Tak Bikin Boros Justru Kartu Kredit Jadi Penolong Keuangan, Ini Faktanya

Kartu kredit masih menjadi alat transaksi yang paling banyak diminati hingga saat ini. Namun, untuk sebagian orang kartu kredit ini menjadi musuh dalam keuangan. Hal ini dikarenakan, kartu kredit hanya membuat keuangan menjadi lebih boros. 

Pada kenyataannya, kartu kredit tidak menyeramkan seperti yang dikatakan orang-orang. Banyak keuntungan yang bisa dirasakan pengguna kartu kredit, misalnya saja bisa menjadi penolong ketika keuangan.

Jika Anda tidak percaya, simak beberapa fakta kartu kredit menjadi penolong keuangan pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Saat kondisi darurat

kondisi darurat
Saat kondisi darurat

Bukan hanya sekedar untuk memenuhi pembelian berbagai barang yang dibutuhkan, kartu kredit bahkan kerap dianggap sebagai penolong di dalam keuangan.

Misalnya saja, ketika Anda belanja barang kebutuhan bulanan di supermarket. Ketika ingin membayar barang belanjaan dengan cash, nyatanya jumlah uangnya kurang. Sebagai penggantinya, Anda bisa membayar barang belanjaan tersebut dengan kartu kredit.

Masih banyak kondisi darurat lainnya yang membuat kartu kredit jadi penolong, di antaranya perlu biaya untuk renovasi rumah yang rusak mendadak, butuh biaya berobat pasca kecelakaan karena tidak memiliki uang, dan yang lainnya. 

Menggunakan kartu kredit di saat darurat kerap menjadi pilihan, apalagi jika ternyata tidak ada dana darurat yang bisa dialokasikan untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Baca Juga: Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

2. Keuangan jadi lebih hemat

Bagi orang yang menilai kartu kredit hanya membuat keuangan menjadi boros adalah salah besar. Hal ini dikarenakan setiap kartu kredit memiliki program diskon, cashback, poin yang bisa ditukar dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan pengguna. Ini tentunya membuat pengguna kartu kredit menjadi lebih hemat pengeluaran.

Agar pengguna bisa memaksimalkan program promo kartu kredit ini, sebaiknya cek programnya terlebih dahulu di katalog kartu kredit setiap bank penerbit melalui website atau media sosial. Selain itu, Anda juga bisa cek di katalog promosi setiap supermarket, restoran atau ritel. Biasanya setiap toko akan memberitahukan kepada pelanggan, kartu kredit apa saja yang sedang bekerja sama mengadakan promo.

3. Ketika terdesak waktu

bayar pakai kartu kredit
Ketika terdesak waktu, transaksi dengan kartu kredit lebih cepat

Membayar barang belanjaan menggunakan cash tentunya membutuhkan waktu lebih lama. Sebab Anda harus menghitung uang terlebih dahulu sebelum diberikan ke kasir, kemudian kasir pun akan menghitung kembali jumlah uang untuk memastikan tidak kurang atau lebih. Belum lagi, harus menunggu kembalian uang.

Jika Anda terdesak oleh waktu karena harus mengejar waktu agar tidak telat, menggunakan cash tentunya tidak disarankan. Namun, pembayaran belanjaan pakai kartu kredit menjadi pilihan yang sangat tepat. Kartu kredit diciptakan untuk membuat transaksi menjadi lebih praktis dan cepat. Hanya tinggal, gesek dan masukkan pin kartu kredit, pembayaran selesai dan barang belanjaan bisa dibawa.

Baca Juga: Tips Biar Enteng Bayar Tagihan Kartu Kredit di Tengah Pandemi Covid-19

4. Bayar tagihan listrik dan air

Jangan sampai terlambat membayar tagihan listrik dan air. Jika ini terjadi, maka Anda akan dikenakan denda yang cukup besar atau bahkan pemutusan oleh pihak PLN dan PAM. Tapi, bagaimana bayar tagihannya jika belum gajian?

Tenang, bagi pengguna kartu kredit tentunya tidak perlu khawati lagi jika tanggal gajian masih lama tapi harus bayar tagihan listri, air dan lainnya.  Sebab, Anda bisa mengandalkan kartu kredit yang dimiliki untuk membayar berbagai macam tagihan di rumah. Bukan hanya listrik dan air saja, tapi juga bisa tagihan telepon, WIFI, Channel TV berbayar dan masih banyak lagi. 

Gunakan dengan Bijak dan Sesuai Kemampuan Keuangan

Hal yang membuat keuangan menjadi boros ketika menggunakan kartu kredit adalah seseorang tidak menggunakan dengan bijak. Artinya, apa saja barang dibeli dengan kartu kredit, telat membayar tagihan yang membuat utang dan sebagainya Untuk itu, jadilah pengguna kartu kredit yang cerdas. Atur perencanaan belanja dengan menggunakan kartu kredit, tepat waktu bayar tagihan hingga menggunakan kartu kredit sesuai kemampuan.

Baca Juga: Alasan Kuno Seseorang Ragu Gunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengatasinya