Pengalaman Pelanggan sebagai Kunci Kesuksesan sebuah Bisnis Digital

Sekarang banyak pebisnis yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan bisnis mereka. Jika Anda pebisnis yang sudah cukup berpengalaman, tentu sudah memahami bagaimana era digital bisa membawa perubahan yang besar di dalam dunia bisnis. 

Tak lagi hanya menjangkau bisnis berskala besar, namun beberapa tahun terakhir bisnis skala kecil juga sudah banyak yang menggunakan layanan digital. Mendapatkan banyak kemudahan dalam memasarkan bisnis, bahkan dengan jangkauan pasar yang jauh lebih luas adalah alasan kenapa berbagai jenis bisnis ikut memanfaatkan layanan digital.

Namun di lain sisi, konsumen Anda juga akan memiliki akses yang jauh lebih luas, termasuk untuk menemukan lebih banyak pilihan produk di pasaran. Lalu, siapkah Anda untuk selalu bisa menang dalam persaingan dan mempertahankan konsumen bisnis?

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Persaingan Bisnis yang Lebih ketat dari Sebelumnya

persaingan bisnis

Saat berbicara tentang bisnis di era digital, maka Anda tentu membayangkan bagaimana informasi yang sangat cepat serta sistem yang jauh lebih efisien dari sebelumnya. Hal ini bisa dengan sangat jelas ditemukan dalam berbagai layanan bisnis online.

Anda bisa memasarkan bisnis dengan lebih mudah dan praktis, bahkan jauh lebih cepat daripada sebelumnya, ketika menggunakan sistem konvensional di dalam bisnis tersebut. 

Namun, hal yang sama juga dilakukan oleh para pebisnis lainnya. Setiap orang menginginkan angka penjualan yang maksimal di dalam bisnis, sehingga upaya pemasaran harus dilakukan dengan lebih maksimal.

Hal ini akan membuat Anda berhadapan dengan tingkat persaingan yang lebih tinggi, lebih modern dan lebih terbuka. Jika ingin memenangkannya, maka wajib menjangkau konsumen dengan langkah yang paling tepat.

Selain menjangkau pasar yang lebih luas, Anda juga harus tetap merangkul pelanggan bisnis. Pelanggan yang loyal akan membuat bisnis tetap berjalan dengan baik, bahkan untuk tahun-tahun yang panjang.

Walaupun terdengar sederhana, namun bisa memberikan Anda kesempatan untk sukses menjalankan bisnis di era digital ini dengan lebih mudah. Penting untuk selalu memastikan bahwa setiap konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang memuaskan dari bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Baca Juga: Enggak Sulit, Begini Cara Selamatkan Bisnis dari Kebangkrutan

Jangan Abaikan Kepuasan Konsumen

konsumen

Pengalaman konsumen penting bagi perkembangan bisnis di era digital, Anda tentu memahami hal ini dengan baik. Namun di luar hal tersebut, konsumen juga menginginkan interaksi yang menarik dari perusahaan Anda.

Jadi, berbisnis di zaman sekarang konsumen tidak hanya ingin mendapatkan pengalaman menyenangkan saja  ketika berbelanja, namun juga menginginkan layanan prima yang bisa membuat mereka merasa dihargai dan didengarkan. 

Kedua hal tersebut akan membuat konsumen lebih loyal dan ini menjadi salah satu indikator dalam pertumbuhan bisnis yang sehat.

Berdasarkan penelitian yang berjudul Customer Experience Trends Report di tahun 2020 silam, ditemukan bahwa ada 6 tren yang bisa memperkuat pengalaman positif pelanggan di dalam bisnis. Penelitian ini dilakukan pada 1.000 orang konsumen dalam 25 kategori dan juga 300 merek yang berbeda di tanah air. 

Berikut ini adalah beberapa tren yang dapat memperkuat pengalaman positif pelanggan bisnis Anda:

  • Tren Ekonomi On-Demand

Pengalaman pelanggan menjadi bagian dari persaingan. Berdasarkan survei, sekitar 67% konsumen akan beralih pada produk lain, hanya karena mereka mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan saat berbelanja. Hal ini bahkan tidak berkaitan dengan harga atau bahkan detail produk yang mereka beli.

Konsumen menginginkan kenyamanan maksimal ketika berbelanja. Mereka ingin bisa membeli kebutuhan mereka dengan lebih mudah, kapanpun dan di manapun mereka menginginkannya. Hal ini berkaitan dengan peningkatan layanan di semua aspek, seperti: sistem pembayaran, pengiriman, akses ke situs penjualan, dan yang lainnya. 

  • Personalisasi yang Lebih Dalam

Konsumen semakin menyadari interaksi yang mereka lakukan dengan sebuah produk atau brand. Mereka menginginkan transaksi yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini bisa dilihat dari cara konsumen bertransaksi, di mana sekitar 76% konsumen memilih menggunakan dompet digital yang memberikan promosi yang lebih personal dalam bentuk diskon ataupun cashback.

Program loyalitas membuat konsumen bertahan. Bukan hanya transaksi yang lancar dan menyenangkan saja, namun hubungan baik dengan konsumen juga akan membuat mereka tetap loyal pada sebuah produk. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan menawarkan produk favorit mereka secara berkala.

  • Sistem yang Mudah dan Nyaman

Konsumen menginginkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan nyaman. Hal ini tentu harus didukung dengan sistem yang mudah dan tidak menyita banyak waktu. Semakin mudah dan praktis sebuah platform digunakan, maka akan semakin cepat juga transaksi terjadi.

Pengalaman belanja yang seluruhnya menyenangkan dan terus berkembang. Konsumen juga menginginkan pengalaman belanja yang terbaik dan selalu mengalami peningkatan seiring dengan berlalunya waktu. Mereka menginginkan perubahan, perbaikan, dan juga perjalanan baru yang menyenangkan ketika berbelanja.

Baca Juga: Cara Jitu Dongkrak Omzet Bisnis yang Terjun Bebas Akibat Corona

Pahami Keinginan Konsumen dan Berikan yang Terbaik

Bagi Anda yang ingin sukses menjalankan bisnis di era digital ini, pastikan untuk selalu memberikan kepuasan pada para konsumen. Pahami kebutuhan mereka dengan tepat dan berikan layanan terbaik, sehingga konsumen bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Semua ini akan membuat mereka lebih loyal, sehingga bisnis Anda bisa bertahan dan bahkan lebih berkembang.

Baca Juga: Ini Perbedaan Membangun Brand dan Marketing dalam Bisnis yang Perlu kamu Tahu