Cara Menulis di Wattpad dan Mendapatkan Uang dengan Mudah

Wattpad adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menuangkan berbagai ide kreatif dalam bentuk tulisan yang menarik. Pengguna bisa dengan mudah mengakses Wattpad web dan menuliskan berbagai cerita mereka dalam bentuk sebuah buku/ novel.

Cerita Wattpad sangat beragam bahkan berbagai genre tulisan bisa ditemukan dalam aplikasi yang satu ini, mulai dari cerita fiksi hingga cerita romantis yang kerap menguras emosi bisa ditemukan dengan mudah.

Dikenal sebagai aplikasi yang mudah untuk digunakan, Wattpad Indonesia memiliki jumlah pengguna yang terbilang banyak. Proses pendaftaran yang mudah juga menjadi salah satu alasan di balik hal tersebut, sebab hanya dalam beberapa menit saja akun Wattpad sudah bisa diaktifkan dan digunakan dengan cepat.

Baca juga: Kangen Travelling? Yuk Baca 10 Buku Ini untuk Obati Rindu Jalan-Jalan di Musim Pandemi

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Apa Itu Wattpad?

loader

Aplikasi Wattpad

Membaca novel Wattpad sudah menjadi hobi untuk sebagian orang, sebab aplikasi ini menyajikan banyak cerita fiksi menarik. Para pecinta novel dan bacaan ringan lainnya bisa menemukan banyak cerita di Wattpad dan bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja mereka menginginkannya.

Wattpad adalah aplikasi yang menjadi “tempat” bagi para penulis untuk berkreasi dan menuangkan berbagai ide mereka dalam bentuk tulisan yang menarik. Bukan hanya penulis profesional, Wattpad novel ini juga sangat ramah bagi para penulis pemula yang baru akan menekuni dunia menulis itu sendiri.

Pada awalnya, aplikasi yang satu ini hanya bisa diakses lewat website-nya saja. Namun, seiring dengan perkembangannya, novel Wattpad kini hadir dalam bentuk aplikasi yang lebih praktis. Hal ini tentu akan memudahkan pembaca untuk menikmati bacaan kesukaan mereka dengan lebih leluasa dari sebelumnya.

Wattpad novel tidak hanya menawarkan bacaan dalam bentuk novel fiksi saja, namun juga beragam tulisan lainnya. Di aplikasi ini, para pembaca bisa menikmati berbagai macam karya, seperti; puisi, resensi buku, artikel, cerpen, dan yang lainnya.

Tak hanya membaca saja, pengguna novel Wattpad juga bisa menulis dan menuangkan berbagai ide tulisan mereka dengan sangat leluasa di aplikasi yang populer ini. Para pengguna bisa belajar cara menulis di Wattpad dan mendapatkan uang dari setiap karya yang dihasilkannya.

Hal ini juga akan membuka peluang untuk mendapatkan kesempatan bertemu dengan orang-orang yang bekerja di industri buku itu sendiri. Jika sudah begini, kesempatan menerbitkan novel secara profesional melalui penerbit mayor tentu akan terbuka lebar.

Jika selama ini hanya menjadikan menulis sebagai hobi saja, tidak ada salahnya untuk menekuni bidang tersebut sebagai sumber penghasilan. Pelajari cara menulis di Wattpad dan mulailah berkarya, agar keinginan menjadi penulis profesional bisa diwujudkan.

Baca juga: 5 Manfaat Membaca Buku ketika di Rumah selama Musim Pandemik Covid-19

Bagaimana Cara Membuat Akun di Wattpad?

Sebelum menulis novel Wattpad, pengguna tentu harus memiliki akun terlebih dahulu di aplikasi ini. Cukup lakukan pendaftaran dengan mudah, maka aplikasi ini sudah bisa diakses dengan leluasa, termasuk untuk menulis dan mendapatkan uang.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membuat akun di aplikasi Wattpad.

