Jualan Online Makin Laris, Begini 3 Tips Mendapatkan Konsumen Baru

Bagi para pebisnis online, menjangkau lebih banyak konsumen merupakan menjadi hal wajib yang selalu dilakukan agar jualan laris manis dan omset penjualan akan terus mengalami peningkatan setiap harinya. 

Untuk itu, seorang pebisnis harus selalu bisa mendapatkan konsumen baru setiap saatnya. Akan tetapi ini bukanlah hal yang mudah, sebab mendatangkan konsumen baru memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari penawaran hingga konsumen benar-benar membeli produk jualan.

Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang bisa pebisnis online lakukan untuk mendapatkan konsumen baru agar jualan online makin laris manis.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Buat calon konsumen mengenal produk 

produk
Buat calon konsumen mengenal produk

Saat menjalankan bisnis dan menghasilkan sebuah produk, maka pebisnis online harus bisa membawa produk ini ke pasar yang tepat. Anda perlu membuat orang lain mengetahui keberadaan produk tersebut, sehingga mereka menyadari kebutuhan mereka akan produk itu sendiri. 

Orang-orang ini akan mengenal produk lebih dekat dan mulai berpikir apakah mereka benar-benar membutuhkannya. Hal ini akan membantu Anda menemukan orang yang tepat (prospek) untuk produk bisnis. 

Dalam tahap ini, Anda harus membuat prospek mengenal produk dan melihat respon mereka secara dekat terhadap produk tersebut. Anda perlu memperkenalkan diri, lalu mengenalkan produk kepada prospek. Selanjutnya, lihat dan dengar pendapat dari prospek terkait produk. 

Hal ini akan memudahkan Anda memetakan langkah selanjutnya yang perlu dilakukan, untuk menjangkau prospek ke tahap yang lebih lanjut. Sajikan konten yang tepat dan bisa membantu prospek mempertimbangkan produk.

Baca Juga: Pebisnis Perlu Kenali 5 Karakter Konsumen dan Cara Mengatasinya Agar Penjualan Lancar

2. Buat calon konsumen mempertimbangkan produk 

jualan
Buat calon konsumen mempertimbangkan produk

Meski dalam tahap sebelumnya prospek sudah mengenal produk, mereka tentu tidak akan mengambil keputusan untuk membeli dengan mudah. Anda harus meyakinkan prospek terlebih dahulu, sehingga mereka benar-benar yakin untuk melakukan pembelian. 

Dalam tahap ini, perlu memberikan informasi yang jelas terkait produk, termasuk berbagai kelebihannya. Anda harus mampu mengemas berbagai informasi ini dengan cara yang tepat, sehingga nilai tambah bisnis tertuang secara lengkap. 

Sajikan informasi yang dapat meyakinkan prospek akan kebutuhan mereka, di mana produk yang akan menjadi solusi bagi kebutuhan tersebut. Jangan lupakan produk pesaing lainnya di pasaran, sebab ini juga bisa menjadi kendala di dalam bisnis yang dijalankan. 

Anda harus membuat informasi yang detail dan menyajikan kelebihan serta keuntungan yang ditawarkan produk tersebut. Yakinkan prospek bahwa produk Anda jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan produk pesaing yang beredar di pasaran. 

Dalam tahap ini, Anda harus membuat prospek mempertimbangkan untuk membeli produk dengan segera. Proses ini bisa saja berlangsung lama atau bahkan berkesinambungan. Anda perlu melakukannya untuk menjangkau lebih banyak prospek di dalam bisnis tersebut. Semakin cepat meyakinkan prospek, maka akan semakin cepat juga proses penjualan bisa terjadi. 

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu, Ini 8 Tips Promosi Dapat Penjualan Online Pertama

3. Bantu calon konsumen ambil keputusan membeli

membeli
Buat calon konsumen membeli produk jualan

Saat bisnis sudah dikenal cukup luas, maka pebisnis online harus siap untuk menerima lebih banyak kunjungan di situs bisnis tersebut. Dalam tahap ini, prospek yang akan datang mengunjungi situs bisnis dan berusaha untuk menemukan produk di situs. 

Ini tahap terakhir, di mana prospek pada umumnya akan melakukan negosiasi atau bahkan sekedar mengajukan pertanyaan akhir, sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk membeli. 

Anda harus bisa meyakinkan prospek dan memberikan mereka kemudahan dalam mengambil keputusan. Jika berhasil dalam fase ini, maka penjualan akan terjadi dan bisa mengubah prospek ini menjadi pelanggan baru. 

Di tahap berikutnya, juga perlu menjadikan pelanggan ini sebagai pelanggan tetap di dalam bisnis tersebut. Pebisnis online harus konsisten dalam memberikan layanan dan juga aktivitas promosi, sehingga pelanggan lebih loyal dan setia pada produk yang dimiliki.

Temukan konsumen bisnis dengan lebih mudah

Melakukan pemasaran yang tepat merupakan kebutuhan tersendiri di dalam bisnis. Pebisnis harus bisa memilih cara terbaik dan proses yang cepat untuk urusan yang satu ini. Lakukan semua tahap penting untuk memasarkan produk dengan maksimal, agar bisa mendapatkan konsumen yang loyal untuk bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: Maksimalkan 5 Strategi Marketing Media Sosial Ini Biar Jualan Online Makin Laris