Pentingnya Asuransi Saat Umroh Untuk Ibadah yang Lebih Nyaman dan Lancar

Menjalankan ibadah ke tanah suci merupakan impian sebagian besar umat Islam. Entah ibadah haji atau umroh, keduanya menjadi perjalanan ibadah yang paling banyak dinantikan. Tak heran jika untuk bisa mewujudkannya, beberapa orang bahkan rela menabung dalam waktu yang lama karena biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Berbagai persiapan pun dilakukan menjelang keberangkatan ke tanah suci. Mulai dari perlengkapan ibadah, uang saku, dokumen administrasi, dan beberapa hal lain yang diperlukan selama perjalanan umroh. Semua perlu dipersiapkan semaksimal mungkin agar perjalanan bisa berlangsung lancar dan ibadah menjadi lebih khusyu’.

Nah, satu hal yang mungkin sering luput dari perhatian adalah perlunya memiliki asuransi selama melakukan perjalanan umroh. Ini penting untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi saat berada di tanah suci. Di sisi lain, asuransi umroh ini pun telah masuk ke dalam cakupan visa yang wajib dimiliki oleh setiap jamaah yang datang ke Mekkah.

Untuk lebih mengetahui lagi mengenai manfaat asuransi selama perjalanan umroh, berikut uraian singkatnya.

Baca juga: 7 Asuransi Perjalanan Terbaik, Bebas Travelling Tanpa Beban Pikiran!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Rasakan Berbagai Manfaat Asuransi yang Wajib Dimiliki Saat Umroh

loader

Asuransi Perjalanan

Baru-baru ini, pemerintah Arab Saudi mengumumkan biaya asuransi kesehatan untuk para jamaah umroh mengalami penurunan. Dari 235 Riyal atau setara Rp962.000 kini turun menjadi 88 Riyal atau Rp360.000. Penurunan nilai ini tentu disambut dengan suka cita karena bisa sedikit mengurangi biaya visa umroh.

Bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan umroh, dapat memeriksa sertifikat asuransinya melalui laman resmi riaya-ksa.com. Berbekal nomor paspor dan kewarganegaraan, jamaah bisa langsung mengetahui validitas sertifikat dan memastikan bahwa asuransi yang dimiliki bisa digunakan di tanah suci.

Lalu, sepenting apa sih asuransi kesehatan saat perjalanan umroh itu? Jawabannya, sangat penting karena tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di tanah suci. Apakah akan jatuh sakit, terlibat kecelakaan, atah bahkan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Kesemuanya itu bisa terasa lebih ringan dan mudah jika jamaah umroh telah membekali diri dengan asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terpercaya.

Baca juga: Biaya Umroh: Tips menabung dan Mempersiapkan Diri untuk Umroh

Manfaat Asuransi selama Perjalan Umroh

Membeli asuransi perjalanan umroh nyatanya memberikan cukup banyak manfaat, baik untuk kesehatan darurat, umum, maupun yang terkait perjalanan.

  1. Manfaat untuk Kesehatan Darurat

    Beberapa hal yang termasuk dalam cakupan kesehatan darurat, yaitu:

    • Perawatan di rumah sakit: Dalam kondisi tertentu, seseorang perlu dibawa ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan yang maksimal. Ini juga berlaku pada jamaah umroh. Faktor kelelahan dan perbedaan suhu menjadi yang paling sering dikeluhkan, sehingga mereka pun jatuh sakit dan membutuhkan perawatan.
    • Kehamilan atau persalinan: Meskipun dalam kondisi hamil, seorang wanita masih tetap bisa melaksanakan ibadah umroh. Hanya saja, risiko kelelahan tetap tak bisa dihindarkan. Perawatan ibu hamil selama umroh ini juga masuk dalam cakupan pertanggungan asuransi kesehatan semasa umroh.
    • Sakit gigi: Kondisi kesehatan gigi memang tak bisa diprediksi. Terkadang, pada kondisi tertentu sakit gigi bisa tiba-tiba datang dan membutuhkan pertolongan dengan segera. Pasalnya, sakit gigi termasuk yang tak boleh disepelekan karena bisa berakibat fatal.
  2. Manfaat untuk Kondisi Umum

    Asuransi kesehatan semasa umroh sejatnya memberikan perlindungan secara menyeluruh pada kondisi kesehatan pesertanya selama menjalankan ibadah di tanah suci. Hal tersebut tentu saja mencakup berbagai kondisi umum, seperti:

    • Cacat permanen karena kecelakaan.
    • Cedera karena kecelakaan.
    • Kematian, baik karena bencana alam maupun kecelakaan.
    • Kondisi darurat pada penyakit bawaan, seperti jantung, ginjal, hipertensi, dan sebagainya.
    • Pengurusan jenazah termasuk juga proses pemulangan jenazah ke negara asal.
    • Biaya kunjungan salah satu anggota keluarga pemegang polis untuk menemani pemegang polis yang sakit hingga sembuh.
    • Perlindungan rumah yang ditinggal pergi.
  3. Manfaat Kompensasi perjalanan

    Perjalanan umroh memerlukan waktu yang tak sebentar. Karena jaraknya yang jauh, tak jarang perjalanan pun menemui beberapa kendala seperti cuaca, kondisi pesawat, bahkan human error. Di situasi inilah asuransi perjalanan umroh dibutuhkan, yaitu:

    • Kompensasi keterlambatan penerbangan: Setiap penerbangan tentu sudah memiliki jadwal tersendiri. Namun, karena satu dan lain hal, beberapa penerbangan harus mengalami keterlambatan. Hal ini tentu merugikan karena artinya penumpang harus menunggu lebih lama lagi di bandara.
    • Kompensasi pembatalan penerbangan: Seperti halnya keterlambatan penerbangan, maskapai juga tak bisa menghindari risiko pembatalan penerbangan karena berbagai alasan. Ini bergantung pada beberapa kondisi yang tak bisa diatasi, sehingga demi kenyamanan dan keselamatan bersama, penerbangan un terpaksa harus dibatalkan.
      Kondisi seperti ini masuk ke dalam cakupan pertanggungan asuransi selama perjalanan umroh. Jadi, calon jamaah tak perlu merasa risau karena pasti mendapat pertanggungjawaban penuh. Jadi, risiko kerugian pun bisa lebih diminimalisir.

Baca juga: Penghasilan Bukan Halangan, Ini Cara Menabung untuk Umrah dan Simulasi Perhitungannya

Lakukan Persiapan Secara Maksimal untuk Perjalanan Umroh yang Aman dan Lancar

Melakukan perjalanan umroh memang memerlukan persiapan yang tak sebentar. Selain barang bawaan, kondisi fisik dan mental menjadi hal yang tak boleh disepelekan. Pasalnya, selama berada di sana ada banyak rangakian ibadah yang harus dilakukan akan sangat menguras tenaga serta pikiran.

Untuk itu, ada baiknya melakukan persiapan maksimal sebelum keberangkatan ke tanah suci. Dengan membekali diri dengan barang bawaan yang lengkap serta tak lupa juga mendaftar asuransi, membuat perjalan umroh akan terasa lebih aman. Dengan cara ini, maka ibadah umroh pun bisa berjalan lancar.