Pentingnya Miliki Asuransi Melahirkan, Ini Detail Jenis, Manfaat, dan Biayanya

Siapa bilang jika jenis asuransi yang bisa dipilih oleh masyarakat dan berguna untuk melindungi hanya asuransi kesehatan dan jiwa saja? Pada dasarnya, semua jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi menawarkan perlindungan dan proteksi yang amat bermanfaat bagi pemiliknya. Akan tetapi, karena kurang memahami jenis-jenis apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, tak sedikit orang ketinggalan manfaat dari beragam produk asuransi.

Salah satunya adalah asuransi melahirkan yang pada kenyataannya sudah cukup banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Melalui produk asuransi tersebut, nasabah mampu mendapatkan jaminan pelayanan medis pada proses melahirkannya. Pemilihan asuransi untuk melahirkan ini pun bisa disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan keluarga. 

Yang menjadi pertanyaan adalah, apa itu asuransi melahirkan? Juga, hal-hal apa saja yang perlu diketahui terkait jenis, manfaat, biaya premi, dan cara pengajuan klaim pada produk asuransi tersebut? Nah, pertanyaan tersebut bisa kamu temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: Persiapan Biaya Melahirkan, Sebaiknya Pilih Menabung atau Gunakan Asuransi?

Apa Itu Asuransi Melahirkan?

loader

Apa Itu Asuransi untuk Melahirkan?

Asuransi melahirkan, atau bisa juga disebut asuransi kehamilan atau asuransi persalinan adalah produk asuransi yang mampu menanggung segala biaya dari proses kehamilan sampai persalinan. Bentuk proteksi dan manfaat yang diberikan adalah mengurangi besarnya biaya medis terkait kehamilan, seperti, pemeriksaan, biaya persalinan, hingga tanggungan tarif medis saat keguguran. 

Biasanya, asuransi kehamilan mempunyai masa tunggu 12 bulan sebelum nasabah mampu mendapatkan manfaat pertanggungannya. Meski begitu, ada pula sejumlah perusahaan atau penyedia asuransi yang menawarkan opsi produk dengan manfaat asuransi tanpa periode tunggu. Jadi, nasabah tetap bisa mendapatkan proteksi sesuai polis kapan saja dibutuhkan. 

Seberapa Penting Peran Asuransi Khusus Melahirkan?

Selayaknya produk asuransi lainnya, asuransi melahirkan memiliki peran untuk menjamin terpenuhinya segala biaya yang dibutuhkan pada proses kehamilan serta persalinan. Karenanya, asuransi ini penting untuk diajukan bagi nasabah yang sudah berencana untuk melakukan proses persalinan dengan menentukan HPL. 

Terlebih lagi biaya persalinan normal ataupun Caesar yang cukup mahal, berkisar 5 juta sampai 20 juta Rupiah, calon orang tua tentu perlu menyiapkan semaksimal mungkin penyambutan buah hatinya tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan asuransi kehamilan.

Jenis-Jenis Asuransi Melahirkan

  1. Asuransi Jiwa Melahirkan

    Asuransi ini menyediakan uang pertanggungan atau santunan apabila risiko komplikasi saat persalinan terjadi. Sebagai contoh, bayi meninggal dunia atau lahir cacat.

  2. Asuransi Kesehatan Swasta

    Jenis asuransi kehamilan ini memberikan proteksi berupa biaya persalinan, baik normal maupun Caesar, biaya NICU, biaya keguguran, serta pemeriksaan guna mencegah terjadinya risiko komplikasi. 

Manfaat Memiliki Asuransi Melahirkan

loader

Manfaat Memiliki Asuransi Khusus Melahirkan

  1. Menurunkan Angka Kematian pada Bayi

    Tak dapat dimungkiri jika biaya persalinan bagi sebagian orang tergolong mahal dan sulit untuk dipenuhi. Karena alasan tersebut, beberapa calon ibu terpaksa menggugurkan kandungannya karena tak sanggup menanggung tagihan persalinan. Dengan menyiapkan asuransi melahirkan, masalah tersebut bisa diatasi karena besarnya biaya persalinan akan dijamin oleh penyedia atau perusahaan asuransi dan menghilangkan rasa khawatir pada calon orang tua.

  2. Meringankan Beban Biaya Persalinan

    Tidak hanya soal biaya saat persalinan saja, asuransi melahirkan juga menyediakan proteksi pada biaya sebelum serta sesudah persalinan. Dengan begitu, nasabah mampu merasakan kenyamanan untuk melakukan check up maupun treatment guna mempersiapkan persalinan atau menjamin kesehatan pasca operasi melahirkan. Yang penting, cermati apa saja manfaat yang diberikan perusahaan asuransi serta pastikan jika semuanya sesuai kebutuhan serta klaim yang diajukan. 

