Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi 9A

Sebagai salah satu merek yang terkenal akan harganya yang miring, Redmi memang tidak pernah berhenti memenuhi harapan para pengguna ponsel berkantong cekak. Salah satunya melalui Redmi 9A. 

Meski harganya sangat terjangkau. Seri ini sudah dibekali dengan RAM 2GB dan baterai 5.000 mAh yang siap digunakan untuk menunjang beragam aktivitas. Namun dengan bekal hanya satu kamera belakang apakah ponsel ini layak untuk dipinang?

Simak yuk ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Juga: Review, Spesifikasi, dan Harga Redmi 9C

Desain yang Fresh

desain redmi 9a

Desain Redmi 9A

Dihadirkan untuk para pemilik budget pas-pasan, Redmi tidak lantas membuat cover bodi perangkat ini secara asal-asalan. Redmi 9A membawa beberapa perubahan yang menjadikannya lebih menarik dibanding pendahulunya Redmi 8A.

Menggunakan material bodi polikarbonat, bahan ini diolah Xiaomi sedemikian rupa sehingga menghasilkan cover bodi belakang yang menawan. Vendor asal Tiongkok ini memilih warna-warna yang mencolok seperti granite grey, sky blue, dan peacock green sebagai sentuhan akhir.

Selain itu, cover di bodi bagian belakang tidak dibuat mulus tetapi justru bertekstur. Ini membuat gawai jadi tidak licin serta makin nyaman saat digenggam. Sidik jari pun jadi tidak mudah menempel.

Memiliki dimensi 164,9 x 77 x 9 mm, perangkat ini memang lebih tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya Redmi 8A. Ukurannya yang lebih besar ini masih nyaman saat digenggam dengan dua tangan.

Dengan harga yang ditawarkan, jangan harap akan menemukan tombol pemindai sidik jari di ponsel ini. Di bagian belakang bahkan hanya akan dijumpai sebuah kamera utama yang dilengkapi dengan lampu flash LED.

Sementara untuk bagian depan, Xiaomi menggunakan desain punch hole untuk membuat layar jadi tampak lebih luas. Punch hole ini juga sekaligus menjadi rumah untuk sebuah kamera depan.

Meski secara desain keseluruhan perangkat ini cukup menarik, penempatan port pada gawai ini masih sama seperti produk lainnya. Ada tiga buah slot di sisi kiri yang bisa diisi dengan dual SIMCard dan satu microSD. Sedangkan tombol power dan volume tetap di sisi kanan. 

Para pengguna yang hobi mendengarkan musik akan menemukan lubang jack audio 3,5 mm pada sisi atas. Sementara di sisi bawah ditempati oleh port Micro USB untuk pengisian daya dan speaker.

Layar Tanpa Pelindung Bawaan

layar redmi 9a

Layar Redmi 9A

Mengingat harga yang ditawarkan ada di kisaran Rp1 jutaan saja, jangan berharap Xiaomi membekali perangkat ini dengan pelindung layar bawaan. Pengguna harus membeli sendiri pelindung jika ingin layar lebih awet.

Soal urusan tampilan, panel IPS LCD yang dibenamkan sudah mampu memberikan gambar yang lumayan baik untuk ponsel sekelasnya. Didukung dengan resolusi layar HD+ seluas 6,53 inci, pengguna sudah dapat merasakan pengalaman menonton berbagai konten dengan cukup memuaskan.

Ketika digunakan di bawah sinar matahari pun layar masih bisa terlihat. Selain itu di harga yang ditawarkan Redmi 9A sudah membekalinya dengan sertifikasi perlindungan cahaya biru. Dengan begitu, pengguna bisa lebih nyaman saat harus melihat ponsel selama berjam-jam.

Performa Standar

performa redmi 9a

Performa Redmi 9A

Jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, performa Redmi 9A ini terbilang memuaskan. Chipset MediaTek Helio G25 dengan fabrikasi 12 nm yang diusung dilengkapi dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53.

Kombinasi jeroan ini dipadukan dengan RAM 2GB dan didukung penyimpanan internal 32GB. Jika ruang penyimpanan ini masih belum cukup, pengguna masih bisa menambahkan microSD hingga 512GB.

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti membuka aplikasi media sosial, melihat foto, dan menikmati masih memadai. Tidak ditemukan adanya lag yang berarti ketika digunakan.

