Ini 27 Film Animasi Terpopuler dari Pixar Animation, Ada yang Jadi Favorit Kalian?

Sebagai penikmat film animasi , tentu mengetahui salah satu rumah produksi asal Amerika Serikat yang terkenal satu ini melalui karya-karyanya di layar lebar, yakni Pixar Animation Studios. Berdiri sejak 1979, Pixar hingga kini telah memproduksi sebanyak 27 film kartun yang menghibur anak kecil hingga dewasa, mulai dari film pertamanya yang berjudul Toy Story (1995) hingga terbaru Elemental (2023).

Sejak 2006, Pixar secara resmi menjadi anak perusahaan dari Walt Disney Studios yang merupakan sebuah divisi dari Disney Entertainment yang dimiliki oleh The Walt Disney Company. Pada saat itu, Disney membeli Pixar senilai $7,4 miliar.

Kebanyakan film-film animasi yang diproduksi oleh Pixar pun sangat terkenal atau populer di semua kalangan masyarakat, sehingga tak heran kalau Pixar telah mengantongi sejumlah penghargaan, diantaranya 23 Academy Awards, 10 Golden Globe Awards, dan 11 Grammy Awards. Lantas apa saja film terpopuler Pixar? Berikut adalah rangkumannya.

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

1. Toy Story (1995)

loader
Toy Story via hotstar.com

Toy Story merupakan film animasi komputer pertama yang diproduksi oleh Pixar pada 22 November 1995. Film yang mengisahkan kehidupan mainan yang bisa hidup ini berhasil meraup keuntungan sebanyak $394 juta atau sekitar Rp5,9 triliun, serta banyak meraih nominasi di ajang Academy Awards.

2. A Bugs Life (1998)

loader
A Bugs Life via hotstar.com

Setelah sukses dengan Toy Story, Pixar kembali meluncurkan film animasinya yang berjudul A Bugs Life. Kartun ini mengisahkan tentang kehidupan seekor serangga, yakni semut bernama Flik yang menjadi pejuang untuk menyelamatkan koloninya dari serangan sekelompok belalang.

3. Toy Story 2 (1999)

loader
Toy Story 2 via hotstar.com

Pixar kembali melanjutkan petualangan kehidupan para mainan Andy pada sekuel keduanya. Kali ini, mereka dihadapkan dengan masalah baru, yakni ketika Woody dicuri oleh salah satu kolektor mainan dan saat itu Buzz Lightyear beserta teman-temannya berusaha menyelamatkan Woody.

4. Monsters Inc (2001)

loader
Monster Inc via empireonline.com

Film animasi Pixar satu ini memiliki genre komedi yang ceritanya berfokus pada dua karakter, yakni bernama Sulley yang merupakan monster berbulu biru serta rekannya bernama Mike yang bermata satu berwarna hijau. Mereka pun hidup di sebuah kota Monstropolis yang memanfaatkan jeritan anak manusia untuk mendapatkan energi.

5. Finding Nemo (2003)

loader
Finding Nemo via hotstar.com

Film Pixar berikutnya datang dari petualangan keluarga ikan yang mencari anggota keluarganya bernama Nemo yang hilang dan tersesat. Hal tersebut membuat sang ayah khawatir, dan meminta bantuan para kawanannya, termasuk salah satu ikan bernama Dory untuk menemukan Nemo.

6. The Incredibles (2004)

loader
The Incredibles via disney.id

The Incredibles merupakan film yang mengisahkan tentang sebuah keluarga yang masing-masing memiliki kekuatan dan menjadi superhero untuk menumpaskan kejahatan di dunia. Animasi yang digarap oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures ini pun memiliki sekuel hingga The Incredibles 2.

Baca Juga:  Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!

7. Cars (2006)

loader
Cars via cinemags.org

Bertempat di dunia yang seluruhnya dihuni oleh mobil berbicara dengan kendaraan lain, Cars mengisahkan tentang perjalanan mobil balap yang ambisius bernama Lightning McQueen. Dalam perjalanannya menuju ajang balapan terbesar, ia justru terdampar di sebuah kota kumuh bernama Radiator Springs.

8. Ratatouille (2007)

loader

Film Pixar ini menceritakan tentang seekor tikus bernama Remy yang memiliki indera perasa dan penciuman sangat tinggi, dan bercita-cita menjadi koki seperti idola manusianya yang bernama Auguste Gusteau. Bersama dengan Alfredo Linguini, ia menciptakan makanan-makanan yang sangat lezat.

9. WALL-E (2008)

loader
Wall-E via pixar.com

WALL-E merupakan salah satu film animasi yang populer dan juga mengedukasi para penontonnya, terutama anak-anak. Film ini menceritakan mengenai Robot Waste Allocation Load Lifter: Earth Class (WALL-E) yang tertinggal sendiri di bumi setelah seluruh manusia dievakuasi ke luar angkasa. 

10. Up (2009)

loader
Up via hotstar.com

Film animasi populer lainnya dari Pixar adalah berjudul Up yang mengangkat kisah antara pria tua yang berusia 70 tahun bernama Carl Fredricksen yang bertemu dengan anak kecil berusia 8 tahun bernama Russell di kediamannya karena ingin mendapatkan sebuah lencana prestasi dari tugas sekolahnya.

11. Toy Story 3 (2010)

loader
Toy Story 3 via hotstar.com

Kisah perjalanan para mainan milik Andy berlanjut hingga dirinya siap untuk berkuliah. Saat itu, ia sudah jarang bermain dengan mainannya hingga bertahun-tahun lamanya, dan ingin menyimpan mainan-mainan tersebut, dan meletakkannya di gudang atas rumah.

12. Cars 2 (2011)

loader
Cars 2 via hotstar.com

Perjalanan mobil balap bernama Lightning McQueen masih dilanjutkan dan disajikan Pixar dalam film berjudul Cars 2. Pada sekuel kedua ini, McQueen dan rekan-rekannya, yakni Mater, Luigi, Guido, Fillmore dan Sarge berangkat menuju Jepang untuk mengikuti kompetisi Grand Prix Dunia.

13. Brave (2012)

loader |
Brave via hotstar.com

Film animasi dari Pixar yang satu ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Merida yang mempunyai pendirian teguh untuk tidak menjadi seorang putri kerajaan, hingga orang tuanya mencarikan pasangan untuknya. Dari situ, petualangan Merida pun dimulai.

14.  Monster University (2013)

loader
Monster University via bbc.com

Salah satu monster bermata satu yang bernama Mike memutuskan untuk mendaftarkan diri masuk Monster University demi mempelajari bagaimana cara-cara menakuti manusia. Di situ, ia bertemu dengan rekannya, yakni Sulley dan membuat keduanya bersaing demi menjadi monster paling menakutkan.

15. Inside Out (2015)

loader
Inside Out via hotstar.com

Inside Out merupakan salah satu film animasi Pixar yang terbaik dan terpopuler. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak berusia 12 tahun bernama Riley yang mencoba berjuang untuk mengatasi segala bentuk emosi yang dirasakannya pada saat remaja. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Serial dan Film Animasi Kartun Terbaik, Jadi Favorit Anak-anak!

16. The Good Dinosaur (2015)

loader
The Good Dinosaur via jonnegroni.com

The Good Dinosaur menceritakan bagaimana perjuangan seorang anak dinosaurus yang bernama Arlo yang tersesat di sebuah sungai dan harus menemukan jalan kembali ke rumahnya. Ketika tengah menyusuri jalan untuk kembali ke rumahnya, Arlo bertemu dengan seorang anak bernama Spot yang ingin membantu Arlo untuk menemukan jalan kembali ke kediamannya. 

17. Finding Dory (2016)

loader
Finding Dory via hotstar

Dory yang sudah berhasil menyelamatkan rekannya, yakni Nemo suatu hari teringat akan orang tuanya. Kemudian, Dory pun berupaya untuk berjuang untuk menemukan keberadaan orang tuanya, namun ingatan jangka pendek menjadi salah satu halangannya dalam melakukan perjalanan tersebut.

18. Cars 3 (2017)

loader

Sekuel ketiga dalam film Cars ini mengisahkan kelanjutan kehidupan dari pembalap mobil Lightning McQueen yang hampir tersingkir dengan adanya generasi baru mobil balap. Akhirnya, ia pun meminta bantuan kepada seorang teknisi bernama Cruz Ramirez untuk memenangkan kompetisi Florida 500.

