Sudah Mau Lulus Kuliah? Ini 4 Realita yang Harus Kamu Hadapi Ketika Lulus Nanti

Menjalani masa-masa kuliah sebagai seorang mahasiswa memang menyenangkan. Banyak pengalaman dan cerita yang didapat bersama teman-teman satu kampus selama masih menuntut ilmu di tempat yang sama. 

Akan tetapi, untuk kamu yang merupakan mahasiswa semester akhir, sudah tiba saatnya untuk mengerjakan tugas akhir dan mengejar jam kelulusan yang semakin dekat.

Namun perlu diingat, setelah lulus kamu perlu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Dunia kerja tentunya sangat berbeda dengan dunia kuliah, mengingat adanya perbedaan ekspektasi dan cara pikir di sebuah perusahaan. Sebagai seorang mahasiswa, kamu perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi berbagai realita yang mungkin saja ditemui ketika sudah lulus nanti.

Supaya nantinya tidak kaget, ada baiknya kamu perlu mengetahui berbagai realita yang harus dihadapi ketika sudah lulus nanti. Berikut beberapa diantaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Wisuda Cuma Sebuah Euphoria Sesaat

lulus

Menghadiri acara wisuda tentu memiliki kebanggaan tersendiri karena bisa memperlihatkan momen kelulusan kepada orang tua dan kerabat terdekat kita. Namun perlu diingat, itu hanyalah kebahagiaan sesaat saja.

Segera buka mata dan persiapkan dirimu untuk memasuki dunia kerja. Mulai dari menyusun sebuah CV yang baik serta mulai melamar di berbagai tempat. Perayaan wisuda bisa dibilang cukup singkat, setelahnya adalah masa-masa perjuangan yang lebih berat. 

Kamu tentu tidak ingin berlama-lama menjadi pengangguran setelah lulus bukan?

Baca Juga: Pilihan Karir Terbaik untuk Kamu yang Mengambil Jurusan Matematika

2. Wawancara adalah Makananmu Tiap Hari

wawancara kerja

Segera setelah kamu mempersiapkan CV dan melamar kerja di berbagai tempat yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menghadapi tahap interview. Siapkan fisik dan mental untuk menghadapi berbagai rangkaian interview pra kerja di berbagai perusahaan yang telah kamu lamar.

Kamu juga harus siap menghadapi serangkaian tes dan ujian yang bermacam-macam sebelum masuk ke tahap wawancara. Persiapkan diri dengan baik agar bisa lulus tes dan menunjukkan kemampuan terbaikmu saat proses wawancara berlangsung. Pengalaman pertama menghadapi wawancara memang terlihat menyeramkan, akan tetapi apabila sudah sering kamu lakukan nantinya akan terbiasa.

Apabila sudah terbiasa, kamu akan lebih lancar saat melakukannya di berbagai tempat. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan kesehatan fisik yang harus dijaga setiap saat. Karena kamu harus siap untuk bepergian ke banyak tempat dalam 1 hari apabila ada jadwal wawancara di berbagai perusahaan di hari yang sama.

3. Mendapat Pekerjaan yang Tidak Sesuai Minat dan Bakat

kerja

Setelah diterima kerja, kamu juga perlu bersiap diri untuk menjalani pekerjaan yang tidak sesuai ekspektasi dan kemampuanmu. 

Mendapatkan pekerjaan itu sulit, apalagi memilih-milih pekerjaan yang cocok dengan ekspektasi dan kemampuan kita. Penting diketahui saat bekerja, kamu terkadang perlu mengutamakan pengalaman dibandingkan ekspektasi. Ekspektasi ini juga termasuk jumlah gaji yang diterima, jarak tempat kerja, lingkungan kerja, dll.

Apabila nantinya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ekspektasi dan kemampuan, maka kamu perlu bersyukur. Akan tetapi, untuk yang belum, sadarilah bahwa kamu tidak sendiri. Masih banyak di luar sana para fresh graudate atau bahkan sudah menjadi karyawan sekalipun yang masih menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dan minat dan bakat mereka.

4. Mencari Pengalaman dan Teman adalah yang Terpenting

pengalaman kerja

Yang terpenting, utamakan mencari pengalaman apapun pekerjaan yang kamu lakukan nantinya. Pengalaman dari pekerjaan apapun pasti nantinya akan berguna untuk mengasah kemampuan diri dalam jangka panjang. Bisa saja kamu malah menemukan pekerjaan yang cocok sembari mencoba-coba bukan?

Memperluas koneksi juga tidak kalah penting disini. Sebisa mungkin perluas jaringan pergaulanmu di tempat kerja yang baru. Ingat, mendapatkan teman atau rekan kerja yang baik terkadang lebih baik dari apapun. Kamu bisa mendapatkan berbagai ilmu, cerita, dan pengalaman yang juga bisa membantumu di masa depan. Bisa saja kamu dapat pekerjaan yang cocok dari teman kan?

Baca Juga: Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus

Belajar Menghargai Waktu dan Selalu Asah Kemampuan Diri

Setelah lulus, jangan buang-buang waktu dengan percuma menjadi pengangguran. Selalu tingkatkan kemampuan diri dan belajar untuk segera terjun ke dunia kerja. Istirahat sejenak setelah lulus itu penting, namun jangan terlena dan malah jadi kebiasaan. Selalu ingat agar 

mengisi waktu luang dengan hal-hal positif, belajar berbagai ilmu baru, dan yang terpenting selalu memotivasi diri sendiri agar tetap berpikir realistis. Semoga berguna!

Baca Juga: Sering Dianggap Remeh, Ini Fakta Pekerjaan Staf Administrasi di Perusahaan