Punya Stretch Marks Bikin Insecure? Yuk, Coba Cara Menghilangkan Stretch Marks Berikut Ini!

Stretch mark adalah satu permasalahan kulit yang dapat memicu perasaan insecure bagi kaum wanita, baik remaja maupun para wanita dewasa. Pasalnya meskipun stretch mark tidak berbahaya secara medis, namun beberapa orang menganggap stretch mark mengganggu penampilan mereka. 

Tidak perlu lagi insecure karena artikel berikut ini akan membahas segala hal tentang stretch mark. Termasuk cara menghilangkan stretch mark

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Apa itu Stretch Marks?

loader

Stretch Marks

Stretch mark adalah garis yang memanjang, sempit, timbul, dan berkembang pada permukaan kulit. Biasanya stretch mark muncul pada beberapa bagian tubuh seperti perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas, dan punggung bawah. 

Stretch marks sebenarnya dapat dialami siapa saja, baik kaum remaja maupun orang dewasa, namun sebagian besar memang dialami oleh para wanita. Dikutip dari Medical News Today, lebih dari 50 persen wanita mengalami stretch marks selama kehamilan. 

Apa Penyebab Stretch Marks

Apabila ditinjau secara medis, munculnya stretch marks diakibatkan oleh adanya kerusakan jaringan elastis pada lapisan kulit dalam yang disertai peradangan sehingga menimbulkan bekas luka yang terlihat jelas pada lapisan kulit luar. 

Kerusakan jaringan elastis pada lapisan kulit dapat dipicu oleh berbagai faktor, di antaranya: 

  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara drastis. 
  • Masa pubertas pada usia remaja yang mengakibatkan pertumbuhan secara intens dan signifikan, serta peregangan pada jaringan kulit.
  • Implan payudara atau bokong yang terlalu besar. 
  • Masa kehamilan yang menyebabkan adanya peregangan kulit perut seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan disertai dengan kenaikan berat badan secara drastis.
  • Kebiasaan konsumsi suplemen yang mengandung steroid secara berlebihan.
  • Adanya penyakit genetik, seperti cushing yang mendorong produksi hormon berlebihan sehingga berdampak pada kenaikan berat badan, sindrom Marfan yang mengakibatkan menurunnya elastisitas kulit, dan sindrom Ehlers-Danlos.

Selain berbagai faktor di atas, stretch marks juga dapat dipicu oleh kebiasaan tertentu, misalnya: 

  • Olahraga Berlebihan 

    Berolahraga memang baik untuk melatih kondisi fisik. Namun jika kamu berniat untuk membentuk otot atau meningkatkan massa otot, pastikan agar tidak melakukannya secara berlebihan. 

    Pasalnya, peningkatan massa otot yang terjadi dalam waktu singkat pada area bahu dan lengan dapat menjadi penyebab munculnya stretch mark di area tersebut. 

    Sebagai upaya menghindari kemungkinan terjadinya hal tersebut, buatlah jadwal untuk melakukan olahraga dan pastikan untuk selalu menggunakan pelembap kulit saat berolahraga. 

  • Kurang Konsumsi Air Putih 

    Kurangnya konsumsi air putih dapat menjadi penyebab dehidrasi yang ditandai dengan kulit terasa kering dan kurang elastis. Berkurangnya elastisitas kulit inilah yang menyebabkan munculnya stretch mark pada kulit. 

    Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari. Hindari pula minuman beralkohol atau minuman dengan cita rasa terlalu manis secara berlebihan karena minuman seperti itu juga dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit. 

  • Pola Makan yang Tidak Sehat 

    Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, kenaikan berat badan secara drastis dalam waktu singkat merupakan penyebab utama terjadinya stretch mark

    Kenaikan berat badan ini dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi junk food, kurang berolahraga, dan sering menunda jam makan yang berujung pada kebiasaan makan dalam jumlah besar. 

    Untuk mencegah hal tersebut, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang baik bagi tubuh dan sebisa mungkin hindari kebiasaan mengonsumsi junk food terlalu sering.

  • Kurang Konsumsi Vitamin C

    Tahukah kamu kalau vitamin C bukan hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Vitamin C merupakan jenis vitamin yang diperlukan untuk produksi kolagen yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. 

    Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan hilangnya nutrisi pada lapisan kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitif sehingga memicu munculnya stretch mark. Biasanya hal ini ditandai dengan munculnya garis halus dan warna tidak merata pada kulit.

Baca Juga: Bukan Cuma Jerawat, Ini 9 Masalah Kulit yang Sering Terjadi

Gejala Timbulnya Stretch Marks 

Stretch mark umumnya ditandai dengan kulit yang terlihat tipis dan berwarna merah muda. Pada beberapa kasus, orang yang memiliki stretch mark mengaku bahwa permukaan kulit terasa gatal dan terjadi iritasi. 