  1. Unduh aplikasi Wattpad melalui layanan PlayStore secara gratis.
  2. Buka aplikasi Wattpad pada smartphone.
  3. Lakukan pendaftaran dengan mengetikkan alamat email dan verifikasi akun. Pastikan email yang digunakan masih valid, sebab email tersebut akan dibutuhkan untuk proses verifikasi.
  4. Lengkapi semua data yang diminta dan pastikan semua kolom terisi dengan baik.
  5. Jika semua data sudah terisi, maka pilih menu “Daftar” yang terdapat pada sisi bawah halaman utama.
  6. Jika pendaftaran sudah berhasil, maka buka menu “pengaturan” dan mulailah melengkapi profil dengan baik. Pastikan untuk membuat profil yang menarik dan tentunya terlihat profesional.
  7. Jangan lupa untuk membuat bio dan juga gambar profil untuk membuat akun Wattpad ini lebih menarik lagi.
  8. Jika sudah menyelesaikan semua tahap di atas, maka akun Wattpad sudah aktif dan siap digunakan untuk menghasilkan uang.

Wattpad adalah aplikasi yang digunakan oleh banyak orang, di mana para penulis profesional dan calon penulis bisa berkarya. Tidak perlu malu untuk memulai aktifitas di Wattpad novel, sebab aplikasi ini memang dibuat untuk bisa digunakan oleh semua orang, termasuk penulis pemula sekalipun.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki jumlah pembaca yang banyak dan terbilang kritis, di mana mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk memberikan masukan atas tulisan yang mereka baca di sana. Jadi ini akan menjadi kesempatan baik untuk memulai dan sekaligus belajar menulis dari awal.

Bagaimana Cara Menulis di Wattpad? 

Selain untuk membaca berbagai cerita, aplikasi Wattpad novel juga memungkinkan para pengguna untuk menulis berbagai karya mereka dengan mudah. Hal ini tidak akan sulit, mengingat Wattpad merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur dan mudah digunakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menulis novel Wattpad: 

  1. Buka aplikasi Wattpad dan login-lah menggunakan akun yang sudah terverifikasi sebelumnya.
  2. Buka halaman utama aplikasi.
  3. Klik ikon pena, dan lanjutkan dengan memilih menu “Buat cerita baru”.
  4. Pada tab pertama, buatlah sampul untuk tulisan yang akan dibuat terlebih dahulu. pastikan sampul ini sudah memenuhi semua persyaratan dengan baik (seperti legalitas gambar, detail ukuran dan yang lainnya), agar bisa dimuat dengan baik.
  5. Jika sampul sudah terpasang, maka lanjutkan tulisan dengan membuat judul cerita yang akan dituliskan.
  6. Buatlah deskripsi cerita yang menarik, sehingga pembaca bisa tertarik untuk memulai dan membaca tulisan tersebut hingga selesai.
  7. Jika sudah selesai, klik menu “Berikutnya”.
  8. Lanjutkan dengan membuat bab pertama atau prolog (jika ada).
  9. Untuk memasukkan gambar, klik menu “tambahan media”.
  10. Berikan judul di setiap bab yang ditulis, ini bisa berisi gambaran singkat masing-masing bab tersebut. Tidak perlu panjang, namun buatlah judul menarik dan bisa membuat orang penasaran.
  11. Untuk memulai tulisan, klik menu “Ketuk disini untuk mulai menulis”.
  12. Mulailah menulis dan tuangkan semua ide kreatif yang ada di kepala. Pastikan tulisan yang dibuat minimal 1000 kata dan maksimal 1500 kata untuk setiap bab.
  13. Jika tulisan sudah selesai, maka klik menu “publikasikan”, agar tulisan tersebut dapat dinikmati oleh semua pengguna Wattpad.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad?

Pada awalnya, Wattpad memang hanya memungkinkan penggunanya untuk menulis dan membaca karya-karya yang terdapat di aplikasi tersebut. Pengguna hanya memiliki peluang untuk mendapatkan uang ketika tulisan mereka diminati oleh penerbit atau sutradara yang ingin mengadaptasinya ke dalam bentuk film.

Namun, di dalam perkembangannya, aplikasi ini akhirnya memungkinkan pengguna untuk mendapatkan uang dengan cara-cara yang lebih mudah. Meski bukan berasal dari aplikasi Wattpad itu sendiri, pengguna bisa mendapatkan sejumlah uang dari karya-karya mereka yang ada di Wattpad.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan uang dari aplikasi Wattpad.

  1. Wattpad Paid Stories

    Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk menulis cerita bersambung dan membuat setiap bab menjadi berbayar. Namun, fitur Wattpad Paid Stories ini hanya bisa diakses pengguna yang sudah pernah menuliskan sebuah karya atau yang sudah memiliki jumlah pembaca yang banyak.

