Tidak Pandang Bulu! Dari Pejabat, Atlit sampai Artis Ini Terjangkit Virus Corona

Covid-19 sampai sekarang masih menjadi masalah global di berbagai negara. Wabah virus yang sudah dinyatakan oleh WHO (Wordl Health Organization) sebagai pandemi ini, dilansir dari kompas.com sudah menyerang 152 negara termasuk Indonesia (data per 18 maret 2020).

Bisa menyerang siapa saja dan tak pandang bulu, banyak dari negara yang telah positif terjangkit virus corona ini sudah melakukan aksi lock down atau menutup negara mereka dan melakukan isolasi di rumah, demi memutuskan rantai penularan virus corona agar tidak semakin meluas.

Dari sekian banyak masalah dan isu terkait virus corona yang kini sedang jadi topik panas di dunia. Salah satu yang juga paling banyak dibicarakan adalah berita mengenai beberapa orang penting hingga artis hollywood yang telah dikonfirmasi positif terjangkit covid-19.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut deretan pejabat hingga artis yang telah dikonfirmasi terjangkit virus corona di dunia:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Aktor Tom Hanks dan Istrinya, Rita Wilson

Tom Hanks dan Rita Wilson  
Tom Hanks dan Rita Wilson via cnbc.com

Tom Hanks mengumumkan di akun twitter pribadinya bahwa dia dan istrinya Rita Wilson telah didiagnosis coronavirus. Sebagai artis hollywood pertama yang secara terbuka mengakui dirinya terjangkit virus ini, Tom Hanks menulis di twitternya bahwa dia dan istri terjangkit covid-19 di Australia untuk menghadiri salah satu acara penghargaan film disana.

Tom Hanks pun juga membagikan berbagai gejala yang dirasakannya selama mengisolasi dirinya dan istri sejak dinyatakan positif terjangkit coronavirus.

2. Wakil Presiden Iran, Masoumeh Ebtekar

Masoumeh Ebtekar
Masoumeh Ebtekar via extra.ie

Pada akhir Februari, Wakil Presiden Iran Masoumeh Ebtekar didiagnosis positif terjangkit virus corona. Masoumeh sendiri dinyatakan sebagai anggota kabinet Presiden Iran Hassan Rouahani yang pertama dinyatakan positif terinfeksi corona.

Baca Juga: Gegara COVID-19 Menyebar Luas, Negara-negara Ini Putuskan Lockdown

3. Wakil Menteri Kesehatan Iran, Irah Haririchi

Irah Haririchi
Irah Haririchi via New York Times

Waki menteri kesehatan Iran, Iran Haririch menyatakan sendiri bahwa dirinya telah positif terjangkit coronavirus satu harus setelah dikabarkan mengalami demam saat konfersi pers.

Dalam sebuah video yang dia ungga di media sosial, dia mengatakan bahwa dia harus diisolasi karena positif terjangkit covid-19. Sebelumnya, dalam sebuah konfersi pers, Haririchi memang terlihat batuk-batuk. Dia juga terlihat pucat ketika tampil di publik untuk menyampaikan masalah virus corona yang telah berhasil menjangkit Iran.

4. Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries

Nadine Dorries
Nadine Dorries via rawstory.com

Nadine Dorries adalah anggota parlemen pertama Inggris yang terinfeksi corona. Seperti yang telah dikutip dari BBC, Dorries mengatakan dia sudah melakukan berbagai tindak pencegahan yang diketahuinya setelah mengetahui dirinya telah terinfeksi dan telah mengisolasi dirinya di rumah.

Dia pun mengatakan sebelumnya dia baru saja menghadiri resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Bors Johnson dua hari sebelum dinyatakan positif corona.

5. Menteri Kebudayaan Perancis, Franck Riester

Franck Riester
Franck Riester via The Guardia Nigeria

Franck Riester dinyatakan positif terinfeksi oleh salah satu media berita Perancis, Reuters pada 3 Maret 2020. Franck terjangkit karena telah melakukan kontak dengan orang-orang di parlemen Perancis yang terinfeksi virus ini.

Diberitakan, sebanyak 5 anggota parlemen Perancis telah terinfeksi virus corona. Dan Menteri Kesehatan Olivier Veran pun memberikan update mengenai kondisi Franck Riester masih baik-baik saja dan sedang menjalani proses isolasi dirumahnya.

6. Bek Juventus, Daniele Rugani

Daniele Rugani
Daniele Rugani via blackwhitereadallover.com

Bek tengah Juventul, Danieli Rugani dikonfirmasi posisitf mengidap virus corona. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak dari Juventus sendiri pada 11 Maret 2020. Klub Juventus mengatakan bahwa Rugani telah didiagnosis positif corona namun untuk saat ini belum menunjukkan gejala-gejalanya.

Karena terdapat pemainnya yang sudah positif terjangkit. Juventus akhirnya membatalkan seluruh kegiatan mulai dari latihan hingga pertandingan dan mewajibkan seluruh pemainnya dan staf untuk karantina.

