Sukses Jadi Influencer dan Pebisnis, Baim Wong Bagikan Apa Rahasianya

Nama Baim Wong bukanlah pemain baru dalam sejarah dunia film dan sinetron Indonesia. Pria yang berprofesi sebagai aktor, presenter, influencer dan entrepreneur ini sudah lama berkecimpung di industri hiburan. Tepatnya sejak tahun 2001 silam.

Bernama lengkap Muhammad Ibrahim, Baim berdarah blasteran Tionghoa dari sang ayah. Pria kelahiran 27 April 1981 ini merupakan putra bungsu dari 5 bersaudara. Kedua orang tuanya sendiri merupakan pasangan pengusaha bernama Johnny Wong dan Kartini Marta Atmadja.

Baim yang pernah kuliah di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan Universitas Prof. Dr. Moestopo ini awalnya tak terlalu serius menekuni dunia sinetron. Barulah di tahun 2005, ia memutuskan untuk lebih mendalami dunia akting.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Awal Karir di Seni Peran

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh baim wong (@baimwong) pada

Sinetron perdana yang dibintangi Baim ialah Cinta Hilang Cinta Kembali. Saat itu, Baim belum begitu fokus menjalani profesinya sebagai aktor. Namun di tahun 2005, ia semakin memantapkan karirnya di dunia seni peran.

Sejak saat itu, Baim semakin banyak bermain dalam sejumlah sinetron. Bahkan ia pun mulai merambah ke layar lebar. Debut film pertamanya berjudul Dilema yang diluncurkan pada tahun 2012.

Keseriusannya berbuah manis. Debut filmnya tersebut membuatnya mendapat penghargaan Aktor Pendatang Baru Terfavorit dari Indonesian Movie Awards 2012

Tawaran bermain film pun semakin banyak mendatanginya. Baik sebagai aktor sinetron maupun film, Baim terus menekuni kedua jalur tersebut sampai sekarang.

Baca Juga: Dari Bulu Tangkis, Kevin Sanjaya Punya Penghasilan Miliaran Rupiah per Tahun

Baim Sebagai Bintang Film

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh baim wong (@baimwong) pada

Pada tahun 2015, Baim muncul dalam film Filosofi Kopi. Di tahun yang sama, ia juga bermain dalam film Lily: Bunga Terakhirku dan Jenderal Soedirman. Dalam film ini, Baim memerankan sosok Bung Karno.

Kemudian di tahun 2016, Baim membintangi Sundul Gan: the Story of Kaskus, Simfoni Satu, hingga Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon. Namanya semakin diperhitungkan sebagai aktor papan atas Indonesia.

Memasuki tahun 2017, Baim melakoni film Moammar Emka’s Jakarta Undercover. Perannya sebagai Yoga membuat namanya masuk dalam Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Indonesian Movie Actors Awards 2017. 

Di tahun 2017, Baim memerankan tokoh Bagus dalam film Perfect Dream. Masih di tahun yang sama, ia juga membintangi Hujan Bulan Juni.

Menyusul di tahun 2018, Baim bermain dalam film Terbang Menembus Langit, Titisan Setan, Gentayangan, hingga Jejak Cinta. Sementara itu, di tahun 2019, ia membintangi Ambu dan Bebas.

Kiprah Baim dalam Sinetron

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh baim wong (@baimwong) pada

Sudah tak terhitung berapa jumlah sinetron yang pernah dibintanginya. Di tahun 2002-2003, ia bermain dalam 7 Tanda Cinta dan Tunjuk Satu Bintang.

Tahun 2005, Baim membintangi Cinta Hilang Cinta Kembali dan Jangan Berhenti Mencintaiku. Di tahun 2006, ia muncul dalam Cincin, Benci Bilang Cinta, Kau Masih Kekasihku dan Bukan Diriku.

Menyusul di tahun 2007, Baim memerankan Abhy dalam Pasangan Heboh. Ia juga berperan sebagai Ervan dalam sinetron Soleha.

Memasuki 2008, Baim kembali membombardir dunia sinetron dengan membintangi Diva, Munajah Cinta, dan tampil secara khusus dalam Khanza.

Ia juga me lakoni sinetron Dewi (2009), Kejora dan Bintang (2009-2010) dan Sejuta Cinta Marshanda (2010). Kiprahnya sebagai pemain sinetron terus berlanjut dalam Lagu Cinta Nirmala (2011), Dewa (2011-2012), hingga Cinta 7 Susun (2013).

Kemudian di tahun 2014, ia membintangi Pashmina Aisha, Rajawali, serta Catatan Hati Seorang Istri sebanyak 274 episode. 

Laris manis berakting di layar kaca, pada tahun 2016 Baim kembali melakoni Catatan Hati Seorang Istri 2, Centini/ Centini Manis, dan Malaikat Kecil dari India.

Pada tahun 2016-2017, ia berperan sebagai Choky dalam Anugerah Cinta. Sedangkan di tahun 2017, ia tampil dalam Tuhan Beri Kami Cinta, Tikus dan Kucing dan Gali Lobang Tutup Lobang sebagai Jamil.

Baim juga memerankan tokoh Alif dalam Utusan Dari Surga (2018). Tahun 2019, ia kembali menghibur pemirsa layar kaca dengan aktingnya dalam Cinta Yang Hilang.