    Pastikan untuk menulis karya yang menarik dan berkualitas sehingga fitur ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk mendatangkan uang. Makin banyak pembaca setia yang mengikuti cerita bersambung tersebut, mmakin banyak juga uang yang bisa dikumpulkan.

  2. Kirimkan Karya di Wattpad kepada Penerbit

    Jika sudah memiliki karya di Wattpad, peluang untuk mendapatkan banyak uang akan makin lebar. Jangan hanya menunggu penerbit untuk melirik karya tersebut, mengirimkannya secara langsung kepada mereka juga bisa menjadi pertimbangan yang tepat.

    Selain ke penerbit, cerita-cerita yang menarik di Wattpad juga bisa saja mendapatkan perhatian dari para sutradara. Jika salah satu cerita dijadikan film atau bahkan series, maka penulisnya tentu akan mendapatkan uang yang lumayan besar atas kerjasama tersebut.

Tips Sukses Mendapatkan Uang dari Wattpad

Jika selama ini penulis mendapatkan kesulitan untuk menuangkan karya mereka, Wattpad web tentu akan memberikan perbedaan. Aplikasi ini bisa menjadi media untuk berkarya dan sekaligus mendapatkan uang di waktu yang bersamaan.

Namun, hal di atas tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat, mengingat Wattpad Indonesia juga memiliki banyak sekali penulis dan karya yang mereka hasilkan di sana. Jika ingin sukses di Wattpad, ketatnya persaingan juga tentu harus tetap diantisipasi dengan baik sejak awal.

Penting untuk membuat cerita Wattpad yang menarik dan berkualitas sejak awal, agar cerita tersebut bisa bersaing dan mendapatkan pembaca dalam jumlah yang besar. Bagaimanapun juga, cerita yang banyak dibaca tentu akan mendatangkan uang dalam jumlah yang banyak juga, bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips sukses untuk mendapatkan banyak uang dari Wattpad web.

  1. Lakukan Riset Audiens

    Melakukan riset tren cerita Wattpad merupakan langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu. Lihatlah cerita apa saja yang yang banyak diminati oleh para pengguna Wattpad Indonesia saat ini, apakah romance atau bahkan genre cerita lainnya.

    Selain itu, lihat juga demografi pengguna Wattpad itu sendiri, seperti usia atau bahkan jenis kelaminnya. Berbagai informasi ini akan mempermudah untuk memilih dan menulis cerita yang tepat, sehingga bisa memenuhi selera audiens yang akan dituju nantinya.

  2. Menulislah dengan Konsisten

    Hampir sama dengan menulis novel secara manual, menulis secara online seperti ini juga akan membutuhkan konsistensi. Penting untuk membuat jadwal rutin menulis atau posting di akun Wattpad, agar pembaca juga bisa mengetahui dengan baik kapan lanjutan cerita tersebut bisa dinikmati.

    Misalnya, melakukan update tulisan setiap akhir pekan di Wattpad web minimal 1-2 bab. Cara ini akan membuat pembaca lebih mudah untuk mengingat dan kembali mengunjungi akun tersebut untuk mengikuti lanjutan cerita di minggu sebelumnya.

    Konsistensi seperti ini akan secara otomatis membuat pembaca rajin untuk mengikuti cerita yang diposting setiap minggunya. Mereka tidak akan bosan dan justru merasa memiliki keterikatan untuk selalu kembali dan mengikuti cerita tersebut sampai selesai.

  3. Buat Wattpad Paid Stories

    Wattpad memiliki fitur yang disebut Wattpad Paid Stories yang bisa berbagi cerita berbayar. Para pembaca bisa terhubung melalui fitur ini dengan penulisnya dan bahkan mendukung penulis tersebut dengan lebih mudah.

    Namun, saat ini, fitur ini hanya bisa digunakan oleh penulis yang mendapatkan undangan langsung dari Wattpad. Cara termudah untuk mendapatkan undangan seperti ini adalah dengan menghasilkan karya yang menarik sehingga bisa mendatangkan banyak pembaca setiap harinya.