Rugani adalah pemain Serie A pertama yang didiagnosis positif terinfeksi virus corona.

7. Pebasket, Rudy Gobert

Rudy Gobert
Rudy Gobert via NBC news

NBA memutuskan untuk menunda seluruh pertandingan karena salah satu pemainnya Rudy Gobert telah positif terkena virus corona. Dilansir dari NBA.com, Rudy Gobert sebenarnya tidak ada di Chesapeake Energy Arena, markan Oklahoma City Thunder. Meski begitu, NBA tetap mengambil langkah waspada.

Sampai saat ini, pihak NBA belum bisa memberikan informasi yang pasti mengenai kapan NBA akan bergulir lagi. NBA mengutamakan kesehatan para pemain dan staff sebagai alasan utama dari penundaan ini. NBA juga mengatakan akan terus memantai status penyebaran Covid-19 yang sudah dinyatakan pandemik oleh WHO.

8. Aktor Hollywood, Idris Elba

Idris Elba
Idris Elba via iHarare.com

Aktor tampan Idris Elba menulis pada twitternya kalau dia sudah positif terinfeksi corona. Bintang film marvel ini pun membagikan video dimana dia dan keluarga sedang melakukan isolasi dirumahnya sendiri. Idris Elba pun mengatakan divideonya untuk tidak panik dan melakukan karantina diri setelah selesai dari perjalanan keluar negeri.

9. Sophie Gregoire Trudeau, istri dari PM Kanada Justin Trudeau

Sophie Gregoire Trudeau
Sophie Gregoire Trudeau dan Suaminya via justthenews.com

Sophie Gregoire Trudeau dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona oleh pihak dari kantor Trudeau sendiri. Sebagai tindak pencegahan, Sophie sudah melakukan isolasi diri selama 14 hari sesuai dengan yang disarankan.

Sebelumnya dia sempat menyampaikan pidati pada konferensi WE UK Day di London pada 4 Mare4 2020. Dia pun menunjukan gejala seperti flu setelah kepulangan dari acara di London tersebut.

Baca Juga: Geger Virus Corona, Sederet Agenda Olahraga ini Ditunda dan Terancam Batal

10. Pemain Klub Sepakbola Chelsea, Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi
Callum Hudson-Odoi via thesun.com

Hudson-Odi mengatakan dalam video yang diunggahnya di media sosial pribadinya bahwa dia telah terinfeksi virus selama beberapa hari, namun tidak perlu khawatir karena kondisinya berangsur pulih.

Hudson-Odi juga mengatakan dia benar-benar mengikuti pedoman kesehatan yang diterimanya dan mengisolasi dirinya dari semua orang selama seminggu dan berharap bisa kembali bertanding dalam waktu dekat setelah benar-benar dinyatakan sembuh dari coronavirus.

UEFA sendiri mengumumkan akan menghentikan pertandingan termasuk pertandingan liga champions dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan.

11. Menteri Perhubungan (Menhub) Indonesia, Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi via Palpos.id

Dilansir dari cnnindonesia.com, Juru bicara pemerintah RI untuk kasus Covid-19 Achmad Yurianti mengatakan saat ini kondisi dari Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) RI yang sedang dirawat karena dinyatakan positif terjangkit virus corona semakin membaik dan stabil.

Dia pun mengatakan beberapa hari lalu ada salah pejabat tingggi negara dikonfirmasi positi corona.  Yurianto juga mengatakan, untuk meningkatkan kewaspadaan, telah dilakukan pemeriksaan kepada menteri dan pejabat yang hadir dalam rapat tersebut. Pemeriksaan terhadap para pejabat tersebut telah dilakukan di RSPAD Gatot Subroto.

Dalam dua pekan terakhir Menhub Budi Karya sebelumnya sempat mengikuti rapat di Istana Kepresidenan Jakarta pada tanggal 4 dan 11 Maret 2020.

Siapa Saja Bisa Terserang Coronavirus

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cermati Indonesia (@cermati) pada

Tidak boleh dianggap sebagai masalah sepele, virus corona merupakan virus yang mematikan dan belum ada vaksinnya. Jadi untuk kamu yang baru saja pulang dari perjalanan luar negeri harap mengisolasi diri selama 14 hari, menjaga kebersihan, berolahraga, minum vitamin dan makan-makanan yang sehat selama isolasi.

Untuk kamu yang baru saja pergi ke tempat yang ramai atau baru saja turun dari transportasi umum. Jangan lupa untuk selalu memakai mencuci tangan dengan antiseptik dan kalau bisa langsung mandi setelah sampai rumah untuk kemungkinan virus yang menempel pada pakaian dan rambut.

Jangan lupa juga lakukan social distance ketika berada di tempat umum yah.

Baca juga: RS Covid-19 di Pulau Galang, Fakta Rumah Sakit Khusus Corona di Indonesia