Baca Juga: Pernah Dibully Waktu Kecil, Kini Irish Bella Jadi Pemain Sinetron yang Bersinar

Web Series dan FTV

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh baim wong (@baimwong) pada

Tak hanya meramaikan sinetron, Baim juga sempat bermain dalam web series berjudul The Publicist (2017). Di tahun 2018, Baim muncul dalam web series spesial Ulang tahun SCTV ke-28 yang bertajuk (H)ours.

Selain itu, Baim juga rajin membintangi berbagai serial lepas dan film televisi (FTV). Di antaranya seperti Maha Kasih 2 "?" (2006) dan Maha Cinta "Kado Terakhir" (2007).

Di tahun 2013, ia membintangi TVM "Kerudung Dari Ustadz", Telemovie "Untuk Terakhir Kali" (FTV Malaysia) dan Ketika Bung di Ende yang bekerja sama dengan Kemendikbud dan tayang di TVRI.

Pada tahun 2014, Baim muncul dalam TVM "Hari-hari Tanpa Suami" sebagai Sandy.

Ia juga membintangi sejumlah Bioskop Indonesia Premiere seperti "Sumpah Saya Gatotkaca", "Cahaya Cinta Di Langit Paris", "Assalamualaikum Paris" dan "Sayembara Cinta Baim Wong" yang semuanya tayang tahun 2015.

Menyusul di tahun 2016, ia melakoni TVM "Izinkan Aku Menjadi Ibu", Cermin Kehidupan "Dikejar Dosa Mahar", FTV SCTV "Bukan Cinta Teman Makan Teman", dan tak ketinggalan FTV SCTV "Lika - Liku Cinta Juragan Pisang".

Sedangkan di tahun 2017, ia berakting dalam Seribu Kisah "Bukan Ayah yang Mengandung".

Sebagai Presenter, Model Video Klip dan Bintang Iklan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh baim wong (@baimwong) pada

Sebagai presenter, Baim muncul membawakan program acara Baim Kagak Jaim dan Dahsyat yang tayang pada tahun 2014-2015. Ia pun sempat menjadi co-presenter untuk acara Biang Rumpi No Secret (2015-2016).

Wajah tampan Baim juga hadir dalam sejumlah video klip seperti Perawan milik Silva R. Kavadia (2010), Mukzizat Cinta oleh Indie Mice (2011), dan Merinding yang dibawakan Queen Aurel (2016).

Baim juga muncul membintangi sejumlah iklan seperti Honda Vario (2006), Carvil (2007) serta Bakmi Mewah (2016).

Gurita Bisnis Bikin Tambah Tajir

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh baim wong (@baimwong) pada

Kini Baim tak hanya sukses sebagai aktor. Ia juga membuka sejumlah bisnis yang membuatnya makin kaya raya. Mulai dari bisnis kuliner, fashion hingga menjadi vlogger di YouTube, semua dilakoninya.

Selain itu, ia juga melayani jasa endorsement dengan tarif jutaan Rupiah untuk sekali unggahan di media sosial Instagram pribadinya.

Menyukai kuliner dan bakmi, ia membuka usaha bakmi yang resepnya diciptakan sendiri, yakni Bakmi Wong. 

Selain bakmi, ia juga membuka bisnis kue kekinian yang bernama Balikpapan Premio. Ia memilih kota tersebut lantaran dirinya memang berasal dari sana.

Sumber uang lainnya ialah bisnis Johnny Wong's Butter. Butter ini awalnya merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan saus jamur yang jadi ciri khas Johnny Wong's Steak.

Selain itu, Baim juga menggandeng sejumlah rekan artis dan selebritis untuk membuka usaha. Baim bersama geng Humble Glam lalu menekuni bisnis coklat. Berfokus menjual berbagai produk coklat, badan usaha tersebut bernama Kokoa & Co.

Baim juga menjadi owner dari Bakpia Wong Jogja. Ya, tempat penjualan oleh-oleh khas Yogyakarta ini menyediakan beraneka macam bakpia varian rasa. Selain bakpia, Baim juga menawarkan batik premium yang indah dan menjadi ciri khas Indonesia.

Tak hanya itu saja. Sebagai pasangan suami istri, Baim bersama Paula Verhoeven menjadi vlogger dan membuat channel YouTube mereka di tahun 2018. Kanal mereka menarik perhatian khalayak dan langsung mendapat banyak subscribers

Bahkan video-video mereka sempat menjadi viral dan trending di Youtube. Dari sinilah pasangan ini mendapat pundi-pundi keuangan ekstra.

Bersama istri tercinta, Baim juga berkolaborasi membuka bisnis Gelato Cakes Quinto di Bandung dan Bogor. Bisnis kuliner lainnya yang mereka rintis bersama baru-baru ini ialah Ayam Gebug Bapau.

Kunci Sukses Berbisnis ala Baim

Membuka dan mempertahankan bisnis memang bukan perkara mudah. Bisnis bisa mendatangkan banyak keuntungan. Namun jika tidak berhati-hati, bisa jadi malah merugi. Menurut Baim, kunci kesuksesannya terletak pada inovasi. Tawarkan hal-hal baru dan menyegarkan dengan harga murah dan terjangkau. Lalu lakukan semua ini dengan konsistensi.

Baca Juga: Kini Tajir Melintir, Siapa Sangka Rapper Young Lex Dulunya Jualan Nasi Uduk dan Jadi Office Boy