Pahami Apa Itu Asuransi AdMedika, Layanan, dan Manfaatnya

Dengan banyaknya risiko dan masalah yang mungkin terjadi dalam hidup, kebutuhan akan jaminan perlindungan tidak bisa kamu kesampingkan. Salah satu caranya untuk mendapatkan perlindungan tersebut adalah melalui produk asuransi. Melalui asuransi, kamu bisa meminimalkan risiko kerugian saat terkena masalah. Seperti, terserang penyakit, mengalami kecelakaan, kehilangan barang, hingga ditinggalkan oleh orang terkasih.

Dahulu, asuransi dianggap sebagai produk keuangan yang tak begitu mendesak untuk dimiliki. Namun, dengan semakin tingginya tingkat literasi keuangan masyarakat, saat ini banyak orang menyadari bahwa asuransi menjadi salah satu kebutuhan yang wajib disiapkan. Khususnya asuransi kesehatan yang mampu menjamin fasilitas medis yang terpadu dan ganti rugi biaya pengobatan saat terserang penyakit ataupun masalah kesehatan lainnya. 

Industri asuransi pun berkembang dengan pesat dan menawarkan berbagai produk baru yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu contohnya adalah layanan asuransi AdMedika. 

Baca Juga: Generasi Z dan Asuransi, Perlu Gak Sih? Simak Manfaat dan Tips Pilih Asuransi yang Cocok

Apa Itu Asuransi AdMedika?

loader

Apa Itu Asuransi / Provider AdMedika?

PT Administrasi Medika, biasa disingkat AdMedika adalah perusahaan asuransi Third Party Administrator atau TPA. Maksudnya, perusahaan asuransi tersebut bergerak sebagai pihak ketiga yang melakukan layanan administrasi pada proses klaim proteksi asuransi pada sejumlah mitra rumah sakit di Indonesia, di wilayah Asia Tenggara, maupun di penjuru dunia sekalipun yang tergabung pada kemitraan internasional.

Didirikan pada tahun 2002, provider AdMedika resmi merger bersama Telkom Group via TelkomMetra. Mulai tahun 2016, perusahaan asuransi ini telah bertransformasi dari sebatas menawarkan jasa TPA menjadi perusahaan penyedia layanan Total Health Solution. Saat ini, AdMedika mempunyai 3 bidang servis utama yang menjadi fokus layanannya, yaitu Provider Management, Claim Management, dan Health Digital. 

Jenis Layanan Asuransi AdMedika

Layanan

Keterangan

AdClaim Pro

Memudahkan nasabah untuk mengajukan klaim proteksi atau ganti rugi terhadap asuransi (sesuai polis yang telah disetujui). 

Manfaat AdClaim Pro antara lain, klaim proteksi asuransi berupa rawat inap atau rawat jalan menggunakan metode pembayaran reimbursement maupun cashless. 

AdClaim Plus

Selanjutnya ada AdClaim Plus yang berikan manfaat setara AdClaim Pro dengan sedikit tambahan berupa kemudahan untuk bisa memperoleh perawatan medis di 2.500 lebih jaringan provider. 

Pada layanan ini, nasabah mampu lebih mudah memperoleh perawatan medis di semua rumah sakit serta klinik mitra AdMedika. Tidak hanya itu, proses administrasi di rumah sakit juga akan dipermudah sehingga peserta mampu mendapatkan manfaat proteksi dengan lebih cepat.

AdClaim Manager Care

AdClaim Manager Care adalah layanan yang bermanfaat untuk memberikan perawatan medis berjenjang. Sebagai contoh, nasabah bisa mendapatkan perawatan mulai dari klinik dan ditingkatkan hingga ke rumah sakit, tanpa repot melalui proses administrasi yang biasanya memakan waktu cukup lama. 

Beberapa manfaat AdClaim Manager Care adalah perawatan medis rawat jalan di puskesmas atau klinik, rawat jalan tingkat lanjut, rawat inap, sampai perawatan melahirkan. 

AdClaim CoB

AdClaim Coordination of Benefits atau CoB adalah layanan yang mampu mempermudah peserta AdMedika dalam melakukan pembayaran asuransi dan telah berkoordinasi bersama BPJS Kesehatan. Benefit dari layanan ini adalah koordinasi untuk dapatkan jaminan kesehatan agar bisa dibayar secara penuh, serta menghindari kelebihan pembayaran terhadap satu penjamin. 

I-Assist

I-Assist atau Assistant Service adalah layanan bantuan yang terpadu untuk peserta agar bisa melakukan evakuasi kesehatan setiap waktu di semua mitra asuransi AdMedika.

AdDoc

Bisa disebut juga sebagai digital claim, AdDoc adalah layanan untuk memroses klaim digital via web service penyedia layanan kesehatan pada payer maupun pihak insurance. Kelebihan lainnya dari layanan ini adalah biaya kirim dokumen klaim dari manfaat asuransi lebih hemat serta mempercepat proses administrasinya. 

