Simak Mengapa Fresh Graduate Perlu Memulai Karir di Startup

Lulus dan sudah mendapatkan ijazah dari kampus, kamu tentu memiliki keinginan yang besar untuk bisa segera bekerja. Bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri merupakan hal yang banyak diimpikan para fresh graduate, bahkan sejak belum lulus dari bangku kuliah. 

Sebagian besar dari calon fresh graduate ini biasanya sudah memiliki perusahaan incaran, tempat di mana mereka akan memulai dan meniti karir sebagai pendatang baru di dunia kerja. Lalu bagaimana dengan kamu, apakah kamu sudah memiliki pilihan perusahaan tempat meniti karir nanti?

Jika belasan tahun lalu perusahaan besar menjadi incaran para fresh graduate, maka beberapa tahun belakangan justru sebaliknya. Hadirnya berbagai perusahaan startup menjadi pertimbangan lainnya bagi para fresh graduate yang rata-rata diisi oleh milenial dan juga generasi Y. 

Keinginan untuk bekerja di perusahaan besar semakin berkurang, sebab startup dianggap memiliki banyak keunikan. Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri, mengingat konsep startup memang berbeda dengan perusahaan pada umumnya. 

Di perusahaan rintisan seperti ini kamu bisa melakukan lebih banyak hal, bahkan yang tidak mungkin kamu lakukan di perusahaan besar dan sudah ternama sekaligus. Semua ini bisa menjadi pertimbangan untuk memulai karirmu kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa fresh graduate perlu memulai karir dari startup:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tidak hanya jadi batu loncatan saja

bekerja di startup

Bagi para fresh graduate, perusahaan pertama yang dimasuki kerap hanya dianggap sebagai tempat sementara saja. Daripada menganggur dan belum mendapatkan pekerjaan, maka bergabung dengan salah satu perusahaan yang mengirimkan surat panggilan kerja kerap menjadi pilihan. Di saat bersamaan, fresh graduate biasanya akan meluangkan waktu untuk mencari pekerjaan di perusahaan lainnya, pekerjaan yang dianggap lebih baik dari yang sudah didapatkan. Kondisi seperti ini sangat umum terjadi dan bukan rahasia lagi.

Saat bergabung di startup, kondisi sebaliknya justru terjadi. Perusahaan ini akan menjadi tempat yang sangat menarik bagi para fresh graduate seperti kamu. Di sini kamu bisa menemukan lingkungan kerja yang unik, bahkan sangat  jauh berbeda dengan perusahaan umum lainnya. 

Kamu akan memiliki banyak peluang untuk mempelajari berbagai hal yang baru. Bisa terlibat langsung dalam berbagai proyek yang penting, bahkan yang besar sekalipun. Semua kondisi ini akan membuat kamu lebih nyaman dan selalu memiliki energi yang besar untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Kamu bisa belajar tentang banyak hal, termasuk tanggung jawab dalam bekerja sekaligus. Semua ini akan membuat kamu berpikir untuk tetap tinggal dan meniti karir di startup.

Baca Juga:  Siapkan 4 Pertanyaan ini Saat Interview Kerja dengan CEO Starup

2. Memiliki awal karir yang baik

berkarir di startup

Startup akan menjadi tempat yang baik untuk kamu meniti karir secara profesional. Perusahaan ini akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk berkembang, termasuk untuk mengeluarkan berbagai ide cemerlang. Kamu akan terbiasa mengemukakan pendapat dan ide di dalam berbagai proyek yang ditangani perusahaan. 

Semua ide yang masuk akan dipertimbangkan oleh perusahaan, bahkan ide dari pekerja baru sepertimu. Hal ini menjadi salah satu perbedaan besar yang akan kamu dapatkan dari startup, sebab di perusahaan besar lainnya kamu tidak akan mendapatkan kesempatan seperti ini.

Budaya startup yang lebih terbuka akan memberikan kamu kesempatan untuk memberikan semua ide terbaikmu. Kamu bisa menikmati sensasi kerja yang luar biasa, bahkan sejak awal bergabung di sana. 

Semua ini akan membuat kamu memiliki awal karir yang bagus dan lebih menjanjikan kedepannya. Kamu akan terbiasa menangani proyek dan bertanggung jawab di dalamnya, sehingga jalan kamu menuju pekerja yang profesional akan menjadi lebih terbangun dengan baik.

Baca Juga: 17 Startup Sukses Milik Generasi Millenial Indonesia ini Punya 5 Tips yang Bisa Ditiru

3. Lingkungan kerja yang penuh energi dan tantangan

kerja di startup

Jika kamu termasuk orang yang suka tantangan, maka startup akan menjadi tempat yang tepat untukmu bekerja. Perusahaan ini memiliki banyak energi positif dari anak-anak muda yang aktif sepertimu. Di sini ada banyak tantangan kerja yang menarik dan selalu menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk diselesaikan. 

Kamu akan memiliki banyak semangat kerja sepanjang waktu, sebab tergabung dalam lingkungan yang dipenuhi anak-anak muda sepertimu. 

Kondisi yang unik di dalam startup akan memberikan sensasi kerja yang berbeda dan selalu penuh tantangan. Kamu tidak akan merasa bosan saat bekerja di sana, sebab akan selalu ada banyak interaksi menarik dengan para pekerja lainnya. 

Diskusi yang santai, lingkungan kerja yang unik dan nyaman, tantangan yang tidak biasa, semua ini jelas akan memberikan ruang kerja yang selalu menyenangkan. 

Temukan Startup yang Tepat dan Nikmati Tantangan Kerjamu

Bergabung di startup bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang baru jadi fresh graduate. Ini perusahaan unik dengan banyak tantangan seru di dalamnya, di mana kamu bisa berkreasi dengan lebih leluasa. Pilih startup yang tepat dan nikmati tantangan kerja yang seru, di mana kamu bisa meniti karir profesional dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: 7 Perusahaan Startup Lokal yang Terkenal di Dunia