Soal urusan bermain game juga masih bisa. Tetapi tentu saja pengguna tidak bisa berharap banyak dari ponsel kelas entry level. Keberadaan teknologi HyperEngine yang dibekalkan pada perangkat ini tampaknya juga tidak terlalu banyak membantu.

Meskipun game-game dengan grafis rendah masih bisa berjalan dengan lancar. Tetapi jika grafisnya terlalu intens, frame drop akan sering terjadi.

Sebagai ponsel kelas entry level dengan harga yang sangat terjangkau, Xiaomi ternyata telah membenamkan antarmuka MIUI 12 berbasi Android 10 pada seri ini. Antarmuka terbaru milik Xiaomi ini cukup sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan.

Dengan harga yang ditawarkan, fitur pemindai sidik jari terpaksa harus absen dari perangkat ini. Tetapi sebagai gantinya, ada fitur AI Face Unlock yang bisa digunakan untuk menambah keamanan data.

Hanya Dilengkapi Satu Kamera Belakang dan Depan

kamera redmi 9a

Kamera Redmi 9A

Jangan berharap banyak pada sektor fotografi Redmi 9A. Sebagai ponsel masa kini, cukup disayangkan jika seri ini hanya membekalkan sebuah kamera utama 13MP saja.

Meski begitu, kamera ini telah didukung dengan PDAF. Efek potret juga tetap bisa dihasilkan meskipun hanya dengan mengandalkan satu kamera. Ini berkat adanya kecerdasan buatan (AI) dan software yang ditanamkan.

Untuk hasil jepretan kamera belakang ini terbilang lumayan di kelasnya. Objek foto masih bisa terlihat bentuknya dengan jelas dan detail juga masih bisa dinikmati.

Sementara untuk para penggemar swafoto ada kamera 5MP yang siap untuk dimanfaatkan. Seperti kebanyakan ponsel masa kini lainnya, kamera depan Redmi 9A juga sudah dilengkapi fitur beautify dan juga menghasilkan foto potret dengan memanfaatkan AI.

Baca Juga: Review Redmi 7, Spesifikasi Lengkap dengan Harga Satu Jutaan

Kapasitas Baterai Besar

baterai redmi 9a

Baterai Redmi 9A

Berada di kelas entry level, pengguna sudah akan mendapatkan ponsel dengan kapasitas baterai hingga 5.000 mAh. Daya tahan baterai ini disebut mengalami peningkatan 25 persen dibanding standar pasar. 

Ketika digunakan untuk aktivitas normal, baterai bisa bertahan hingga dua hari. Dalam situs resminya, Redmi 9A bahkan disebut mampu memutar musik hingga 168 jam, menonton video selama 19 jam, dan bermain game selama 14 jam.

Sayangnya, daya baterai yang besar ini belum dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Hanya ada pengisi daya 10 watt yang dibawakan pada perangkat ini. Pengisi daya ini mampu membuat baterai kembali penuh dalam waktu sekitar 3 jam.

Spesifikasi Redmi 9A

Tabel Spesifikasi Redmi 9A
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 10, MIUI 12
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio G25 (12 nm) Octa-core Cortex-A53
Kecepatan CPU 2.0 GHz
Storage 32GB
RAM 2GB/3GB
External Storage microSDXC
Baterai 5.000 mAh
Ukuran Layar 6,53 inci
Resolusi Layar HD+ 720 x 1600 pixels
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/2/4/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13MP
Kamera Depan 5 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 164.9 x 77.07 x 9.0 mm
Berat 198 g

Harga Redmi 9A

Sebagai ponsel kelas entry level, harga dan spesifikasi yang ditawarkan jelas bisa bersaing. Hanya dengan budget Rp1,2 juta pengguna sudah bisa mendapatkan ponsel dengan kemampuan mumpuni untuk aktivitas harian. Apalagi ditunjang baterai 5.000 mAh yang mampu bertahan hingga dua hari.

Cocok untuk Menemani Aktivitas Harian

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini layak untuk dijadikan teman mencari nafkah bagi para ojek online ataupun orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruang. Selain itu, bagi para orang tua yang ingin memberikan kado untuk buah hatinya juga bisa memilih Redmi 9A sebagai pilihan.

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya