Rekomendasi Film Disney Terbaik, Mana yang Jadi Favorit Kalian?

Jika membahas mengenai animasi, salah satu kemungkinan yang terbesit di pikiran kita pertama kali adalah film-film yang diproduksi oleh Disney. Berdiri sejak 1937, perusahaan tersebut sudah meluncurkan banyak sekali layar lebar yang menghibur masyarakat dari segala usia di seluruh dunia lewat karya-karyanya.

Film-film Disney yang diluncurkan sejak puluhan tahun tersebut pun mengusung berbagai macam jenis, tema maupun genre yang bisa dinikmati oleh para penonton. Biasanya karya animasinya memuat kisah atau cerita yang mudah untuk dicerna, dan juga berisikan pesan-pesan kehidupan.

Lantas apa saja film-film Disney terbaik sepanjang masa? Berikut ini adalah deretan daftarnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber;

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Pinocchio (1940)

    loader

    Meski film Pinocchio sudah tayang sejak 1940 silam, namun cerita pada karya animasi yang diproduksi oleh Disney ini pasti masih melekat diingatan penonton seluruh dunia. Film ini mengadaptasi novel anak-anak karya Carlo Collodi ini mengisahkan tentang pemahat kayu bernama Geppetto yang mengukir boneka kayu bernama Pinocchio.

    Sebelum tidur, Geppetto berharap pada bintang agar Pinocchio menjadi anak laki-laki sejati, dan keinginannya tersebut pun dikabulkan oleh peri yang menghidupkan boneka kayu itu. Ia pun memberitahu kalau Pinocchio akan menjadi laki-laki sejati apabila bersikap jujur, berani dan tidak egois.

  2. Cinderella (1950)

    loader

    Film animasi Disney yang digarap pada 1950 silam ini ini tidak hanya populer, namun juga sangat melegenda ceritanya hingga kini. Cinderella langsung mencuri perhatian melalui ceritanya yang mengangkat kisah anak seorang wanita bernama Cinderella yang memiliki paras cantik, dan membuat ibu serta saudara tirinya iri.

    Tidak suka dengan Cinderella, ibu tiri pun langsung menjadikannya tukang cuci di istananya sendiri dan membebaninya sejumlah pekerjaan-pekerjaan rumah. Namun meski demikian, putri Kerajaan tersebut tetap memiliki hati yang baik, patuh kepada ibu dan saudara tirinya.

  3. Beauty and The Beast (1991)

    loader

    Beauty and The Beast merupakan sebuah karya yang diproduksi oleh Disney dengan genre fantasi romantis serta musikal pada 1991 silam. Film animasi ini sangat terkenal karena menceritakan tentang pangeran yang berubah menjadi binatang buas, dan kutukan tersebut akan hilang ketika dirinya menemukan seseorang wanita yang tulus mencintainya.



  4. Aladdin (1992)

    loader

    Film animasi Disney pertama yang akan diulas adalah Aladdin yang dirilis pada November 1992 silam, dan disutradarai oleh Ron Clements serta John Musker. Animasi yang sangat populer hingga kini ini mengisahkan tentang seorang pemuda miskin yang ditugaskan untuk mengambil sebuah lampu yang berada di dalam gua.

  5. Mulan (1998)

    loader

    Film animasi berikut ini diadaptasi dari cerita legenda Cina tentang seorang pahlawan wanita bernama Hua Mulan dalam sejarah Tiongkok. Dirilis Disney pada 1998 lalu, kisah Mulan berawal ketika dirinya menyamar sebagai laki-laki untuk menggantikan sang ayah yang diwajibkan mengikuti pelatihan militer karena tidak memiliki anak laki-laki.

  6. Tangled (2010)

    loader

    Film animasi Disney yang diadaptasi berdasarkan dongeng Brothers Grimm dengan judul Rapunzel ini menceritakan mengenai seorang wanita bernama Rapunzel yang diculik dan disembunyikan oleh seorang wanita tua bernama Gothel. Gothel menculik Rapunzel guna menggunakan rambut putri tersebut yang berwarna emas untuk tetap awet muda. 

  7. Brave (2012)

    loader

    Film Disney ini menceritakan mengenai seorang putri kerajaan berusia 16 tahun bernama Merida yang memiliki sikap pemberani serta kemampuan memanah dengan terampil dan hanya ingin menjalani kehidupan berdasarkan prinsipnya sendiri. Sampai suatu ketika, sang ibu berencana menjodohkannya dengannya putra sekutu kerajaan.

    Tidak menyukai tradisi kuno Kerajaan tersebut, Merida akhirnya membuat sebuah kekacauan, hingga akhirnya ia pergi dan bertemu dengan penyihir dan memberinya kue. Kue itu diberikan Merida sampai membuat ibunya berubah menjadi beruang.

  8. Frozen (2013)

    loader

    Animasi yang sejak penayangannya pada 2013 lalu ini menjadi salah satu film yang sangat populer di semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Cerita ringan, yakni mengenai sosok seorang gadis bernama Elsa yang menjadi ratu harus mengendalikan kekuatannya, berupa es atau salju yang bisa dikeluarkannya mampu menyihir mereka yang menonton.