  3. Menjamin Fasilitas Persalinan

    Persalinan membutuhkan prosedur medis yang baik agar keselamatan calon ibu dan buah hatinya terjamin. Melalui asuransi melahirkan, kamu bisa menjamin bahwa setiap fasilitas persalinan yang didapatkan tertunjang dengan optimal. 

Baca Juga: Ini Dia Pilihan Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Wanita

Daftar Perusahaan yang Tawarkan Asuransi Melahirkan Terbaik

Tak sedikit perusahaan asuransi ternama di Indonesia sudah menawarkan produk asuransi melahirkan dengan perlindungan optimal. Berikut adalah beberapa perusahaan asuransi yang tawarkan produk asuransi melahirkan terbaik di Indonesia.

  • Prudential

    Bertajuk PRUMy Child, polis asuransi kehamilan ini berdiri sendiri atau bukan termasuk rider. Nasabah dapat memperoleh perlindungan asuransi persalinan ini tanpa perlu membeli asuransi dasarnya lebih dulu sehingga lebih fleksibel untuk kebutuhan persalinan. Manfaat dari produk asuransi ini antara lain pertanggungan atas janin dan ibu selama masa kehamilan, manfaat komplikasi yang terjadi pada ibu (pra dan pasca-melahirkan), perawatan inkubator/ICU/HDU, dan masih banyak lagi.

  • Manulife

    Asuransi kehamilan dari Manulife adalah polis tambahan pada asuransi kesehatannya. Manfaat asuransi kehamilan ini adalah biaya pertanggungan untuk persalinan normal maupun Caesar, penggantian biaya rawat inap, dan biaya perawatan komplikasi kehamilan. 

Tarif Premi Asuransi Melahirkan

Nominal premi pada asuransi melahirkan beragam tergantung dari kebijakan dan kelengkapan polisnya. Namun, umumnya asuransi ini ditawarkan sebagai tambahan atau disebut rider. Oleh karena itu, jika mau mendapatkan proteksi, nasabah perlu lebih dulu membeli asuransi dasar, walaupun ada pula beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi melahirkan sebagai produk sendiri. 

Polis pada Asuransi Melahirkan

Mengenai polisnya, perusahaan asuransi yang tawarkan asuransi hamil dan melahirkan juga memiliki aturan yang bervariasi. Biasanya, agar bisa mengajukan asuransi kehamilan, syarat yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Berusia 18 sampai 40 tahun.
  • Umur kehamilan 20 minggu sampai 32 minggu.
  • Pasca tertanggung menjalani persalinan, secara otomatis masa pertanggungan dari asuransi akan berakhir.
  • Jika komplikasi kelahiran atau kehamilan terjadi, proteksi asuransi akan tetap aktif hingga 30 hari pasca bayi dilahirkan.
  • Untuk masa pertanggungan pada bayi mulai dari 20 minggu saat di dalam kandungan dan bisa diperpanjang hingga umur 99 tahun.
  • Aktivitas underwriting mengacu terhadap hasil dari USG 2 dimensi di usia kehamilan 20 minggu atau lebih. 

Cara Klaim Asuransi Melahirkan

Bagi nasabah asuransi kehamilan yang ingin mengajukan klaim perlindungan, langkah yang perlu dilakukan sebenarnya tidak jauh berbeda dari produk asuransi pada umumnya. Mengenai klaim reimbursement, nasabah perlu menyiapkan sejumlah formulir pengajuan klaim dan dokumen pendukung, lalu mengirimkannya ke pihak perusahaan asuransi. Proses verifikasi klaim biasanya membutuhkan waktu sekitar 14 hari.

Beberapa berkas yang perlu dilampirkan saat proses klaim reimbursement asuransi kehamilan adalah sebagai berikut.

  • Kuitansi asli terkait rincian biaya perawatannya.
  • Rincian obat yang digunakan selama perawatan medis.
  • Resume medis dari dokter yang melakukan perawatan.
  • Fotokopi laporan laboratorium serta penunjang lainnya.
  • Materai.

Sedangkan untuk jenis klaim cashless, pemegang polis hanya harus menunjukkan kartu nasabah asuransi serta KTP pada pihak administrasi mitra rumah sakit. Kemudian, proses klaim bisa langsung dilakukan. 

Jangan Sepelekan Pentingnya Asuransi Melahirkan Demi Persalinan yang Aman dan Lancar

Walaupun masih kurang begitu dikenal oleh masyarakat secara umum, asuransi untuk melahirkan atau kehamilan adalah produk asuransi dengan manfaat proteksi yang begitu penting. Banyak dijadikan sebagai pelengkap dari asuransi dasar, asuransi ini bisa dengan mudah diajukan saat dibutuhkan. Oleh karena itu, jangan sepelekan pentingnya memiliki jenis asuransi ini demi mampu melalui proses persalinan dengan aman dan lancar.  

Baca Juga: Siapkan Asuransi Kesehatan untuk Bayi Anda Sejak Dini