Review, Spesifikasi, dan Harga Realme Narzo

Realme telah menjelma menjadi salah satu merek ponsel yang banyak diburu para pemilik kantong cekak. Spesifikasi yang ditawarkan memang cukup berani jika dibandingkan dengan harga jual yang dipasarkan.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Realme Narzo yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan. Di harga yang ditawarkan, pengguna sudah akan disuguhi dengan kemampuan luar biasa untuk bermain game. Selain itu, empat buah kamera yang dibekalkan juga sayang untuk dilewatkan oleh para pecinta fotografi.

Nah, biar tidak penasaran, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain Berkelas

desain realme narzo

Desain Realme Narzo

Sebagai ponsel masa kini, bentuk dari Realme Narzo memang terbilang cukup besar karena memiliki dimensi 162,1 x 74,8 x 8,9 mm. Meski begitu, Realme membenamkan konsep desain 3D Quad Curve yang membuat ponsel masih terasa nyaman saat digenggam.

Di harga yang ditawarkan, material bodi polikarbonat masih tetap menjadi andalan. Meski begitu, cover belakang juga dilapisi bahan mirip kaca sehingga tampilan jadi terlihat berkilau dan tampak lebih berkelas. Tetapi sayangnya, ini juga membuat bekas sidik jari jadi lebih mudah menempel.

Secara fisik bodi Narzo memang mirip dengan Realme 6. Namun jika dilihat lebih dekat, pemilihan warna dan efek cahaya yang ditimbulkan akan tampak begitu berbeda. Dua warna yang dihadirkan, just black dan just white, terinspirasi dari gelapnya gerhana matahari dan terangnya cahaya bulan.

Selain menampilkan warna cantik, bagian belakang ponsel juga menjadi rumah bagi empat buah kamera sekaligus lengkap dengan lampu flash. Sensor sidik jari yang biasa ditemukan di bagian belakang juga sudah dipindahkan ke sisi kanan yang sekaligus berfungsi sebagai tombol power.

SIM tray triple slot ada di bagian kiri bersama dengan tombol volume. Bagian bawah terlihat paling ramai dengan keberadaan mikrofon, lubang speaker, port USB tipe-C, serta audio jack 3,5mm. Sementara sisi depan layar hanya dihuni oleh satu buah kamera yang diletakkan di pojok kiri atas.

Hal yang menjadi keunggulan lainnya pada bodi Narzo adalah kemampuannya bertahan dari percikan air. Hal ini dapat terjadi karena seluruh port sengaja dibuat kedap air dengan tambahan segel silikon.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Realme 5

Resolusi FHD+ dan Fitur Eye Comfort pada Layar

layar realme narzo

Layar Realme Narzo

Realme telah membenamkan layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna. Layar ini juga sudah didukung dengan resolusi FHD+ yang jelas akan mampu memanjakan mata. 

Refresh rate yang dihadirkan juga tinggi hingga 90 Hz. Tingginya refresh rate ini dapat menghasilkan gerakan gambar yang lebih ringan dan halus. Selain itu, tipisnya bezel pada layar seluas 6,4 inci juga membuat tampilan gambar jadi terlihat lebih luas.

Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Eye Comfort yang dapat mengurangi cahaya biru agar pengguna semakin nyaman saat menatap layar. Selain itu, kejernihan tampilan gambar dan video juga bisa lebih maksimal berkat keberadaan fitur OSIE.

Keamanan layar juga tidak perlu dikhawatirkan karena ada lapisan Corning Gorilla Glass 3. Lapisan ini akan melindungi layar dari benturan dan goresan benda-benda tajam.

Performa Mumpuni Bagi Si Pecinta Game

performa realme narzo

Performa Realme Narzo

Ponsel ini agaknya memang menyasar para pecinta game yang memiliki budget pas-pasan. Keberadaan chipset MediaTek Helio G90T yang serupa dengan Realme 6 jelas sudah mumpuni untuk bermain game. 

Apalagi dengan adanya sokongan GPU Mali-G76 MC4 dan CPU octa-core yang tersusun dari 2 x 2.05 GHz Cortex-A76 dan 6 x 2.00 GHz Cortex-A55. Meski urusan RAM hanya dibekali 4GB, tetapi performanya untuk bermain game tidak mengecewakan. 

Ditambah lagi keberadaan fitur Game Space yang dapat mengoptimalkan penggunaan daya dan akselerasi jaringan ketika digunakan untuk bermain game. Mobile game kekinian seperti PUBG dan CODM pun bisa dimainkan dengan mulus.