  9. Moana (2016)

    loader

    Film animasi Disney ini menceritakan mengenai seorang putri dari kepala desa pesisir bernama Moana yang memiliki sifat berkemauan keras. Ia kemudian dipilih oleh lautan untuk menyatukan kembali peninggalan mistik dengan Dewi Te Fiti.

    Petualangan Moana dimulai ketika penyakit busuk menyerang warga di pulaunya, kemudian ia berlayar untuk mencari Maui, seorang demigod legendaris yang diharapkan bisa mengembalikan relik tersebut ke Te Fiti dan menyelamatkan rakyatnya. Lantas berhasilkah Moana melakukan misinya?

  10. The Lion King (2019)

    loader

    Siapa yang tidak mengetahui film animasi populer dari Disney yang satu ini, ialah berjudul The Lion King yang digarap oleh Walt Disney Pictures pertama kali pada 1994 silam. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan keluarga singa, yakni berawal ketika Raja Mufasa ingin menurunkan tahtanya kepada sang anak, Simba namun tidak disukai oleh sang paman, Scar.

    Scar pun Menyusun rencana keji untuk menjebak Mufasa dengan membohonginya dengan mengatakan kalau Simba berada diserang kawanan hyena. Mufasa pun langsung bergegas menyelamatkan anaknya, hingga membuatnya tergantung di tepi jurang dan meninggal.

    Baca Juga: 10 Film Inspiratif yang Memberi Motivasi Bagi Entrepreneur

  11. Encanto (2021)

    loader

    Encanto merupakan film animasi Disney yang mengangkat kisah sebuah keluarga yang setiap anggotanya memiliki sebuah kemampuan, yakni berupa sihir. Kendati demikain, terdapat keluarganya bernama Mirabel yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang tidak memiliki kekuatan magis tersebut.

  12. Raya and the Last Dragon (2021)

    loader

    Cerita dan kisah yang diangkat dari animasi garapan Disney ini cukup berbeda dari kebanyakannya karena mengangkat kisah dari tanah Tiongkok. Raya and The Last Dragon mengangkat kisah seorang gadis pejuang bernama Raya yang melakukan petualangan mencari naga terakhir guna mengembalikan permata naga yang mengembalikan ayahnya dan mengusir roh jahat dari tanah Kumandra.

  13. Luca (2021)

    loader

    Film yang diproduksi Disney dengan Pixar Animation ini mengangkat kisah persahabatan antara dua anak remaja laki-laki yang merupakan monster laut, yakni Luca Paguro dengan Alberto Scorfano. Keduanya memiliki kemampuan menjadi manusia saat berada di darat, dan berubah kembali menjadi ikan ketika di laut.

    Pertemuan antara mereka pun membuat hubungan pertemanannya semakin akrab hingga akhirnya membuat orang tua Luca mengirimnya tinggal di kedalaman bersama sang paman. Namun Luca memberanikan diri untuk kabur dan bersembunyi bersama Alberto dan bersama-sama melakukan petualangan di daratan Portorosso.

  14. Turning Red (2022)

    loader

    Serial animasi terbaru bergenre komedi ini sangat cocok dijadikan tontonan saat sedang senggang, dan membutuhkan hiburan. Pasalnya, Turning Red menyuguhkan cerita yang unik dan seru, yakni seorang anak perempuan bernama Mei Lee berusia 13 tahun yang berubah menjadi seekor panda besar berwarna merah ketika dirinya tidak bisa mengendalikan emosi.

    Dalam kartun terbaru ini dapat mengajarkan kita bagaimana mengontrol emosi, dan mengutamakan kesabaran ketika menghadapi sesuatu hal. Selain ini, Turning Red juga memperlihatkan bagaimana hubungan antara ibu dan anak.

  15. Lightyear (2022)

    loader

    Animasi yang digarap oleh Disney ini merupakan spin-off dari film Toy Story yang dirilis pada 2022 lalu. Lightyear menceritakan mengenai karakter Buzz Lightyear, namun dalam film ini merupakan seorang manusia yang beroperasi di ruang angkasa dan bukan sebagai mainan seperti yang ada di dalam karakter Toy Story.

    Buzz Lightyear beroperasi sebagai penjaga ruang angkasa setelah terdampar di planet musuh T’Kani Prime bersama komandan dan krunya. Ia pun mencoba menemukan jalan pulang sembari menghadapi sejumlah ancaman dan tantangan terhadap keselamatannya di alam semesta.

Film Disney Mana Saja yang Jadi Favorit Kalian?

Berikut tadi adalah rangkuman film Disney terbaik yang telah menghibur para penikmatnya dengan suguhan berbagai macam tema pada setiap karyanya. Berdasarkan daftar ulasan di sana, deretan animasi tersebut kebanyakan mengandung cerita yang mudah untuk dimengerti, sehingga dapat dinikmati dari segala jenis usia.

Film-film Disney yang sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu tersebut pun bisa membuat para penikmatnya bernostalgia dengan menontonnya ulang, dan bahkan ceritanya masih diingat hingga saat ini. Dari daftar animasi yang diulas tadi, mana saja judul yang menjadi kesukaan kalian?

Baca Juga: 15 Rekomendasi Serial dan Film Animasi Kartun Terbaik, Jadi Favorit Anak-anak!