19. Coco (2017)

loader
Coco via hotstar.com

Film Pixar yang juga sangat populer selanjutnya adalah berjudul Coco yang menceritakan kisah seorang anak remaja bernama Miguel yang menjalani hidupnya dengan dua hal berbeda, yakni mengikuti kecintaannya terhadap dunia musik atau menghormati sejarah yang dimiliki oleh keluarganya. Di tengah keinginannya itu, ia justru mengalami hal magis, yakni masuk ke dalam dunia lain yang merupakan tanah kematian dan bertemu dengan keluarganya yang sudah meninggal.

20. Incredibles 2 (2018)

loader
Incredibles 2 via hotstar.com

Perjalanan keluarga superhero kembali dilanjutkan pada sekuel keduanya, namun kali ini ada yang sedikit berbeda ceritanya. Petualangan keluarga superhero untuk memberantas kejahatan pada film ini hanya dilakukan oleh Helen atau Elastigirl, sementara sang suami, yakni Bob lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama ketiga anak mereka.

21. Toy Story 4 (2019)

loader
Toy Story 4 via hotstar.com

Pixar kembali melanjutkan film Toy Story hingga sekuel keempat 4 yang mengisahkan Woody dan sekelompok mainan lainnya mendapatkan petualangan baru bersama dengan pemilik barunya bernama Bonnie setelah Andy beranjak dewasa. Dalam sekuel ini, Woody dan teman-temannya mengalami kisah menarik lainnya dengan mainan baru Bonnie berupa garpu berbahan plastik bernama Forky yang merasa tidak layak disebut sebagai mainan.

22. Onward (2020)

loader
Onward via hotstar.com

Film Pixar selanjutnya ini menceritakan tentang dua orang saudara bernama Ian dan Barley Lightfoot yang hidup di zaman modern. Namun, kedua orang remaja tersebut justru melakukan perjalanan seru dan juga penuh dengan rintangan yang mustahil untuk menemukan artefak peninggalan mendiang sang ayah.

Baca Juga:  12 Film Animasi Natal Terbaik, Cocok Banget Ditonton Bareng Keluarga Nih!

23. Soul (2020)

loader
Soul via hotstar.com

Seorang guru musik paruh waktu di sebuah sekolah yang juga memiliki impian menjadi musisi jazz ternama bernama Joe Gardner mengalami perjalanan hidup yang sangat terduga ketika jiwanya terpisah dengan tubuhnya. Ia pun melalui berbagai macam kejadian untuk menemukan cara kembali pada tubuhnya.

24. Luca (2021)

loader

Kisah persahabatan antara dua anak remaja laki-laki yang merupakan monster laut, yakni Luca Paguro dengan Alberto Scorfano tertuang dalam film produksi Pixar ini. Petualangan seru keduanya semakin berlanjut, apalagi ketika Luca menemani Alberto yang memiliki keinginan untuk berkeliling dan mengeksplor daratan yang indah.

25. Turning Red (2022)

loader
Turning Red via hipwee.com

Pixar tidak kehabisan ide untuk menyuguhkan cerita yang unik dan seru lainnya, salah satunya adalah Turning Red. Animasi ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Mei Lee berusia 13 tahun yang berubah menjadi seekor panda besar berwarna merah ketika dirinya tidak bisa mengendalikan emosi.

26. Lightyear (2022)

loader
Lightyear via hotstar.com

Animasi yang digarap oleh Disney ini merupakan spin-off dari film Toy Story yang dirilis pada 2022 lalu. Lightyear menceritakan mengenai karakter Buzz Lightyear, namun dalam film ini ia menjadi seorang manusia yang beroperasi di ruang angkasa dan bukan sebagai mainan seperti yang ada di dalam karakter Toy Story.

27.  Elemental (2023)

loader
Elemental via disney.id

Elemental merupakan film terbaru hasil produksi oleh Pixar dengan  mengisahkan seorang wanita yang hidup dengan elemen api bernama Ember yang memiliki sifat tangguh, cerdas dan berapi-api. Ia kemudian bersahabat dengan seorang pria berelemen air bernama Wade yang memiliki sifat menyenangkan namun melankolis.

Mana Saja yang Sudah Kamu Tonton?

Puluhan film yang diproduksi oleh Pixar tersebut merupakan animasi atau kartun yang terbilang populer di semua kalangan masyarakat, dan bahkan banyak yang sangat melekat di ingatan. Dari antara film-film yang sudah diuraikan di atas tersebut, judul apa saja yang sudah kalian tonton?

Baca Juga:  Rekomendasi Film Keluarga Terbaik 2023