Kapasitas penyimpanan internal bawaan Narzo juga sudah 128GB. Jika masih kurang, pengguna bisa memperluasnya dengan memori eksternal hingga 256GB. Pengguna tidak lagi perlu khawatir saat menginstal berbagai aplikasi dan menyimpan ribuan foto.

Soal antarmuka, Narzo dibekali dengan sistem operasi Realme UI berbasis Android 10. Kombinasi jeroan dan antarmuka yang mumpuni ini mampu digunakan untuk menjalankan ponsel dengan mulus tanpa hambatan.

Urusan keamanan juga sudah dilengkapi dengan fitur face unlock dan pemindai sidik jari. Fitur fingerprint ini diletakkan pada sisi samping bersama tombol power yang diklaim sangat sensitif dan dapat membuka kunci hanya dalam waktu 0,29 detik.

Menghadirkan Empat Kamera

kamera realme narzo

Kamera Realme Narzo

Tidak hanya urusan game saja yang sanggup dilibas oleh ponsel ini. Urusan fotografi pun Narzo sudah sangat bisa diandalkan. Konfigurasi empat kamera di bagian belakang gawai mampu memberikan pengalaman memotret yang lebih menyenangkan.

Sebagai kamera utama, ada lensa 48MP yang mampu menghasilkan gambar dengan detail yang memukau. Selain itu, lensa 8MP mampu menangkap objek lebih luas hingga 119 derajat. Foto-foto gedung, pemandangan, dan kelompok dengan jumlah orang banyak pun bisa diabadikan hanya dengan sekali jepret.

Lensa 2MP B&W yang dibekalkan membantu kamera utama untuk memperoleh lebih banyak cahaya sehingga hasil jepretan jadi lebih baik, termasuk menghasilkan efek bokeh yang bisa diatur. Penggemar fotografi makro juga sudah bisa dimanjakan dengan lensa 2MP yang turut dibawakan.

Kamera Narzo pun telah dibekali fitur Super Nightscape 2.0 yang bisa diandalkan untuk memotret lebih baik di kondisi gelap. Pengambilan video juga lebih stabil berkat adanya algoritma super anti-shaking dari UIS stabilization.

Urusan selfie dan video call pun telah dimanjakan dengan kamera 16MP yang terbenam di dalam layar. Hasilnya sudah cukup untuk dipamerkan di berbagai akun media sosial. 

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Spesifikasi Realme Narzo

Tabel Spesifikasi Realme Narzo
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10 (realme UI)
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G90T Octa core
Kecepatan CPU Up to 2.05 GHz
Storage 128GB
RAM 4GB
External Storage microSD, up to 256GB
Baterai 4.300 mAh
Ukuran Layar 6,5 inci
Resolusi Layar FHD+ 2400 x 1080 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900
3G WCDMA B1/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan 16 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack, Quad Cameras, Splash-Resistant
Dimensi dan Ukuran 162.1 x 74.8 x 8.9 mm
Berat 191 g

Harga Realme Narzo

Harga Realme Narzo di pasaran adalah Rp2 juta ke atas. Harga yang cocok bagi Anda yang menginginkan ponsel berkualitas dengan budget di bawah Rp3 juta.

Baterai yang Cukup Besar

Untuk melengkapi kemampuan mumpuni dari perangkat ini, Realme menyematkan baterai berkapasitas 4300 mAh. Selain kapasitasnya yang cukup besar, manajemen daya yang dimiliki juga efisien.

Ponsel bisa bertahan seharian jika hanya digunakan untuk aktivitas normal seperti akses media sosial, menonton video, maupun browsing. Jika baterai habis, teknologi Flash Charge 30 watt yang dibekalkan mampu mengisi daya hingga penuh dalam waktu satu jam saja.

Harga Pas untuk Spesifikasi Pas

Sebagai ponsel kelas Rp2 jutaan, Realme Narzo telah hadir dengan spesifikasi yang mumpuni. Jeroan yang dibekalkan dengan RAM 4GB mampu mengakomodasi kebutuhan para penggemar game. Sementara quad camera yang dibekalkan sudah memanjakan para pecinta fotografi.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini jelas layak untuk dibawa pulang para gen z yang hobi bermain game dan streaming. Selain itu, ponsel ini juga bisa menjadi perangkat yang pas untuk para fotografer pemula yang baru ingin belajar.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas