Pebisnis Pemula, Begini Tips Sukses dalam Merintis Bisnis Online

Tak sedikit pengusaha yang berhasil membangun bisnis online-nya hingga meraup keuntungan besar. Hal ini tentu membuat banyak orang akhirnya tergiur untuk melakukan atau bahkan mengikuti jejak yang sama. Akan tetapi, tak semua orang mampu melakukan hal tersebut dan meraih kesuksesan dalam waktu singkat. 

Pasalnya, dibutuhkan pola pikir yang sama disertai keinginan yang kuat untuk merintis suatu bisnis sejak awal hingga mencapai kesuksesan. Ditambah lagi, saat ini telah hadir berbagai teknologi modern yang mampu mendukung perkembangan suatu bisnis. 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Merintis Bisnis Online Bagi Pemula

Jika tertarik untuk menjalankan bisnis online dari awal hingga mendapat omset besar sesuai harapan, coba terapkan beberapa tips dan trik berikut ini. 

1. Identifikasi Setiap Masalah dan Tantangan

loader
Tips merintis bisnis online

Salah satu tujuan membangun bisnis adalah berperan sebagai solusi untuk berbagai masalah orang yang nantinya diharapkan bisa jadi target konsumen loyal. Ketika mampu memahami masalah apa saja yang terjadi di luar sana, lalu merespon dalam bentuk ide suatu bisnis tertentu, pastinya hal tersebut bisa berubah jadi peluang yang menjanjikan. 

Sejak awal kamu harus bisa lebih peka dalam memahami masalah yang mungkin sedang terjadi pada masyarakat. Kemudian meresponnya dengan ide bisnis menarik dan segar, maka masalah yang muncul di masyarakat bisa jadi peluang menjanjikan untuk berkembang. Inilah pentingnya memiliki kepekaan dalam melakukan identifikasi masalah untuk menemukan solusi terkait bisnis yang akan dikembangkan.

Baca Juga: Mau Bisnis Makanan Korea Street Food? Begini Cara Mulainya

2. Wajib Riset Pasar

Alangkah baiknya, jika sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online, lakukanlah riset pasar secara sederhana. Jangan pernah bertindak dengan terburu-buru untuk memulai suatu bisnis. Atau bahkan mudah percaya diri terhadap apa yang dimiliki saat ini. 

Sebab, hal tersebut bisa jadi kesalahan besar yang akan menyebabkan kegagalan atas usaha yang nantinya akan dijalankan. Ada begitu banyak peluang menarik yang bisa dipilih, akan tetapi ini bisa sangat membingungkan. Terutama dalam menargetkan konsumen jika tidak memiliki pangsa pasar yang signifikan.

Jadi, pastikan untuk membuat riset terkait dengan target konsumen dari produk yang ingin ditawarkan nantinya. Tetapkan juga bagaimana cara atau metode dalam berinteraksi dengan para calon konsumen tersebut nantinya.

Jika memang ingin menyasar target yang jauh lebih luas, coba kembangkan sayap bisnis dengan cara memanfaatkan platform media sosial, seperti Instagram maupun Facebook. Ketika kamu berani melakukan riset pasar dan lebih bijak dalam membuat target konsumen secara spesifik, bisa dipastikan bisnis online yang dijalankan bakal berjalan sesuai harapan. 

3. Temukan Model Bisnis Terbaik

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan yakni mencari model bisnis terbaik dan paling cocok dengan gaya atau karakter yang kamu miliki Sebenarnya, bisnis online terdiri dari berbagai model yang tentu saja bisa dipilih berdasarkan kemampuan pelaku bisnis itu sendiri. 

Adapun model bisnis paling populer saat ini adalah reseller dan dropship. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bisnis reseller cocok untuk kamu yang punya modal dan ingin keuntungan lebih, sementara dropship cocok untuk pemilik modal terbatas.  

4. Memutuskan Produk yang Dijual

loader
Tips merintis bisnis online

Ketika ingin melakukan bisnis online, ada baiknya untuk lebih fokus saja pada produk yang memang benar-benar dipahami dan sukai. Misalnya, jika punya kecenderungan lebih menyukai dunia fotografi, maka bisa menjual aneka produk yang berkaitan dengan produk fotografi. 

Sebab, sudah pasti kamu akan lebih memahami detail dari produk yang akan dijual ke calon konsumen. Jika pemahaman yang dimiliki dari setiap produk yang dijual lebih mendalam dan detail, tentunya bisa lebih tahu apa kebutuhan target konsumen potensial. Sehingga dipastikan bisnis tersebut akan lebih mudah berkembang, meski bisnis yang dijalankan dimulai dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal sekalipun. 

5. Membuat Website Bisnis

Tidak semua lini bisnis bisa berkembang hanya dengan membuat toko online atau media sosial resmi saja. Salah satu alternatif terbaik yang bisa dilakukan untuk membangun dan mengembangkan bisnis tersebut adalah dengan membuat website yang berkualitas dan profesional.

Contohnya seperti jasa animasi, ilustrasi, ataupun pembuatan website. Dengan memiliki website bisnis semacam ini, bisnis online yang sedang dijalankan akan dianggap lebih memiliki kredibilitas dibanding tidak didukung dengan website.

Sebab, website dibuat dengan dana yang bisa dibilang tidak murah. Artinya, ketika bisnis online yang dijalankan memiliki website secara khusus, secara otomatis kepercayaan calon konsumen pun akan terbentuk dan meningkatkan peluang konversi penjualan. 

Baca Juga: Kue Kekinian Bikin Cuan, Ini Tips Menjalankan Bisnis Korean Cake Box

6. Mempersiapkan Strategi Promosi dengan Matang

Biasanya, beberapa produk yang laris manis terjual di pasaran memang memiliki daya pikat tersendiri. Akan tetapi, ada juga beberapa produk yang justru laris berkat promosi yang dikemas dengan menarik, padahal kualitasnya tak lebih baik dari produk sejenis dari kompetitor yang lain. 

Dari hal tersebut dapat disimpulkan, bahwa strategi promosi yang dilakukan dengan baik mampu meningkatkan citra suatu produk, istilah kerennya branding. Bahkan, promosi yang matang bisa membuat kompetitor yang menjual produk yang sama jadi ketar ketir. 

Ada baiknya, sebelum memulai langkah promosi, bentuk dulu tim kreatif tersendiri untuk mengurus dan mempersiapkan soal promosi ini. Dengan begitu, ada bagian tersendiri dari bisnis kamu yang bisa mengelola langkah promosi dengan lebih fokus. Sehingga mampu mendapatkan perhatian dari pasar yang telah ditargetkan sebelumnya. 

Langkah Kecil Mengubah Bisnis Jadi Besar

Jika kamu memang punya ketertarikan dalam bisnis online atau sedang mempersiapkannya, kamu bisa menggunakan tips di atas sebagai panduan praktis. Pada dasarnya, bisnis online merupakan jenis pekerjaan dengan penghasilan yang cukup menjanjikan dan semakin hari semakin diminati banyak orang. Sebab, tak sekedar menawarkan keuntungan yang besar, berbisnis secara online juga bukan hal yang sulit dilakukan. 

Cukup berbekal pemahaman tentang teknologi digital yang serba canggih dan dasar-dasar berbisnis, siapapun bisa menjalankannya tanpa kesulitan berarti. Kamu pun juga pasti mampu melakukannya asal memiliki niat dan kesungguhan. Selamat memulai bisnis online kamu sendiri.

Baca Juga: Bisnis Jadi Viral, Kenali Fitur dan Cara Buat Akun TikTok for Business