AdBrief

AdBrief adalah layanan pengolahan atau hasil analisis data serta informasi terkait perawatan, analisis, dan manajemen risiko. Melalui hasil analisis tersebut nantinya pihak perusahaan asuransi dan peserta mampu mendapatkan manfaat optimal. Seperti, pengambilan keputusan yang lebih baik, perumusan rencana preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan Asuransi AdMedika.

Manfaat dari layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Disease Management, layanan pengklasifikasian terhadap tren kesehatan dengan dasar penyakit yang memiliki biaya pengobatan tinggi atau bersifat degeneratif.
  • Medical Case Management, program layanan pada kasus medis khusus.
  • Provider Management, program layanan untuk memberikan akses data atau informasi secara luas mengenai layanan kesehatan berkualitas serta efisiensi biaya pengobatan.
  • Medication Management, program pengelolaan oleh apoteker berkualitas agar bisa memberikan bantuan berupa efektivitas, keamanan, dan kesesuaian pemakaian obat, khususnya bagi pasien penderita penyakit berisiko tinggi atau degeneratif.

Mobile Health

Merikan beragam kemudahan dan informasi mengenai klaim, mitra, serta hal lainnya via aplikasi.

T-Health Digital Service

Telkom Health Digital adalah program yang bisa digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan dari ibu hamil serta janin. Fitur utama dari layanan ini adalah mendeteksi serta memeriksa kondisi kehamilan, akses perawatan sebelum dan sesudah melahirkan, serta lebih optimal meningkatkan manajemen pasien. 

Hisys

Health Information System atau Hisys adalah layanan yang mencakup sistem informasi dari manajemen layanan pasien serta manajemen pelaporan. Sistem tersebut memungkinkan pengguna melakukan pertukaran informasi antar bagian rumah sakit atau klinik secara online dengan tingkat keamanan yang tinggi.

TelkoMedika Service

Layanan ini berbentuk kegiatan dan promosi perusahaan pada bidang kesehatan, sebagai contoh, kegiatan vaksin, medical check up, optik, dan sebagainya. Melalui layanan ini, kamu bisa mendapatkan berbagai promo menarik hingga diskon yang menguntungkan.

ValueCard

ValueCard adalah kartu kepesertaan untuk memperoleh promo atau diskon pada merchant atau perusahaan mitra AdMedika. Layanan ini juga bermanfaat bagi payer karena bisa memberi nilai tambah bagi peserta, meningkatkan daya saingnya, serta berpotensi menurunkan tingkat klaim karena lebih berfokus terhadap aktivitas promosi serta preventif. 

CM SMS Notification

Layanan ini memudahkan peserta asuransi mengetahui berbagai update informasi layanan, status administrasi atas proses klaim, dan sebagainya. Berbasis SMS, informasi dari layanan ini akan dikirim langsung pada ponsel nasabah sehingga lebih optimal berikan kualitas pelayanannya. 

Personal Care Officer

PCO adalah layanan yang mampu mempermudah serta mempercepat pengajuan klaim, juga persetujuan aktivitas medis rumah sakit. Melalui layanan ini, nasabah bisa lebih cepat memroses penjaminan ketika menjalani perawatan atau pengobatan di rumah sakit, mendapatkan pelayanan secara langsung, serta memroses persetujuan tindakan pengobatan.

AdPay Personal

Mengusung model one stop payment secara online, layanan ini memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi setiap waktu dan bisa dilakukan di mana saja. Selayaknya layanan pembayaran digital lain, AdPay Personal juga bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai transaksi, misalnya, pembayaran asuransi, BPJS, tagihan bulanan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Pahami Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Berikut untuk Memudahkan Klaim Asuransi

Manfaat yang Didapatkan dari Asuransi AdMedika

  1. Lebih Mudah Klaim Rawat Jalan dan Rawat Inap

    Melalui sejumlah layanannya, seperti Health Claim Management Service, kamu bisa lebih mudah melakukan klaim ganti rugi biaya rawat jalan dan rawat inap dari asuransi kesehatan. Tanpa harus menghubungi pihak asuransi yang berkaitan, proses klaim tersebut bisa langsung dilakukan via provider AdMedika. 

  2. Memudahkan Informasi serta Pembayaran BPJS

    Dengan menjadi nasabah layanan ini, kamu bisa lebih mudah mendapatkan informasi BPJS serta pembayaran preminya. Hal ini dikarenakan Asuransi AdMedika menyediakan beragam layanan seperti Adpay, ValueCard, dan Personal Care Officer.

AdMedika Jadi Jembatan Penghubung Antara Perusahaan Asuransi dengan Nasabah

Adanya asuransi atau provider AdMedika memunculkan angin segar karena mampu memudahkan nasabah asuransi untuk mendapatkan layanan serta fasilitas klaim dengan lebih cepat dan mudah. Menjadi jembatan penghubung antara perusahaan asuransi dengan nasabahnya, kamu bisa mendapatkan beragam layanan yang membuat manfaat asuransi lebih optimal didapatkan. Jadi, kapan mulai memanfaatkan layanan ini? 

Baca Juga: Manfaat dan Jenis Asuransi Melahirkan