Pentingnya Memahami Apa Itu PHBS dan Penerapannya di Kehidupan Sehari-Hari

Gaya hidup sehat sudah sepatutnya menjadi kebiasaan yang harus dilakukan oleh masyarakat setiap harinya. Selain mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit, mencanangkan gaya hidup sehat juga mampu menumbuhkan sikap untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Tidak sulit sebenarnya untuk bisa membiasakan diri memiliki gaya hidup sehat. Yang menjadi masalah adalah tak sedikit orang yang sering kali terlupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya sendiri akibat aktivitas sehari-hari yang menyibukkan. Alhasil, kebiasaan tersebut lama kelamaan semakin memudar dan akhirnya semakin jarang untuk dipraktikkan.

Itulah mengapa penerapan dari PHBS (singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) perlu digaungkan lagi kepada masyarakat secara menyeluruh. Dengan menerapkan PHBS, seseorang akan lebih mampu untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri bersama keluarga, serta menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Namun, apa sih yang dimaksud dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini? Selebihnya, manfaat apa saja yang bisa didapatkan? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak ulasan mengenai apa itu PHBS dan penerapannya di kehidupan sehari-hari berikut ini. 

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!

Apa Itu PHBS?

loader

Apa Itu PHBS?

PHBS adalah gerakan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Penerapan PHBS ini bisa dilakukan di berbagai lingkungan, termasuk rumah tangga, tempat kerja, sekolah, ataupun masyarakat umum.

PHBS di keluarga/rumah tangga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan agar semua anggota keluarga memahami, bersedia, serta mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Sedangkan untuk definisi PHBS di sekolah adalah sebuah usaha pembinaan serta pengenalan tentang pentingnya memiliki gaya hidup sehat dan bersih pada seluruh pelajar di sekolah serta kegiatan harus dilakukan guna mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, ada pula definisi PHBS untuk lingkungan tempat kerja, yakni upaya untuk mengenalkan serta memberdayakan seluruh orang yang berprofesi atau bekerja di tempat kerja atau kantor agar semaksimal mungkin menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Di samping itu, penerapan PHBS di tempat kerja ini juga mampu mendorong para pekerja untuk turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat.

Manfaat Penerapan PHBS Secara Umum

Jika rutin dijalankan di kehidupan sehari-hari, penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mampu memberikan beragam manfaat. Sederet manfaat dari menerapkan PHBS adalah:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Akibat Infeksi

    Penerapan PHBS memiliki sejumlah tujuan, salah satunya adalah menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Dengan rutin membiasakan gaya hidup yang sehat dan bersih, kamu akan terhindar dari risiko serangan berbagai macam bakteri, virus, parasit, hingga jamur yang menginfeksi tubuh dan menyebabkan penyakit.

  2. Mendorong Produktivitas

    Tak dapat dipungkiri jika tubuh yang sehat serta lingkungan yang terjaga kebersihannya mampu meningkatkan produktivitas seseorang dan masyarakat di sekitarnya. Dengan menjaga tubuh agar tetap sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, proses belajar, bekerja, dan aktivitas lainnya akan terasa lebih nyaman untuk dilakukan. Jadi, jika kamu merasa kurang bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari, akar permasalahannya mungkin karena kurang menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar.

  3. Mendorong Tumbuh Kembang Buah Hati

    Penerapan PHBS di keluarga atau lingkungan rumah terbukti mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Bahkan, penerapan gaya hidup sehat tersebut juga mampu menurunkan risiko terjadinya stunting pada anak. 

    Dengan menjaga kebersihan, anak akan terjaga dari risiko serangan bakteri atau virus penyebab masalah kesehatan. Hal tersebut juga menjadi poin penting yang memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak, terutama yang masih berada di usia dini. 

  4. Menjaga Keindahan serta Kebersihan Lingkungan

    Lingkungan yang asri, bersih, dan hijau tentu akan memberikan rasa nyaman kepada setiap orang yang tinggal di sekitarnya. Oleh sebab itu, seluruh anggota masyarakat harus turut serta dalam menerapkan PHBS ini guna kebersihan lingkungan senantiasa terjaga. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam penerapan PHBS ini meliputi, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan sungai dan aliran air lainnya, dan juga melakukan penghijauan melalui penanaman pohon di area sekitar rumah. 

Manfaat Menerapkan PHBS Berdasarkan Tempat

Selain manfaat umum di atas, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga mampu memberikan manfaat sesuai dengan tempat penerapannya. Sebagai contoh:

Sekolah

Menciptakan lingkungan belajar mengajar yang sehat dan bersih. Selain itu, seluruh masyarakat sekolah, baik itu, siswa, penjaga kantin, guru, sampai kepala sekolah akan menjadi lebih sehat, serta mampu menjalankan aktivitasnya dengan lebih baik.