    Rajinlah menulis dan membagikan tulisan secara rutin di Wattpad Indonesia. Jika sudah diundang oleh Wattpad untuk menggunakan fitur Wattpad Paid Stories, manfaatkan momen tersebut untuk menghasilkan lebih banyak karya yang berkualitas, sebab hal tersebut juga akan mendatangkan lebih banyak uang.

  4. Berinteraksilah dengan Pembaca

    Melakukan interaksi dengan pembaca juga menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan oleh penulis Wattpad. Ini tidak akan sulit, apalagi jika sudah terbiasa menggunakan media sosial dan berinteraksi dengan orang lain melalui layanan tersebut.

    Menjawab pertanyaan pembaca atau sekadar menyapa mereka merupakan hal yang bisa membagun hubungan baik dengan pembaca. Interaksi ini akan membuat pembaca lebih antusias dan merasa memiliki hubungan yang lebih dekat dengan penulis yang mereka baca hasil karyanya.

    Pada umumnya, pembaca buku akan senang ketika bisa mengenal dan berinteraksi secara langsung dengan penulis. Bagi penulis sendiri, ini bisa menjadi momen yang tepat untuk lebih terbuka dan mengenal pembaca dengan cara yang santai, dan mendorong mereka untuk mengikuti carita yang ditulis.

  5. Gunakan Desain Sampul yang Menarik

    Sampul buku selalu menjadi hal yang menarik untuk dilihat, ini bahkan seringkali menjadi alasan sebagian orang untuk membeli buku. Sampul buku yang unik akan memancing rasa penasaran para calon pembaca, sehingga peluang mereka untuk membeli dan membaca buku tersebut akan makin besar.

    Bukan hanya pada buku cetak saja, kondisi di atas juga berlaku pada berbagai karya di Wattpad. Jika ingin memancing rasa penasaran pembaca, maka pastikan untuk menggunakan desain sampul yang unik dan menarik. Dijamin, pembaca akan lebih tertarik untuk membaca karya tersebut dan mengikutinya hingga selesai.

  6. Manfaatkan Fitur Wattpad Books

    Manfaatkan juga fitur Wattpad Books yang bisa menghubungkan penulis dengan pihak penerbit. Ini akan menjadi kesempatan besar untuk menghasilkan karya yang dikenal secara luas sehingga peluang untuk menjadi penulis profesional bisa diwujudkan dengan lebih mudah.

    Teruslah berlatih menulis dan asah kemampuan dalam membuat cerita-cerita yang menarik. Hal ini akan membuat lebih banyak pembaca yang mengikuti cerita tersebut. Jika mendapatkan banyak pembaca, peluang untuk mendapatkan kontrak penerbitan buku tentu akan menjadi lebih besar.

  7. Bagikan Karya di Media Sosial dan Blog

    Media sosial menjadi wadah yang paling cepat untuk mempromosikan sesuatu, begitu juga dengan tulisan. Manfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk menjangkau lebih banyak pembaca, bagikanlah link tautan tulisan di sana.

    Selain itu, membagikan tulisan ini melalui blog maupun website pribadi tentu menjadi cara lainnya yang wajib dicoba. Selain praktis, kedua cara ini juga akan memungkinkan pihak penerbit lebih mudah untuk menemukan cerita tersebut.

  8. Jadi Affiliate Marketer

    Jika tulisan di Wattpad sudah memiliki banyak pembaca, manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan lebih banyak uang. Lakukan soft-sell produk dengan cara membuat tautan link affiliate pada tulisan yang dibagikan.

    Setiap penjualan yang terjadi lewat link tersebut akan memberikan sejumlah komisi dari pihak pemilik produk tersebut. Jumlah ini tentu akan lumayan, apalagi jika sudah memiliki banyak pembaca dan mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les, Dijamin Bisa!

Dapatkan Kesuksesan dalam Menulis dari Wattpad

Wattpad adalah aplikasi yang memungkinkan penulis untuk berkarya dan membagikan tulisannya kepada banyak orang. Selain mendapatkan pembaca dalam jumlah yang besar, aplikasi ini juga akan memugkinkan menulis untuk mendapatkan uang. Manfaatkan Wattpad dengan cara yang tepat, sehingga kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak uang bisa terbuka dengan lebar.

Baca juga: 7 Manfaat Membiasakan Diri Bangun Pagi, Kamu Bisa Sukses!