lebih mengarah sebagai karya seni dan media hiburan yang bersifat universal. 

Pendengar dari kalangan manapun pasti bisa menikmati alunan musik dan irama yang dimainkan. Tak terkecuali salah satu di antaranya adalah alunan dari musik ansambel yang bisa dibilang menjadi dari contoh perkembangan karya seni musik di dunia. Melalui aransemen musik ansambel, berbagai instrumen musik dengan jenis dan fungsi yang berbeda-beda dapat dimainkan bersamaan hingga tercipta suatu perpaduan yang harmonis. 

Musik ansambel dapat terdengar begitu indah di telinga dan tak sulit untuk ditemui di zaman modern seperti sekarang ini. Bahkan, di setiap daerah, perpaduan musik ansambel dapat ditemui dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satu contohnya adalah musik ansambel yang ada di Sumatera.

Di Sumatera, musik ansambel biasa dimainkan dengan menggunakan instrumen musik yang terbuat dari bahan perunggu. Umumnya, musik ansambel tersebut terdiri dari 4 hingga 12 gong kecil, 1 atau 2 gong besar, 2 hingga 9 kendang, 1 alat tipu, gembreng, dan penyair. Musik ansambel yang merupakan khas dari Batak Toba tersebut masih kerap dimainkan pada upacara keagamaan Parmalim sampai saat ini.

Perpaduan Alat Musik Ansambel adalah Bukti Nyata Perkembangan Musik di Dunia

Musik ansambel pada dasarnya dapat diartikan sebagai permainan berbagai jenis alat musik untuk menciptakan suatu harmoni lagu atau irama di satu waktu. Dengan suara dan fungsi berbeda, setiap instrumen musik ternyata dapat dipadukan sehingga mampu menciptakan irama atau lagu yang indah dan harmonis. 

Musik ansambel juga mempunyai kemasan yang unik sebab setiap pemain perlu bekerja sama guna menciptakan irama yang harmonis dan terdengar indah di telinga. Jadi, tak mengherankan jika musik ansambel ini juga bisa menjadi bukti dari perkembangan musik di dunia.

Baca Juga: Jadi Rival Baru Spotify, Google Luncurkan Youtube Premium dan Youtube Music