Keluarga

Mampu mendorong anggota keluarga untuk mampu lebih produktif menjalankan berbagai kegiatan sehari-harinya.

Kantor atau Tempat Kerja

Kesehatan yang terjaga untuk para pekerjanya sehingga mampu meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja.

Lingkup Bermasyarakat

Menciptakan lingkungan publik yang bersih, sehat, serta minim risiko serangan penyakit atau wabah. 

Baca Juga: Cara Sehat di Masa Depan dengan Sehat Mulai dari Sekarang

10 Poin Penting yang Harus Dipahami dalam Menerapkan PHBS

Demi program PHBS mampu dijalankan dengan optimal, masyarakat diharuskan untuk menerapkan poin penting di dalamnya, antara lain:

  • Proses melahirkan bayi harus dibantu tenaga kesehatan.
  • Bayi diberi asi eksklusif dalam jangka waktu 6 bulan pertama dan diikuti oleh pemberian asupan pendamping apabila bayi telah menginjak usia 2 tahun.
  • Menimbang berat tubuh bayi 3 bulan sekali.
  • Selalu menggunakan air bersih.
  • Mencuci tangan menggunakan sabun agar bakteri dan kuman dapat dihilangkan.
  • BAB dan BAK di toilet.
  • Memberantas jentik agar nyamuk tak bisa berkembang biak.
  • Mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin A dengan skala yang terukur.
  • Rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya.
  • Tak merokok dalam lingkup indoor atau rumah.

Tujuan dari Penerapan PHBS

Setiap poin dalam penerapan PHBS dibuat untuk mencapai tujuan umum, yakni agar masyarakat dapat menerapkan seluruh kegiatan kesehatan pada semua tatanan kehidupan. Sebagai contoh, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mampu diterapkan pada hal yang kecil hingga hal yang besar di lingkungan apapun secara luas. Sementara itu, tujuan khusus PHBS adalah untuk menambah pengetahuan, kemampuan, dan juga keinginan dalam melaksanakan program tersebut bagi masyarakat. 

Manfaat Menerapkan PHBS pada Bidang Layanan Kesehatan

Gaya hidup bersih dan sehat saat diterapkan dengan baik dan optimal pada lingkup unit layanan kesehatan mampu memberi dampak positif, tak hanya bagi tenaga medis, namun juga pasien, keluarga, dan pengunjungnya. Melalui penerapan PHBS yang terpadu, seluruh pihak yang berada di fasilitas kesehatan tersebut akan lebih kecil risikonya untuk terserang penyakit maupun penularannya. 

Kesehatan merupakan poin utama dan penting pada kehidupan berkeluarga. Tidak hanya itu, melalui proses sosialisasi mengenai PHBS, pelayanan pada bidang kesehatan pun akan semakin berkembang. Inilah manfaat PHBS yang tidak boleh dipandang sebelah mata pada bidang pelayanan kesehatan. 

Pentingnya Pemerataan Penerapan PHBS di Masyarakat

Meskipun memiliki manfaat dan tujuan yang positif, faktanya penerapan PHBS di kalangan masyarakat masih belum maksimal dan merata. Khususnya di beberapa wilayah pelosok Indonesia, penerapan PHBS bisa dibilang masih mempunyai sejumlah kendala, antara lain, keberadaan air bersih yang masih kurang, fasilitas sanitas masih belum terpadu, serta pelayanan kesehatan belu memadai. 

Meski begitu, kendala tersebut ternyata tak hanya terjadi di area pelosok saja. Walaupun pelayanan kesehatan serta akses informasi di wilayah perkotaan lebih terpadu, masih ada saja kelompok masyarakat tertentu yang belum menyadari pentingnya penerapan PHBS di kehidupan sehari-hari ini. 

Melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, akan ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa dirasakan oleh diri sendiri, keluarga, serta lingkungan sekitar. Jadi, penerapan perilaku sehat dan bersih ini perlu dimulai dari diri sendiri dan menjadi contoh kepada orang lain agar terdorong untuk ikut serta menerapkannya. 

Kalau Bukan Kita yang Memulai Penerapan PHBS, Siapa Lagi?

Itulah pengertian PHBS serta segala hal penting yang berkaitan dengannya. Hal-hal di atas perlu dipahami karena mampu memberikan segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Ayo mulai terapkan perilaku hidup sehat dan bersih ini di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 12 Indikator Keluarga Sehat Menurut Kementrian Kesehatan RI!