Tanda-tanda tersebut kemudian berkembang menjadi kerutan, hingga akhirnya berupa garis-garis timbul dengan warna merah, ungu, merah muda, coklat kemerahan, atau coklat tua (tergantung pada warna kulit). 

Seiring dengan berjalannya waktu, garis-garis ini akan memudar dan menjadi rata lalu berubah menjadi warna keperakan hingga akhirnya tidak terlihat jelas. Namun biasanya proses alami ini membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stretch Marks?

loader

Cara Menghilangkan Stretch Marks

Terdapat berbagai alternatif cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark secara cepat, di antaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Laser 

    Laser merupakan salah satu cara menghilangkan stretch mark yang dinilai paling cepat dan efektif. Bahkan metode ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dapat menghilangkan stretch mark

    Satu-satunya kelemahan metode ini terletak pada besar biaya yang harus dikeluarkan. Biaya perawatan laser cukup mahal, dan apabila kamu tidak menyelesaikan hingga tuntas maka stretch mark akan muncul kembali. 

  2. Aloe Vera 

    Jika kamu tidak memiliki sejumlah biaya yang cukup, aloe vera mungkin bisa menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan stretch mark yang layak dicoba. 

    Pasalnya, aloe vera kaya akan vitamin, khususnya vitamin C dan E, yang sangat baik untuk menutrisi kulit serta menjaga kelembapan, kekenyalan, dan elastisitas kulit.

    Caranya mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan aloe vera pada area kulit yang terdapat stretch mark, kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Pastikan agar melakukannya secara rutin. 

  3. Minyak Zaitun 

    Selain aloe vera, minyak zaitun juga dapat menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan stretch mark secara alami dan tentunya, lebih hemat biaya. 

    Minyak zaitun dikenal memiliki kandungan linoleic acid yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi serta polifenol yang merupakan zat antioksidan untuk membantu regenerasi kulit. 

    Cara menghilangkan stretch mark menggunakan minyak zaitun dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan sedikit madu, kemudian oleskan secara merata pada area yang terdapat stretch mark secara rutin. 

  4. Lotion 

    Menjaga kulit tetap lembap merupakan salah satu kunci perawatan untuk menghilangkan stretch mark. Jika kamu menanyakan tentang produk yang dapat memberikan kelembapan pada kulit, lotion tentu berada di urutan pertama. 

    Lotion umumnya mengandung bahan-bahan yang membuat kulit terasa lebih lembut dan lembap. Hal inilah yang menjadikan beberapa orang memilih lotion untuk menghilangkan stretch mark

    Pilihlah produk lotion yang dapat memberikan efek lembap dan tahan lama kemudian aplikasikan secara rutin pada stretch mark. Selain menghilangkan stretch mark, hal ini juga dapat menghilangkan iritasi atau rasa gatal pada stretch mark

  5. Gula 

    Jika kamu tidak memiliki bahan-bahan seperti aloe vera, lotion, maupun minyak zaitun, bahan-bahan dapur juga dapat digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan stretch mark secara alami. 

    Kamu hanya perlu mencampurkan gula dengan madu kemudian gosokkan secara perlahan pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark. Lakukan secara rutin sehabis mandi. 

  6. Putih Telur 

    Selain gula, putih telur juga masuk ke dalam daftar bahan alami penghilang stretch mark. Pasalnya, putih telur kaya akan protein dan mikronutrien yang baik sehingga bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit sekaligus dapat mencerahkan kulit. 

    Cara menghilangkan stretch mark dengan putih telur dapat dilakukan dengan mengoleskan putih telur pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark secara rutin. Jika tidak menyukai bau amis telur, kamu bisa menambahkan satu sendok air perasan jeruk nipis atau lemon. 

  7. Bubuk Coklat 

    Tak hanya memberikan rasa coklat yang enak pada berbagai olahan makanan seperti kue, bubuk coklat rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark pada kulit lho!

    Jika kamu memiliki stok bubuk coklat di rumah, buatlah pasta coklat dengan cara mencampurkan bubuk coklat dengan sedikit air. Kemudian oleskan secara merata pada permukaan kulit sebanyak dua kali sehari. 

Itulah beberapa informasi tentang stretch mark dan berbagai alternatif cara untuk menghilangkan stretch mark yang layak dicoba. Jangan insecure lagi ya!

Baca Juga: Bikin Sehat dan Cantik, Ini Manfaat Minyak Zaitun yang Perlu Diketahui!